Coban Rondo
https://www.instagram.com/ayodolenmalang_/

Coban Rondo

Posted on

Air terjun masih menjadi primadona wisata yang menyejukkan mata, sejuknya air yang jatuh dari ketinggian seakan melepas segala penat dari padatnya perkotaan. Begitu juga sensasi yang tercipta di air terjun Coban Rondo.

Coban Rondo merupakan tempat wisata air terjun legendaris dan cukup terkenal sejak tahun 1980. Tinggi coban ini kira – kira 84 meter, airnya berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo.

Coban Rondo berada di ketinggian 1135 mdpl, sehingga lokasi wisata ini memiliki udara yang sejuk dan air yang segar.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Coban merupakan kata lain dari air terjun. Sementara rondo berarti janda. Berawal dari sepasang pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan suaminya Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara.

Setelah usia pernikahan mencapai 36 hari atau dikenal dengan istilah selapan, Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmara. Sempat dilarang pergi oleh orang tuanya, tetapi keduanya bersikeras melanjutkan keinginannya.

Hingga akhirnya, sesampainya di tengah jalan, mereka bertemu dengan Joko Lelono yang saat itu langsung terpikat oleh Dewi Anjarwati.

Perkelahian pun terjadi, Raden Baron lalu meminta agar Dewi Anjarwati disembunyikan di tempat yang ada air terjunnya. Hingga akhirnya keduanya sama – sama meninggal. Sejak saat itu, Dewi Anjarwati berstatus janda atau rondo.

Lokasi Air Terjun

Wisata air terjun ini Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membutuhkan sekitar 1 jam.

Sedangkan jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km membutuhkan waktu tempuh 30 menit.

Jika kamu menggunakan angkutan Umum. Ambil jurusan Malang dari Surabaya . Naiklah angkutan umum dari Terminal Arjosari Malang Jurusan Landungsari – Sesampainya di Landungsari.

Lanjutkan perjalanan dengan Bus tujuan Kediri Via Pujon, turun di Patung Sapi, naik ojek ke lokasi Air Terjun.

LAGI HITS
Candi Singosari

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari jalan raya arah Batu – Pujon, Malang, kamu akan sampai di puncak perbukitan yang terdapat papan arah menuju lokasi.

Jalan Menuju Air Terjun

Akses ke air terjun ini sangat mudah dengan jalan yang sudah beraspal baik. Jika dari jalan raya arah Batu – Pujon, Malang, setelah melalui tanjakan yang landai dan jalan berkelok-kelok dan terkadang tajam, maka akan sampai di puncak perbukitan.

Sebuah papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya guna menemukan objek wana wisata Coban Rondo.

Tiket Masuk Air Terjun

Tiket masuk cukup terjangkau. Wisatawan domestic hanya perlu membayar Rp 15.000 – Rp 18.000, sedangkan untuk mancanegara Rp 25.000 – Rp 30.000.

Jika kamu ingin menggunakan beberapa fasilitas seperti kereta kelinci, sepeda gunung, atau outbound hanya membayar biaya sekitar Rp 5.000 – Rp 35.000.

Fasilitas

Jika kamu ingin berkunjung lebih lama ke wisata ini kamu tidak perlu khawatir, karena telah tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap, untuk menunjang kebutuhanmu.

Bagi kamu yang ingin berlama-lama bahkan menginap, disekitar wisata ini tersedia penginapan dengan tarif mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- per malam.

Ada juga fasilitas umum lain seperti tempat sholat, tempat parkir, rumah makan, toilet, yang tentunya bersih dan nyaman.

Dan bila ingin membeli kenang-kenangan atau souvenir khas kota batu, kamu bisa berbelanja di kios-kios cinderamata yang ada disekitar wisata dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca Rekomendasi: Coban Talun, Air Terjun Hits dan Instagramable di Batu Malang

Daya Tarik Di Air Terjun Coban Rondo

Wisata legendaris ini tentunya memiliki daya tarik yang sangat kuat untuk menarik wisatawan. Berikut beberapa hal menarik yang bisa kamu temui di wisata ini:

1. Bumi Perkemahan

Bumi Perkemahan Coban Rondo

Pengunjung yang ingin menikmati alam bebas dengan menginap di alam terbuka, disini menyediakan lokasi untuk berkemah.
Selain itu kamu juga bisa menikmati nuansa alam yang asri dengan dikelilingi rindangnya naungan hutan Pinus dan eucalyptus

Jika kamu ingin berkemah, di wisata ini menyediakan tenda yang berkapasitas 4-orang untuk disewakan.
Pastinya akan sangat menyenangkan dapat berkemah di alam terbuka yang sangat asri bersama keluarga dan teman-teman terdekat

2. Atraksi Gajah

Sejak tahun 1996, PT.Palawi Risorsis telah mendatangkan 3 ekor gajah Sumatera yang cukup terlatih dari sekolah gajah Waykambas Lampung.
Atraksi gajah disajikan untuk menghibur para pengunjung di wisata Air Terjun Coban Rondo.

Selain itu kamu juga diperbolehkan untuk berinteraksi, bermain dan menunggangi gajah-gajah ini. Tentunya dengan pengawasan petugas.

3. Penginapan

Jika kamu ingin bermalam namun tidak ingin berkemah, lebih ingin mencari tempat yang aman dan nyaman. Di Wisata ini terdapat penginapan dengan 15 kamar yang bisa kamu pesan.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti air panas, kebersihan dan lain sebagainya, dan kamu bisa memesan kamar ini dengan harga yang terjangkau.

LAGI HITS
Grojogan Sewu

Kamu juga bisa memanfaatkan penginapan ini sebagai tempat pertemuan yang berkapasitas 30 orang.

4. Lintas Sepeda Gunung

Di Wisata ini juga terdapat lintasan sepeda gunung. Menikmati suasana yang tenang dan rindang dengan berolahraga sepeda.

Rutenya melewati kawasan hutan pinus dan eucalyptus dengan kondisi rute yang menantang dengan menyusuri lereng-lereng dan kondisi lintasan yang naik turun.

Namun hal ini dapat menjadikan kegiatan bersepeda gunung, menjadi lebih menantang dan berkesan. Jangan lupa alat pengaman bersepedanya juga ya.

5. Arena Bermain Anak

Jika kamu membawa anak-anak, jangan khawatir karena di wisata ini juga memiliki wahana bermain khusus anak-anak.

Anak-anak dimanjakan dengan adanya fasilitas arena bermain yang cukup luas dan menyenangkan. Terletak di dekat lokasi parkir kendaraan.

Ditambah dengan adanya lokasi bermain di sungai bagi anak-anak dengan kondisi air yang jernih, dangkal dan aman, di sekitar lokasi air terjun.

6. Koleksi Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Untuk kamu yang pengguna obat-obat herbal atau bahkan suka dengan bidang meramu obat dari tanaman herbal. Wisata ini juga menyajikan koleksi tanaman obat.

Berbagai koleksi tanaman obat dapat kamu amati di Taman TOGA yang terletak tidak jauh dari lokasi Taman Arena Bermain Anak.

Sejumlah 200 jenis tanaman obat-obatan tradisional dapat menjadi tambahan wawasan bagi para pecinta obat tradisional.

7. Persemaian Tanaman Hutan

Agar hutan tetap lestari, tentunya harus ada aktivitas untuk melestarikan hutan. Bagaimana kita melestarikan hutan? Di wisata ini kamu juga bisa menambah wawasan tentang hutan dan pelestariannya.

Pengelola Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo bekerja sama dengan PERHUTANI membuat lokasi persemaian tanaman hutan yang dapat dimanfaatkan pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis tanaman hutan.

Paket lengkap berwisata sekaligus menambah pengetahuan dan kecintaan kita terhadap pelestarian hutan.

8. Jenis-jenis Satwa Langka

Disekitar lokasi arena Gajah kamu juga bisa memandangi aneka satwa langka yang beraneka ragam. Satwa-satwa langka ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tak perlu keliling pelosok Indonesia untuk dapat mencari satwa-satwa langka. Berkunjung saja ke wisata ini. Kamu dapat menambah wawasan tentang satwa-satwa langka dari seluruh pelosok Indonesia.

Wisata ini bisa menjadi sajian yang tepat untuk pembelajaran terutama pada anak-anak tentang flora dan fauna Indonesia.

9. Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin adalah salah satu fasilitas baru yang langsung populer sebagai salah satu Spot Foto di Malang yang keren. Seperti namanya, Taman Labirin ini adalah sebuah taman yang bentuknya adalah sebuah labirin dari tanaman tinggi.

Kamu bisa masuk dan mengeksplor Taman Labirin untuk menemukan pusatnya. Juga bisa berfoto-foto sambil mencari jalan keluar dari taman tersebut. Wisatawan juga bisa memotret dari atas dengan naik ke menara pandang di atas pintu gerbang tiket Taman Labirin tersebut.

LAGI HITS
Omah Kayu

Biaya masuk labirin ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000, kamu bisa menjelajah labirin, dan mengabadikan momen dari ketinggian. Namun jangan sampai salah jalan pulang ya..

Baca Selengkapnya: 6 Pesona dan Daya Tarik Gunung Kelud yang Sangat Memikat

10. Outbond di Coban Rondo

Di Wisata ini juga ada beberapa fasilitas outbond yang menyenangkan dan bisa dicoba. Pastinya seru dan memacu adrenalin.

Kamu bisa coba fun tubing, bagi kamu yang suka berenang mengitari sungai dengan ban dan pelampung. Kamu bisa mencoba outbond ini dengan membayar Rp 35.000.

Jika kamu suka perang-perangan, kamu wajib coba paint ball yang berisi simulasi perang-perangan per tim 6 orang dengan biaya Rp 450.000 (150 peluru).

Selanjutnya ada flying fox untuk kamu yang ingin mencoba keseruan meluncur di udara hanya dengan harga Rp 30.000.

Misteri Air Terjun Coban Rondo

Wisata ini memiliki histories yang cukup melegenda, dan tentunya beriringan dengan cerita dibalik coban rondo, banyak mitos-mitos di sekitarnya. Berikut beberapa mitos yang harus kamu tau:

1. Nama Coban Rondo

Pertama, mitos tentang asal nama Coban Rondo. Tempat ini merupakan tempat yang digunakan oleh Dewi Anjarwati ketika menunggu suaminya, Raden Baron Kusuma. Ia menunggu suaminya yang bertarung melawan Joko Lelono yang hendak merebut dirinya.

Keduanya akhirnya gugur, namun Raden Baron Kusuma sudah berpesan pada punokawan untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati. Kemudian jadilah tempat persembunyian in bernama Coban Rondo yang artinya Air Terjun Janda.

2. Kesialan Bagi Pengunjung yang Berpacaran

Kedua, tentang larangan berpacaran di area wisata Air Terjun. Mitos ini berkaitan dengan tradisi masa lalu yang kemudian dipercayai masyarakat.

Wisatawan yang datang ke objek wisata ini dengan berpacaran atau dengan pasangan namun belum menikah akan mengalami kesialan.

Pasangan muda-mudi yang belum terikat dalam pernikahan, diyakini tidak akan sampai ke pelaminan usai berkunjung ke tempat ini. Hal ini didasarkan pada cerita bahwa kutukan dari Dewi Anjarwati tak ingin orang lain bersenang-senang di atas penderitaannya.

3. Tulah Karena Buang Sampah / Buang Air Sembarangan

Ketiga, adanya mitos tentang larangan untuk buang sampah bahkan buang air sembarangan. Lokasi wisata ini dipercayai banyak dihuni makhluk penunggu.

Maka wisatawan yang datang harus menaati peraturan tertulis di sana. Di antara peraturan itu adalah larangan untuk buang air sembarangan dan buang sampah sembarangan.

Konon wisatawan yang melanggar peraturan ini dapat kena tulah. Selain itu, resiko yang didapatkan ketika melanggar adalah kerasukan makhluk halus. Beberapa wisatawan yang melanggar pun ada yang sampai diikuti makhluk halus sampai rumah.

4. Tradisi Selapanan Jawa

Keempat, adalah mitos tentang menghormati tradisi selapanan bagi orang Jawa. Selapanan merupakan tradisi 35 hari setelah berlangsungnya pernikahan dalam adat Jawa. Tradisi ini merupakan pelarangan pertemuan dengan anaknya setelah acara perkawinan.

LAGI HITS
Coban Talun

Baru setelah selapan selesai ada tradisi untuk mempertemukan kedua keluarga besar mempelai. Mitos ini dipercayai oleh masyarakat sekitar daerah Coban Rondo. Bahkan jika tidak melakukan atau melanggar, yang terkena hukuman adalah pasangan itu sendiri.

5. Makhluk Astral di Hutan Coban Rondo

Kelima adalah mitos yang ada di Hutan. Salah satunya berada di lokasi perkemahan yang ada area hutan pinus tersebut. Konon, pernah ada wisatawan yang datang ke sini dengan rombongan. Rombongan tersebut adalah mahasiswa yang menjalani OSPEK.

Makhluk astral yang ada di sana pun akan bereaksi ketika ada wisatawan yang melanggar etika atau membuat kegaduhan pada malam hari. Teriakan dan kata-kata kotor pun dipercayai dapat menimbulkan tulah bagi wisatawan itu sendiri.

6. Pesugihan di Air Terjun

Keenam adalah mitos tentang pesugihan yang ada di sana. Mitos pesugihan ini dipercayai oleh masyarakat tertentu namun tidak menjadi sebuah legenda yang terkenal. Bahkan, banyak tempat pun memiliki mitos pesugihan ini. Orang-orang yang gelap mata dapat melakukan pesugihan ini.

Caranya harus melakukan perjanjian gaib dengan penguasa yang juga gaib di Air Terjun. Misalnya memberi seserahan, persembahan atau bahkan tumbal. Namun metode pesugihan dengan tumbal ini yang sebenarnya dilarang.

7. Dewi Anjarwati yang Masih Bermukim Disini

Ketujuh adalah mitos tentang Dewi Anjarwati yang dipercaya masih ada di sana. Kadang-kadang bagi seorang indigo yang dapat melihat makhluk astral, keberadaan Dewi Anjarwati sering diketahui.

Keberadaan legenda yang terus meluas, menambah keyakinan pada masyarakat mengenai hal ini. Dewi Anjarwati dipercaya masih sering menangis sambil terduduk di dekat air terjun. Bahkan terkadang, ingin mengajak wisatawan perempuan yang datang untuk berdialog dengannya.

Segala mitos dan keanehan objek wisata tersebut memang spesial dan menyimpan daya tarik tersendiri. Terlepas dari itu, pemandangan alam yang disajikan oleh wisata alam ini memang istimewa dan natural.

Baca Juga: 5 Pesona Omah Kayu, Sensasi Atas Pohon

Penginapan di Coban Rondo

Jika kamu ingin bermalam, wisata ini juga dekat dengan penginapan antara lain:

1. Hotel Panorama Coban Rondo

Berlokasi di Jl. Coban Rondo No. 1 Pujon, Malang, Indonesia, 65391. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: (0341) 7000451. Tarif inap hotel ini berkisar antara Rp 176 ribuan – Rp 470 ribuan

2. Villa Iriana

Berlokasi di Jl. Jambu Air No. 3, Songgoriti, Malang. Tarif inap villa ini berkisar antara Rp 145 ribuan – Rp 300 ribuan.

3. Villa Nirwana

Berlokasi di Jl. Arumdalu No. 3A, Songgoriti, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: 089522116337. Tarif inap villa ini berkisar antara Rp 120 ribuan

4. Sonny Villa

Berlokasi di Jl Jl. Durian No. 19, Songgoriti, Kota Batu, Malang, Indonesia, 65312. Tarif inap villa ini berkisar antara Rp 180 ribuan – Rp 450 ribuan

5. Homestay Putra Mandala

Berlokasi di Jl. Jeruk No. 23, RT 01/RW 02, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Malang, Indonesia. Tarif inap hotel ini berkisar antara Rp 512 ribuan.

LAGI HITS
Pantai Siung

6. Villa KWB 2

Berlokasi di Jl. Songgoriti Gang Apel, Malang, Indonesia. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: : 081333775566. Tarif inap villa ini berkisar antara Rp 1,77 jutaan.

7. Jambuluwuk Batu Resort

Berlokasi di Jl. Trunojoyo No. 99, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: : (0341) 512999.. Tarif inap resort ini berkisar antara Rp 1,75 jutaan – Rp 5,5 jutaan.

8. Hotel Arumdalu

Berlokasi di Jl. Arumdalu No. 4, Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65312. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: (0341) 591266. Tarif inap hotel ini berkisar antara Rp 70 ribuan – Rp 280 ribuan

9. Hotel Kartika Raya

Berlokasi di Jl. Songgoriti No. 17, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65312. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: (0341) 593020 Tarif inap hotel ini berkisar antara Rp 175 ribuan – Rp 275 ribuan.

10. Toetie Boutique Villa’s & ; Resort

Berlokasi di Jl. Mawar No. 17, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Untuk reservasi kamu bisa hubungi telp: (0341) 591963.Tarif inap villa ini berkisar antara Rp 445 ribuan – Rp 560 ribuan.

Wisata Dekat Coban Rondo

Disekitar wisata ini juga terdapat banyak wisata lain yang bisa kamu masukkan ke dalam agenda berlibur. Berikut Wisata terdekat yang bisa kamu kunjungi:

1. Wisata Payung Batu

Berlokasi di Jl. Brigadir Jenderal Moh. Manan, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Berjarak 4,9 km dari Air Terjun Coban Rondo, dan bisa ditempuh dengan waktu 12 menit

2. Omah Kayu

Berlokasi di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Berjarak 6,5 km dari Air Terjun Coban Rondo, dan bisa ditempuh dengan waktu 20 menit

3. Taman Kelinci

Berlokasi di Samaan, Klojen, Pandesari, Pujon, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Batu, Jawa Timur. Berjarak 5,5 km dari Air Terjun Coban Rondo, dan bisa ditempuh dengan waktu 15 menit

4. Gusari Goa Pinus Pujon

Berlokasi di Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Berjarak 5,7 km dari Air Terjun Coban Rondo, dan bisa ditempuh dengan waktu 16 menit.

5. Bukit Imer

Berlokasi di. Ngabab, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur. Berjarak 12,6 km dari Air Terjun Coban Rondo, dan bisa ditempuh dengan waktu 29 menit.

Wisata ini memiliki fasilitas cukup lengkap, selain panorama yang disajikan, kamu juga bisa menambah wawasan dan belajar untuk lebih peduli dengan kelestarian hutan.

Lihat Review: Pantai Papuma Jember, Pesona Eksotis Bahari di Ujung Jawa Timur

Itulah beberapa ulasan tentang Coban Rondo. Jika kamu masih penasaran, kamu bisa berkunjung langsung dengan keluarga dan teman terdekatmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.