Bukit Bintang Jogja

4 min read

bukit bintang jogja resto

Pernahkah kalian melihat keindahan kota Jogja dari atas ketinggian? Nah, di kota Jogja ada tempat wisata Bukit Bintang Jogja yang menawarkan wisata unik untuk melihat kota Jogja dari ketinggian. Dengan pemandangan gemerlap lampu kota Jogja yang tampak seperti bintang di malam hari.

Pemerintah daerah Gunung Kidul melakukan pengembangan wisata Bukit Bintang Jogja dengan membangun kawasan taman Rest Area dengan desain lebih indah. Alhasil tempat wisata ini menjadi tempat favorit tongkrongan anak-anak muda, dengan pengunjung luar dan dalam kota.

Lokasi Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja terletak di jalan Wonosari, tepat ke arah tempat-tempat wisata yang ada di Gunung Kidul. Lokasinya berada tepat di perbatasan Kecamatan Dlingo dengan Kecamatan Patuk, yaitu antara Gunung Kidul dan Bantul.

Untuk yang berada di luar kota dan ingin mengunjungi lokasi dari wisata Bukit Bintang Jogja, bisa langsung ke alamat lengkapnya, yaitu Jl. Wonosari KM 15-17, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bukit Bintang Jogja berada di lokasi tepi pegunungan Seribu, yang menghadap barat kota Jogja. Dari jauh akan disambut oleh Gapura di Kabupaten Gunung Kidul, dengan akses perjalanan menuju lokasi yang tidak terlalu jauh.

Rute Bukit Bintang Jogja

Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, tidak perlu khawatir. Karena kawasan Bukit Bintang Jogja memiliki akses yang mudah dilalui oleh pengendara mobil atau motor. Kalian hanya perlu mengarah ke Jl. Wonosari, yang berada di sebelah timur kota Jogja.

Jarak dari pusat kota Jogja ke Bukit Bintang Jogja hanya 16 Kilometer saja, dengan total waktu perjalanan sekitar 30 menitan. Lalu kalian lanjutkan perjalanan ke arah lurus bagian timur, hingga naik di atas Bukit Pegunungan Seribu.

Simak Review: Air Terjun Sri Gethuk yang Menyimpan Cerita dan Keindahan

Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Untuk bisa menikmati keindahan kota Jogja, kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk. Bisa dibilang gratis jika kalian hanya sekedar nongkrong saja.

Akan tetapi jika kalian ingin sekalian jajan dan menikmati kuliner Jogja, disekitar lokasi wisata Bukit Bintang Jogja juga banyak warung-warung yang tersedia. Tapi tidak gratis ya, tapi cukup lebih murah jika dibandingkan nongkrong di cafe.

Satu lagi uang yang harus kalian keluarkan selain jajan dan kuliner di wisata ini, yaitu biaya parkir. Jika kalian membawa kendaraan roda dua, kalian dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 sedangkan roda empat sebesar Rp. 5.000 saja.

Fasilitas Di Bukit Bintang Jogja

Restoran/Tempat Makan

bukit bintang jogja siang hari

Tidak lengkap rasanya jika nongrong tanpa jajan dan kuliner. Di wisata Bukit Bintang Jogja tersedia berbagai macam jajanan kuliner yang siap kalian nikmati sambil menikmati keindahan kota Jogja dari atas bukit.

Banyak rumah makan dan warung-warung penjual minuman seperti kopi, teh, jus dan minuman lain. Atau jika kalian ingin ngemil juga tersedia makanan ringan, seperti snack, atau kentang goreng.

Tempat Duduk Tongkorongan

Terdapat tempat duduk beton yang memanjang di kawasan area ini, untuk memfasilitasi para pengunjung yang datang menatap keindahan kota Jogja. Jadi, kalian tidak perlu membawa tikar ketika datang wisata ini.

Daya Tarik Di Bukit Bintang Jogja

Ada beberapa alasan yang mungkin bisa kalian pertimbangkan ketika ingin mengunjungi objek wisata Bukit Bintang Jogja. Berikut adalah beberapa daftar daya tarik yang dimiliki oleh wisata bukit ini, diantaranya:

  1. Pemandangan Malam Dan Siang Hari

bukit bintang jogja terbaru

Waktu yang paling tepat untuk menikamati wisata Bukit Bintang Jogja yaitu malam hari. Gemerlap lampu kota membuat seakan akan kalian seperti melihat lautan bintang dari atasnya.

Walaupun pada siang hari juga tidak kalah indahnya untuk melihat kota Jogja dari atas. Jika pada malam hari kalian melihat bintang kota, lain halnya jika pagi atau siang.

Kalian akan melihat kawasan hijau-hijauan dari atas bukit pada siang hari. Terlihat sangat asri walaupun kota Jogja merupakan kota dengan kapasitas bangunan yang sangat rapat penduduk.

Rekomendasi Untukmu: Gembira Loka Zoo (Bukan Sekedar Rekreasi)

  1. Sunset Dan Sunrise

bukit bintang jogja malam hari

Jangan lupa bagi kalian untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise dari atas Bukit Bintang Jogja. Sempatkan untuk datang sore hari menunggu pemandangan sunset dari atas bukit sampai terbenamnya matahari.

Ketika malam kalian bisa menikmati suasa utama dari wisata ini dengan puas. Itupun jika kalian rela begadang sampai menjelang pagi, kalian bisa menikamati juga pemandangan sunrise dari atas bukit.

Sunggung tempat nongkrong yang tidak pernah ada habisnya untuk menikmati pemandangan yang mempesona. Di pagi hari kalian melihat sunrise, sore hari kalian melihat sunset, dan malam harinya kalian bisa melihat pemandangan utama yang sangat indah.

  1. Stand Jajanan Kuliner

bukit bintang jogja di malam hari

Ketika berkumpul bersama teman atau keluarga di suatu wisata memang paling enak juga ditemani oleh makanan dan minuman. Fasilitas ini bisa juga kalian dapatkan di wisata Bukit Bintang Jogja.

Banyak disekitar lokasi wisata yang menjual makanan khas, jajanan kulinet, atau minuman seperti teh dan kopi. Mulai dari yang berkelas seperti restourant hingga warung pinggir jalan.

Intinya kalian tidak akan pernah merasa takut acara nongkrong kalian menjadi sepi karena makanan dan minuman. Banyak stand-stand tersebut yang menjual makanan dan minuman hingga pagi.

  1. Tempat Hangout Atau Dinner

bukit bintang jogja harga tiket

Bagi anak muda, tempat hangout dan dinner menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus ada. Disaat teman mulai banyak, dan disaat kalian ingin kencan dengan pasangan disuatu tempat yang romantis, kalian masih bisa mempertimbangkan wisata Bukit Bintang Jogja ini.

Banyak stand yang diperuntukkan untuk dinner kalian bersama pasangan dengan desain tempat yang romantis. Dan ada juga stand yang diperuntukkan untuk kalian nongkrong rombongan bersama teman dan keluarga.

Semisal, restaurant yang menyediakan tempat outdoor dengan pemandangan yang menarik. Ada juga restaurant yang menawarkan dinner romantis dengan pelayanan yang bagus sekali.

  1. Suasana Dan Ketinggian Bukit

 bukit bintang jogja tiket masuk

Tentu kalian bisa membayangkan betapa tenangnya tempat wisata Bukit Bintang Jogja ini. Serasa damai dengan angin malam yang begitu terasa di atas bukit ini.

Ditambah lagi ketinggian bukit ini mencapai 150 meter diatas permukaan laut, yang membuat suasana dinner kalian seperti berada hotel di lantai 35 dengan pemandangan jendela ruangan yang sangat indah.

Akan tetapi perlu di ingat ya, bagi kalian yang datang ke wisata ini untuk menyediakan pakaian tebal. Karena ketinggan bukit dan suasana angin terasa sangat dingin. Penting bagi kalian untuk tidak kedinginan.

Jelajahi Juga: Goa Pindul, Wisata Petualangan Alam yang Menarik dan Unik di Yogyakarta

Hotel Dekat Bukit Bintang Jogja

  1. OYO 1159 Bukit Indah Hotel And Restaurant

bukit bintang jogja alamat

Hotel ini merupakan hotel yang paling dekat dengan objek wisata Bukit Bintang Jogja yang hanya berjarak 120 meter saja dari lokasi. Hotel yang beralamat lengkap di Jl. Yogyakarta-Wonosari Hargo Dumilah KM 15, Yogyakarta ini, menawarkan fasilitas yang cukup lengkap.

Diantaranya, tempat parkir mobil, layanan kamar, perapian, restoran, persewaan mobil, dll bisa kalian manfaatkan disini. Dengan biaya hotel kurang lebih sebesar 300 an ribuan kalian bisa menyewanya.

  1. OYO 777 Kopilimo Cafe & Homestay

Hotel kedua yang bisa kalian pertimbangkan adalah hotel ini, dengan jarak sekitar 1,53 Kilometer dari lokasi wisata Bukit Bintang Jogja. Yang beralamat lengkap di Jl. Patuk Ngoro Oro RT 20 RW 04, Sumber Tetes, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Puri Ayu Homestay

Hotel ketiga ini beralamat lengkap di Jalan Solo Km 9 Maguwoharjo, Yogyakarta juga menawarkan kalian fasilitas yang layak dengan jarak dari lokasi wisata sekitar 3,78 KM.  Diantaranya layanan yang ditawarkan antara lain, internet gratis, resepsionis 24 jam, parkir mobil dll bisa di dapatkan disini.

  1. Homestay Family Syariah

akses bukit bintang jogja

Hotel yang keempat ini berjarak dari lokasi wisata Bukit Bintang Jogja sekitar 5,39 KM yang beralamat lengkap di Jl. Raya Sumber Lor, Yogyakarta. Juga menawarkan fasilitas yang layak bagi kalian yang menginap ditempat ini, dengan harga yang terjangkau.

  1. Lux Guesthouse Dekat Tempat Wisata

ada apa di bukit bintang jogja

Yang ini bisa kalian sewa jika kalian bersama dengan rombongan keluarga dan teman-teman kalian. Dikarenakan hotel ini menawarkan penginapan yang luas, cocok jika kalian tidak menginap sendirian. Alamat lengkapnya bisa kalian cari di Jl. Salaka, Yogyakarta dengan harga sekitar 800 an ribu.

Dengan semua informasi diatas, bisa dipastikan bahwa kalian akan berwisata dengan layak dan nyaman bersama keluarga dan teman-teman di Bukit Bintang Jogja ini. Sungguh liburan yang akan menjadi menyenangkan.

Baca Juga Review: Pantai Indrayanti Jogja, Tiket Masuk dan Lokasi [Lengkap]

Demikian informasi singkat tentang 5 daftar daya tarik wisata Bukit Bintang Jogja dan 5 daftra hotel rekomendai terdekat dari wisata. semoga membantu kalian yang berkunjung dari dalam atau luar kota. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Devoyage Bogor

Jessica Susanti
5 min read

Pantai Sadranan

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *