Candi Prambanan

4 min read

keunikan candi prambanan

Salah satu candi terkenal yang ada di Indonesia tercinta adalah Candi Prambanan. Candi yang dikenal sebagai candi umat Hindu ini berbeda dengan Candi Borobudur, Namun Candi Prambanan tidak kalah keindahannya untuk dijadikan wisata dengan candi lain di Indonesia.

Candi Prambanan tersebut terletak di desa Bokoharjo Prambanan Sleman Jogjakarta. Sejarah singkat candi ini berawal dari Roro Jonggrang meminta seribu candi dalam jangka waktu semalam sebagai syarat lamaran yang didirikan oleh Bandung Bandawasa. Pada akhirnya digagalkan sendiri oleh Roro Jonggrang.

Sebab mengetahui kecurangan dari Roro Jonggrang maka Bandung Bandawasa mengutuknya menjadi arca. Patung Roro Jonggrang dijadikan patung terakhir dari seribu candi yang dibangunnya. Maka munculah patung perempuan dalam Candi Prambanan.

Fungsi Candi Prambanan

sejarah singkat candi prambanan

Candi Prambanan memiliki fungsi sebagai tempat untuk pemujaan para warga yang beragama Hindu. Disamping itu juga digunakan sebagai penyelenggaraan upacara adat istiadat seperti upacara melasti yang biasanya dilakukan sebelum hari raya nyepi dan juga upacara tawur agung kesanga.

Candi yang kita miliki saat ini merupakan warisan dunia yang perlu kita jaga dan lestarikan. Selain digunakan untuk pemujaan Candi Prambanan juga dijadikan sarana belajar ataupun tempat wisata, sebagai wujud bangga atas ragam budaya yang dimiliki Indonesia.

Eksplorasi Candi Prambanan

1. Candi Dewa Siwa

cerita candi prambanan

Candi Dewa Siwa merupakan bangunan yang terletak di kompleks Candi Prambanan, berada di tengah dengan denah dan kaki bangunan berbentuk seperti bujur sangkar. Kaki bangunan terdapat pelipit berbentuk nimna, dan juga pipi tangga berujung makara dengan bentuk pangkal kepala kala.

Candi Dewa Siwa memiliki panjang dan lebar 43 m dan tingginya 47 m. Atap candi berbentuk limas berunduk dan puncak akhir atap memiliki bentuk ratna sebagai tanda kalau Candi Prambanan adalah candinya Hindu.

2. Candi Dewa Wisnu

keunikan candi prambanan

Candi Dewa Wisnu terletak di sebelah utaranya Candi Siwa dan menghadap arah ke Timur. Candi ini memiliki satu relung yang berisi sebuah arca Dewa Wisnu dengan posisi berdiri. Candi Dewa Wisnu berukuran panjang 20 m, lebar 20 m, dan ketinggian 37 m.

Masuk pada bagian dalam candi terdapat relief yang bercerita tentang Kresnayana, yaitu sebagai rainkarnasi dari Dewa Wisnu. Dewa Wisnu digambarkan memiliki tangan yang berjumlah empat dan masing-masing memegang gada, cakra, sangkha (kerang bersayap) dan juga buah atau kuncup teratai.

Asyiknya Liburan di: Pantai Goa Cemara, 7 Aktifitas Seru Menjelajah Pantai

3. Candi Dewa Brahma

keunikan candi prambanan

Candi Dewa Brahma terletak di selatan Candi Siwa yang berukuran hampir sama dengan Candi Wisnu yaitu memilki panjang 20 m, lebar 20 m, dan ketinggian 37 m. Candi ini terdapat satu relung berupa arca Dewa Brahma dengan tinggi 2,40 m.

Sejarah Singkat memang Dewa Brahma dikenal sebagai dewa pencipta yang tampak dan keempat tangannya semuanya memegang sebuah tasbih dan kendi. Sekelilingnya terdapat pagar langkan dengan adanya Relief merupakan cerita lanjutannya yaitu cerita Ramayana.

Tiket Masuk

Tiket masuk di Candi Prambanan terbaru untuk wisatawan domestik yaitu: Dewasa sebesar Rp, 30.000 sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp, 12.500.

Sedangkan untuk tiket masuk bagi wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar 18 USD, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya sebesar 9 USD.

Lokasi Candi Prambanan

wisata candi prambanan jogja

Jalan untuk menuju Candi Prambanan sangat mudah. Lokasi di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jika kamu turun di bandara Adi Sucipto maka langsung saja naik taksi ke arah timur ataupun menjauh dari lokasi pusat kota Jogja.

Jika kamu menggunakan bus, naiklah bus yang jurusan Jogja-Solo dan turun langsung di loket masuk Candi Prambanan. Jika menggunakan kendaraan pribadi ambillah jalan ringroad menuju ke timur Jogja sampai kamu mendapati bangunan candi besar berada sebelah kiri.

Jam Buka Candi Prambanan

Jam operasional Candi Prambanan biasanya buka mulai dari jam 06:00 sampai dengan jam 17:00 WIB. Jadi untuk kamu yang datang ke tempat wisata ini lebih baik segera datang karena ketika hari libur cukup padat ramai banyak pengunjung.

Biasanya untuk hari libur jam buka lebih sedikit lama dibandingkan hari biasa, karena untuk kenyamananmu atau kepuasan pengunjung untuk menikmati wisata candi bersejarah. Serta jangan lupa membawa payung untuk menjaga dari panasnya sinar matahari.

Lihat Juga: Museum Gunung Merapi salam kenal dari Merapi

Hotel Dekat Candi Prambanan

1. Poeri Devata Resort Hotel

Hotel Poeri Devata Resort

Hotel yang bergaya adat jawa ini bisa dijadikan rekomendasi kalian untuk penginapan. Tak jauh dari Candi Prambanan sekitar 0,6 km. Tempatnya yang dikelilingi oleh persawahan dengan udara segar pedesaan akan membuat perjalananmu semakin nikmat. Fasilitas dan pelayanan hotel ini hampir sempurna. Bisa di coba!

2. Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa

hotel prambanan yogyakarta

Lokasi Hotel Sheraton Mustika tak jauh juga dengan candi sekitar 7,8 km. Lagoon acces room akan emmbuatmu semakin betah. Fasilitas berupa kolam renang di depan balkon membuatmu bebas untuk berenang tanpa bercampur dengan pengunjung lainnya. Pemandangan gunung merapi sebagai pelengkap untuk bersantai.

Hotel ini sangat cocok untuk mencari ketenangan dan bersantai. Layak jika hotel ini kamu jadikan sebagai pilihan penginapanmu ketika berkunjung ke Candi Prambanan. Fasilitas yang disediakan juga lengkap tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Lokasi Jl. Laksda Adisucipto km 8.7, Depok, Yogyakarta 55282, Indonesia.

Rekomendasi Untukmu: Hutan Mangrove Kulon Progo Romantisme Matahari Senja

3. Grand Quality Hotel

hotel prambanan jogja

Jarak hotel Grand Quality dengan Candi Prambanan sekitar 8,3 km. Fasilitas yang disediakan yaitu kamar yang begitu luas dengan gaya arsitektur bangunan lawas atau tempo dulu namun tetap terlihat elegan dan mewah. Lokasi terletak di Jl. Adisucipto 48, Yogyakarta 55281.

Kelebihan dari hotel ini adalah akses bandara yang dekat, dengan fasilitas kolam renang yang begitu luas tentunya akan memanjakanmu. Selain itu juga memiliki restoran yang bergaya klasik dengan menu sarapan khas Jogja akan membuatmu rindu ketika meninggalkan kota ini.

4. Quin Colombo Hotel

quin colombo hotel yogyakarta

Quin Colombo Hotel tidak jauh juga dengan Candi Prambanan sekitar 5 menit. Hotel ini berkonsep minimalis namun terlihat elegan dan tempatnya dekat juga dengan bandara. Percayalah disini kamu akan menikmati banyak fasilitas yang disediakan seperti Wi-Fi gratis.

Kamarnya pun didesain sangat hangat dan nyaman. Banyak menu sarapan yang disediakan bervariasi sesuai keinginanmu sendiri. Ada juga lokasi untuk berenang anak-anak jika kamu berkunjung ke hotel tak perlu mencari tempat keluar untuk sekedar bermain.

Pelayanan staf hotel yang ramah akan membuatmu semakin betah untuk menginap di hotel ini, mereka sangat bersahabat dan juga cekatan selama bertugas. Mereka memang detail untuk kebutuhan para tamunya. Lokasi terletak di Jl. Raya Yogya-Solo km 14 Kalasan, Yogyakarta 55571, Indonesia.

5. The Jayakarta Hotel

The Jayakarta Hotel Jogja

Pernahkah kamu menginap dihotel dengan nuansa tempo dulu? Cobalah ke hotel The Jayakarta yang berjarak sekitar 8,6 km dari Candi Prambanan. Hotel ini merupakan pilihan yang tepat tentunya akan membuatmu semakin betah di Yogyakarta. Lokasi terletak di Jl. Laksda Adisucipto km 8, 55281 Yogyakarta.

Mungkin kamu sekilas melihat hotel ini begitu kuno, namun percayalah walaupun bangunan ini terlihat kuno namun hotel ini masih sangat terawat baik. Selain itu juga pelayanannya sangat ramah dan tanggap. Setiap kamar memiliki view langsung ke klam renang yang ditumbuhi banyak pohon menyegarkan.

Kunjungi Juga: Taman Pelangi Jogja, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket 2020

Luasnya area Candi Prambanan akan membuatmu sangat lelah setelah mengelilingi kawasan candi tersebut, apalagi jika kamu berkunjung pada waktu siang hari dengan terik matahari tentunya cukup membuatmu terasa lelah dan capek.

Karena itu jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya datang pada waktu sore dan menggunakan payung serta alas kaki yang membuatmu nyaman. Maka kamu akan lebih menikmati pemandangan beraneka macam patung relief. Ayo cerita ke temanmu dan ajak kesini!

Floating Market Lembang

Fitria
4 min read

Trans Studio Bandung

Fitria
5 min read

Tempat Wisata di Bandung

Fitria
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *