Curug Nangka Bogor

9 min read

curug nangka bogor 2019

Bogor adalah kota yang paling eksotis dan menarik. Suhunya yang sejuk dan teduh, membuat semua orang betah berlama-lama disini. Apalagi tempat wisata Bogor yang masih alami dan sejuk memamang paling menyenangkan untuk dikunjungi.

Curug Nangka adalah salah satu tempat wisata Bogor yang masih asri. Air terjun ini memang mempunyai keindahan yang luar biasa. Tambah menarik lagi dengan tantangan yang harus dilewati mulai dari awal hingga akhir perjalanan.

Curug Nangka menjadi alternatif wisata yang letaknya dekat dengan ibukota. Wisata ini memberikan sensasi kesegaran alam dengan suasana segar dan alami. Dengan curah hujan 4000mm/tahun, area Curug Nangka memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Memasuki kawasan wisata, wisatawan akan disuguhi keindahan yang alami. Jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjajar rapi di sisi kiri. Di sebelah kanan terlihat area persawahan dan pegunungan berhawa sejuk.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat beberapa kera liar bergelantungan di pepohonan sekitar area. Mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas batuan. Wisatawan akan menyusuri sungai sekitar 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa.

Lokasi Curug Nangka

Buat kamu yang belum tahu lokasinya dan ingin berwisata dengan nuansa alam yang masih asri di Curug Nangka, Curug Nangka beralamat di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Curug Nangka berada sekitar 15 Km jauhnya dari pusat Kota Bogor dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan waktu kurang lebih 30 sampai 45 menit.

Rute Menuju Curug Nangka

Rute menuju air terjun ini cukup mudah dilalui. Kondisi jalan yang baik juga memudahkan wisatawan yang akan berwisata ke air terjun ini. Nah buat kamu yang ingin berkunjung ke Curug Nangka, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bagi sobat wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa rute. Pilihan pertama kamu bisa lewat Ciapus dan lewat Tol Lingkar Luar Bogor.

Untuk sobat yang ingin lewat Ciapus rutenya dari pintu keluar tol Jagorawi ambil kanan ke arah mall BTM. Dari situ bisa mengambil rute ke arah Ciomas dan belok kanan di Pasir Kuda menuju jalan Raya Ciapus. Kurang lebih berjarak 13 kilometer

Kalau kamu ingin lewat Tol Lingkar Luar rutenya dari tol Lingkar Luar Bogor ambil pintu keluar Lotte Mart setelah keluar tol belok kiri ke arah Yasmin. Teruskan perjalanan menuju sampai melewati Jalan Cimaburan teruskan sampai ke Curug Nagka.

Wisatawan yang dari luar kota Bogor bisa menggunakan Communter Line (KRL) Bogor dan turun di stasiun terakhir Stasiun Bogor. Di Lampu merah ambil kanan menuju BTM. Jaraknya kurang lebih 15 menit berjalan. Mall BTM bukan berada di depan Stasiun Bogor.

Tidak disarankan menggunakan angkot dari Stasiun Bogor ke BTM karena akan jauh memutar Kebun Raya. Dari Mall BTM gunakan angkot 03 dengan jurusan Ciapus dan turun di Highland Park Resort. Dari sini berjalan sekitar 20 menit menuju curug nangka.

Tiket Masuk Curug Nangka

Tiket masuk ke tempat wisata ini, sobat wisatawan tidak perlu khawatir karena harganya pas di kantong sobat. Di Curug Nangka ini ada 2 gerbang masuk, gerbang yang pertama Rp. 7.500 dan gerbang ke dua Rp. 15.000. jadi total yang perlu dikeluarkan Rp. 22.500.

Jadi bisa disimpulkan bahwa harga untuk tiketnya cukup murah kan sob. Perlu diingat juga sob, jika kamu mau camping disini ada harganya juga. Harga untuk camping di tempat ini Rp. 5000/hari/orang, masih cukup terjangkau juga kan sob.

Jam Buka Curug Nangka

Untuk yang ingin sangat puas dengan melihat keindahan dan melakukan aktivitas lainnya kamu bisa datang di pagi hari hingga sore hari. Tidak usah khawatir Curug Nangka buka setiap hari dari mulai jam 06.30 – 19.00 WIB.

Jika kamu mau melakukan aktivitas camping atau green glamping untuk merasakan suasana dari pagi, sore sampai malam hari jam bukanya bisa 24 jam mungkin ya.

Fasilitas Curug Nangka

Wisata Curug Nangka dikelola oleh pemerintah Bogor dengan fasilitas yang memadai. Seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, ruang ganti dan toilet. Shelter atau gardu pandang, tempat duduk, dan ruang informasi sudah tersedia.

Wisatawan juga dapat menjumpai banyak warung penjaja makanan di sekitar kawasan air terjun. Setelah berbasah-basahan, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner di tempat wisata itu. Tersedia pilihan dari makanan ringan hingga masakan khas Sunda yang bisa dinikmati.

Area parkir berada sekitar 200 meter dari pintu gerbang. Di area parkir juga terdapat penjual souvenir seperti kaos, dan aksesoris. Akses jalan beraspal cukup mulus dengan lebar yang cukup untuk dua mobil berpapasan.
Bagi wisatawan yang tidak cukup jika hanya sehari atau ingin merasakan nuansa dimalam hari. Wisata Curug

Nangka menyediakan tempat dan alat-alat untuk camping, green glamping dan penginapan di sekitar Curug Nangka.

Aktifitas Seru di Curug Nangka

Curug Nangka mempunyai ketinggian kurang lebih 25 meter. Debit airnya selalu mengalir dan tidak akan pernah habis walau berada di musim kemarau sekali pun. Ada beberapa aktifitas seru yang asik untuk dilakukan di Curug Nangka, yaitu :

1. Trekking

curug nangka bogor 2019

Dari pintu gerbang menuju curug berjarak tempuh sekitar 700 meter. Lokasi air terjun berada di ketinggian dengan jalur berliku dan menanjak. Namun sudah terdapat jalan setapak dengan medan yang sudah dibuat senyaman mungkin.

Memasuki kawasan wisata, wisatawan akan disuguhi keindahan yang alami. Jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjajar rapi di sisi kiri. Di sebelah kanan terlihat area persawahan dan pegunungan berhawa sejuk.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat beberapa kera liar bergelantungan di pepohonan sekitar area. Mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas batuan. Wisatawan akan menyusuri sungai sekitar 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa.
Menyusuri area wisata Curug Nangka dengan berjalan kaki memiliki tantangan tersendiri. Hati-hati saat berjalan sehabis hujan agar langkah Anda tidak terpeleset.

Nah di Curug Nangka ini ada misteri loh sob. Jika kamu melewati area tersebut dengan berjalan kaki tanpa jatuh maka menandakan bahwa kamu itu memiliki kecintaan terhadap lingkungan, dan alampun akan ramah sama kamu.

2. Menikmati Keindahan Air Terjun

 curug nangka bogor 2018

Keindahan Curug Nagka merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Air terjun ini berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya. Air yang jernih dan udara yang segar sangat cocok untuk tempat bersantai.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjunnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Debit airnya deras dan menghempas terbawa angin ke area sekitarnya.

Kamu bisa berfoto di wisata Curug Nangka ini dengan banyak spot foto yang sangat indah dan begitu alami. Kamu juga bisa menikmati keindahan saat perjalanan menuju Curug ini, karena masih banyak pohon dan kera yang ada di Curug ini.

3. Berenang

curug nangka bogor maps

Tiba di lokasi air terjun, wisatawan dapat berenang di antara celah batu. Di bawah air terjun terbentuk kolam alami tempat wisatawan terkonsentrasi.

Sejumlah jeram membentuk kolam yang menarik wisatawan untuk berenang. Berbasah-basahan di air terjun dengan dinginnya aliran air yang jernih terasa begitu alami.

Untuk kamu yang ingin berenang tapi tidak membawa baju ganti, tenang kamu bisa membeli baju ganti loh sob. Di Curug Nangka ada yang berjualan untuk baju ganti dan lainnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir sob.

4. Berfoto

curug nangka bogor apa

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot favorit karena tidak berbatu. Di tempat ini selain dapat bermain air dan berenang, juga menjadi tempat berfoto. Latar foto favorit tentu saja air terjun yang ketinggiannya mencapai 20 meter tersebut.

Latar favorit lainnya yaitu pepohonan pinus di sekitar area wisata. Pepohonan pinus yang berjajar rapi ini terlihat sejak memasuki area parkir. Di lokasi ini banyak wisawatan berhenti sejenak untuk mengabadikan momen liburan.
Kamu juga bisa berfoto dengan kera loh, asal berani aja ngedeketinnya, tapi lebih baik jangan. Perlu diingat ya, jika kamu ingin berfoto atau memfoto kera kamu jangan membawa makanan atau barang lainnya karena kera itu bisa nakal.

Untuk spot foto di Curug Nangka ini sebenarnya hampir di setiap tempat bisa dijadikan spot bagus untuk foto. Karena dari mulai masuk saja sudah disuguhkan dengan pemandangan pohon-pohon yang keren dan indah.

Lihat Juga: Curug Cimahi Pesona Pelangi di Malam Hari

5. Camping Ground

curug nangka bogor gambar

Kawasan wisata Curug Nangka juga menyediakan area untuk berkemah. Sebuah camping ground terdapat di sisi kanan dekat anak sungai. Bagi wisatawan yang berminat untuk berkemah, dikenai pungutan Rp5.000 per orang per hari.

Jika kamu ingin camping dan tidak membawa tenda, di wisata ini menyediakan sewa tenda dengan harga Rp. 70.000/malamnya. Tapi untuk alat-alat lainnya seperti sleeping bag dan lainnya kamu harus bawa sendiri ya.

Saat camping juga hati-hati ya, suka ada kera yang turun loh, sembunyikan makanan kalian ya biar keranya ga nakal. Mitos yang beredar katanya jika kalian camping kalian tidak boleh sembrono dan berteriak tidak jelas, itu bahaya mitosnya.

6. Green Glamping

curug nangka ciapus bogor

Di area ini juga terdapat glamour camping ( Green Glamping). Fasilitas yang tersedia di area glamping ini terbilang cukup lengkap. Tersedia shower dan toilet duduk, listrik, lampu, dan bonus sarapan.

Green Glamping juga menyediakan kolam renang outdoor loh sob, jadi kamu bisa berenang jika kamu Green Glamping. Kamu juga bisa bersantai di taman yang telah disediakan atau pergi hiking dengan di fasilitasi oleh pihak yang menyediakan.

Kamu juga bisa diantar jemput untuk trekking, tapi jika kamu mau dengan fasilitas ini ada biaya tambahan juga ya.

7. Ziarah Leluhur

Curug Nangka juga merupakan tempat ziarah. Ruang semedi yang ada di air terjun pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya adalah Raden Surya Kencana.

Zaman dulu tempat ini biasa digunakan untu semedi, karena dipercaya dapat meningkatkan kesaktian pada zaman dahulu.

Jadi di Curug Nangka ini kamu dilarang untuk tidak sopan dan sompral ya sob. Katanya jika kamu melakukan hal yang dilarang, maka penunggu dari Curug Nangka ini tidak akan menirima kamu.

Simak Review: 5 Hal Menarik Resort Giri Tirta Kahuripan (Yang Layak Dicoba)

Hotel/Penginapan dekat Curug Nangka

Nah, untuk sobat yang ingin bermalam di daerah dekat wisata ini, salah satunya kamu bisa menginap di hotel dekat wisata ini. Terdapat sejumlah penginapan di dekat kawasan wisata alam air terjun dengan tarif yang bervariasi.
Penginapan dan vila-vila dekat wisata Curug Nangka memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa hotel/penginapan di dekat wisata Curug Nangka yaitu sebagai berikut:

1. Herman Lantang Camp

 curug nangka sukajadi bogor jawa barat

Herman Lantang Camp adalah pilihan penginapan terdekat dari Curug Nangka. Pasalnya, jarak penginapan ini dari Curug Nangka hanya sekitar 209 meter.

Selain menawarkan akomodasi yang dekat dengan Curug Nangka, lokasi Herman Lantang Camp juga dekat dengan sejumlah objek wisata lainnya seperti Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Curug Ciampea, dan Gunung Salak.

Berbeda dari penginapan pada umumnya, menginap di Herman Lantang Camp memungkinkan Anda merasakan sensasi camping. Herman Lantang Camp berkisar antara Rp576 ribuan hingga Rp2,7 jutaan per malam.

Walaupun kental dengan nuansa alam, di Herman Lantang Camp sudah ditunjang dengan fasilitas memadai layaknya sarapan gratis, area parkir, kopi/teh di lobi, taman, aktivitas outdoor, resepsionis dan keamanan 24 jam, dan sebagainya.

2. Resort Highlander

curug nangka bogor jawa barat

Alternatif berikutnya adalah dengan menginap di Resort Highlander. Penginapan satu ini berjarak 977 meter dari Curug Nangka serta dekat dengan Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Curug Ciampea, dan Gunung Salak.

Terdapat beberapa tipe kamar yang disediakan, yakni Rumah Panggung dengan harga Rp400 ribu per malam, Villa Gerbang dengan rate Rp1 juta per malam, Villa View Kolam Rp1,5 juta per malam, dan Villa View Danau Rp2,5 juta per malam.

Fasilitasnya yakni kamar mandi dalam, televisi, area main anak, pusat kebugaran, taman, kolam renang outdoor, alat pemanas, teras, area parkir, layanan kamar, jasa antar jemput bandara dengan biaya tambahan, dan persewaan mobil.

3. Villa Diantie

curug luhur bogor adalah

Villa Diantie adalah penginapan yang berlokasi di Komplek Villa Makati Elok RT 003 / RW 08. Lokasi Villa Diantie hanya berjarak sekitar 6 menit berjalan kaki dari air terjun atau Curug Nangka.

Villa Diantie menyediakan akomodasi yang mampu menampung antara 2-10 tamu sekaligus. Rate sewa Villa Diantie berkisar Rp621 ribu hingga Rp3 juta per malam. Jika ingin tambahan fasilitas sarapan, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp50 ribu per pax.

Di Villa Diantie, tersedia fasilitas standar layaknya kamar mandi dalam, perlengkapan mandi, dapur bersama, kulkas, area duduk, TV layar datar, kolam renang, fasilitas BBQ, teras, taman, area parkir gratis, dan masih banyak lagi.

4. Sasaungan Cunang

alamat curug nangka bogor

Sasaungan Cunang termasuk akomodasi favorit wisatawan yang mencari penginapan dekat objek wisata Curug Nangka. Sebab, jarak Sasaungan Cunang sangat dekat dengan air terjun. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 3 menit saja dari penginapan ini untuk sampai di Curug Nangka.

Sasaungan Cunang menyediakan fasilitas yang cukup memadai, mulai dari pemandangan alam yang indah, BBQ, kolam renang, area parkir gratis, free wifi, ruang keluarga, kamar mandi dalam, dapur, resepsionis 24 jam, jasa kebersihan harian, sarapan, dan lain-lain.

Harga sewa kamar tipe Family Room dengan pemandangan pegunungan berkisar Rp850 ribuan per malam. Kamar tipe Family tersebut dilengkapi 1 double bed berukuran besar yang mampu menampung kapasitas 4 orang dewasa.

5. Home Stay Sido Mukti Bogor

akses curug nangka bogor

Jika Anda sedang mencari penginapan bernuansa homey yang dekat dengan Curug Nangka, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk bermalam di sini. Jarak dari penginapan ini dengan Curug Nangka sekitar 15 menit. Cukup dekat, bukan sob?

Penginapan ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari lapangan terbuka, kolam renang, (free wifi), aula atau ruang pertemuan, karaoke, restoran, sarapan gratis, hingga area bermain atau playground.

Tarif penginapan memiliki beberapa kriteria, untuk jumlah 7 orang tarifnya Rp900 ribuan per malam, untuk 15 orang tarifnya Rp1,4 juta per malam, dan untuk 25 orang tarifnya Rp2 juta per malam.

6. Amaroossa Royal Hotel Bogor

air terjun curug nangka bogor

Jika kamu ingin menginap dengan nuansa mewah ada hotel berbintang 4 yang dapat menawarkan penginapan dengan nuansa modern. Jarak dari Curug Nangka ke Hotel ini kurang lebih 11 Km.

Hotel ini terletak di Jl. Otto iskandardinata No. 84 Padjajaran, Bogor Jawa Barat. Hotel ini menawarkan harga 1 kamar dimulai dari Rp. 523.110 per malam. Fasilitas yang cukup mewah, dari mulai AC, restoran, kolam renang, free wifi, dan lain sebagainya.

Selain penginapan-penginapan dan hotel di atas, masih banyak pilihan penginapan lainnya di dekat Curug Nangka seperti Villa Emak, Villa 68, Cunang Hill, Villa Harmain, dan sebagainya.

Kunjungi Juga: Gunung Pancar, Camping Seru Di Taman Wisata Eksotis Bogor

Tempat Wisata Dekat Curug Nangka

Tempat wisata lain di area dekat Curug Nangka tentunya masih banyak, sobat wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata lain setelah Curug Nangka. Ada beberapa tempat wisata lain, yaitu sebagai berikut :

1. Curug Daun

air terjun curug nangka bogor jawa barat

Curug Daun adalah curug ke 2 di kawasan wisata tersebut. Curug daun terletak setelah Curug Nangka. Nah, sobat jika ingin ke Curug Daun kamu harus trekking kira-kira 15 menit, dekat kan sob.

Curug Daun ini tidak terlalu tinggi seperti halnya Curug Nangka, bentuknya yang seperti daun merupakan keunikan curug ini. Tetapi hati-hati ya sob saat menapaki bebatuan di curug ini, pasalnya bebatuan disini lumayan licin dan berlumut.

Curug ini bertingkat-tingkat dengan banyak kolamnya, sehingga banyak dipakai untuk mandi-mandi, dan beberapa ada yang loncat ke kolam. Nah buat sobat yang ingin basah-basahan gak bawa ganti baju, gausah khawatir disini menjual baju-baju ganti loh sob.

2. Curug Kawung

wisata alam curug nangka bogor

Curug Kawung masih satu aliran dengan curug nangka dan curug daun, dimana Curug Kawung ini berada paling atas sekaligus curug tertinggi dibanding 2 curug lainnya.

Perjalanan dari Curug Nangka ke Curug Kawung ini kalian harus trekking sejauh 2,1 Km. Perjalanan ke curug ini cukup melelahkan, kamu harus melewati jalan yang berbatu, menyebrangi sungai dan kontur jalanan yang naik turun.

Curug Kawung ini harus kamu coba, kamu bisa melihat curug yang tinggi dan dengan perjalanan yang seperti naik gunung loh sob pasti asik. Apalagi jika pergi berbarengan sama teman-teman kalian pasti lebih asik.

3. Pura Parahyangan Agung

arah ke curug nangka bogor

Pura ini berjarak 1,1 Km dari lokasi Curug Nangka. Pura ini merupakan pura terbesarr di pulau Jawa, serta pura kedua terbesar di Indonesia. Nah, jika kamu mau sekalian mengunjungi Pura ini, kamu harus berpakaian yang sopan ya sob.

Pura ini agak susah di jangkau sob dan lumayan cape jalan kakinya. Tapi semua itu akan terbayar tuntas setelah sampai di Pura ini. Tempatnya yang sejuk dan kamu dapat melihat pemandangan yang indah di puncak pura ini.

4. Pemandian Air Panas Gunung Malang

curug luhur bogor jawa barat

Pemandian air panas ini berjarak 3 Km dari Curug Nangka. Pemandian air panas ini masih alami dan murah loh sob, harga tiket masuknya sangat terjangkau yakni Rp. 7.500. Letaknya yang masih di tengah persawahan warga membuat wisata ini masih alami.

Jika kamu ingin merasakan kehangatan setelah berwisata ke Curug Nangka atau ingin rileksasi dengan air hangat, pemandian air panas ini cocok untuk kamu dengan tempat yang masih asri dan harga terjangkau.

5. Kampoeng Salaka

 curug luhur bogor jawa barat indonesia

Jarak dari Curug Nangka ke Wisata Kampoeng Salaka ini berjarak sekitar 3 Km. Kampoeng Salaka ini memberikan suasana alam dan menawan untuk spot foto dan pemandangan yang cukup indah.

Kampoeng Salaka ini memiliki pemandangan yang indah karena kamu bisa melihat keindahan panorama Bogor dari ketinggian, dan juga di tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas yang cocok untuk melihat keindahan dan untuk foto-foto.

Itulah beberapa aktifitas seru yang dapat kamu lakukan di Curug Nangka ini. Seru bukan Sob, kamu harus coba untuk merasakan keseruannya dan keindahannya.

Selain Curug Nangka kamu juga bisa mengunjungi wisata lainnya setelah dari Curug Nangka, jadi kamu bisa berwisata hingga puas di Bogor ini.

Sebenarnya masih banyak juga wisata sekitar Curug Nangka dengan jarak 10 – 20 Km dengan waktu sekitar 1 jam dari Curug Nangka ini, seperti Kebun Raya Bogor, Curug Ciganea, Leuwi Balong Endah dan Lainnya.

Baca Juga: 10 Wahana Menarik di The Jungle Bogor yang Paling Hits dan Kekinian

Curug Nangka adalah salah satu tempat wisata air dengan keindahan dan keseruan yang bernuansa alam yang masih asri di Bogor. Kamu bisa merasakan petualangan di alam yang masih alami dengan berwisata ke Curug Nangka ini.

So gimana sob, Tertarik kan dengan keseruan dan keindahannya di Curug Nangka ini? Dengan wisata masih asri dan masih banyak kera yang akan kamu lihat saat diperjalanan.

Curug Cilember

Jessica Susanti
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Jessica Susanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *