Chinatown Bandung

5 min read

china town bandung 2019

Bandung dengan sejuta pesonanya mampu menjadi magnet bagi para wisatawan. Bosen dengan destinasi wisata di Bandung yang gitu-gitu aja? Chinatown Bandung bisa jadi pilihan destinasi wisata yang beda dan kekinian banget.

Sejak dulu dikenal sebagai pecinan Bandung, wisata ini menghadirkan nuansa berbeda dengan segala keunikan yang ada.

Bukan hanya sekedar tempat wisata biasa, Chinatown Bandung merupakan wisata budaya yang recommended banget buat kalian generasi milenial yang suka foto-foto, ngopi dan nongkrong santai bareng temen, pacar maupun keluarga.

Selain itu disini kalian bisa eduwisata bahkan merasakan nikmatnya hidup di negara ginseng China yang sarat akan budaya tradisionalnya yang unik. Nah sebelum kalian berkunjung kesana, ada baiknya kalian simak dulu info berikut ini :

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung sebenarnya adalah kampung china yang dihuni oleh warga tionghoa yang tinggal di Bandung. Lalu kampung ini di modifikasi menjadi tempat wisata yang diresmikan pada 04 Agustus 2017 dengan luas 3.000 ha.

Klenteng Vihara Satya Budhi selama 130 tahun masih berdiri kokoh, menjadi saksi tertua perjalanan pecinan yang kini menjadi wisata yang sangat ramai dikunjungi.

Wisata ini telah direvitalisasi dan disulap menjadi kawasan wisata yang berbeda dari Kampung China seperti biasanya dan Arsiteknya pun didatangkan dari Tiongkok.

Karna konsepnya yang unik dan penuh kejutan, wisata ini jadi sangat viral di social media loh guys, dan pengunjungnya bukan hanya dari lokal Bandung, tapi banyak juga wisatawan dari luar kota yang rela antri tiket demi berkunjung kesini.

Lokasi Chinatown Bandung

Lokasi wisata ini di Jalan Kelenteng no.41, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Jalan ini terhubung dengan Jalan Sudirman dan Jalan Cibadak yang sudah dikenal sebagai kawasan berbau tionghoa.

Lokasi yang strategis ini membuat kalian bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang berada disekitar wisata ini seperti Bandung City Hall Park, Amped Trampoline Park Indonesia, dan salah satu icon Bandung yaitu Gedung Sate.

Selain itu terdapat banyak hotel dekat sini dengan harga mulai Rp 90.000-an per malam, seperti Reddoorz Near Stasiun Bandung, Losmen Arimbi.

Rute Chinatown Bandung

Buat kalian yang membawa kendaraan pribadi atau bus dari arah Jakarta / Bogor lewat tol via Tol Cipularang, kalian bisa keluar di Tol Pasteur menuju arah alun-alun kota Bandung dengan menempuh jarak 13 km.

Karena bukan jalan besar, biasanya sulit untuk menemukan Jalan Klenteng. Kalian bisa mulai jalan dari alun-alun Kota Bandung, kemudian menuju Jalan Sudirman hingga diperempatan jalan Sudirman – Cibadak – Kelenteng lalu belok kanan.

Jangan bersedih buat kalian yang enggak ada kendaraan pribadi, karna lokasi wisata ternyata enggak jauh dari Stasiun Bandung, kalian bisa naik kereta dan turun di Stasiun Bandung dan jalan kaki sekitar 15 menit maka kalian akan sampai di wisata ini.

Tiket Masuk

Harga yang dipatok untuk tiket masuk ke wisata ini, yaitu seharga Rp 30.000 per orang baik hari biasa maupun weekend.

Dengan biaya masuk yang terjangkau kalian sudah bisa menikmati berbagai fasilitas disini, mulai dari suasana khas china hingga spot-spot yang instagramable sekaligus wisata kuliner.

Jam Operasional

Jika biasanya tempat wisata ditutup sebelum malam, disini berbeda justru dibuka hingga malam, tentu ini menguntungkan bagi kalian untuk berkeliling dan menikmati wisata malam.

Jam buka dimulai pukul 10.00 – 21.00 WIB (Senin – Jumat), 10.00 – 22.00 WIB (Sabtu), 09.00 – 21.00 WIB (Minggu dan Hari Libur)

Fasilitas di wisata ini terbilang lengkap dan unik berbeda dari lainnya, hal ini menjadi penunjang bagi pengunjung untuk bisa dimanfaatkan seperti arena playground untuk anak, toilet.

Tempat ibadah untuk muslim, dan cuma disini kalian akan bisa merasakan sholat didalam rumah tionghoa yang khas dengan ornament berwarna kuning dan merah.

Selain itu kalian tidak perlu khawatir kelelahan saat berkeliling, karena disini disediakan 3 area besar tempat duduk untuk beristirahat sejenak, namun bukan sembarang tempat duduk karena instagramable banget!

Daya Tarik

Pasti kalian semakin bertanya-tanya, sebenarnya apa yang menarik dari wisata ini? mengapa begitu kekinian dan viral ditahun 2020 ini? berikut kita kasih jawaban biar kalian engga penasaran ya!

1. Wisata Kuliner Kekinian

hina town bandung alamat

Dengan desain colourfull khas warna merah dan orange, dinding yang dihias oleh lukisan tangan mural, sampai hiasan lampu dari kerajinan kayu yang membuat kamu engga tahan kalo engga selfie disini.

Enggak cuma spot foto keren, disini disediakan 43 jenis menu makanan yang bisa kalian coba! Bukan hanya makanan khas china tapi juga tradisional Indonesia.

Nah sebenarnya untuk harga makanan disini enggak mahal kok gengs, semua harga dibawah Rp 50.000 per menu, dijamin makan disini bikin lidah kalian bergoyang tanpa henti bahkan saking enaknya sampe bikin kantong kalian jebol!

Oh iya untuk pembayaran makanan tidak bisa cash, namun cuma bisa dilakukan menggunakan uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit berbagai jenis bank. Jadi jangan lupa siapin ATM.

Simak Review: Keraton Kasepuhan Cirebon Arsitektur Menawan Bersejarah

2. Museum Mini Saksi Sejarah

china town bandung buka jam

Daya tarik kedua yang buat kalian takjub adalah adanya museum mini berisikan sejarah masuknya tionghoa ke Indonesia dan dibangunnya pecinan ini disajikan dalam bentuk gambar lengkap dengan tulisannya jadi engga ngebosenin bacanya!

Kalian juga bisa menjumpai pernak pernik peralatan antik yang dipakai jaman dahulu kala, kaya sepeda ontel, piring, teko, mesin jahit, panci, rantang hingga dompet yang masih terjaga banget keasliannya.

Kita ingetin yaaa kalian tidak boleh menyentuh barang antik itu ya guys, cukup dilihat dan dibayangkan saja, tapi kalau foto boleh kok tenang aja.

3. Dekorasi Unik Seperti Di Negara Ginseng

china town bandung review

Dekorasi disini sangat unik dan keren dengan memadukan kesan oriental dengan banyaknya mural yang menggambarkan kehidupan etnis tionghoa Bandung pada masa lalu. dan modern karena selalu diperbaharui sebagai pendukung foto kalian

Tapi tidak hanya itu, beberapa barang kuno juga dipajang di sudut-sudut area untuk menambah kesan klasik, seperti pesawat telefon koin, sepeda onthel, televisi jadul, dan termos es kuno.

Saking kerennya ternyata arsitektur sampai detail bangunannya ini telah dikonsep ruang terbuka persis dengan arsitektur di Tiongkok lho!

4. Spot Foto Antimainstream

china town bandung kebakaran

Bagi yang doyan foto dan mimpi jadi selebgram, disini tempat yang cocok, wajib hukumnya punya baterei full dan memori yang kosong supaya kalian bisa berswafoto dan selfie ria dengan spot foto antimainstream.

Kalian bisa ambil foto dihampir semua sudut di wisata ini, misalnya pose berdiri di jembatan merah dengan kolam ikan dibawahnya layaknya film-film kerajaan china dengan background rumah tradisional China.

Satu lagi spot terhits yaitu pagoda kuning, namun kalau mau foto disini harus pagi-pagi biar sepi, soalnya pagoda ini juga berfungsi sebagai area duduk wisatawan.

Sudah dapat dipastikan jika kalian upload foto kalian disini akan banjir like dan comment bahkan bikin follower kalian membludak, kan mereka kira kamu abis berlibur di China.

Kunjungi Juga: Curug Tilu Leuwi Opat (Wisata Alam yang Instragamable)

5. Tempat Sewa Pakaian Tradisional Ching-Ching

china town bandung dimana

Kalian ingin bergaya bak putra dan putri raja di China? Bisa banget. Rogoh kocek sedikit gapapa kan demi tampil sempurna dengan menyewa kostum tradisional Tiongkok.

Tarif sewa kostum ala orang tiongkok untuk orang dewasa mulai dari Rp 75. 000 – Rp 150.000 per orang. Sementara untuk anak – anak mulai harga Rp 50.000 – Rp 100.000 per anak.

Biar makin kece, kalian bisa pakai jasa make up ala cici dan cece disini. Jasa make up untuk di patok Rp 25.000 hingga Rp 100.000 per orang.

Kalian bisa pakai jasa foto dan hasil fotonya bisa kalian ambil sesuai ukuran yang kalian mau, misalnya 4R atau 8R atau mencetak fotonya dalam bentuk souvenir seperti mug, puzzle, hingga tumbler minum.

6. Belanja Fashion Oriental

chinatown bandung malam hari

Bandung surganya fashion murah dan kekinian, mau cari fashion yang beda? Di sini bisa jadi alternatif kalian.

Nah, kalian yang suka belanja tapi pengen cari yang beda jangan lewatkan belanja disini yang super kece ini, disini disedikan berbagai macam fashion yang bernuansa China dan kece badai.

Berbagai barang dijual disini, baju, sandal, payung, aksesoris hingga hiasan dinding dan pajangan meja yang oriental disini ada guys, pas banget buat oleh – oleh kalian, jangan khawatir harga barang disini juga cukup murah kok mulai dari Rp. 10.000 aja per item.

Toko disini didesain dengan menonjolkan sisi oriental banget, mulai dari papan nama toko yang berwarna merah dan tulisan serta lampion yang menghiasi pintu masuk toko, jadi ini juga bisa jadi salah satu spot foto yang keren punya!

7. Wisata Malam

chinatown bandung buka jam berapa

Tidak kalah unik dan keren dengan Chinatown di Singapura, disini juga menyediakan wisata malam yang tidak hanya menyajikan kuliner tapi juga suasana oriental dengan berbagai atraksi atau hiburan dimalam hari.

Begitu pula dengan ornament khas yang tidak boleh dilewatkan yaitu lampion sebagai pengental suasana kota China. Kalau saat perayaan imlek tiba, lampion ini akan semakin banyak menyala. Wah semakin indah bukan?

Baca Juga: 6 Daya Tarik Bukit Bintang Bandung dengan pesona yang menakjubkan

Tips Berkunjung

Sebelum kalian berkunjung ke sana, simak tips ini dulu yak!

• Jangan datang terlalu siang, upayakan datang lebih pagi agar kalian tidak kesulitan mencari lahan parkir karna lahan yang tersedia tidak cukup luas.
• Karna disana hanya menerima uang elektronik, kalian jangan lupa mengisi atau sedia saldo ATM yang banyak guys, biar bisa cobain banyak kuliner dan belanja.
• Buat kalian yang punya budget pas – pasan, selalu bertanya dulu sebelum membeli atau berbelanja biar nanti bisa menyesuaikan budget kalian.

Lihat Juga: 15 Tempat Wisata di Garut Terbaru& Hits-Panoramanya Juara!

Nah diatas adalah 7 hal menarik dari Chinatown Bandung. Wisata yang sedang kekinian, hits tahun 2020 dan sangat cocok untuk pemburu spot instagenic.

Banyak sekali yang bisa dilakukan jika kalian berkunjung ke destinasi wisata ini mulai dari sejarah, wisata kuliner hingga wisata malam.

Yuk pelajari budaya lain untuk membuka pikiran dan wawasan kita. Gimana tertarik untuk kesana? Jangan lupa ajak teman, pacar atau keluarga ya, biar tambah seru dan asyik.

The Jungle Bogor

Jessica Susanti
6 min read

Kota Lama Semarang

Indah Andini
5 min read

Candi Cetho

Indah Andini
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *