Bukit Bintang Bandung

5 min read

Bukit Bintang Bandung

Siapa sih yang nggak kenal dengan bukit bintang ini ? Objek wisata Bukit Bintang menjadi salah satu destinasi wisata anak jaman now. Buat kalian yang ingin menikmati eksotisme Kota Parahyangan dari ketinggian, saatnya berkunjung ke Bukit Bintang Bandung.

Sebagai tempat wisata di Bandung yang tergolong baru, ternyata Bukit Bintang Bandung cukup populer di kalangan wisatawan. Awalnya, tempat ini berupa hutan pinus sadapan yang berubah menjadi area bukit Bintang dengan ketinggian 1442 mdpl.

Dalam upayanya untuk beralih rupa menjadi kawasan wisata, tentu Bukit Bintang tidak lagi hanya mengandalkan keindahan hutan pinusnya.

Melainkan, telah terdapat beragam pesona wisata lain yang tak kalah memesona dan tidak boleh kalian lewatkan. Apa saja sih, guys ? Berikut pesona wisata tersebut.

Lokasi

Buat kalian yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, bisa langsung menuju Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan – Kabupaten Bandung.

Lokasinya juga tak jauh dari kawasan wisata Bukit Moko, yakni hanya sekitar 200 meter. Karenanya, tempat wisata ini juga populer dengan sebutan Bukit Bintang Bukit Moko.

Jalan Menuju Bukit Bintang Bandung

Jalan ke wisata alam ini, yang paling mudah adalah melalui Jl. Padasuka-Cicaheum, yakni dari lokasi Saung Angklung Udjo sekitar 8.5 km ke arah utara.

Kalau kalian dari arah Bandung, arahkan kendaraan ke Terminal Cicaheum. Kemudian, setibanya di perempatan sebelum lampu merah Cicaheum, belok kiri ke arah Jl. Padasuka.

Karena rute jalannya yang cukup sempit, menanjak, dan agak ekstrem, disarankan untuk kalian agar membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda motor. Untuk bus atau kendaraan besar dirasa sangat berbahaya.

Untuk kendaraan umum, belum ada yang bisa menjangkau tempat wisata ini kecuali transportasi jenis ojek.

Tiket Masuk

Tentu sebelum menikmati keindahan serta keseruan di Bukit Bintang ini, kalian diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu.

Untuk bisa masuk ke area wisata ini kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang, dan dengan biaya kamping sebesar Rp 20.000/orang. Kalian bisa memarkir kendaraan di kawasan Bukit dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000.

Jam Buka

Waktu operasional tempat wisata bukit bintang adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai buka pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Namun di saat peak time, seperti libur akhir pekan, musim liburan seperti tahun baru, hari raya dan yang lainnya bisa buka 24 jam.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia antara lain mushalla, toilet, tempat istirahat, track hiking, dan juga area camping dengan fasilitas toilet yang siap digunakan.

Kalian bisa parkir di area parkir bawah ataupun di dekat warung daweung/moko. Selain itu juga sekarang sudah ada beberapa warung lesehan untuk istirahat dan makan, tidak hanya warung daweung/moko saja.

Sebagai catatan, sejauh ini tidak ada warung atau tempat makan di dalam area. Jadi kalau mau ngemil atau minum di lokasi bawa sendiri, ya.

Jalan buat mengelilingi lokasi juga sudah tersedia dan bagus, dilengkapi dengan lampu penerangan yang cukup banyak.

Daya Tarik Wisata Bukit Bintang Bandung

Hal ini mungkin tidak banyak yang tahu, kalau Bukit Bintang Bandung memiliki beberapa pesona yang belum kalian ketahui. Berikut pesona yang dapat menjadi daya tarik kalian untuk berkunjung ke Bukit Bintang Bandung.

1. Misteri di Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung

Di Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, terdapat sebuah pohon beringin yang umurnya diperkirakan ratusan tahun. Oleh masyarakat sekitar dahulu diyakini memiliki cerita mistis hingga tempat ini sangat dikeramatkan.

Mungkin saat ini pun masih banyak masyarakat yang masih mempercayai cerita-cerita mistik dibalik keberadaan pohon ini yang dulunya tidak hanya satu, melainkan ada tiga buah pohon beringin, sehingga kawasan ini dikenal dengan sebutan Caringin Tilu.

Cerita mitos dari pohon beringin ini terus mengalir secara turun temurun. Bahkan dua dari tiga pohon yang tumbang dikaitkan dengan runtuhnya kekuasaan salah satu partai politik saat itu.

Namun dibalik cerita itu, Desa Cimenyan menyimpan potensi wisata alam yang indah. Perkampungan pegunungan dan hamparan kebun sayuran menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke lokasi itu.

2. Sunset di Bukit Bintang Bandung

alamat lengkap bukit bintang bandung

Dari lokasi ketinggian bukit Bukit Bintang Bandung juga cocok sekali untuk menikmati keindahan sunset. Efek sunset yang didapatkan sangatlah indah. Terlebih lagi dengan adanya siluet dari tepi hutan pinus yang ditambah dengan lampu-lampu kota Bandung.

Lihat Juga: 15 Tempat Wisata di Garut Terbaru& Hits-Panoramanya Juara!

3. Suasana Malam Hari di Bukit Bintang Bandung

alamat bukit bintang bandung dimana

Bukit Bintang Bandung menyajikan lampu perkotaan yang indah dan menyelimuti lengkungan kota Bandung. Sinar lampu yang mememancar seperti bintang di langit yang hanya dapat dilihat dari ketinggian bukit Dago ini, sehingga disebut Bukit Bintang.

Saat lampu kota mulai menyala, saat itu juga keromantisan di tempat ini mulai tampak. jika kalian mencari sebuah tempat romantis untuk berselfie dengan pasangan, tidak salah jika kalian mencoba datang ke tempat wisata malam Bukit Bintang ini.

4. Berkemah

bukit bintang bandung alamat

Di area sekitar Bukit Bintang juga terdapat lapangan luas yang dijadikan tempat berkemah. Di tempat ini, pengunjung bisa menyewa tenda atau membawa sendiri untuk didirikan dengan tarif yang cukup terjangkau.

Tersedia juga kayu api unggun untuk menerangi kemah sehingga suasana kemahnya semakin terasa. Untuk menikmati sensasi berkemah ini, pengunjung cukup mendaftar langsung di hari bersangkutan, tidak perlu booking atau memesan jauh-jauh hari.

Hanya saja jika saat akhir pekan atau libur, maka ada baiknya mendaftar sejak pagi, apalagi jika tidak membawa tenda sendiri lantaran jumlah tenda kemahnya juga tentunya terbatas.

5. Dermaga Bintang

bukit bintang bandung malam hari

Dermaga Bintang di Puncak Bintang Bandung, salah satu sarana terbaru yang memanjakan pengunjung buat menikmati pemandangan disini.

Dermaga Bintang berupa dek yang cukup masif, besar banget. Cukup tinggi juga, dari atas kita sejajar dengan pucuk pohon-pohon pinus. Sarana yang satu ini belum begitu lama di bangun, keren lho.

6. Jalan-Jalan di Hutan Pinus

bukit bintang bandung contact

Di area Puncak Bintang Bandung, kalian bisa menikmati area hutan pinus yang terbilang bersih dan cukup tertata, menikmati panorama Bandung tepat dari titik tertinggi bukit moko, dan juga camping dengan fasilitas yang cukup baik.

Selain itu, kita pun bisa menikmati keindahan area patahan lembang dengan hiking menembus hutan pinus kurang lebih 2 KM, kurang lebih 30 menit berjalan kaki.

Tempat ini cocok dinikmati pagi atau sore hari. Saat matahari menembus sela-sela pohon pinus, efek cahaya yang muncul indah banget. “Lantai” tanah seputar hutan juga tertutup dengan jatuhan daun-daun pinus yang cukup tebal sehingga terkesan alami banget.

Simak Review: 6 Daya Tarik Situ Patenggang Bandung (Bukan Sekadar Danau yang Indah)

Hotel Dekat Bukit Bintang Bandung

1. Arka Family Villa

bukit bintang bandungan

Inilah Vila Murah dekat Bukit Bintang, Bukit Moko Bandung yang ada di Jalan Maribaya Timur, Lembang.

Lokasi Arka Family ke lokasi wisata Bukit Bintang adalah berjarak hanya sekitar 2 kilometer saja.

Harga sewa kamar villa yang ditawarkan kepada pengunjungnya adalah mulai dengan tarif di bawah Rp 200.000.

2. New Bukit Kasih

bukit bintang bandung daerah mana

Inilah hotel murah dekat Bukit Bintang dan Bukit Moko Bandung, yang beralamat di Jalan Maribaya Timur No. 307.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari objek wisata Bukit Bintang atau Bukit Moko.

Tarif sewa kamar hotelnya adalah mulai dengan kisaran harga sekitar Rp 200.000/malam.

3. Detuik Resto Resort

bukit bintang bandung 24 jam

Inilah resort murah dekat bukit bintang, yang lokasinya berjarak sekitar 4,7 kilometer dari lokasi wisata Bukit Bintang.

Harga sewa kamar hotel De Tuik yang disediakan kepada pengunjungnya adalah mulai dengan tarif Rp 350.000/malam.

4. Scarlet Bukit Pakar

bukit bintang bandung tiket masuk

Hotel ini juga dekat dengan Bukit Bintang Bandung. Terdapat di Jalan Bukit Pakar Timur I No. 148 A, Desa Ciburial, Kec. Cimenyan, Dago Atas, Bandung. Lokasinya berjarak 10 kilometer dari Bukit Bintang Bandung.

Kunjungi Juga: Saung Angklung Udjo, Bermain Sambil Belajar Sejarah dan Budaya Sunda

Wisata Dekat Bukit Bintang Bandung

1. Dago Dreampark

bukit bintang bandung ditutup

Nah, salah satu destinasi wisata di bandung yang bisa merepresentasikan paduan keragaman budaya dengan keindahan alam disekitarnya adalah Dago Dream Park.

Dago Dream Park dibuat dengan desain yang merepsentasikan ekosistem kawasan bernuansa pulau Dewata serta arsitektur kombinasi Jawa – Sunda.

Sejarah hadirnya Dago Dream Park berawal dari Rumah Sosis di Jalan Setiabudi No. 294 pada Bulan Agustus 2007 yang lalu.

Semakin pesatnya pariwisata di Bandung, maka pada Bulan Juli 2016 dibuka Dago Dreampark di daerah Lembang. Wilayah kabupaten Bandung Barat dipilih karena wisata alam pegunungan dengan nuansa hutan pinus yang indah, asri serta sejuk udaranya.

2. Ciwidey

bukit bintang bandung tutup jam berapa

Tempat wisata di Ciwidey identik dengan wisata alam di Bandung. Wajar aja sih, karena memang sebagian besar tempat wisata disini mengandalkan keindahan alam Bandung Selatan.

Berada di dataran tinggi, tempat wisata ini di dominasi suguhan pemandangan pegunungan, kebun teh, kawah, dan juga pemandian air panas. Buat kalian yang ingin melepas penat, area Ciwidey dan sekitarnya cocok banget untuk kalian kunjungi.

3. Bukit Moko

bukit bintang bandung dago

Bukit Moko adalah lokasi paling strategis untuk menikmati perkampungan City Light Bandung. Sedangkan di siang hari, Kalian bisa melihat pemandangan perbukitan yang mengelilingi Kota Kembang tersebut.

Nah, guys! Dibalik cerita mistis tadi, Bukit Bintang Bandung memiliki pesona yang sangat luar biasa dan menakjubkan, guys. Kalian bisa mengabadikan setiap momen di tempat ini tanpa batas. Namun, tetap ingat, selalu jaga kebersihan lingkungannya ya, guys

Baca Juga: 5 Zona Ajaib Lembang Wonderland Bandung (Bak Negeri Fantasi)

Itulah Pesona Bukit Bintang Bandung yang tentunya sangat cocok untuk kalian kunjungi. Salah satu tempat yang sangat recommended sekali buat kalian.

Bukit Bintang Bandung merupakan tempat yang memiliki pesona yang luar biasa. Cocok untuk liburan bareng teman ataupun keluarga. Tempat ini akan memanjakan mata kalian. Selamat berlibur guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *