Air Terjun Madakaripura

4 min read

air terjun madakaripura 2019

Air terjun adalah salah satu destinasi favorit di Indonesia. Alamnya yang masih asri dan terbentang indah membuatnya menjadi pilihan wisatawan dari penjuru nusantara. Air terjun juga cocok dijadikan tujuan wisata ketika hari libur tiba.

Namanya memang tidak sepopuler Kawah Ijen atau Gunung Bromo. Dua tujuan wisatawan favorit di Jawa Timur. Akan tetapi, pesonanya tidak kalah dengan mereka. Yap, here we go! Air Terjun Madakaripura!

Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura tiket

Terletak satu jam perjalanan dari Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura menjadi primadona dengan segala hal mistis yang menyertainya. Selain memiliki keindahan yang luar biasa. Objek wisata ini juga dikaitkan dengan mahapatih yang sudah tidak asing namanya, Gajah Mada.

Mahapatih kerjaan Majapahit ini terkenal dengan Sumpah Palapa, yaitu surat yang ia tulis dan bertujuan untuk menyatukan nusantara. Gajah Mada dianggap sebagai sosok yang sakti mandraguna, ia gemar sekali berlatih dan bersemedi.

Air Terjun Madakaripura dianggap banyak orang sebagai salah satu tempat pertapaan Gajah Mada. Bahkan konon katanya, ia menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini hingga akhir hayatnya. Wah, menarik sekali ya so? Yuk simak ulasan berikut sebelum berkunjung ke sana:

Lokasi

Air Terjun Madakaripura berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tepatnya terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang.

Rute

Meski terletak di Probolinggo, Jawa Timur, Obyek wisata ini cukup jauh dari pusat kota, butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk bisa mencapai ke sana dengan jarak kurang lebih 37 kilometer.

Jika berangkat dari arah Probolinggo, kamu bisa menuju ke arah Desa Sukapura. Temukan pertigaan yang ditandai dengan plang yang besar. Setelah itu pilihlah arah kanan. Setelah itu berjarak sekitar 4 kilometer sebelum sampai lokasi, ambil kanan di pertigaan.

Selain menggunakan mobil pribadi, kamu juga bisa menyewa mobil. Akses jalan menuju air terjun berkelok-kelok tapi beraspal mulus dan sempit.

Tiket Masuk

Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam sob untuk pergi ke sana. Cukup hanya dengan biaya Rp11.000 kamu sudah punya akses masuk. Murah sekali, bukan?

Oh iya, jadi tiket di atas akan dibagi, sebesar Rp6000 untuk Dinas Perhutani, sedangkan Rp5000 sisanya untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Semuanya untuk pengelolaan lingkungan air terjun. So, jangan lupa jaga kebersihan yaa sob!

Jam Buka

Air Terjun Madakaripura dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Jika kamu ingin mendapatkan suasana yang lebih nyaman, datanglah lebih pagi. Selain karena udaranya yang masih sejuk dan asri, belum banyak juga pengunjung yang datang.

Fasilitas

Fasilitas di obyek wisata ini tidak selengkap air terjun yang sudah populer di Kota Batu, seperti Coban Talun, Coban Rais, ataupun Coban Rondo. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena fasilitas dasar yang ada di sini sudah lebih dari cukup.

Di sekitar air terjun ada beberapa warung yang menjual minuman serta makanan. Lahan parkir yang disediakan juga luas, dapat menampung banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Ada juga masjid, kamar mandi yang cukup bersih, dan juga penyewaan payung.

Satu yang penting dicatat adalah perjalanan dari titik masuk obyek wisata hingga air terjun memakan waktu hingga 20 menit dengan jalan terjal dan licin. Disarankan kamu menyewa jasa guide yang sudah disediakan agar perjalananmu lebih aman.

Baca Rekomendasi: 12 Wahana Menarik Batu Secret Zoo Wisata Edukasi Modern yang Mempesona

Pesona Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura ternyata menyimpan begitu banyak misteri dan hal-hal indah yang sangat menarik untuk dijelajahi. Sebelum kamu memutuskan untuk ke sana, ada baiknya membaca ulasan ini dulu. Cekidot!:

1. Mitos dan Sejarah di Dalamnya

air terjun madakaripura pelangi

Air Terjun Madakaripura penuh dengan legenda, mitos, dan sejarah yang melekat di dalamnya. Asal usul nama Madakaripura sendiri diambil dari 3 nama. ‘Mada’ berarti gajah, ‘Kari’ bermakna peninggalan, sementara ‘Pura’ mempunyai makna semedi atau semedi.

Berdasarkan hal itu, arti Madakaripura adalah ‘gajah yang sedang meninggal ketika sedang sembahyang’. Sesuai dengan mitos yang membersamainya, yaitu Gajah Mada yang menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini hingga meninggal dunia.

Ada mitos yang juga menyebutkan jika pengunjung harus pulang jam 2 siang. Jika tidak maka hujan akan turun tiba-tiba sehingga menyebabkan debit air naik. Tentu hal ini sangat berbahaya buat kamu. Nah, terkait benar atau tidaknya masih belum ada buktinya. Namanya juga mitos.

2. Patung Gajah Mada yang Besar dan Melegenda

air terjun madakaripura sapih branggah lumbang probolinggo jawa timur 67183

Karena begitu melegenda dan juga menjadi asal usul namanya. Saat kamu masuk ke area Air Terjun Madakaripura, patung Gajah Mada langsung menyambutmu begitu tiba. Tepatnya berada di tempat parkir.

Menurut penuturan warga sekitar air terjun, Gajah Mada menjadikan air terjun sebagai tempat pelariannya. Seperti diketahui, patih majapahit itu dicopot jabatannya karena membunuh ratusan orang yang berada di Kerajaan Sunda Galuh.

Akhirnya, Gajah Mada bersemedi di sana dan merenungi perbuatan yang telah dilakukannya hingga ia meninggal.

Baca Selengkapnya: Museum Angkut Batu Malang, Tiket, Rute & Jam Buka

3. Air Terjun Tertinggi di Jawa

air terjun madakaripura gajah mada

Selain terkenal karena mitos dan sejarahnya yang melegenda. Air terjun ini juga merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan tingginya yang mencapai sekitar 200 meter.
Tidak hanya itu, Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Hanya kalah dari Air Terjun Ponot di Sumatera Utara yang memiliki ketinggian hinga 250 meter. Wah, menarik sekali ya sob!

4. Wisata Air yang Mengagumkan

 air terjun madakaripura angker

Amazing! Jika ada satu kata yang menggambarkan keindahan Air Terjun Madakaripura. Memiliki luas lebih kurang 25 meter, terdapat beberapa air terjun dengan bentuk yang melingkar.

Sebelum sampai menuju air terjun utama, kamu akan disambut dengan 4 air terjun yang tak kalah indahnya. Di antara salah satu air terjun tersebut itu terdapat sebuah rongga yang dianggap sebagai tempat Gajah Mada bersemedi.

Pemandangan di sekitar air terjun juga tidak kalah mengagumkannya. Tebing yang hijau karena semak-semak rapat dan juga pohon-pohon yang memenuhi setiap bagiannya, serta sungai berbatu di bawahnya semakin menambah segar suasana.

5. Relaksasi Bunyi Air dan Hujan

air terjun madakaripura probolinggo

Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah yang sempit yang berbentuk ceruk. Tebing-tebingnya yang curam selalu menetes pada seluruh bidang sehingga kamu akan merasa seperti melihat dan merasakan hujan sepanjang waktu.

Air yang jatuh dari atas akan melalui tebing vertikal yang berselimutkan tumbuhan hijau. Nyanyian alam yang berasal dari gemercik air sungguh dapat menenangkan hati sekaligus menentramkan jiwa.

Wisata Dekat Air Terjun Madakaripura

1. Gunung Bromo

air terjun madakaripura probolinggo jawa timur

Seperti diketahui, di sekitar Air Terjun Madakaripura tidak ada penginapan yang bisa dijadikan pilihan. Maka disarankan kamu memilih paket wisata di sekitar air terjun agar liburanmu semakin asik dan seru.

Nah, salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Gunung Bromo. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan wisata satu ini. Gunung Bromo selalu dipenuhi pelancong baik dari Indonesia ataupun dari Mancanegara.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter ini berada satu jam perjalanan dari Air Terjun Madakaripura. Sunrise-nya yang indah dan juga kemudahan akses untuk mencapai puncaknya menjadikan Gunung Bromo sebagai destinasi wisata yang digemari banyak orang.

Lihat Review: Gili Ketapang, Surga Bawah Laut Jawa Timur

2. Puncak B29

alamat air terjun madakaripura

Destinasi lain yang dapat dijadikan pilihan adalah Puncak B29 yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dari Air Terjun Madakaripura hanya berjarak sekitar 16 kilometer.

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Meski tidak sepopuler Bromo, Puncak B29 memiliki pesona yang tak kalah mengagumkan.

Bahkan, jika cuaca sedang bagus, kamu bisa melihat pemandangan Kaldera Bromo dari sini. Kaldera tersebut meliputi Gunung Bromo, lautan pasir, dan juga Gunung Batok. Tidak hanya itu, puncak tertinggi di Jawa, Mahameru, juga bisa dilihat dari tempat ini, sob. Keren ya!

3. Pantai Bentar Probolinggo

asal usul air terjun madakaripura

Bosan dengan suasana pegunungan atau dataran tinggi? Mungkin Pantai Bentar bisa dijadikan pilihan. Pantai yang terletak di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Kamu bisa menikmati suasana pantai yang eksotis serta berfoto di dermaganya yang sangat instagramable. Tak hanya itu, sob. Pantai ini ternyata juga memiliki fasilitas yang nggak kalah menariknya.

Taman bermain, pemancingan, area outbound, bahkan hingga mini zoo ada di sini sob. Satwa liarnya pun cukup beragam loh. Keren ya.

4. Gili Ketapang

akses menuju air terjun madakaripura

Selain Pantai Bentar, ada tempat yang tak kalah menarik lainnya untuk dikunjungi. Gili Ketapang, bagi sebagian sobat mungkin sudah tahu dengan tempat ini. Gili Ketapang terkenal karena wisata bawah lautnya yang indah dan dipenuhi oleh terumbu karang.

Kamu bisa snorkeling sepuasnya di sini dengan ditemani ikan-ikan yang lucu dan beragam. Kegiatan lainnya yang tidak kalah seru juga ada, sob. Seperti camping dan menjelajahi area sekitar dengan menggunakan perahu.
Gili Ketapang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Trenggalek Jawa Timur Terbaru & Paling Hits

Nah, sob. Itu tadi ulasan dan pesona tentang Air Terjun Madakaripura yang memiliki sejarah serta mitos yang penuh legenda. Objek wisata ini bisa kamu jadikan pilihan liburan di tahun 2020 ini sob.

Jangan lupa juga ya berkunjung ke lokasi wisata dekat air terjun supaya liburanmu lebih maksimal dan lebih greget. Tetap jaga kebersihan sob di manapun kamu berada!

Ecopark Ancol

Jessica Susanti
9 min read

Curug Nangka Bogor

Jessica Susanti
9 min read

Curug Cilember

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *