Air Terjun Coban Talun
https://www.instagram.com/kota.wisata.batu.malang/

Coban Talun

Bukan rahasia lagi kalau Malang adalah surga wisata hits di Jawa Timur, baik yang alam atau buatan. Buat kamu pecinta wisata alam maupun buatan, Coban Talun Waterfall harus masuk list tempat liburan yang nggak boleh terlewatkan guys.

Pasalnya salah satu coban di kawasan Batu Malang ini menawarkan perpaduan keindahan wisata alam air terjun dengan spot-spot buatan yang unik dan instagramable banget. Debit airnya pun cukup deras, bahkan di musim kemarau sekalipun.

Letaknya yang tersembunyi di balik kawasan hutan lindung dan berudara sejuk semakin menarik minat para traveler mania untuk memuaskan rasa penasarannya atau sekedar mencari suasana tenang dari hiruk pikuk kota.

Yakin nggak pengen liburan ke sini? Simak dulu deh ulasan penulis berikut ini tentang lokasi, harga tiket masuk, rute, spot-spot menarik hingga mitos yang beredar. Tunggu apalagi, let’s dive in guys!

Sekilas Tentang Coban Talun

Air terjun setinggi 75 meter dan berada di ketinggian 950 MDPL ini berada di kawasan hutan lindung yang terdiri dari campuran hutan pinus dan rimba. Siulan burung-burung di antara pepohonan pun menambah keasrian kawasan hutan ini.

Karena kawasan hutan ini ada di atas perbukitan, kesegaran dan kesejukannya nggak perlu diragukan lagi guys. Bahkan tahun 2022 ini saja suhunya mencapai 18-23 C lo.

Sungai Brantas punya peran besar dalam menyuplai air ke coban ini dengan rata-rata debit 4.000-10.000 liter. Sebagai hulu dari Sungai Brantas, debit air terjun ini selalu deras di musim kemarau, apalagi saat musim penghujan.

Derasnya debit air pun jadi daya tarik tersendiri buat para wisatawan. Selain itu, curah hujan di sini juga mencapai 1.800 mm/tahun. Jadi, kamu nggak disarankan untuk dekat-dekat dengan air terjun atau mandi di bawahnya ya.

Selain air terjun yang indah mempesona, kamu juga bisa menikmati berbagai spot unik dan menarik seperti bumi perkemahan, outbond, taman bunga, hingga penginapan bergaya indian yang instagramable banget lo.

LAGI HITS
Curug Tilu Leuwi Opat

Mitos Coban Talun

Dibalik pesona luar biasanya ternyata coban ini juga punya mitos yang romantis dan angker lho. Konon katanya, coban ini ada kaitannya dengan pertemuan romantis Jaya Nalendra, sang Pangeran Kerajaan Kediri dan Dewi Seruni.

Kejadiannya dimulai saat Pangeran Jaya bertapa di dekat coban untuk mendapatkan petunjuk dalam mencari pendamping hidupnya.

Pangeran pun mendapat petunjuk untuk mencari sang kekasih di sungai sekitar air terjun Talun, hingga bertemulah ia dengan Dewi Seruni, seorang gadis cantik yang lalu dipersunting sebagai istri.

Sehingga dibangunlah sebuah jembatan kayu sepanjang 14 meter bernama Jembatan Asmara di tempat bertemunya Pangeran dan sang kekasih. Mitosnya, kalau kamu melintasi jembatan Asmara bersama pasanganmu, maka hubungan cinta kalian akan awet dan langgeng lho.

Selain itu, ada mitos lain yang mengatakan kalau coban ini angker. Jauh sebelum dikelola menjadi tempat wisata, kawasan ini dikenal sebagai bumi perkemahan. Menurut warga sekitar, di dekat kawasan ini dulunya adalah tempat pembuangan jenazah para pemberontak G30S/PKI.

Hal itu semakin diyakini saat ada beberapa warga dan wisatawan yang melihat maupun mengalami kejadian aneh di area camping seperti kesurupan hingga penampakan mistis.

Lokasi Coban Talun

Air terjun nan indah ini beralamat di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, 65336. Lokasinya sekitar 15 km dari pusat kota Malang. Lebih dekat lagi kalau dari pusat Kota Batu, yaitu sekitar 10-15 menit perjalanan.

Jalan Menuju Coban Talun

Untuk mencapai lokasi wisata, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Beruntungnya, lokasi coban cukup mudah ditemukan dan jalannya juga sudah bagus. Berikut beberapa jalan menuju air terjun Talun yang bisa kamu tempuh:

Rute Menggunakan Kendaraan Pribadi:

1. Jika dari Alun-Alun Kota Batu, arahkan langsung kendaraanmu menuju jalur Selecta-Cangar.
2. Jika dari Surabaya, arahkan kendaraan melewati Mojokerto, lalu ambillah jalur Cangar-Trawas. Hindari melintasi daerah Cangar di malam hari, karena kondisi jalan cukup gelap dan nggak ada lampu penerangnya.

Rute Menggunakan Transportasi Umum:

1. Jika menggunakan kereta api, turunlah di Stasiun Malang. Naiklah angkutan umum ke Terminal Arjosari, lalu ganti angkot lagi menuju Terminal Landungsari. Beralihlah menggunakan angkot berwarna pink ke Terminal Batu. Dari Batu, lanjutkan perjalanan dengan angkutan berwarna pink jurusan Selecta-Cangar.
2. Jika menggunakan bus, turunlah langsung di Terminal Arjosari dan lanjutkan perjalanan seperti petunjuk sebelumnya.

LAGI HITS
Download Aplikasi Viideo Bokeeh dan Photo No Sensor Full HD

Kalau menggunakan transportasi umum, kamu akan diturunkan langsung di pintu masuk coban. Dari pintu masuk cukup berjalan 50 meter saja untuk sampai ke loket tiket dan area parkir. Lalu, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan melewati gerbang utama dengan berjalan kaki.

Pasalnya, medan berupa jalan setapak dari loket serta area parkir menuju titik lokasi coban cukup licin dan sempit. Belum lagi jurang yang dalam di sisi kiri dan kanan jalan semakin menantang para pengunjung untuk melintasinya.

Jalan setapak sepanjang 2 km ini bisa ditempuh selama sekitar 30-60 menit sampai tiba di titik air terjun. Jangan khawatir, sepanjang perjalanan kamu akan dihibur oleh pemandangan pepohonan hutan yang menakjubkan kok. Jadi, nggak ada kata capek untuk sampai di coban ini guys.

Tiket Masuk Coban Talun

Asyiknya lagi, harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup terjangkau dan relatif murah, selama kamu nggak menginap disana guys.

Karena kalau berminat untuk menginap, kamu harus menyiapkan budget lebih. Tentu saja harganya sepadan dengan fasilitas nyaman dan lengkap yang akan kamu dapatkan. Berikut rincian biayanya:

1. Harga tiket masuk area wisata : Rp 10.000,- per orang
2. Harga tiket masuk kawasan Apache Camp : Rp 5.000,- per orang
3. Harga tiket masuk kawasan Pagupon Camp : Rp 5.000,- per orang
4. Harga tiket masuk Taman Bunga : Rp 5.000,- per orang
5. Tarif menginap di Apache Camp : Rp 500.000,- per malam
6. Tarif parkir mobil : Rp 10.000,-
7. Tarif parkir sepeda motor : Rp 5.000,-

Jam Buka Coban Talun

Wisata air terjun ini buka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu di jam bukanya, yaitu pukul 07.00-17.00 WIB. Buat kamu yang mau bermalam nggak perlu khawatir, karena kawasan wisata alam ini buka 24 jam untuk camping atau menginap di Apache Camp.

Jadi, kamu bisa menikmati liburanmu lebih lama dan puas tanpa perlu khawatir kemalaman guys.

Baca Selengkapnya: 6 Pesona dan Daya Tarik Gunung Kelud yang Sangat Memikat

Fasilitas di Coban Talun

Saat memasuki kawasan wisata air terjun ini, kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang nyaman dan lengkap lo. Dijamin bakal betah deh berlama-lama liburan di sini. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah:

1. Area parkir yang luas
2. Kamar mandi dan toilet
3. Musholla
4. Penginapan
5. Kantin
6. Balai Serbaguna
7. Berkuda
8. Peralatan rafting
9. Penyewaan ATV dan motor trail
10. Play Ground
11. Kolam perahu bebek
12. Toko souvenir

LAGI HITS
Pantai Klayar

Ada Apa Aja di Coban Talun

Wisata coban yang satu ini memang benar-benar menarik. Karena nggak cuma menyuguhkan keindahan air terjun dan alam sekitar saja, tapi juga mengelolanya menjadi aneka wahana unik yang patut kamu jelajahi satu per satu. Beberapa wahana dan spot menariknya adalah:

1. Air Terjun

Air Terjun ci Coban Talun yang Indah
https://www.instagram.com/aryasugiartaaa/

Walaupun banyak pilihan wahana lainnya, tapi air terjun adalah spot utama yang sayang untuk dilewatkan guys. Untuk mencapai air terjun, kamu memang harus berjalan menurun sejauh 1 km, tapi capekmu akan terbayarkan saat tiba di sana.

Pasalnya, pesona alami air terjun ini benar-benar patut diacungi jempol. Kamu bisa menikmati segarnya area sekitar coban dan cipratan air jernihnya yang menggoda.

Bebatuan dan tebing kokoh di sekitarnya juga menambah keindahan air terjun ini. Hanya saja pengunjung nggak disarankan untuk mandi di bawah coban ini karena debit airnya yang cukup besar.

Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan air terjun ini sebagai background foto yang menarik lho guys.

2. Taman Bunga

Taman Bunga Coban Talun Malang
https://www.instagram.com/zhahira_azf/

Jangan anggap remeh dulu sebelum melihat keaslian Taman Bunga di sini guys. Pasalnya, hamparan aneka jenis dan warna bunga ini akan menghipnotismu dengan keindahannya. Bunga-bunga ditata rapi dan dirawat kesuburannya, sehingga bisa tumbuh dengan cantik.

Nggak heran area ini sering dijadikan lokasi prewedding oleh para calon pengantin atau shooting video klip berbagai media hiburan. Banyak juga lho anak-anak muda atau selebgram yang berburu foto unik di sini.

3. Apache Camp

Apache Camp
https://www.instagram.com/apache.camp/

Ingin merasakan sensasi wahana antimainstream yang jarang kamu temui di tempat lain? Kalau gitu Apache Camp yang berupa area penginapan dan spot foto bergaya Kampung Indian dari suku Apache ini patut kamu coba guys.

Pasalnya, penginapan di sini benar-benar dibentuk seperti rumah Suku Indian yang unik serta bisa kamu sewa dengan fasilitas lengkap seperti ranjang tidur, kamar mandi air hangat, makan malam dan sarapan, welcome drink hingga api unggun lho.

Kalau nggak berminat menginap, kamu juga bisa masuk kawasan ini untuk sekedar melihat-lihat atau berburu foto-foto instagramable yang unik. Asyiknya lagi, kamu bisa menyewa kostum serta aksesoris dan pernak-pernik ala Suku Indian lo guys.

4. Pagupon Camp

Pagupon Camp
https://www.instagram.com/keiyla_mc/

Kawasan penginapan yang nggak kalah unik adalah Pagupon Camp. Sesuai arti nama Pagupon yaitu sangkar burung merpati, penginapan ini sengaja dikonsep seperti itu. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan banyak rumah-rumah berbentuk sangkar burung merpati di kawasan ini.

LAGI HITS
Pulau Derawan

Setiap rumah di Pagupon Camp ini menyediakan 1 kamar tidur dan kamar mandi yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Selain itu juga ada mushola, kantin, rumah pohon, hingga hammock. Jangan lupa abadikan momen keseruan dalam foto juga ya!

Lihat Review: Pantai Papuma Jember, Pesona Eksotis Bahari di Ujung Jawa Timur

5. Omah Segitiga

Omah Segitiga
https://www.instagram.com/septian.dwipranata/

Kalau kamu bawa rombongan dan pengen menginap bareng, Omah Segitiga ini patut kamu coba lo. Karena penginapan di sini bisa ditinggali hingga maksimal 5 orang.

Beberapa fasilitas nyaman juga bisa kamu dapatkan seperti 3 tempat tidur, TV, kamar mandi dan masih banyak yang lainnya.

Rumah berbentuk segitiga yang lucu ini juga cocok untuk dijadikan background foto lo guys. Hasil fotomu pasti jadi keren dan beda dari yang lainnya deh.

6. Warung Oyot

Warung Oyot di Coban Talun
https://www.instagram.com/tempatwisatamalang/

Warung Oyot ini fungsi utamanya memang sebagai area kuliner di sekitar coban ini. Menariknya, warung ini nggak cuma menyajikan aneka kuliner aja lo, tapi juga spot foto keren berupa gazebo dengan lilitan akar pohon yang alami.

Dari sini kamu bisa menyantap kuliner lezat sambil menikmati keindahan pemandangan hutan di sekitarnya. Asyik banget kan!

Baca Juga: 5 Pesona Omah Kayu, Sensasi Atas Pohon

Wisata Dekat Coban Talun

Puas main-main dan menjelajahi kawasan Coban Talun? Sebelum beranjak, sempatkan untuk mampir ke obyek wisata dekat coban ini ya. Karena berlokasi di Kota Batu, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata menarik lainnya dengan mudah. Diantaranya adalah:

1. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta
https://www.instagram.com/tamanrekreasiselecta/

Tempat wisata terdekat yang patut dikunjungi adalah Taman Rekreasi Selecta. Taman ini bahkan searah lo dengan air terjun Talun. Dengan jarak sekitar 1,7 km saja, kamu sudah sampai ke Taman Rekreasi Selecta.

Taman ini menawarkan konsep wisata keluarga bernuansa taman bunga. Berbagai jenis dan warna bunga yang tertata rapi di sini benar-benar memanjakan mata. Udara yang sejuk dan segar juga semakin membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Bahkan ada kolam renang besar yang bisa kamu gunakan untuk berenang lho. Baik kolam untuk dewasa maupun anak-anak dengan wahana permainan airnya tersedia di sini. Taman ini juga bisa dimanfaatkan untuk berburu foto unik layaknya di surga bunga lho.

2. Museum Angkut

Museum Angkut Batu Malang
https://www.instagram.com/ismirawati1/

Siapa yang nggak kenal museum yang satu ini? Museum angkut yang berjarak 8 km dari air terjun Talun ini menyuguhkan koleksi aneka alat transportasi mulai zaman dulu hingga sekarang di seluruh dunia guys.

LAGI HITS
Tempat Wisata Kaliurang

Saat memasuki museum ini, kamu akan merasakan sensasi seperti kembali masa lampau di mana saat itu penemuan alat transportasi jadi salah satu hal paling berpengaruh di dunia. Wisata edukatif ini cocok untuk dikunjungi bersama teman-teman, keluarga, hingga anak-anak lo.

Tips Wisata ke Coban Talun

Sebelum ke sini, sebaiknya rencanakan dan siapkan liburanmu secara matang, mengingat lokasi wisata tersembunyi di tengah hutan. Selain itu juga untuk meminimalisir hal-hal yang kurang nyaman. Inilah beberapa tips wisata yang sudah penulis siapkan:

1. Hari terbaik untuk berkunjung adalah saat weekdays, yaitu Senin sampai Jumat. Dengan begitu kamu bisa lebih puas saat di lokasi wisata dan terhindar dari padatnya wisatawan.

2. Sedangkan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ke sini adalah di pagi hari. Karena saat malam hari, rata-rata jalanan gelap dan minim penerangan lampu.

3. Berhati-hatilah jika berkunjung saat musim penghujan, karena medan yang didominasi bebatuan ini cukup licin setelah hujan turun. Selain itu jangan terlalu dekat dengan air terjun, mengingat debit air sangat deras di musim ini.

4. Siapkan kondisi fisik dengan baik. Pasalnya kamu akan berjalan kaki cukup jauh untuk menjelajahi kawasan ini.

5. Pakailah alas kaki yang nyaman, kuat dan nggak licin, serta cocok untuk kegiatan outdoor.

6. Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup untuk berjaga-jaga.

7. Bawalah obat-obatan pribadi atau P3K untuk mengantisipasi luka ringan saat beraktivitas outdoor.

8. Perlu diingat, kalau gerimis atau hujan tiba-tiba turun, segeralah meninggalkan kawasan wisata dan menuju area parkir. Pasalnya, hujan bisa membuat debit air terjun makin besar, hingga sering mengakibatkan banjir dan longsor.

Baca Rekomendasi: Pantai Mutiara Trenggalek, Rute & Tiket Masuk

Itulah sekilas ulasan mengenai keindahan dan keunikan salah satu wisata air terjun hits di Kota Batu Malang. Coban yang berada di kawasan perbukitan, hutan pinus dan rimba ini menawarkan pesona alam luar biasa serta udara sejuk khas pegunungan.

Selain Coban Talun Waterfall, kawasan hutan ini juga disulap menjadi wahana-wahana menarik seperti Taman Bunga, Apache Camp, Pagupon Camp hingga sarana aktivitas outdoor seperti bumi perkemahan, sirkuit ATV hingga rafting. Tunggu apalagi, yuk liburan ke sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *