Curug Cilember

5 min read

curug cilember puncak bogor

Di Bogor Jawa Barat terapat sebuah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Curug Cilember. Curug adalah sebuah nama wisata air terjun yang ada di daerah kota Bogor. Terdapat banyak kegiatan wisata yang bisa kalian nikmati dan lakukan disini.

Curug Cilember dikembangkan oleh pemerintah setempat sejak tahun 1990. Dan baru diresmikan oleh Bupati kota Bogor sejak tahun 2000. Yang didominasi oleh tumbuhan pohon pinus merkusi di area lahan sekitar 5,9 hektar.

Lokasi Curug Cilember

Untuk alamat lengkap dari wisata air terjun Curug Cilember ini berada di Jl. Raya Puncak, Km 15, Cisarua Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Kalian akan dimudahkan untuk mengakses alamat lokasi dengan adanya papan petunjuk di sekitar lokasi. Atau bisa juga mengakses jalan di Google Maps kalian ya.

Rute Menuju Curug Cilember

Rute ini bisa kalian lalui melalui arah Depok menuju jalan Raya Jakarta-Bogor menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian ikuti papan petunjuk jika sudah berada di kawasan Kedai Sate H. Kadir.

Lalu belok ke arah kanan jika sudah menemukan pertigaan. Atau jika kalian yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum dari arah Jakarta tujuan Bogor.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkot jurusan Bubulak-Sukasari, dan angkot Sukasari-Cisarua. Lalu kalian tinggal ke arah desa Cilember dengan menggunakan ojek motor di sekitar lokasi.

Tiket Masuk Curug Cilember

Harga tiket masuk di kawasan wisata Curug Cilember di tahun 2020 ini adalah Rp. 20.000 per orang. Belum lagi jika kalian berniat untuk bermalam menggunakan tenda, biaya tambahannya adalah sebesar Rp. 30.000 dan belum termasuk sewa tendanya.

Ada biaya parkir juga yang harus kalian keluarkan jika kalian membawa kendaran pribadi, sebesar Rp. 4.000 untuk roda dua, dan Rp. 8.000 untuk roda empat. Lalu juga ada tambahan biaya masuk ke wisata Kupu-kupu sebesar Rp. 5000 yang ada di wisata Curug Cilember ini.

Jam Buka Curug Cilember

Untuk wisata Curug Cilember ini dibuka setiap hari, dari senin sampai minggu. Dan mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 21.30.

Jadi kalian bisa datang kapan saja ke wisata ini di hari apa saja dan jam berapa saja, karena jam buka sampai jam tutup lumayan panjang. Asalkan tidak melewati jam tutupnya, kecuali jika kalian berniat bermalam di dalam wisata ini.

Fasilitas Di Curug Cilember

Terdapat fasilitas umum di lokasi wisata ini, seperti mushola, toilet, dll yang bisa kalian manfaatkan. Ada juga fasilitas lain yang dapat kalian manfaatkan, antara seperti taman kupu-kupu, pondok kayu, taman untuk keluarga, jalur pejalan kaki, dan masih banyak yang lainnya.

Dan tak lupa juga bahwa pemerintah setempat juga menyediakan fasilitas bangku-bangku, tong-tong sampah disekitar area wisata. Terdapat juga pos-pos jaga dan ruang informasi bagi pengunjung.

Serta yang paling penting bagi kalian para wisatawan adalah juga banyak tersedia disekitar wisata stand-stand penjual makanan dan minuman untuk yang hobi dengan jajanan kuliner.

Daya Tarik Di Curug Cilember

Ada banyak aktifitas wisata yang dapat kalian lakukan di wisata Cerug Cilember ini. Beberapa daya tarik wisata yang mungkin patut kalian coba lakukan disini adalah sebagai berikut :

1. Berkemah

curug cilember 2020

Dengan berkemah kalian akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai menikmati suasana dan keindahan pepohonan yang asri di lokasi wisata Curug Cilember. Gunakan momen terbaik ini bersama keluarga dan tema-teman kalian untuk berlibur disini.

Untuk lokasi terdapat tiga area yang dapat kalian gunakan untuk berkemah di wisata Cerug Cilember, yaitu Camp Curug Tujuh, Camp Curug Lima, dan Lembah Pakis. Kalian bisa berkemah dimana area mana saja, dan senyamannya dengan biaya sewa tempat sebesar Rp. 30.000.

Untuk yang ingin berkemah tapi tidak ada tenda, bisa menyewanya di tempat wisata ini. Dengan biaya penyewaan sebesar Rp. 125.000 per malam dengan kapasitas 2 orang, Rp. 250.000 untuk 6 orang, atau Rp. 350.000 per 10 orang.

Baca Juga: Curug Nangka Bogor, Wisata Alam dengan Aktifitas Seru di Bogor

2. Wahana

curug cilember 5

Terdapat beberapa wahana menarik dan asik di wisata ini, yang bisa kalian gunakan beraktifitas wisata disini. Diantaranya, panahan untuk yang hobi memanah, flying fox, taman kelinci, dan juga sepeda gantung jika kalian ingin merasakan sensasi bermain sepeda diatas gantungan.

Wahana sepeda gantung ini menarik untuk kalian coba. Karena lokasinya yang berada tepat di depan air terjun, sehingga menambah keseruan kalian ketika bermain wahana ini.

Tapi tenang, semua wahana yang ada disini sudah aman jika digunakan. Karena sudah terdapat instruktur yang berpengalaman dan alat keselamatan bermain yang memadai.

3. Jalur Hutan Pinus

Terdapat jalur bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan bagi pejalan kaki. Jalur sudah enak dan aman di lewati, karena pemerintah dan pengelola wisata bersama-sama membangun dan memajukan wisata.

Kalian bisa melewati jalur jalan setapak yang sudah disediakan dengan rute perjalanan yang sudah ada. Sembari berjalan-jalan menikamati keindahan pepohonan, kalian juga bisa memanfaatkan momen berfoto disini bersama dan keluarga dengan banyak objek yang menarik mata.

Banyak pohon pinus yang berjejer disekitar kalian jika melewati jalur ini. Karena jalur ini mengarah ke arah hutan pinus di kawasan wisata.

4. Penginapan

curug cilember 2019

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di lokasi wisata akan tetapi tidak mau berkemah juga bisa. Ada banyak villa yang disawakan untuk kalian bermalam.

Beberapa diantaranya berupa pondok-pondok kayu yang ada di sekitar air terjun di dalam kawasan wisata. Lumayan menyenangkan sembari menikmati suara air yang jatuh sambil bersantai di dalam penginapan.

Ada beberapa pilihan penginapan lain di wisata Curug Cilember, yang bisa kalian sewa. Tepatnya di luar lokasi wisata, akan tetapi jarak yang tidak terlalu jauh dan masih berada di sekitar area wisata dengan jarak sekitar 4 Kilometer, atau sekitar 15 menit dari lokasi wisata dengan berkendara.

5. Taman Kupu-Kupu

curug cilember penginapan

Terdapat tempat penangkaran kupu-kupu di kawasan lokasi wisata Curug Cilember. Jika kalian berjalan menuju wisata Curug Tujuh, kalian akan melewati penangkaran ini.

Terdapat 12 jenis spesies kupu-kupu yang ada di tempat penangkaran ini. Selain bisa menambah keindahan pemandangan, penangkaran ini bisa menjadi referensi pengetahuan kalian juga.

Ada banyak tanaman dan bungan yang ada di dalam penangkaran ini dengan luas penangkaran sekitar 500 meter persegi. Dan disini juga kalian akan diperlihatkan secara langsung bagaimana metamorfosis dari kupu-kupu.

Lihat Juga: Curug Cimahi Pesona Pelangi di Malam Hari

6. Berenang

curug cilember 1

Berenang dan bermain air adalah aktifitas yang wajib bagi pengunjung yang datang ke wisata air terjun. Apalagi wisata Curug Cilember ini menyajikan panorama dan keindahan alam yang sangat menari.

Terdapat tujuh buah air terjun yang ada di lokasi wisata ini, dengan masing-masing air terjun yang memiliki kolam air di bawahnya. Dan biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Hijaunya hutan tropis yang alami juga menambah kesejukan air terjun di Curug Cilember ini. Yang memuat kalian akan betah berlama-lama menikmati kesegaran air terjun ini.

7. Pemandangan Hutan Pinus

curug cilember villa

Banyak pemandangan pohon pinus di lokasi wisata Curug Cilember ini. Terdapat hutan tanaman Agathis, Rasamala, dan Pinus di lahan seluas 2 hektar. Sangat teduh dan rindang dengan banyaknya pohon yang ada disini.

Diperkirakan pohon-pohon yang ada di lokasi wisata ini masih alami dengan umur pohon ratusan tahun. Nuansa pegunungan dan perkebunan menjadi tampilan khas disini.

Sangat cocok untuk kalian yang sudah sekian lama menghirup aroma perkotaan dengan banyaknya bagunan dan polusi setiap hari. Silahkan datang ke hutan pinus ini, untuk menikmati aroma kesegaran alam.

8. Tujuh Air Terjun

curug cilember harga masuk

Air terjun Curug Tujuh berada di kawasan tebing dengan hutan yang masih alami. Dengan arus yang tidak terlalu deras, mengalir ke sungai yang penuh dengan bebatuan.

Di bawah air terjun, pengunjung dapat bermain air dan berenang di dalam sungai atau kolam yang dangkal dengan air yang sangat sejuk. Di tambah aliran air terjun yang jatuh dari atas tebing, membuat berenang menjadi sangat menyenangkan.

Apalagi di curug pertama dari ke tujuh curug. Kalian akan menumukan dua air terjun yang berdampingan dengan lekukan air yang cantik. Karena kontur dari air terjun ini bertingkat-tingkat yang membuat aliran air sangat indah jika dilihat.

Simak Review: 5 Hal Menarik Resort Giri Tirta Kahuripan

Penginapan Dekat Curug Cilember

Citra Cikopo Hotel & Resort

curug cilember bogor jawa barat

Hotel ini terletak di Desa Kopo Leuwi Malang Km. 77, Cisarua, Bogor. Dengan jarak kurang lebih 400 meter dari wisata Curug Cilember. Untuk alamat lengkap bisa kalian cari di Jl. Arion III, No. 17

Dengan fasilitas lengkap disertai fasilitas tambahan seperti internet dan kolam renang di dalamnya, membuat kalian akan betah jika tinggal di penginapan ini.

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention Hotel

curug cilember alamat

Penginapan ini ada di Gadog, Megamendung 16770, Bogor. Yang berjarak sekitar 5,1 Km dari lokasi wisata Curug Cilember. Dan alamat lengkapnya bisa di cari di Jl. Raya Puncak, Bogor.

Fasilitasnya pun juga tidak kalah lengkap, dengan internet da parkir tanpa biaya. Sangat cocok buat kalian yang datang bersama keluarga dan teman-teman untuk berwisata di kota Bogor.

Hotel Parama Puncak

curug cilember angker

Penginapan ini berlamat di Jl. Raya Puncak Km 22, Puncak, Bogor. Dengan fasilitas lengkap ditambah dengan internet dan parkir gratis.

Dari jarak penginapan ke lokasi wisata Curug Cilember sekitar kurang lebih 3,2 Km. Dan tidak terlalu jauh jika kalian membawa kendaran pribadi.

Kunjungi Juga: Gunung Pancar, Camping Seru Di Taman Wisata Eksotis Bogor

Dari sekian informasi yang tertulis di atas, membuktikan bahwa lokasi wisata Curug Cilember sangat rekomended untuk di kunjungi. Mengingat banyak sekali kegiatan wisata dan wahana yang ada disana. Ditambah lagi beberapa penginapan yang lumayan dekat dan fasilitas yang lengkap.

Sekian pembahasan untuk lokasi wisata Curug Cilember ini, semoga meberi informasi dan manfaat jika kalian ingin berlibur dan menghabiskan waktu disana. Selamat bersenang-senang!

Bukit Bintang Jogja

Jessica Susanti
4 min read

Devoyage Bogor

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *