Curug Cimahi

4 min read

curug cimahi perhutani

Kota Bandung terkenal dengan banyaknya wisata yang unik dan juga menarik untuk kita kunjungi. Salah satunya adalah wisata alam. Ada wisata alam yang wajib kalian kunjungi saat berada di kota kembang ini, yaitu Curug Cimahi.

Lokasinya berada diatas ketinggian 1050 meter dari atas permukaan laut. Air Terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Curug Cimahi ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya.
Objek wisata alam satu ini memiliki hawa yang sejuk dan segar khas suasana pegunungan hijau.

Lokasi Curug Cimahi

Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lokasi tersebut sangat mudah dijangkau, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum. Lokasi objek wisata Curug Cimahi ini hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Bandung.

Jalan Menuju Curug Cimahi

Ada berbagai macam alternatif yang bisa kalian pilih untuk menuju lokasi wisata ini. Salah satunya akses mudah ialah melalui jalur Lembang – Paronpong. Kalian hanya menyusuri jalur ini sampai ketemu terminal angkot Cisarua.

Selanjutnya kalian tinggal ikuti aja jalannya sampai melewati Universitas Advent. Setelah melewati universitas, kalian akan melewati jalan turunun, jembatan dan juga tanjakan. Bila sudah melewati tanjakan, kalian akan sampai di gerbang Curug Cimahi.

Jika kalian memilih menggunakan angkutan umum, kalian menuju lokasi angkutan kota jurusan Ledeng – Parongpong. Lanjutkan perjalanan kalian dengan angkot jurusan Parongpong – Padalarang. 2 km jaraknya dan akan berhenti di terminal angkot Cisarua.

Tidak jauh dari terminal angkot Cisarua kalian akan sampai di gerbang wisata Curug Cimahi. Selamat mencoba ya.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Harga tiket masuk Curug Cimahi mulai dari hari Senin – Jumat Rp 15.000. Untuk hari Sabtu Minggu Rp 17.000. Jika

kalian berkunjung setelah jam 5 sore akan ditambahi biaya tiket masuk sekitar Rp 3.000.

Untuk biaya parkir kendaraan, sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Untuk tambahan info, anak-anak dibawah usia 2 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Jam Buka Curug Cimahi

Curug Cimahi ini dibuka setiap hari, mulai dari hari Senin sampai Minggu pada jam 7 pagi sampai jam 9 malam.

Fasilitas di Curug Cimahi

Sama seperti objek wisata lainnya, fasilitas yang disediakan oleh wisata satu ini seperti area tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, pos penjagaan, pusat informasi, klinik dan juga penginapan.

Untuk jalan menuju Curug Cimahi ini ada beberapa fasilitas pengaman seperti pagar pengaman, jalan setapak yang akan kalian lalui untuk ke curug cimahi, ada juga bangku untuk beristirahat.

Objek wisata ini terbilang sangat terawat. Kondisi airnya juga bersih. Kalian juga bisa melihat banyaknya capung dan kupu-kupu di lokasi ini.

Daya Tarik di Curug Cimahi

Sebelum kalian berkunjung ke objek wisata, tentunya kalian akan mencari tahu tentang keunikan atau daya tarik dari wisata yang akan kalian tuju. Dibawah ini aku jabarkan daya tarik dari Curug Cimahi :

1. The Rainbow Waterfalls

curug cimahi jam buka

Curug Cimahi seringa juga disebut dengan Curug Pelangi atau The Rainbow Waterfalls. The Rainbow Waterfalls ini menyajikan sensasi eksotisme pancuran air terjun seperti pelangi di malam hari.

Pihak Perhutani Bandung Utara yang menggagas dan mengembangkan wisata air terjun ini agar lebih estetik dan juga menjadi daya tarik tersendiri diantara air terjun lainnya.

Kalian bisa menikmati pemandangan indah curug ini, kalian bisa berkunjung pada saat matahari sudah tenggelam. Air terjun dihiasi berbagai macam warna-warni.

Lampu-lampu sudah terpasang didesain sedemikian rupa hingga bisa menghasilkan warna warni pelangi di air terjun ini. lampu-lampu inilah yang membuat curug cimahi terlihat penuh warna.

The Rainbow Waterfalls inilah yang membuat curug ini berbeda dan bisa dibilang air terjun ini yang ada pertama di Indonesia.

Simak Review: 5 Hal Menarik Resort Giri Tirta Kahuripan

2. Panorama Alam

curug cimahi harga

Jika kalian berkunjung siang hari, kalian dapat menikmati suasana pegunungan dengan cuaca yang segar di area wisata ini.

Di siang hari kalian dimanjakan dengan debur air terjun dan juga keindahan panorama alam yang sungguh mempesona. Kalian juga bisa menikmati suasana dibawah air terjun ini seperti terkena cipratan-cipratan kecil dari air terjun ini.

Bersantai dan menikmati suasana di lokasi wisata ini bersama keluarga dan sahabat. Cuaca dan hawa sejuk menambah kenyamanan saat berada disini.

3. Jalan Setapak

curug cimahi tiket masuk

Jalan setapak ini dibuat untuk mempermudah akses pengunjung menuju lokasi curug cimahi. Sekitar ada 500 lebih anak tangga sepanjang 500 meter, naik turun, dan juga dilengkapai pengaman berupa pagar disisi jalan setapak ini.

Jika beruntung kalian bisa melihat segerombolan monyet liar di pepohonan sekitar air terjun ini.

Siapkan stamina kalian ya untuk menyusuri jalan setapak ini. dan tentunya selama diperjalanan mata kalian akan dimanjakan dengan panorama indah alam disini. Rasa lelah kalian akan terbayar saat sampai di bawah air terjun ini.

4. Habitat Satwa Liar

curug cimahi air terjun pelangi

Curug Cimahi dikenal sebagai habitat asli dari satwa liar seperti monyet. Pada waktu tertentu kalian dapat melihat segerombolan monyet yang bergelantungan bebas di pohon-pohon pegunungan di sekitar curug cimahi. Terbilang masih sangat asri ya.

Jika beruntung kalian juga dapat berinteraksi langsung dengan segerombolan monyet ini. pihak pengelola juga memiliki aturan yang wajib kalian taati yaitu tidak memberikan makanan sembarangan ke monyet-monyet ini.

5. Spot Foto

curug cimahi harga tiket

Jujur aja saat kalian berwisata salah satu tujuannya adalah mengabadikan momen-momen indah di lokasi ini. Curug Cimahi juga menyediakan spot foto yang masih sangat alami.

Spot foto terletak di jalan setapak, ada bangku-bangku tempat beristrihat dan biasanya dijadikan spot foto. Karena view langsung ke pemandangan curug cimahi dari ketinggian.
Saat kalian berada tepat dibawah air terjun ini pun menyajikan spot foto yang sangat bagus. Air terjun, pemandangan pegunungan dan juga The Rainbow Waterfalls menjadi spot menarik untuk berfoto ria disini.

Kunjungi Juga: Gunung Pancar, Camping Seru Di Taman Wisata Eksotis Bogor

6. Mitos di Curug Cimahi

Jika berbicara tentang mitos, mungkin kita sering mendengar beberapa mitos di banyak tempat wisata di Indonesia. Begitu juga dengan Curug Cimahi ini, ada cerita mitos yang berkembang di kawasan wisata ini.

Mitos yang banyak diceritakan oleh warga sekitar Curug Cimahi adalah pengunjung yang datang bersama pasangan, konon katanya hubungan tidak akan bisa langgeng sampai menikah. Berbeda halnya jika sudah menikah tidak menjadi masalah.

Boleh percaya atau tidak tergantung dari kita bagaimana menyikapinya. Intinya tetap berhati-hati ya.

Tips Berkunjung ke Curug Cimahi

1. Sebelum berkunjung kalian harus menggunakan pakaian hangat. Karena hawa di lokasi curug cimahi tergolong cukup dingin. Apalagi saat malam hari.

2. Seluruh area di lokasi curug cimahi ini tergolong sangat terjal dan hanya beberapa memiliki sedikit permukaan yang datar. Disarankan untuk kalian saling menjaga ya.

3. Bebatuan dan tanah di sekitar lokasi curug cimahi juga sangat lembab. Dikarenakan cipratan air terjun yang tinggi dan juga embun.

4. Jaga jarak dengan satwa liar yang kalian lihat. Taati himbauan dari petugas jaga disana. Tidak dianjurkan untuk kalian memberikan makanan sembarangan kepada satwa liar ini.

5. Apapun mitos yang ada kembali lagi ke diri sendiri. Cukup saling menjaga dan menghormati bukan untuk menantang apa yang jadi larangan disana.

Baca Juga: 10 Wahana Menarik di The Jungle Bogor yang Paling Hits dan Kekinian

Wisata di dekat Curug Cimahi

1. Pasar Terapung Lembang

curug cimahi bandung barat

Pasar terapung lembang berlokasi di Jl. Grand Hotel no.33 E, Lembang. Berjarak sekitar 2,6 kilometer dari Curug Cimahi.

2. Dusun Bambu Family Leisure Park

curug cimahi angker

Dusun Banbu Family Leisure Park berlokasi di Jl. Kolonel Masturi Cimahi, Bandung. Berjarak sekitar 2,9 kilometer dari Curug Cimahi.

3. Orchid Forest

curug pelangi cimahi alamat

Orchid Forest ini berlokasi di Jl. Raya Subang Depan Cikole, Lembang. Berjarak sekitar 6 kilometer dari Curug Cimahi.

Lihat Juga: 12 Wahana Farmhouse Lembang Bandung, Tiket Masuk, Peta Lokasi

Curug Cimahi atau disebut sebagai air terjun pelangi dengan pesona lampu-lampu diatas air terjun dan dihidupkan saat malam hari. Hal ini menjadikan objek wisata satunya sangat berbeda dengan lainnya.

Curug Cimahi termasuk salah satu air terjun tertinggi di sekitar wilayah Bandung. Pemandangan yang masih asri dan juga pesona pegunungan di sekitar lokasi ini, terlihat sangat nyaman untuk berlibur.

Ecopark Ancol

Jessica Susanti
9 min read

Curug Nangka Bogor

Jessica Susanti
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *