Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau Singkarak

Posted on

Sudah merencanakan untuk berlibur di pekan ini? Tapi bingung memilih wisata recommended dan cocok untuk refreshing? Nah kamu bisa coba tempat wisata yang satu ini guys. Selain keren, pemandangannya bisa bikin rileks lho.

Nggak ada salahnya kalau kamu mencoba berwisata di Danau Singkarak. Danau ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Hamparan danau yang luas, dengan background perbukitan hijau di tepian danau, dijamin langsung bikin mata kita adem.

Danau ini juga sangat terkenal guys, bukan hanya karena keindahannya saja, tapi banyak fakta menarik dibalik danau ini. Penasaran? Langsung aja deh simak ulasannya berikut ini.

Lokasi

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Letak dari danau ini berada pada koordinat 0,36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Danau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 millimeter per bulan. Panjang maksimum danau ini 20 km dan lebar 6,5 km dan luas permukaan airnya mencapai 11.200 hektare serta kedalaman 268 meter.

Danau indah ini terletak di Kampung Pulau Jorong Piliang Bendang, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Karena area danau ini memang masuk kedalam wilayah dua kabupaten tersebut. Kawasan wisata ini berjarak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok, dan sekitar 36 km dari Bukittinggi.

Jalan Menuju Danau Singkarak

Untuk mencapai kawasan ini, kamu bisa menyewa mobil jika ingin sampai tujuan lebih cepat dan nyaman. Dari kota Padang, terdapat beberapa alternatif angkutan ke danau singkarak yang bisa kamu gunakan.

  • Menggunakan mini bus. Naik minibus dari pool mobil Jasa Malindo, lalu menuju ke kota Solok. Kemudian disambung naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak.
  • Menggunakan mobil travel ataupun sewa mobil langsung dari Padang. Alternatif ini tentunya akan lebih nyaman untuk kamu dalam menghadapi medan yang ditempuh.

Jika melalui Padang Panjang, kurang lebih akan menempuh waktu sekitar 3 jam. Rute padang Panjang bisa diambil jika kamu memang ingin ke bukit tinggi terlebih dulu.

LAGI HITS
Pantai Drini

Tiket Masuk

Pada dasarnya, harga tiket untuk masuk objek wisata berbeda antara hari biasa/weekday (Senin – Jumat) dengan hari libur/weekend (Sabtu dan Minggu). Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke area Kabupaten Tanah Datar.

Saat weekday, harga tiket masuk wisata ini adalah Rp10.000,00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk adalah Rp10.000,00. Ada baiknya kamu mengkonfirmasi kembali harga tiket dengan petugas terkait ya, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Lihat Review: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

Jam Buka

Tentunya setiap tempat wisata menerapkan jam operasional berbeda-beda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Tanah Datar ini guys. Nah kamu bisa mengetahui informasi mengenai jam operasional dari danau favorit ini.

Danau Singkarak dibuka setiap hari dan buka selama 24 jam lho. Itu berarti tidak ada jam khusus atau jam tutup bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Yup, kamu bebas datang kapan saja guys, asal jangan lupa untuk membayar tiket masuknya terlebih dahulu ya.

Fasilitas

Nah untuk kamu pecinta travelling tidak perlu khawatir, karena di sekitar objek wisata ini sudah terdapat fasilitas yang cukup memadai. Kamu bisa menjumpai berbagai jenis penginapan di tepian danau dengan tarif beragam. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan dan budget kamu.

Selain itu dilengkapi pula dengan restoran, kafe, dan tempat makan lainnya. Jadi kamu nggak perlu bingung membawa perbekalan dari rumah. Menu-menu yang disediakan biasanya merupakan makanan khas Sumatera Barat. Pastinya sangat lezat dan menggugah selera.

Daya Tarik Objek Wisata Danau Singkarak

Ini dia saatnya! Keindahan dan pesona Danau Singkarak yang wajib banget kamu ketahui. Daya tarik dari tempat ini begitu terkenal sehingga nggak heran bila selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, luar kota maupun mancanegara.

1. Sejarah

 

Sejarah Danau Singkarak

Pemerintah membangun PLTA Singkarak beserta terowongan air sepanjang 19 KM pada tahun 1992. Terowongan ini menembus bukit barisan, dan digunakan sebagai sumber daya PLTA bagi pemerintah dan masyarakat sekitar.

Pada jaman dahulu, asal mula danau ini dimulai dari seorang biologist asal Jerman, yakni Ernst Haeckel, disebut-sebut sebagai salah satu orang pertama yang mengenalkan keindahan danau Singkarak ke dunia luas. Dan di tahun 1905, Ernst Haeckel melakukan penelitian di wilayah ini.

Lukisan yang menggambarkan kondisi danau saat itu, menjadi salah satu lukisan pertama yang dikenal luas, sehingga mulai dikenal oleh banyak orang.

2. View Keren yang Bikin Betah

Hamparan pemandangan indah yang keren di sini bakal bikin kamu betah berlama-lama, guys. Apabila berminat, kamu juga bisa mengelilingi danau dengan mudah, lantaran letaknya berada di pinggiran jalan raya lho.

LAGI HITS
Air Terjun Kedung Pedut

Di Beberapa sisi danau bisa kamu jadikan spot untuk berfoto. Ada banyak sudut cantik dan menarik untuk diabadikan lewat bidikan lensa kamera. Bagi pecinta fotografi, menangkap moment di saat sunrise maupun sunset menjadi rekomendasi yang pas buat kamu.

Nggak hanya mengagumi keindahan alamnya, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu coba di sekitar danau. Mulai dari naik sampan untuk berkeliling, memancing di tepian danau, berenang, atau bahkan menemani nelayan menangkap ikan.

Pasti akan sangat seru dan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan.

3. Lokasi Rally Sepeda Kelas Dunia

Eksistensi dari danau ini belakangan semakin meroket berkat diadakannya lomba balap sepeda yaitu “Tour de Singkarak”. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kegiatan ini dengan menggelar event berlevel Internasional ini untuk rutin diadakan setiap tahun.

Bahkan kabarnya Amaury Sport Organization, pihak yang bertanggung jawab atas digelarnya Tour de France, juga ikut serta dalam pelaksanaan event ini.

For your information, Tour de Singkarak rutin digelar hingga kini lho sobat, bahkan sejak pertama kali diadakan di tahun 2009 silam. Perhelatan acara ini biasanya dilaksanakan antara bulan April hingga Juni, dengan tujuh etape berbeda.

Selain menumbuhkan semangat berkompetisi, perlombaan ini juga bertujuan untuk mengenalkan keindahan Sumatera Barat dan betapa kayanya kebudayaan lokal pada masyarakat Internasional.

4. Kuliner Khas yang Unik

Tak hanya indah, danau ini juga merupakan habitat dari beragam spesies ikan. Total ada 19 jenis ikan hidup di sekitar sini. Namun hanya ada satu jenis ikan dimana hanya dapat ditemukan disini yaitu ikan bilih. Yang paling menarik perhatian yakni konon hanya bisa hidup di danau ini.

Ikan bilih adalah jenis ikan kecil dengan sisik berwarna perak. Ikan ini merupakan salah satu tangkapan utama nelayan disini. Ikan ini kerap ditangkap oleh nelayan dan dijual dalam bentuk olahan lezat di warung-warung sekitar danau.

Selain dijual sebagai masakan jadi, Bilih juga kerap digoreng kering, dikemas plastik, dan dijual sebagai oleh-oleh khas. Jika kamu sedang liburan di Sumatera Barat, wajib coba untuk membeli jajanan ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

5. Dermaga Singkarak

Berwisata di danau tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba berjalan-jalan di dermaga. Dermaga sudah seperti hal wajib yang patut kamu kunjungi karena letaknya tidak jauh dari permukaan air danau, sehingga kamu dapat menikmati suasana menenangkan.

Dermaga Singkarak merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dermaga ini pun sering dijadikan pusat kegiatan olahraga sepeda bertaraf internasional, yaitu Tour De Singkarak.

LAGI HITS
Danau Tempe

6. Panorama Aripan

Tidak dipungkiri jika danau selalu lekat dengan keindahan panorama disampingnya. Salah satunya panorama Aripan. Objek wisata ini berlokasi di perbukitan Nagari Aripan Kecamatan Koto Singkarak yang memiliki panorama berupa pemandangan di sisi danau serta hijaunya alam sekitar.

Untuk menuju lokasi ini kamu membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari Kota Solok melalui jalan Ampang Kualo.

Di kawasan ini terdapat rumah pohon yang di kreasikan oleh pengelola objek wisata tersebut, sehingga menambah kesan estetika ketika di foto. Selain itu di lokasi ini terdapat pula fasilitas paralayang bagi pecinta olahraga tersebut. That’s cool, right?

7. Misteri Dibalik Danau

Di balik keindahan alamnya, ternyata wisata danau ini juga menyimpan cerita mistis lho. Menurut penuturan masyarakat setempat, ada sekumpulan makhluk gaib yang tinggal di Danau Singkarak yang selalu meminta tumbal manusia dari luar daerah Singkarak setiap tahunnya.

Biasanya, sebelum berenang atau menaiki kapal, para wisatawan dari luar Singkarak disarankan untuk minum air putih dari Singkarak atau air Danau Singkarak. Dengan cara seperti itu, secara otomatis para wisatawan telah menjadi warga Singkarak.

Selain itu, apabila hari raya idul fitri atau idul adha jatuh pada hari Jumat, penunggu danau diyakini sedang melakukan pesta besar di dalam Danau tersebut.

Jadi, pada hari itu biasanya warga setempat atau wisatawan menghindari aktivitasnya di Danau (seperti berlayar, berenang dan lain-lain) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Rekomendasi: Ngarai Sianok, Keindahan Panorama Lembah di Bukittinggi

Hotel di Danau Singkarak

Beberapa villa dan hotel di wisata ini bisa menjadi pilihan kamu untuk bermalam. Selain penginapan yang disekitar danau, kamu juga bisa menginap di kota terdekat. Berikut adalah daftar penginapan di sekitar singkarak:

  • Hotel Palapa Prima

Hotel Palapa Beralamat di Jalan Solok no. 18 Padang Panjang KM 25 Tikalak, Solok. Dan merupakan salah satu hotel yang ada di Kabupaten Solok yang menawarkan kamar dengan harga yang terjangkau bagi wisatawan.

Hotel ini berlokasi sekitar 1 Km dari kantor Wali Nagari Tikalak Kecamatan X Koto Singkarak dan juga dekat dengan objek wisata di sekitarnya. Untuk menuju hotel ini kamu bisa menggunakan bus besar karena hotel berlokasi di Jalan Lintas Solok-Bukittinggi.

Objek wisata terdekat dari lokasi ini adalah Ketaping Indah Tikalak/KEM Tikalak, Pantai Tanjung Lurah Tikalak, Taluak Indah Tikalak. Untuk ke lokasi membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 25 menit dari Kota Solok.

  • Hotel Jayakarta.

Jalan Padang Panjang – Solok, Jorong Pasir Jaya, Nagari Tigo Koto, Rambatan, Batu Taba, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27271, Indonesia.

  • Hotel Sumpur Singkarak
LAGI HITS
Tempat Wisata di Medan

Hotel ini merupakan satu satunya hotel berbintang yang bertaraf internasional di seputaran danau nan permai. Beralamat di jalan Lintas Singkarak Padang Panjang, Jl. Raya Padang Panjang – Bukittinggi, Sumani, X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat 27356, Indonesia.
Hotel ini recommended banget menjadi tempat berlibur yang cocok untuk kamu dan keluarga, dengan fasilitas lengkap seperti : deluxe room, standard room, meeting room, restaurant, swimming pool, area memancing, lapangan tenis & loundry.
Kamu bisa menikmati suasana alam yang nyaman & pemandangan memikat. Lengkap sekali bukan?

  • Villa Yuke Koto Singkarak

Villa satu ini juga nggak kalah oke lho guys. Villa yang terletak di jalan Lintas Singkarak Padang Panjang, Jl. Raya Padang Panjang – Bukittinggi, Sumani, Sumatera Barat. Villa ini mulai beroperasional pada hari Senin sampai dengan hari Minggu dari pukul 9:00 AM – 9:59 PM.

Baca Juga: Istana Pagaruyung, Megahnya Cagar Budaya Minangkabau

Wisata Dekat Danau Singkarak

Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia lho guys. Apabila kamu ingin berlibur di danau ini, jangan lupa untuk mampir di tempat wisata berikut. Mungkin bisa kamu jadikan daftar wisata yang wajib buat dikunjungi. Nggak kalah keren deh.

1. Puncak Gobah

Puncak bukit indah ini merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati pemandangan danau singkarak dari ketinggian. Puncak Gobah berada di Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Untuk mencapai puncak Gobah dari kota Solok kamu bisa menempuh jarak kurang lebih sekitar 20 km. Spot foto di puncak ini juga recommended banget untuk kamu abadikan.

2. Puncak Thailand

Nama asli lokasi wisata ini adalah Puncak Bukik Pulau, namun karena banyak pengunjung yang mengatakan bahwa viewnya mirip dengan puncak yang terdapat di Thailand dan Singapura, maka diberilah julukan tersebut.

Lokasinya berada di Nagari Simawang, kecamatan Rambatan, Tanah Datar. Letaknya kurang lebih 3 KM dari jembatan ombilin arah Solok. Dari kota solok kurang lebih 30 menit sudah bisa sampai ke lokasi.

Letaknya berada langsung dipinggir danau. Dari sini kita bisa memandang lepas panorama sekitar yang indah banget.

Dari atas puncak, kamu bisa melihat indahnya hamparan danau diapit dengan perbukitan hijau. Ditemani angin sejuk dan orang tersayang, dijamin nggak akan bikin bosan deh.

3. Pantai Tanjung Mutiara

Pantai Tanjung Mutiara merupakan salah satu pantai di dekat danau dimana wisata ini sudah dikelola cukup baik. Disini kita bisa menikmati pemandangan danau langsung di tepinya. Tersedia juga fasilitas yang cukup lengkap.

Letak pantai tanjung mutiara singkarak ada di Nagari Batu Taba, kecamatan Batipuh Selatan. Jarak yang kamu tempuh untuk menuju lokasi ini kurang lebih sekitar 30 km dari Batusangkar ke arah Solok.

LAGI HITS
Taman Nasional Bunaken

4. Bukit Chi Nang Kiek

Bukit Cinangkiak seringkali juga disebut dengan Puncak Chi Nang Kiek. Tempat wisata ini masih terbilang baru lho. Pas banget buat kamu jadikan salah salah satu lokasi untuk menikmati keindahan danau dari jauh.

Selain tempat-tempat di tersebut, masih banyak spot indah lainnya yang bisa kamu nikmati disini. Pastikan kamu selalu siap membawa kamera untuk mengabadikan momen saat berlibur kesini ya.

Tips Berkunjung

Nah setelah kamu mengetahui informasi lengkap dan keindahan alam yang luar biasa, kamu jangan terburu-buru untuk berangkat kesana ya guys. Karena dengan menyimak tips berikut akan membantu kamu lebih mudah dalam mempersiapkan segala kebutuhan. Ini dia tipsnya:

  • Untuk mendapatkan view panorama yang sempurna, kamu harus datang pada saat yang tepat. Tidak ada salahnya untuk mengecek cuaca juga sebelum kamu berangkat.
  • Pergi ketika cuaca cerah atau di musim kemarau, kamu akan mendapatkan view panorama yang sempurna, karena nggak akan ada kabut yang menyelimuti langit dari atas Puncak Thailand.
  • Sebaiknya hindari berangkat saat musim hujan atau mendung, karena yang akan terlihat hanya kabut memenuhi langit dan kurang indah untuk dijadikan spot foto.
  • Pergi saat pagi hari bisa menjadi pilihan tepat. Karena kamu bisa melihat matahari pagi yang cerah memantulkan cahaya pada permukaan danau, menciptakan butir-butir embun, bakal memanjakan mata kamu. Kalau beruntung, sisa pelangi fajar akan menjadi pemandangan istimewa yang jarang terlihat.
  • Pergi berangkat di sore hari. Menikmati sunset atau matahari terbenam juga sangat menakjubkan jika dilihat dari atas Puncak Thailand. Kamu pun bisa menikmatinya sambil menyeduh segelas teh hangat bersama keluarga maupun orang tersayang.
  • Jangan lupa bawa kamera ya. Kesempurnaan panorama akan lebih lengkap rasanya ketika melihat view keren, sekumpulan burung kembali ke sarang, dan mengabadikan setiap hal menarik dengan bidikan kamera, karena nggak setiap pengunjung bisa mendapatkan momen estetika yang sama.

Nggak ada yang akan mampu membantah pesona dari Danau Singkarak. Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam saja, namun mampu memberikan nuansa relaksasi yang luar biasa.

Lihat Review: 9 Fakta Tentang Bukit Siguntang Palembang: Situs Sejarah yang Mistis

Danau Singkarak dinobatkan sebagai danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Nggak heran kalau keindahan danau ini sangat populer serta memberikan energi positif bagi kamu ketika berlibur kesana.

Jadi tunggu apalagi? Nikmati liburan kali ini dengan enjoy ya sobat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.