Curug Tilu Leuwi Opat

6 min read

htm curug tilu leuwi opat

Kota Bandung adalah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Di kota ini terdapat salah satu tempat wisata alam yang terpadu dari berbagai macam objek berupa air terjun, sungai, goa dan juga hutan. Tempat ini dinamakan Curug Tilu Leuwi Opat.

Hutan dengan luas lebih dari 5 hektar ini, dapat dinikmati oleh para pengunjung bersamaan dengan pemandangan yang asri. Suguhan alam tersebut membuat para pengunjung merasa nyaman. Keasrian yang ada telah menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit di Bandung.

Tak hanya warga Bandung saja yang senang mengunjungi tempat ini. Wisatawan luar kota pun juga tertarik untuk turut merasakan keasrian yang telah disuguhkannya. Bagaimana dengan kalian, apakah tertarik mengunjunginya ?

Curug Tilu Luewi Opat

Berawal dari kecintaan Alm. Bapak Ayi pada kampung halamannya, yang terletak di Kampung Ciwangun, tepat di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Pada tahun 2006 terbentuklah CV yang menaungi Curug Tilu Leuwi Opat.

Kampung Ciwangun dialiri sungai dari Situ Lembang mempunyai banyak sekali potensi wisata alam yang belum diketahui masyarakat banyak.

Sebuah wahana wisata alam untuk umum dengan pemilik asli putra daerah yang bekerja sama dengan Perum Perhutani

Nama lain dari curug ini adalah Curug Tilu Parompong atau Curug Tilu Ciwidey. Sebagian orang akan menyebutnya seperti itu. Jadi buat kalian yang mendengar nama ini jangan bingung ya, karena semua nama tersebut merujuk pada suatu destinasi yang sama.

Lokasi

Terletak di daerah Ciwangun Parongpong, Kabupaten Bandung. Berada di Jalan Ciwangun Indah Cam, Cihanjuang Rahayu. Letaknya berdekatan dengan beberapa objek wisata di Bandung lainnya, seperti Kampung Gajah Wonderland, dan Ciwangun Indah Camp (CIC).

Dengan berdekatannya letak wisata curug ini dengan wisata yang lain, kalian bisa mengunjungi beberapa destinasi sekaligus. Hal ini cukup menarik untuk dijadikan agenda liburan bersama keluarga dan sanak saudara.

Jalan menuju ke Curug Tilu Leuwi Opat

Dari arah Cimahi, kalian bisa memulai perjalanan ke Jalan Kolonel Masturi kemudian menuju Parongpong. Setelah itu kalian akan menemui jalan masuk ke lokasi yang berada di sebelah kiri, masuk ke dalam gerbang Wisata Ciwangun Indah Camp sejauh 4 km hingga sampai lokasi.

Jika kalian dari arah Bandung, kalian bisa berangkat dari terminal Ledeng. Jalan menuju Jl. Sersan Bajuri. Kemudian ke Jl. Kolonel Masturi. Setelah melewati Universitas Advent, ambil jalan ke arah Ciwangun Indah Camp teruskan perjalanan sejauh 4km hingga sampai lokasi.

Tiket Masuk

Untuk dapat masuk dan menikmati objek wisata alam ini, kalian dikenakan tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Yaitu Rp10.000/ orang. Harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan alam yang ada di dalam nya.

Untuk menunjang fasilitas objek wisata ini. Tiap pengunjung juga dikenakan tarif parkir. Untuk kendaraan beroda dua dikenakan biaya parkir Rp2.500, sedangkan untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya parkir Rp5.000.

Jam Buka

Bagi yang berkunjung hanya ingin berwisata, kalian bisa datang dari pagi hingga petang yaitu pada puku 06.00 – 18.00 WIB. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari, hari Senin – Minggu dengan jam operasional yang sama setiap harinya.

Sementara bagi kalian dan teman – teman atau organisasi yang ingin berkemah dan bermalam di sini, mendapat jam operasional tinggal selama 24 jam.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini terbilang cukup memadai dan lengkap. Sudah tersedia berbagai fasilitas yang bisa kalian gunakan, seperti masjid, parkiran yang cukup luas, toilet, kantin atau warung.

Ketika berkunjung tak hanya spot foto dan pemandangan yang indah saja yang dapat kalian nikmati. Namun, ada juga fasilitas wahana permainan yang bisa kalian coba, seperti arum jeram, paint ball, panjat tebing, flying fox, dan perahu rakit.

Daya Tarik Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum tahu bahwasannya terdapat banyak objek di wisata alam yang satu ini. Tak hanya satu objek saja yang dapat kalian nikmati ketika berada di destinasi ini.

Kalian yang berkunjung ke sini bisa langsung menikmati tiga curug (air terjun) sekaligus. Di tempat ini, juga terdapat leuwi opat (empat sungai) yang memiliki keunikan tersendiri.

Curug (air terjun) tersebut terpecah menjadi tiga aliran. Pada setiap alirannya memiliki tinggi yang nampak bertingkat-tingkat. Jika kalian melihat dari bawah, kalian akan menemukan sebuah pemandangan yang sangat indah.

Letak setiap air terjun yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh. Sehingga, para pengunjung bisa mengunjungi setiap air terjun yang ada.

Sungai – sungai ini bisa kalian jadikan sebagai tempat bermain air dan berenang karena airnya cukup jernih dan kedalamannya juga cukup dangkal. Sementara untuk sungai dengan aliran yang cukup deras dapat kalian gunakan sebagai tempat olahraga arum jeram. Wah! menarik bukan ?

1. Curug Citulang

lokasi curug tilu leuwi opat

Curug Citulang ini memiliki aliran air yang tinggi. Kalian bisa menikmati keindahan alam curug ini sambil merasakan suasana yang sangat sejuk bersamaan dengan air jernih yang mengalir di atasnya.

2. Curug Aseupan

akses jalan menuju curug tilu leuwi opat

Karena keberadaan curug yang membentuk aseupan atau kukusan tradisional Sunda dengan bentuk menyerupai kerucut maka, objek yang satu ini dinamakan Curug Aseupan. Letak posisi Curug ini berada diantara dua buah ngarai.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Bukit Bintang Bandung dengan pesona yang menakjubkan

3. Curug Cilaki

alamat curug tilu leuwi opat

Kalian yang berada di curug ini bisa menikmati pemandangan pepohonan lebat yang berada di sekitar curug tersebut. Pemandangan yang sangat hijau juga tak lupa menambah kenyamanan kalian ketika berada disini. Curug cilaki merupakan curug yang terkecil diantara yang lainnya.

4. Leuwi Bagong

curug tilu leuwi opat lembang bandung

Kedalaman leuwi ini sekitar 4 meter dengan arus yang tidak terlalu deras. Kedalamannya termasuk relatif sedang. Sungai ini biasanya digunakan sebagai tempat bermain rakit.

5. Leuwi Baeud

curug tilu leuwi opat parongpong

Kedalaman sungai ini mencapai higga 20 meter. Kedalamannya merupakan yang paling dalam diantara sungai yang lain. Oleh karena itu, kalian hanya diperbolehkan untuk melihat pemandangan sambil mengambil beberapa foto dan dilarang untuk berenang di tempat ini

6. Leuwi Kacapi

tiket curug tilu leuwi opat 2019

Sungai ini menjadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung yang datang. Kalian juga bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat piknik. Pemandangan sungai yang cukup indah itulah yang menajdikan sungai ini sebagai spot favorit bagi para pengunjungnya.

7. Leuwi Geuntong

tiket masuk curug tilu leuwi opat 2019

Leuwi Geuntong atau Leuwi Gentong memiliki kedalaman hanya satu sampai dua meter saja. Sugai ini merupakan yang paling dangkal. Kalian bisa berenang atau bersantai di pinggir sungai karena air di sungai ini termasuk sangat jernih.

Lihat Juga: 15 Tempat Wisata di Garut Terbaru& Hits-Panoramanya Juara!

8. Dua Goa

curug tilu leuwi opat sejarah

Bukan hanya air terjun dan sungai saja. Di objek wisata ini kalian juga bisa mengunjungi dua buah goa yang bernama Goa Toke dan Goa Lalay.

9. Goa Toke

curug tilu leuwi opat 2019

Jika kalian ingin masuk ke goa ini, kalian harus memiliki nyali berani. Karena, di dalam goa ini cukup gelap dan terbilang lumayan sempit. So, berani mencoba ?

10. Goa Lalay

curug tilu leuwi opat west bandung regency west java

Di dalam Goa Lalay kalian dapat menyaksikan banyak kelelawar yang menghuni goa ini. Dikarenakan banyak kelelawar inilah sehingga goa ini dinamakan sebagai Goa Lalay.

Wisata dekat Curug Tilu Leuwi Opat

1. Ciwangun Indah Camp

Terletak di Jalan Masturi, Rt 03/15, Cihanjung Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Ciwangun Indah Camp merupakan kompleks perkemahan yang berfungi sebagai tempat camping.

Ciwangun Indah Camp berada di ketinggian 1.100 Mdpl, karena ketinggiannya tersebut menjadikan tempat ini memiliki hawa dingin khas pegunungan. Terdapat pohon – pohon pinus yang menjulang mampu menambah keasrian alam sekitar.

Terdapat beberapa wisata di dalamnya seperti Sungai Situ Lembang, Hutan Pinus, Lembah, Kebun Teh, Camping Ground, Danau Buatan, Kebun Strawberry, dan Area Outbond

Destinasi ini buka pada hari Senin – Minggu. Beroperasional mulai jam 07.00 – 17.30 WIB. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang. Biaya parkir Rp10.000 untuk roda dua, dan Rp2.000 untuk roda empat.

Simak Review: 6 Daya Tarik Situ Patenggang Bandung (Bukan Sekadar Danau yang Indah)

2. Curug Brugbrug

Curug Brugbrug merupakan tempat wisata Bandung yang tersembunyi. Terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Fasilitas yang ada di sana,terbilang belum cukup terlalu memadahi. Di sana juga belum terdapat warung makan. Dengan demikian jika kalian ingin berkunjung disarankan untuk membawa bekal.

Bagi kalian pecita alam sejati, bukankah keadaan inilah yang membuat kalian merasa tertantang untuk mengunjunginya? Fasilitas sedemikian adanya, mampu menambah sensasi yang menunjukkan bahwa kalian berada di tempat yang masih asri nan alami.

3. Curug Cimahi

curug tilu leuwi opat cihanjuang rahayu kabupaten bandung barat jawa barat

Curug Cimahi merupakan air terjun yang ada di Cimahi. Terletak di Jl. Kolonel Masturi No.325 Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug Cimahi merupakan air terjun tertinggi diantara air terjun di Bandung yang lainnya.

Berada pada ketinggian 1.050 Mdpl membuat tempat ini memiliki suhu udara yang sejuk. Rata – rata suhu udara mencapai 18 – 22 derajat celcius.

Curug Cimahi kini sudah dikelola dibawah Perum Perhutani Bandung Utara. Diberi lampu di sekitar air terjun sebagai inovasi. Sehingga, ketika petang lampu – lampu tersebut akan menyala menyerupai pelangi.

Jam operasional destinasi satu ini berbeda dengan yang lainnya. Apabila tempat lain di buka hanya sampai sore saja, berbeda dengan Curug Cimahi. Curug Cimahi buka dari jam 07.00 hingga 21.00 WIB.

Tips Berkunjung

Nah, buat kalian yang penasaran dan ingin mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat ini, ada sedikit tips dari penulis buat kalian

1. Ketika akan berangkat, pastikan kondisi mesin motor atau mobil kalian dalam keadaan aman. Karena, medan menuju tempat ini cukup ekstrim.

Medan menuju tempat ini ada yang menanjak ada juga yang makadam, jadi jika mesin motor atau mobil kalian tidak dipastikan sudah aman atau belum takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja mogok di tengah perjalanan.

Pastikan membawa perkakas kendaraan yang mewadahi ya. Agar kalian tidak mengalami kesulitan ketika mesin kendaraan mogok di tengah perjalanan.

2. Di sana terdapat banyak Monyet. Monyet – moyet di sana tidak akan mengganggu kalian jika kalian juga tidak mengganggu nya. Jadi, jangan dilihatin ya biar mereka tidak merasa terganggu.

Jangan kasih makan ke monyet. Karena, jika kalian memberi makan monyet di sana, monyet – monyet tersebut akan mengikuti kalian. Jangan lakukan hal tersebut ya jika tidak ingin diikuti.

3. Ketika ingin menuju air terjun, kalian harus menempuhnya dengan jalan kaki. Jarak yang harus ditempuh tidaklah terlalu jauh. Medan nya pun juga tidak terlalu sulit, hanya saja cukup menanjak.

Jangan gunakan heels atau alas kaki yang licin. Karena, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman ketika berjalan menuju curug. Gunakanlah sandal gunung atau alas kaki yang cukup bergerigi agar tidak terpeleset.

Agar tidak mudah lelah ketika menapaki jalan yang cukup naik, ada baiknya posisinya badan ketika berjalan adalah tegap. Jangan membungkuk. Karena jika membungkuk kalian akan cepat merasa lelah.

4. Bawa botol air minum dan jangan lupa membawa kamera. Bawalah botol berisi air minum untuk bekal selama perjalanan menuju Curug. Jangan lupa abadikan momen kalian.
Sangat disayangkan jika kalian pergi berwisata tanpa pengabadian gambar. Abadikan setiap momen kalian di sana bersama keluarga tercinta atau teman – teman kalian.

5. Bawalah pakaian ganti. Karena air terjun di sana terasa segar, tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk tidak bermain air di sana. Kalian juga pasti tidak tahan untuk tidak bermain serunya wahana arum jeram.

Siapkan juga keperluan mandi. Seperti handuk, shampoo, dan juga sabun badan.

6. Jika berkunjung di musim penghujan, bagi kalian yang berkunjung ke sana dengan mengendarai sepeda motor siapkan jas hujan.

7. Bawalah penghangat badan. Seperti jaket dan juga minyak penghangat. Misalnya saja fresh care atau minyak kayu putih. Karena, setelah bermain air tidak menutup kemungkinan badan kalian terasa dingin.

Untuk mengatasinya, hangatkanlah badan kalian dengan menggunkan jaket atau minyak penghangat. Siapkan lah antangin atau tolak angin untuk membantu menghangatkan badan kalian agar tidak masuk angin.

Kunjungi Juga: Saung Angklung Udjo, Bermain Sambil Belajar Sejarah dan Budaya Sunda

Itulah beberapa objek yang bisa kalian dapatkan hanya dengan mengunjungi 1 destinasi saja yaitu Curug Tilu Leuwi Opat. Pemandangan yang indah dan keasriannya sudah pasti mampu membayar lelah kalian dalam perjalanan.

Curug Tilu Leuwi Opat merupakan destinasi yang ramai dikunjungi warga Bandung. Kalian yang tinggal di daerah Cihanjuang, jangan lupa untuk datang ke wisata alam ini ya!

So, jangan lupa berlibur dan beramal ya guys!

0

Gunung Kelud

Zuhrufi
4 min read

Sindu Kusuma Edupark

Putri
9 min read

Taman Budaya Sentul

Putri
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *