Curug Cikaso

5 min read

curug cikaso

Kawasan Ujung Genteng di Sukabumi memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. Nggak cuma pantai-pantainya saja yang menawan, ternyata kawasan ini juga punya air terjun yang benar-benar indah, yaitu Curug Cikaso.

Curug ini menyuguhkan panorama alam yang asri dengan perpaduan rimbunan pohon dan suara gemuruh air jernih yang terjun ke bawah. Udara alam bebas yang sejuk dan jauh dari polusi juga makin membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Uniknya, curug setinggi 30 meter dan lebar hingga 100 meter ini punya 3 titik curahan air terjun yang bermuara ke sebuah kolam dengan air berwarna biru kehijauan lho. Nggak heran keindahan air terjun bak lukisan ini sering diincar para pemburu foto untuk menambah koleksi fotonya.

Selain keindahan alamnya yang tersohor, ternyata curug ini juga punya misteri tersendiri lho. Nggak sedikit wisatawan yang penasaran dengan misteri ini dan datang langsung sambil menikmati pemandangan alam yang menawan.

Nah, buat kamu yang ingin mengunjungi curug ini juga, simak dulu review penulis tentang mitos, lokasi, tiket masuk, hingga spot terbaiknya. Daripada penasaran, lets dive in guys!

Sekilas Tentang Curug Cikaso

Nama asli air terjun ini sebenarnya adalah Curug Luhur. Sebutan Curug Cikaso disematkan karena aliran airnya berasal dari sungai Cikaso.

Menariknya, 3 titik aliran air terjun yang ada di curug ini saling berdampingan dalam satu lokasi dan punya nama masing-masing lho. Air terjun di sebelah kiri bernama Curug Aseupan, di bagian tengah Curug Meong, sedangkan di sebelah kanan adalah Curug Aki.

Kamu bisa melihat 2 titik air terjun di antara ketiganya dengan jelas, tapi satu yang lainnya agak tersembunyi. Aliran air yang jatuh dari ketiga curug ini akan bermuara di sebuah kolam di bawahnya dan terus mengalir hingga ke Muara Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

Nggak cuma keindahan alam saja lho yang dimiliki curug ini, kabar-kabarnya ada mitos yang tersembunyi di balik ketiga air terjun nan cantik itu. Konon katanya, ada ‘penunggu’ yang menjaga curug ini.

Orang-orang sekitar percaya kalau Curug Aseupan dihuni oleh Nyai Blowong, Curug Meong oleh Eyang Santang, sedangkan Curug Aki dijaga oleh Prabu Siliwangi. Maka dari itu, para pengunjung dihimbau untuk berhati-hati dalam berkata maupun bertindak.

Lokasi Curug Cikaso

Curug ini berlokasi di Kampung Ciniti, kurang lebih 110 km dari Kota Sukabumi. Lebih tepatnya, curug ini beralamat di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jalan Menuju Curug Cikaso

Beruntungnya, wisata curug ini cuma berjarak sekitar 8 km dari Surade, jadi cukup mudah untuk ditemukan. Tapi, perlu diingat juga kalau medan menuju curug ini lumayan menantang. Ada banyak tanjakan, turunan hingga tikungan curam serta jalanan yang agak rusak.

Jadi, siapkan kendaraan yang kuat dan fisik yang prima sebelum berangkat ya. Berikut beberapa jalan menuju curug yang dapat kamu tempuh:

  1. Jika dari pusat Sukabumi, ambillah rute ke Ujung Genteng melewati Jampang Kulon, lalu ke arah Surade, di pertigaan sebelum masuk kawasan Surade beloklah ke arah Cikaso.
  2. Jika dari Jakarta, Bekasi, Depok, Bandung atau Karawang, ambillah jalur ke Sukabumi melewati Surade, sesampainya di pertigaan Surade ikuti saja papan petunjuk yang mengarah ke Cikaso.
  3. Jika menggunakan kendaraan pribadi, naiklah bus atau angkot yang menuju ke pertigaan Surade, lalu naiklah ojek di sekitar situ sampai tiba di curug.

Saat sampai di pintu masuk curug, kamu bisa memilih dari 2 alternatif jalan menuju air terjunnya. Pertama dengan berjalan kaki (trekking) selama 15 hingga 30 menit. Kedua, dengan menyewa perahu untuk melintasi sungai Cikaso.

Tiket Masuk Curug Cikaso

Kamu bisa menikmati keindahan air terjun Cikaso ini dengan tarif yang terjangkau tanpa harus membuat kantong jebol lho. Berikut rincian harga tiket masuk air terjun Cikaso ini:

  1. Jika membawa mobil, maka akan dikenakan tarif Rp 27.000,- (termasuk parkir)
  2. Jika berjalan menuju curug, akan dikenakan tarif Rp 3.000,- ditambah uang kebersihan Rp 2.000,-total Rp 5.000,- per orang
  3. Jika ingin menyewa perahu berkapasitas 10 orang, tarifnya Rp 60.000,-
  4. Jika merasa butuh pemandu, tarifnya Rp 70.000,-
  5. Pengguna toilet akan dikenakan tarif Rp 2.000,-

Jam Buka Curug Cikaso

Curug ini buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu, pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Fasilitas di Curug Cikaso

Dengan biaya masuk yang relatif murah, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang nyaman dan memadai guys. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di curug ini adalah:

  1. Toilet, kamar mandi dan kamar ganti
  2. Warung makanan dan minuman hangat
  3. Tempat parkir yang luas
  4. Gazebo

Daya Tarik dan Aktifitas Seru di Curug Cikaso

Meskipun keindahan air terjunnya yang terkenal dari curug ini, kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas seru dan asyik lainnya lho. Beberapa aktifitas seru yang jadi daya tarik curug ini diantaranya:

1. Trekking/Berjalan Kaki

Trekking Berjalan Kaki
https://www.instagram.com/pipicapieq/

Kegiatan yang satu ini benar-benar menantang guys. Pasalnya, kalau memilih untuk berjalan kaki, kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh dari parkiran sampai ke air terjun Cikaso.

Tapi jangan khawatir, capekmu nggak akan terasa dengan adanya pemandangan alam menakjubkan yang memanjakan mata kok. Rimbunan hutan tropis dan area persawahan yang luas nan asri akan menemani perjalananmu sampai ke curug.

2. Naik Perahu Menyusuri Sungai Cikaso

keseruan Naik Perahu Menyusuri Sungai Cikaso
https://www.instagram.com/princess_mimi1409/

Kalau mau cepat sampai ke curug tanpa harus merasa capek, naik perahu menyusuri sungai Cikaso memang pilihan yang tepat. Walaupun harus mengeluarkan ongkos untuk membayar sewa perahu, dijamin sebanding dengan pemandangan alam sungai yang memukau guys.

Simak Review: 20 Tempat Wisata Sumedang Paling Populer (Murah tapi Indah)

3. Menikmati Pesona 3 Air Terjun

Menikmati Pesona 3 Air Terjun
https://www.instagram.com/curug_cikaso/

Pesona 3 titik air terjun ini memang nggak ada habisnya. 3 Air terjun ini membuatnya lebih unik dan beda dari yang lainnya. Tumpahan dari ketiga air terjun ini tentu saja menghasilkan gerojokan air yang sangat deras dan menawan.

Terlepas dari mitos yang ada di balik curug ini, keindahannya patut diacungi jempol. Oiya, 3 air terjun ini juga cantik banget buat dijadikan background foto lho. Nggak jarang para fotografer atau selebgram datang ke curug ini untuk berburu koleksi foto keren.

Jangan lupa mengabadikan momen ini juga ya!

4. Berenang di Bawah Air Terjun

bermain dan Berenang di Bawah Air Terjun
https://www.instagram.com/mulmamul/

Untuk mendapatkan sensasi liburan yang maksimal, jangan lupa mencoba berenang dan berendam di kolam yang ada di bawah air terjun ini guys. Kolam dengan air yang tumpah dari atas curug ini benar-benar jernih dan menyegarkan untuk bermain air bersama teman-temanmu.

Tapi, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati kalau ingin bermain air. Pasalnya, kedalaman kolam ini mencapai 15 meter lho. Jadi, kamu nggak perlu memaksakan diri kalau nggak bisa berenang.

5. Berburu Foto

Berburu Foto
https://www.instagram.com/wisata_alam_indonesia_/

Kalau sudah jauh-jauh kesini jangan sampai lupa mengabadikan momen keseruanmu ya guys. Aktifitas yang satu ini memang nggak kalah asyik dan bisa dibilang wajib.

Banyak banget spot-spot foto keren dan unik yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti 3 air terjun di 1 lokasi, aliran sungai Cikaso, Muara Tegal Buleud, bebatuan alami di sekitar kolam hingga pepohonan yang lebat dan subur.

Perpaduan keindahan alam ini bisa menghasilkan foto yang menakjubkan bak lukisan lho. Dijamin hasil foto-fotomu nggak kalah keren dari para selebgram deh!

Kunjungi Juga: Jalan Braga Bandung, wisata modern dengan 12 aktivitas seru

6. Memancing

Memancing

Buat kamu yang hobi memancing, curug ini bisa jadi pilihan lokasi memancing yang bagus lho. Suasana tenang dan sepi, ditambah dengan beragam jenis ikan yang hidup di kawasan ini akan membuat pengalaman memancingmu terasa beda dari biasanya.

7. Camping

Camping
https://www.instagram.com/mang_tutuy14/

Camping di pantai sudah biasa guys, coba deh suasana baru dengan berkemah di curug ini. Kamu bisa menikmati suara gemercik air dan pemandangan langit bertabur bintang yang indah saat malam hari.

Setelah itu, jangan lewatkan keindahan matahari terbit di pagi hari ya! Perpaduan sinar hangat matahari dan udara sejuknya benar-benar menyegarkan.

Wisata Dekat Curug Cikaso

Kalau sudah jauh-jauh liburan ke air terjun Cikaso, jangan lupa mampir ke beberapa curug lain yang ada di dekatnya ya. Kamu bisa menemukan air terjun yang cuma berjarak sekitar 10 km dari Cikaso seperti Curug Cikatomas, Calem, dan Cigangsa.

Beberapa curug ini menawarkan keindahan alam yang nggak kalah menakjubkan dari Cikaso lho. Besarnya debit air yang bermuara di kolam juga asyik digunakan untuk berenang atau mandi.

Tapi, kamu harus tetap berhati-hati dengan kuatnya pusaran air dan kedalaman kolam yang mencapai 15 meter. Lebih baik tanyakanlah dulu pada pemandu atau warga sekitar.

Baca Juga: 10 Aktivitas seru dan menarik di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Penginapan Sekitar Curug Cikaso

Buat kamu yang mau menginap, curug ini belum menyediakan penginapan khusus untuk para wisatawan. Untuk itu, penulis sarankan kamu menginap di sekitar kawasan Ujung Genteng.

Selain dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya, kamu juga bisa memilih penginapan dengan tarif mulai dari yang murah hingga mahal lho.

Ada Penginapan Pondok Adi yang bercirikhaskan rumah panggung tradisional, Pondok Hexa dengan harga terjangkaunya mulai 200 ribuan, Batu Besar Homestay, Pondok Agan, Turtle Beach Hotel, dan penginapan lainnya.

Tips Wisata ke Curug Cikaso

Supaya liburanmu ke air terjun Cikaso ini jadi lebih nyaman dan menyenangkan, kamu harus mempersiapkan kondisi fisik dan akomodasi secara matang. Untuk itu, penulis sudah menyiapkan beberapa tips berkunjung yang perlu kamu perhatikan:

  1. Buat para cewek, usahakan jangan berdandan terlalu mencolok. Pakailah pakaian yang casual dan nyaman.
  2. Hindari memakai wedges atau high heels, mengingat medannya cukup sulit dan terjal. Lebih baik pakailah sneakers.
  3. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pagi hari dimana udara masih segar dan sejuk. Kamu juga bisa melihat penduduk sekitar beraktifitas di sawah dan lading lho.
  4. Kalau kamu nggak camping, lebih baik segera keluar dari kawasan curug ini sebelum senja. Kalau sampai kemalaman, kamu bisa kesulitan untuk pulang karena langit sudah gelap ditambah dengan suasana yang horor.
  5. Bawalah perlengkapan piknik dan baju ganti sendiri, karena peralatan ganti belum tersedia di sini.

Lihat Juga: Waduk Cirata, Wisata Penuh Pesona yang Menyimpan Misteri

Itulah ulasan penulis tentang keindahan dan spot menarik dari curug yang berada di Sukabumi Jawa Barat ini. Terlepas dari mitos yang beredar, pesona ketiga air terjun Cikaso ini memang tiada duanya.

Tertarik mengunjungi Curug Cikaso juga? Yuk rencanakan liburanmu bersama teman dan keluarga!

0

Ocean Park BSD

Jessica Susanti
6 min read

Nusa Lembongan Bali

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *