Batu Secret Zoo

7 min read

Batu Secret Zoo

Jatim park adalah tempat wisata fenomenal, favorit terutama di kalangan masyarakat Jawa Timur, selain mengusung wisata rekreasi, hiburan ada juga wisata edukasi satwa yaitu Batu Secret Zoo.

Batu Secret Zoo memiliki pesona tersendiri yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan kalau kalian sedang di Malang tapi tidak berkunjung kesini.

Bisa menikmati suasana alam yang sejuk sambil berkeliling melihat koleksi satwa dan wahana disini yang unik, sungguh sangat amat menyenangkan pastinya.

Nah wisata disini konsepnya keren loh guys, karna memadukan kesan modern dan edukatif supaya kalian yang dateng bisa terkesan dan ketagihan dateng lagi.

Biar nanti enggak kebingungan, kalian bisa lihat informasi dibawah ini sebagai acuan untuk berkunjung ya guys.

Batu Secret Zoo

batu secret zoo tiket

Tempat wisata yang dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di Asia ini dibuka tahun 2010, awalnya tempat ini dibangun untuk tempat pengelola satwa koleksi Jatim Park 1 pada 2008.

Luas area kebun binatang ini cukup luas diperkirakan sebesar 14 hektar.

Sobat bukan hanya bisa menikmati satwa khas Indonesia tapi juga satwa eksotis mancanegara loh, bahkan sebagian besar berasal dari Asia, Australia, Afrika bisa kalian temui disini.

Berbeda dengan wisata satwa lainnya, Batu Secret Zoo memiliki zona dan wahana yang menarik untuk dikunjungi. Kalian mau tahu apa saja? Yuk simak rangkumannya berikut ini:

Lokasi

Termasuk Jatim Park 2, lokasi kebun binatang ini agak bergeser ke arah dataran tinggi dari Kota Malang yaitu sejauh 18 km didaerah Batu Malang, yaitu Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Wisata ini berada satu area dengan Pohon Inn dan Museum Satwa.

Jalan Menuju Batu Secret Zoo

Lokasi Batu Secret Zoo dapat ditempuh dengan mudah, apalagi jika kalian menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk kendaraan pribadi dari timur maupun barat arahkan kendaraan menuju Kota Malang kemudian bisa mengikuti google maps, atau papan petunjuk jalan menuju Wisata Kota Batu atau Jatim Park 2 nanti kalian akan sampai di wisata ini.

Jika sobat naik kereta api turunlah di Stasiun Malang, bisa melanjutkan perjalanan naik Angkot AL jurusan Arjosari – Landungsari atau Angkot ADL jurusan Arjosari – Dinoyo – Landungsari.

Turunlah di Terminal Landungsari. Di Terminal Landungsari, ganti naik Angkot BJL jurusan Landungsari – Junrejo – Batu. Turun di Jatim Park 2.

Sedangkan kalian yang naik bus, bisa turun di Terminal Landungsari kemudian lanjutkan perjalanan seperti diatas.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata ini Rp 84.000 per orang (Senin – Jumat) dan Rp 120.000 per orang (Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional).

Tiket terusan paket kaget 2 (promo include tiket masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park) Rp 105.000 (Senin – Jumat) sedangkan Rp 150.000 (Weekend).

Jadi kalau kalian mau berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jatim Park enggak dalam satu hari ada juga kok tiketnya, beli tiket sakti!

Tiket sakti (promo include tiket masuk Jatimpark 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Predator Fun Par).

Berlaku selama 2 hari tarif yang dipatok seharga Rp. 375.000 per orang, sedangkan berlaku 3 hari harganya Rp 450.000 per orang.

Lihat Review: Gili Ketapang, Surga Bawah Laut Jawa Timur

Jam Buka

Sobat dapat memulai penjelajahan di kebun binatang mulai pukul 10.00 wib, kalian bisa berkeliling menyambangi koleksi satwa dan menikmati wahana disini.

Satwa disini sangat banyak jumlahnya, bahkan beberapa satwa yang telah mulai punah dikonservasi sesuai dengan habitatnya dari mulai Reptile Garden, Flying Lemur, Aquarium, Savanah, Kampung Afrika serta lain sebagainya.

Jam buka tempat wisata ini mulai pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 18.00 wib.

Fasilitas

Sobat travel juga bisa menikmati fasilitas yang ada di Batu Secret Zoo seperti parkir yang luas, tempat ibadah / mushola, toilet, rumah makan.

Karna kebanyakan wisatawan yang datang dari luar Malang, maka disediakan toko souvenir dan oleh-oleh di area wisata ini, disini kalian bisa menjumpai oleh-oleh khas Malang dan Jawa Timur seperti keripik buah, kerupuk pasir dan struddle Malang.

Bukan hanya fasilitas yang lengkap, terkenal juga dengan pelayanannya yang ramah dan sigap tak heran Jatim Park ini menjadi wisata favorit keluarga.

Hotel Dekat Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Pasti banyak diantara sobat yang ingin berwisata ke Jatim Park 2 termasuk wisata ini namun tidak mungkin didatangi dalam satu hari.

Jangan khawatir sob, disini banyak penginapan untuk backpacker mulai dari Rp 50 ribuan aja kalian udah bisa menginap di hotel dengan kamar mandi dalam.

Tapi kalau kalian ada budjet lebih bisa nih cobain nginep di Pondok Jatim Park Hotel & Café. Hotel pertama dan satu-satunya di Batu yang memadukan konsep pendidikan, pariwisata, dan olahraga, tarif yang dipatok mulai dari Rp 280 ribuan aja.

Satu lagi nih hotel hits diarea ini yaitu Pohon Iin Hotel, dari sini kalian bisa memandangi Kota batu dan berhadapan dengan Gunung Bromo. Tarif kamar mulai Rp 500 ribuan aja kok.

Spot Menarik

Selain fasilitas lengkap dan pelayanan baik, hal lain yang menarik dari wisata ini adalah zona dan wahana beda dari yang lain, enggak sama dibandingkan kebun binatang lainnya.

Disini semua hewan tidak ada yang dikandangi mereka dibiarkan hidup bebas di area yang sudah didesain seperti habitat aslinya, penasaran apa saja area menariknya? Check it out!

  1. Zona Nocturnal

batu secret zoo map

Sobat disini ada yang sudah pernah lihat hewan tidur? Momen langka pastinya, tapi pasti lucu dan menggemaskan bukan? Nah disini momen langka itu ada sob!

Area ini termasuk fantastic akuarium, jadi sebelum ke aquarium ikan kalian akan menemui spot ini. Kalian disini melewati ruangan gelap dengan dekorasi pepohonan, batang pohon layaknya sedang berada di hutan lebat.

Sesuai dengan namanya, area ini diperuntukan untuk sebagai tempat untuk hewan yang aktif pada malam hari dan bobo cantik pada siang hari.

Koleksi hewan nocturnal disini lumayan banyak kok, kalian bisa lihat hewan-hewan nocturnal yang ada seperti kuskus kerdil Sulawesi, echidna, musang, tarsius, dan kinkajou di area ini.

Saking kerennya tempat ini kalian jangan lupa berfoto disini ya guys! Keren deh serasa di goa sungguhan bahkan seperti dipameran aquarium raksasa tapi isinya bukan ikan melainkan hewan nocturnal!

  1. Fantastic Akuarium

batu secret zoo harga

Tak kalah keren, bukan hanya menonton di layar kaca disini juga kalian bisa melihat ikan-ikan yang ada di film animasi nemo secara nyata.

Berbagai jenis ikan baik ikan air laut atau air tawar ada disini, dari ikan kecil hingga ikan hiu.

Saat memasuki area ini kalian akan masuk kedalam lorong yang samping kanan, kiri, atas dan bawah adalah kaca tembus pandang.

Berdiri disini seperti bukan berada didalam aquarium tapi tengah berada dibawah laut bahkan kapal selam karena dikelilingi ikan dengan pemandangan khas laut yang super duper hits abis.

Wah sepertinya disini juga sangat cocok untuk kalian berselfie ria bersama para ikan-ikan yang cantik, berwarna warni, jangan lupa pakai tongsis ya sobat biar semakin keren hasil fotonya!

Baca Rekomendasi: Museum Angkut Batu Malang, Tiket, Rute & Jam Buka

  1. Area Savanah

 batu secret zoo tiket masuk 2020

Area Savanah ini biasa disebut juga kampung afrika. Sesuai dengan namanya, konsep dari area ini dibuat semirip mungkin dengan habitat asli.

Kalian bisa melihat rumah afrika yang beratap jerami dan bangunan yang masih pakai kayu utuh saling berjejer satu sama lain, dipercantik dengan pernak pernik souvenir khas Afrika berupa pahatan, patung dan gantungan kunci

Jadi tempat ini berupa lorong mirip aquarium raksasa, kalau kalian masuk maka kalian seperti berada di benua lain.

Karena benar-benar seperti sedang di Afrika dengan menyaksikan hewan-hewan Afrika seperti zebra, giant sable antelope dan scimitar-horned orix, yang berlarian, bermain satu sama lain.

Nah jadi kita enggak perlu jauh ke Afrika buat lihat mereka, cukup berkunjung dan berpose di Batu Secret Zoo aja ya!

  1. Area Birds Feeding

batu secret zoo review

Bagi sobat pecinta burung pasti senang berkunjung ke area ini, karena bukan hanya datang melihat kalian juga bisa memberi makan burung yang cantik dan atraktif ini.

Burung-burung Sun Conure yang ada di sini berjumlah sangat banyak dengan aneka warna yang cantik. Itu loh burung yang bawelnya minta ampun, katanya sih bisa niru suara apa aja.

Wah kalau suara merdu Mbak Syahrini bisa ditiru enggak yah?

Selain itu, burung ini cerdas banget, kalau kalian mau kasih makanan mereka mendekat dan meminta makanan yang kita bawa juga. Wah gumuy banget kan sob.

Biasanya burung ini sangat disukai anak-anak sob, jadi boleh kok bawa pulang burungnya biar makin ramai dirumah. Hmm tapi enggak gratis yaaa, harus dibeli dulu.

  1. Hipo and Croc Garden

batu secret zoo wahana

Selanjutnya ada area hewan menyeramkan nih guys, yaitu buaya tapi buaya disini bukan buaya berkalung ban loh.

Di area amfibi selain buaya kalian bisa juga temui kuda nil disini ukurannya super jumbo, jadi hati-hati kalau diarea ini ya, terutama yang bawa anak kecil harus super duper dijagain.

Tapi tenang ya, banyak pawang yang standby disini siap menjaga kalian setiap waktu kok.

Luar biasanya lagi, habitat hidup hewan ini asli dan berada di bawah jembatan yang dilintasi pengunjung.

Jadi kalian hanya cukup berjalan diatas jembatan menengok ke kanan dan ke kiri.

Kalian juga bisa beri makan buaya atau kuda nil dengan roti, daging, sayur atau buah-buahan yang disediakan tapi pada jam yang telah ditentukan ya.

  1. Area Safari Farm

batu secret zoo adalah

Bukan hanya hewan reftil atau amfibi yang ada disini, kalian juga bisa melihat berbagai hewan ternak disini,

Hanya dengan menggunakan kereta yang disiapin disini, sobat bisa berkeliling bahkan memberi makan hewan yang ditemui langsung selama perjalanan di dalam kereta.

Biar lebih seru, jangan lupa bawa makanan untuk hewan ternak seperti wortel, dijamin hewan akan merapat dan mendekati kalian untuk berebut makanan.

Hewan ternak disini bukan hanya sapi loh ya, banyak hewan laiinya seperti unta, llama, bison, kuda poni. Wah pasti seru deh!

Jangan lupa ambil moment saat kalian memberi makan hewan tadi, kalian bisa minta tolong teman atau kerabat untuk memotretnya, saling bergantian. Pasti keren banget deh, buat nambah koleksi foto kalian.

  1. Lemur Kingdom

batu secret zoo cafe

Ini paling baru! Siap berjumpa dengan King Julien di film Penguins of Madagaskar? Yaa hanya di Batu Secret Zoo, kalian bisa mengenal lebih dekat dengan beberapa spesies lemur.

Kerajaan lemur ini cukup luas sekitar 500 m persegi dengan tinggi 12 meter dan sudah di design khusus sehingga sangat mirip dengan habitat asli lemur di Pulau Madagascar.

Hewan imut ini beratnya sekitar 30-60 gram aja guys.

Cuma disini koleksi spesies lemur terbanyak di asia tenggara dengan total 6 spesies lemur yaitu: ring-tailed lemur, brown lemur, red collared lemur, red ruffed lemur, black lemur, dan black and white lemur.

Hebatnya lagi, disini kalian bisa berinteraksi dengan memberi makan dan bermain dengan mereka loh sob! Jangan lewatkan kesempatan ini ya!

Baca Selengkapnya: 20 Tempat Wisata Trenggalek Jawa Timur Terbaru & Paling Hits

  1. Tiger Land

food court batu secret zoo

Apakah sobat suka memancing? Jika iya, disini sobat juga bisa menyalurkan hobi tersebut.

Tapi mancing yang lain dari yang lain yaaa. Yaitu mancing harimau. What mancing harimau? Yess, kalian di area Tiger Land Secret Zoo bisa melakukan itu.

Sungguh keren banget, kalian bisa mencoba memicu adrenalin kalian untuk melakukan ini.

Yang menarik adalah binatang buas ini dibuatkan habitat seperti alam bebas, sehingga hewan nyaman disini dan tidak membuat si hewan menjadi tersiksa.

Jadi, cobalah kalian membeli sepotong daging di area ini, kemudian memberi makanan harimau dari atas kandang di lubang yang khusus disiapkan pengelola wisata.

Kalian jangan khawatir, kandang ini udah dijamain keamanannya kok, karena kandang terbuat dari akrilik yang kuat dan tebal sehingga enggak mungkin pecah.

  1. Permainan dan Hiburan

contact person batu secret zoo

Ingin tahu secepat apa predator kalau berlari saat mereka lapar? Nah kalian bisa coba wahana roller coaster untuk bisa merasakan dag dig dug ser.

Setelah puas menelusuri seluruh area, kalian bisa mampir ke wahana permainan di Fantasy land. disini juga 20 wahana permainan gratis yang bisa kalian coba loh guys.

Selain itu di area ini banyak wahana menarik lainnya seperti Playground Outdoor, horror house, Waterpark dengan tema film Toy Story dan spot berfoto di tangan gorila raksasa, dan tempat foto unik lainnya yang tentu saja kekinian.

Kalau sudah capek, yuk makan dan istirahat dulu di area food court atay café sambil selfie cantik juga boleh juga tuh! Jangan khawatir harga makanan disini cukup terjangkau kok.

Tips Berkunjung

Bagaimana sob, setelah menyimak zona keren di Batu Secret Zoo? Pasti kalian semakin ingin datang kesini kan? Nah sebelum kesini kalian musti tau dulu tips berkunjung biar liburan kalian makin seru. Yuk simak dibawah ini:

  • Buat kalian yang punya budjet dan waktu minimalis, bisa beli tiket sesuai kebutuhan yaaa, biar enggak mubazir nanti.
  • Jangan lupa bawa topi, selain biar kalian keren kalau difoto juga melindungi dari sinar matahari supaya enggak kepanasan sob dan buat jaga-jaga, kalian bawa peralatan mandi, perlengkapan kesehatan juga jangan tertinggal (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik).
  • Karna lumayan luas areanya, pake sepatu atau sandal buat jalan yang paling kalian nyaman ya, biar kaki kalian engga sakit.
  • Biar puas keliling dan eksplorasi, sobat harus datang pagi ya!
  • Kalau udah didalem area, ikuti rute yang ada ya sob biar kalian bisa hemat waktu dan datangi semua tempat tanpa terlewatkan satupun.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Tulungagung Terbaik yang Lagi Hits

Itulah 9 spot menarik yang ada di Batu Secret Zoo Malang. Sebagai tempat wisata edukasi, satwa disini sebagian besar satwa merupakan hewan yang dilindungi diberbagai belahan dunia dengan habitat tersebar dari Pegunungan Himalaya sampai dasar Samudera Pasific.

Jadi selain bisa melihat, kalian juga bisa loh mengamati gaya hidup dan habitat mereka dari dekat, sekaligus berselfie ria. Wah pasti betah berlama-lama di wisata ini! Yuk berpetualang dan nikmati wahana keren disini!

Goa Pindul

Jessica Susanti
6 min read

Gunung Pancar

Jessica Susanti
7 min read

Chinatown Bandung

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *