Coban Rais

3 min read

wisata cuban rais

Berbicara mengenai kota Batu tentunya tidak akan jauh dengan yang namanya wisata. Karena wilayah ini diberikan kenikmatan olah Tuhan memiliki pesona alam yang sangat mempesona. Sebut saja diantaranya Coban Rondo, Selecta, Jatim Park, serta Museum Angkut.

Kawasan Batu juga memiliki coban lain yang wajib kamu kunjungi. Karena kawasan ini sering diburu oleh para netizen dengan hasil foto keindahan alamnya yang instagenic, yaitu wisata Coban Rais.

Coban Rais adalah sebuah tempat wisata favorit di kota Malang yang sedang hits. Kata Coban sendiri berasal dari kata yang artinya air terjun, dan kata Rais diambil dari salah satu naman penduduk. Selain menikmati wisata malam terbaru tidak ada salahnya berkunjung ketempat ini.

Air terjun dengan ketinggian 20 meter awal mulanya bernama Coban Sabrangan karena jalan menuju lokasi ini harus menyebrangi 14 sungai dahulu. Karena tempat ini merupakan wisata baru di Malang maka dirubah namanya menjadi Coban Rais.

Suasana alam yang sejuk dan alami sangat cocok untuk kalian yang refreshing dengan suguhan aneka warna tumbuhan hijau segar ala pegunungan serta perpaduan dari suara deburan air terjun yang dapat menenangkan hati.

Batu Flower Garden

wisata cuban raisInilah sebab mengapa Coban Rais banyak dikenal oleh para wisatawan dari penjuru nusantara. Dengan hadirnya Batu Flower Garden yang mempesona, spot berfoto yang dihadirkan berupa bunga warna-warni yang sangat indah.

Batu Flower ini terletak di wilayah bukit Coban Rais. Memang sengaja bukit ini di desain sebagus mungkin agar terlihat semakin instagenic. Berbagai macam tanaman ini ditata rapi sedemikian rupa. Namun sayangnya untuk memasuki kawasan ini cukup mahal.

Ayunan coban rais

wisata coban raisAyo apakah kalian berani nyobain ayunan extreme di Coban Rais? Buat kalian yang suka dengan hal yang extreme, ayunan ini patut untuk dijadikan list kalian. Ayunan ini berada di atas bukit dengan ketinggian beberapa ribu meter.

Wahana extreme yang berada di Bukit Bulu ini adalah ayunan extreme. Spot ini mulai hits karena dengan background foto pemandangan bunga di Bukit Bulu yang diunggah oleh wisatawan. Tak banyak wisatawan yang mencoba ayunan extreme ini, selain untuk menguji keberanian spot ini juga bagus banget dijadikan spot berfoto.

Jangan takut! Karena kemanan adalah nomor satu. Jadi tidak usah perlu takut akan terpeleset dari atas ayunan. Karena pengelola akan mengaitkan pinggang kamu ke tali ayunan dengan safety belt. Berani mencoba?

Baca Selengkapnya: 12 Fakta unik Goa Gong Pacitan, pesona goa yang menakjubkan

Rumah Hobbit

wisata coban raisSetelah berjuang tanpa mengenal lelah, saatnya kamu merasakan suasana keindahan yang ada. Selain adanya air terjun wisata Coban Rais memiliki spot menarik lainnya, yaitu salah satunya Rumah Hobbit.

Tempat ini merupakan sebuah rumah hobbit yang menarik. Jadi sangat pas sekali jika tempat ini dijadikan lokasi untuk berfoto. Uniknya rumah hobbit ini berada di lokasi tingkat kemiringan yang cukup.

Jadi kamu harus sangat berhati-hati jika berada di kawasan ini agar tidak terjatuh, disebuah lereng yang berbulu dan cukup tinggi juga. Tapi seru juga kan? Sangat berbeda dengan rumah hobbit yang ada di tempat lain.

Wahana dan Gardu Pandang

coban raisWahana dan Gardu Pandang ini terletak di kawasan perbukitan sehingga kaian dapat menikmati pemandangan alam sekitar Kota Batu. Biasanya banyak wisatawan yang memburu spot yang berbentuk love, karena titik ini terlihat sangat sempurna.

Selain itu juga disini terdapat ikon kota Malang yaitu buah apel. Banyak wisatawan yang berfoto di lokasi ikon apel yang sudah dimakan ini. Masih banyak spot menarik seperti halnya berbagai macam bunga yang terlihat romantis.

Alamat Coban Rais

Alamat lokasi wisata Coban Rais berada di Jalur Lingkar Barat, dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Batu. Jarak tempuh dari kota Batu adalah sekitar 7 Km dan dapt ditempuh selama kurang lebih 30 menit.

Baca Juga: 7 Wahana Idola Eco Green Park (Wisata Edukatif Yang Fun)

Rute Lokasi Coban Rais

wisata cuban raisUntuk menuju lokasi wisata rute yang harus dilewati adalah Terminal Batu menuju ke studio Batu TV. Dari sini kamu dapat mengikuti jalan yang ada di studio hingga mencapai parkiran lokasi. Cukup mudah bukan?

Bagi kamu yang ingin menggunakan transportasi umum bisa juga berangkat dari terminal Landungsar. Disana kamu dapat menaiki angkot BIL yang berwarna kuning dengan tujuan ke arah kota Batu.

Nah. Disini ada beberapa trik yang wajib kamu ketahui. Jadi ketika kamu di terminal tentunya akan menjupai angkot yang berwarna kuning dan pink. Dimana angkot pink akan mengantar ke terminal Batu dan harus oper. Jangan salah naik ya!

Sedangkan untuk angkot warna kuning, nanti kamu bisa langsung minta turun di pertigaan tugu oro-oro ombo. Jarak yang ditempuh kurang lebih selama 1 jam. Setelah sampai kamu dapat menggunakan ojek. Jadi total harga yang harus dibayar sekitar Rp 15.000.

Harga Tiket Masuk

wisata cuban raisHarga tiket masuk di kawasan ini memang bisa dikatakan cukup mahal. Apabila masuk dan hanya menikmati air terjun saja kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. ditambah dengan parkir Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5000 untuk motor.

Bagi kamu yang ingin menikmati Batu Flower Garden dikenakan biaya sebesar Rp 25.000. apalagi jika kamu membawa kamera maka ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000. jika menggunakan DSLR sebesar Rp 20.000, dan jika menggunakan drone Rp 75.000.

Namun jangan khawatir, ada fasilitas tambahan yang disediakan yaitu kalian akan mendapatkan akses gratis untuk bunga utama yang ada disini. Karena jika tidak membayar kameranya maka wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Lihat Review:7 Hal Wajib kamu ketahui tentang Candi Singosari

Tips Berkunjung

wisata cuban raisJika kalian hendak kesini bersama keluarga ataupun orang terdekat kamu, ada beberapa tips yang mungkin harus kamu perhatikan untuk kenyamanan selama liburan disana. Berikut beberapa tipsnya:

  • Datanglah pada hari biasa atau diluar hari liburan. Karena akan dipadati oleh pengunjung dan harus antri untuk berfoto di spot yang kamu inginkan.
  • Datanglah pada saat cuaca cerah, karena dengan cahaya alami hasil foto akan terlihat lebih bags hasilnya. Dan datanglah lebih awal untuk mengantisipasi pengunjung lain memadati lokasi.
  • Jangan lupa membawa kamera sendiri, agar lebih puas hasilnya dan bebas untuk berfoto.
  • Ada baiknya jika kesini kamu membawa uang lebih untuk bisa berfoto di beberapa spot karena dikenakan biaya tambahan.
  • Jika kamu ingin lebih irit bisa juga hanya menikmati disekitar air terjun dan tak harus berfoto di spot foto.
  • Yang paling penting jangan sampai merusak tanaman bunga yang ada dikawasan sana. Serta jangan membuang sampah sembarangan. Tetaplah menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar wisata.

Baca Rekomendasi: Pantai Balekambang, 5 Hal Menarik, & Misteri Didalamnya

Diatas merupakan ulasan sedikit tentang wisata Coban Rais. Dengan berbagai keindahan tanaman bunga dan air terjun yang segar. Tentunya banyak spot menarik yang dapat kalian pilih, mengabadikan momen bersama keluarga kalian.

Jadi kapan kalian kesini menikmati pemandangan dan mencoba beberapa spot menarik lainnya di Bukit Bulu yang unik dan tentunya instagramable ini? Dijamin kekinian dan terlihat sangat keren untuk melengkapi galeri fotomu. Selamat berlibur!

Kota Tua Jakarta

Indah Andini
5 min read

Tebing Keraton

Indah Andini
4 min read

Taman Bunga Nusantara

Indah Andini
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *