Air Terjun Sri Gethuk

5 min read

air terjun sri gethuk wonosari gunung kidul

Jogja selalu mendapat perhatian para wisatawan manca maupun domestik yang ingin berlibur ke tempat-tempat manarik. Dari statistik kunjungan menyebutkan, selalu ada kenaikan tiap tahunnya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Beberapa hal unik dan manarik yang bisa kalian nikmati jika berlibur ke tempat wisata tersebut. Mulai dari info lokasi, perjalanan, informasi lain tentang lokasi wisata tersebut di tahun 2020 ini.

Apa sajakah informasi yang perlu kalian ketahui tentang wisata tersebut?, berikut beberapa susunan informasi berikut:

Asal Usul

air terjun sri gethuk tiket masuk

Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat tentang asal usul nama dari Air Terjun Sri Gethuk yang dilekatkan pada wisata yang indah ini. Menurut masyarakat sekitar yaitu desa Bleberan, tempat wisata air terjun tersebut mulanya adalah tempat berkumpulnya para jin.

Konon, pimpinan jin yang bernama Angga Menduro sangat menyukai musik gamelan dari pulau Jawa. Ketika menjelang magrib atau setelah hujan turun, masyarakat sekitar sering mendengar suara ketukan seperti suara gamelan dan bunyi slompret alat musik tradisonal Jawa.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat setempat menyebut bunyian itu menjadi sebutan Ketuk, dan berubah penyebutan menjadi Gethuk dan Slompret menjadi Slempret. Dan sampai saat ini nama tersebut masih kita kenal sebagai sebutan dari objek wisata di Jogja tersebut.

Lokasi

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya jika kalian berada disebelah timur kota Yogyakarta, maka kalian akan melihat lokasi air terjun yang berada di tepi Sungai Oyo.

Letaknya lumayan jauh jika kalian berada disekitar Pusat Kota Yogjakarta. Akan tetapi akses dan jalan menuju lokasi sudah lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga para wisatawan tidak terlalu kesulitan jika menggunakan kendaraan pribadi menuju ke objek wisata yang satu ini.

Akan tetapi jika kalian hendak menuju ke tempat wisata, kalian harus menggunakan rakit untuk melewati Sungai Oyo. Untuk rakit atau alat penyeberangan ke air terjun sendiri sudah banyak fasilitas penyewaan yang bisa kalian manfaatkan disana.

Rute

Dari arah kota Yogyakarta, kalian dapat menggunakan jalur di Jl. Wonosari dan dilanjutkan ke arah timur menuju Piyungan hingga menuju ke daerah Pathuk, Gunung Kidul.

Setelah sampai pertigaan lapangan Gading, Lanud TNI AU, kemudian kalian ambil jalur kanan dari pertigaan yang menuju ke arah perempatan Pasar Playen, Kecamatan Palihan.

Perjalanan dari pasar Playen ke lokasi wisata air terjun kurang lebih berjarak 500 meter. Kalian akan menemukan papan petunjuk arah yang tersedia, ikuti arah untuk menemukan lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Terdapat dua jalur untuk menuju lokasi wisata. Jalur pertama berada di apitan hamparan sawah, dengan jarak ke 450 meter dari parkir area. Kemudian jalur kedua dengan menyeberangi Sungai Oyo, dengan menyewa rakit sekitar 10.000 per orang untuk Pulang Pergi.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke wisata Jogja kalian tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena memang wisata Jogja terkenal sangat terjangkau. Hanya dengan harga tiket 15.000 rupiah kalian sudah mendaptkan tiket masuk ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk untuk satu orang.

Dan khusus parkir kendaraan pribadi, kalian harus mengeluarkan uang lagi sebesar 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil. Dengan total 17.000 sampai 20.000 kalian sudah bisa berwisata ke Air Terjun Sri Gethuk sekaligus ke Gua Rancang Kencono.

Ada juga paket wisata yang di tawarkan, dengan 30.000 saja kalian sudah mendapatkan wisata lengkap dengan pemandunya. Cukup murah jika kalian belum tau benar detail wisata yang ada disana. Akan tetapi harga dapat berubah sewaku-waktu dari pihak penyelenggara.

Jam Buka

Seperti halnya jam buka rata-rata tiap wisata di Indonesia, jam buka wisata Air Terjun Sri Gethuk antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. Ada sekita 16 jam yang bisa kalian manfaatkan untuk menikmati keindahan wisata yang ada disana, sembari berfoto bersama teman dan sanak keluarga.

Fasilitas

Warung Makan

air terjun sri gethuk angker

Banyak penyedia makanan yang berada disekitar wisata, bagi kalian yang takut tidak membawa perbekalan makanan tenang saja. Ada banyak pilihan makanan yang ditawarkan warung makanan sekitar wisata salah satunya Warung Simbok, Rumah Makan Bu Wiwik, dan masih banyak yang lain.

Mushola

Penyediaan fasilitas mushola juga disediakan bagi kalian yang beragama muslim untuk melakukan ibadah atau sekedar beristirahat sejenak didalam objek wisata. Tidak ada pungutan jika kalian menggunakan fasilitas tersebut, jadi gunakan seperlunya saja.

Lihat Juga: 13 Daya Tarik Gembira Loka Zoo (Bukan Sekedar Rekreasi)

Perahu Wisata

air terjun sri gethuk wonosari

Perahu wisata yang dimaksutkan adalah rakit yang digunakan menyebrang dari Sungai Oyo dengan biaya penyewaan sekitar 10.000 rupiah untuk pulang pergi per orang. Kalian bisa sekaligus menyewa rompi pelampung jika hendak mandi di Sungai Oyo.

Daya Tarik

Banyak yang bisa kalian lakukan jika berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk yang satu ini. Misalnya dengan travelling, kuliner, hingga bersantai menikmati pemandangan alam. Beberapa hal yang bisa kalian lakukan diantaranya :

1. Mengarungi Sungai

ir terjun sri gethuk gunung kidul indonesia

Dengan uang yang hanya 10.000 rupiah saja per orang. Kalian bisa berjalan-jalan mengarungi sungai selama 16 jam untuk menikmati keindahan sungai di Air Terjun Sri Gethuk. Perjalanan menagarungi sungai bisa kalian lakukan dengan menyewa rakit yang terbuat dari papan dengan drum pelampung.

Dari atas rakit, kalian akan melihat warna air yang jernih menjadi kehijau-hijauan. Warna kehijauan yang terlihat dari atas sungai sebernanya adalah warna rumput yang berada di dasar sungai.

Dengan air yang sangat jernih, kalian bisa menikmati pemandangan bawah sungai yang sangat indah. Ditambah dengan pemandangan tebing-tebing sungai yang ada disekitar sungai membuat pemandangan menjadi sangat mempesona.

2. Menjajaki Kawasan Wisata

air terjun sri gethuk wikipedia

Terdapat jalur darat yang bisa kalian manfaatkan untuk menikmati lingkungan di kawasan Air Terjun Sri Gethuk, dengan perjalanan kaki dengan jarak 450 meter ke lokasi wisata. Sembari berjalan kaki menjajaki kawasan wisata yang masih asri, kalian bisa mengabadikan momen dengan berfotoria.

Terdapat beberapa tempat disekitar lokasi yang kalian lewati dengan pemandangan yang menarik. Beberapa diantaranya adalah pemandangan bukit, padang sawah yang luas, dengan suasana pedesaan yang khas.

Kalian juga akan berjalan melewati sungai-sungai kecil, yang harus kalian lewati untuk dapat ke lokasi wisata. Memang agak susah sedikit, tapi itulah keseruan yang kalian dapatkan disana sebagai kegiatan tracking.

Rekomendasi Untukmu: Goa Pindul, Wisata Petualangan di Alam yang Menarik dan Unik di Yogyakarta

3. Lompat Tebing

air terjun sri gethuk gunung kidul

Untuk menikmati keseruan yang lebih menantang lagi, kalian bisa melakukan lompat tebing dari ketinggian kurang lebih 5 meter. Dan jika kalian yang ingin melakukan lompat tebing akan tetapi tidak terlalu berani, mungkin kalian bisa menyewa pelampung untuk keselamatan.

Untuk berjaga-jaga, bagi kalian yang mungkin tidak terlalu berani dan tidak bisa berenang, alangkah baiknya untuk ditemani teman atau pemandu wisata yang sudah berpengalaman di wisata Air Terjun Sri Gethuk sebelumnya.

Adrenalin dan keseruan kalian akan terpacu disaat kalian ingin melompat dari tebing ke dasar sungai Oyo. Nikmati keseruan ini bersama teman-teman dan nikmati kesegaran air yang masih jernih untuk menghilangkan penat kalian.

4. Berenang

air terjun sri gethuk jogja

Bagi kalian yang hobi berenang, mungkin bisa mencoba menikmati kesegaran air sungai yang jernih dengan berenang di sungai Air terjun Sri Gethuk. Dijamin kalian akan betah berlama-lama berada di dalam air yang menyegarkan tesebut.

Berenang bersama teman dan keluarga merupakan pilihan yang pas, untuk menikmati kesegaran air terjun. Nikmati momen berenang sampai kedasar sungai dengan berfoto di lokasi wisata.

Dengan pemandangan dasar sungai yang menawan, dengan bebatuan dan rumput-rumput yang masih asri, kalian harus mencoba untuk menyelam walau hanya sebentar untuk melihat dasar sungai Oyo. Dengan air yang sangat jernih, kalian tidak akan merasa kesulitan untuk melihat sampai dasar.

5. Kuliner Wisata

Jika kalian tidak terlalu suka berenang dan basah-basahan, mungkin menikmati kuliner disekitar wisata sambil melihat pengunjung lain bermain air mungkin bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Ada banyak sekali makanan khas Gunung Kidul yang bisa kalian nikmati disekitar area wisata Air Terjun Sri Gethuk ini. Untuk harga yang di sediakan pun juga murah meriah, dengan uang 10.000 sampai 15.000 saja, kalian sudah bisa menikmati salah satu makanan khas Jogja.

Jenis makanan khas yang paling banyak di sediakan disana adalah nasi tiwul, atau bisa menikmati makanan lain seperti belalang goreng, dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan menu makanan, dan kalian bebas memilih makanan khas Gunung Kidul.

Kunjungi Juga: Pantai Indrayanti Jogja, Tiket Masuk dan Lokasi [Lengkap]

Wisata Dekat

1. Goa Rancang Kencono

alamat air terjun sri gethuk

Untuk kalian yang berada di lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk silahkan untuk sekalian mendatangi wisata Goa rancang Kencono yang berjarak 850 meter saja dari air terjun.

Goa yang sudah berumur ribuan tahun ini memiliki daya tarik tersendiri dengan sejarah dan keindahannya yang sayang untuk dilewatkan. Pemandangan goa yang stalaktit itu, mampu menjakan mata kalian jika berada di dalam kawasan goa.

Jika kalian hendak ke Goa rancang kencono, maka kalian harus melewati tangga untuk masuk ke dala goa. Terdapat tiga buah ruangan dengan luas ruangan pertama sekitar 40 persegi, yang sekarang masih dimanfaat warga sekitar untuk beraktifitas olahraga.

2. Puncak Tri Panjung

alamat air terjun sri gethuk yogyakarta

Jika kalian sedang menyusuri Sungai Oyo, kalian jangan sampai melewatkan lokasi wisata yang satu ini. Wisata yang satu ini menawarkan pemandangan dan pesona yang luar biasa. Terdapat panorama alam terbuka yang bagus sekali.

Kalian akan melihat pemandangan perbukitan, Air Terjun Sri Gethuk, bebatuan alam, hamparan sungai, pepohonan, pemandangan persawahan, dan kabut yang sangat indah. Jadi jangan sampai terlewatkan ya.

Simak Review: Malioboro Jogja, Wisata Menarik Untuk Berlibur Hits 2019

Dengan banyaknya kegiatan wisata yang ada di Air Terjun Sri Gethuk ini, akan sangat menyenangkan liburan kalian saat ini. Selain juga dengan pemandangan dan travelling yang ada di lokasi air terjun, ada juga wisata yang ada disekitar wisata yang tentunya juga harus kalian coba.

Sekian informasi dari Air Terjun Sri Gethuk yang dapat kami bagikan kepada kalian, semoga dapat membantu kalian dalam perjalanan menuju wisata Jogja yang menyenangkan. Terima kasih, selamat bersenang-senang.

Bukit Bintang Jogja

Jessica Susanti
4 min read

Devoyage Bogor

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *