Danau Tempe

5 min read

danau tempe terletak di provinsi

Aku mau tanya nih, coba sebutkan danau-danau yang kalian tahu? Kebanyakan dari kalian pasti menjawab Danau Toba. Wajar, karena danau toba sudah menjadi destinasi wisata alam dan banyak wisatawan dari mancanegara pun ingin berkunjung kesana.

Aku akan menjabarkan di artikel ini tentang objek wisata alam Danau Tempe. Mungkin baru pertama kalinya kalian mendengar tentang Danau Tempe. Danau ini terdapat di pulau Sulawesi.

Pemandangan alam yang sangat mempesona menjadikan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih danau tempe termasuk danau yang terkenal di Sulawesi.

Sejarah Danau Tempe

Danau Tempe merupakan salah satu danau tektonik di Indonesia. Danau Tempe disebut sebagai danau purba terbentuk karena proses geologis alami yang diperkirakan seumuran dengan dataran Sulawesi Selatan. Danau ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan.

Ada 23 sungai yang mengalir dan bermuara ke danau ini memiliki kekayaan ikan air tawar yang melimpah. Selain menjadi kawasan wisata, Danau Tempe menjadi sumber mata pencaharian warga sekitar.

Catatan sejarah ini diperkuat oleh adanya bukti fisik berupa jangkar besar yang ditemukan di dasar Danau Tempe. Jangkar yang tingginya dua meter, sekarang dipajang di depan museum Saoraja Mallangga di Kota Sengkang.

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa kapal yang berlayar di Danau Tempe merupakan kapal-kapal besar sehingga memberikan gambaran bahwa Danau Tempe di masa lalu merupakan danau yang cukup dalam untuk dapat dilalui oleh kapal-kapal besar.

Lokasi Danau Tempe

Danau Tempe merupakan danau yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya bagian Barat Kabupaten Wajo, di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu.

Letak danau ini sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae.

Jalan Menuju Danau Tempe

Untuk dapat menuju lokasi Danau di provinsi Sulawesi Selatan ini, akses jalannya terbilang tidak terlalu sulit. Namun, kalian harus lebih banyak mengeluarkan waktu karena faktor jarak yang lumayan jauh.

Jika kalian dari Kota Makassar, kalian perlu waktu sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai di tanah Wajo ini.
Jika kalian sudah berada di Kota Sengkang, sekitar 7 km untuk sampai ditepian sungai Walanae yang menjadi salah satu akses menuju Danau Tempe ini.

Selanjutnya, kalian bisa menaiki perahu motor dalam bahasa local disebut Katinting. Perjalanan air memerlukan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan sampai ke permukiman apung di Desa Salotengga. Biaya sewa katinting sekitar Rp 100.000 per perahu motor dapat di isi maksimal 4 orang.

Tiket Masuk Danau Tempe

Untuk harga tiket masuk Danau Tempe terbilang sangat terjangkau. Kalian hanya cukup membayar sekitar Rp 10.000 untuk memasuki objek wisata terkenal ini. Namun harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk kalian ingin menyewa perahu motor dengan biaya yang berbeda lagi. Sesuai dengan yang aku jelasin diatas ya sekitar Rp 100.000 untuk kapasitas 4 orang.

Jika kalian ingin mengunjungi kawasan rumah apung dan mengelilingi danau tempe, bisa juga menyewa perahu motor dengan biaya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 150.000.

Jam Buka Danau Tempe

Objek wisata alam ini tidak ada jam operasional khusus tentang buka dan tutup lokasi ini. Untuk akses pintu masuk danau di buka 24 jam. Namun untuk operasional perahu motor tergantung dengan masyarakat yang menyediakan penyewaannya.

Fasilitas di Danau Tempe

Sama seperti halnya objek wisata lainnya, disini kalian juga disediakan fasilitas yang cukup memadai selama kalian berkunjung ke lokasi danau tempe ini.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan seperti toilet umum, kamar mandi, mushola, tempat penyewaan perahu motor katinting, warung-warung yang menjual makanan khas daerah tersebut dan juga penginapan di lokasi wisata.

Daya Tarik Danau Tempe

Saat kalian ingin berkunjung ke suatu objek wisata, tentunya kalian akan mencari tahu tentang daya tarik objek wisata tersebut dan juga aktivitas apa saja yang bisa dilakukan. Dibawah ini daya tarik dan aktivitas yang bisa kalian lakukan di Danau Tempe:

1. Rumah Apung

danau tempe dan danau limboto terdapat di pulau

Di lokasi objek wisata Danau Tempe yang terbilang sangat besar, terdapat permukiman warga tepat ditengah-tengah Danau ini yaitu Rumah Apung.

Kalian bisa mengunjungi beberapa rumah apung yang ada disini dan tentunya juga diperbolehkan untuk menginap disini. Sesuai dengan permintaan kalian ke warga sekitar.

Di rumah apung ini kalian dapat melihat keindahan alam danau tempe yang begitu mempesona. Danau tempe juga menyuguhkan keindahan matahari terbit atau sunset yang dapat kalian nikmati pada saat subuh menjelang pagi.

Suasana di tengah danau yang begitu tenang dan jauh dari keramaian, ditambah lagi kalian menikmati sunset pagi hari. Sungguh pemandangan pesona alam yang tak bisa digambarkan lagi dan wajib kalian coba ya.

Baca Rekomendasi: Pulau Samalona, Surganya Para Traveller di Kota Makassar

2. Mengelilingi Danau Tempe

danau tempe sanur

Luas danau tempe ini diperkirakan sekitar 13.000 hektar, sangat luas dan termasuk danau terbesar di Sulawesi. Salah satu aktivitas menarik ialah kalian bisa menikmati pemandangan danau dengan menggunakan perahu motor, katinting nama lokalnya.

Kalian bisa menikmati pemandangan danau ini, yang mana danau ini dihapit 3 kabupaten sekaligus. Eksotisnya dapat kalian nikmati, jujur ga bisa dijelasin lagi kayak apa indahnya.

Kalian juga dapat melihat aktivitas vital warga sekitar seperti menangkap ikan. Dan juga banyak spesies burung-burung yang tersebar di sektiar danau tempe ini.

3. Keanekaragaman Hayati

danau tempenek

Danau ini menyajikan keragaman hayati yang cukup besar. Mulai dari spesies ikan air tawar yang hanya ada di danau ini. Dan juga kalian dapat menikmati kuliner yang disediakan oleh warga sekitar.

Selain itu, kalian juga dapat melihat spesies burung-burung yang bermigrasi dari benua asia ke benua afrika. Sayangnya kalian tidak bisa melihat keindahan ini setiap hari, karena migrasi burung-burung menyesuaikan dengan pergantian musim saja.

Danau ini menjadi tempat singgah para burung-burung tesebut. Beberapa jenis burung dapat kalian jumpai disini, jenis burung yang dilindungi keberadaanya oleh badan konservasi burung dunia.

4. Pemandangan aktivitas para nelayan

 danau tempe dan danau towuti terdapat di

Danau tempe menjadi manfaat bagi warga sekitar sebagai mata pencaharian utama yaitu nelayan menangkap ikan disini.

Kalian bisa melihat aktivitas tersebut saat mengelilingi danau terbesar ini dengan perahu katinting.

Spesies ikan tawar disini juga sangat banyak dan dari beberapa informasi yang aku dapat, hasil tangkapan di danau ini sampai di ekspor ke luar negeri loh.

5. Festival Kebudayaan Tahunan

danau tempe makassar

Seperti informasi yang aku dapatkan yang dilansir oleh Wikipedia, setiap tanggal 23 agustus akan diadakan festival laut di Danau Tempe. Acara pesta ritual nelayan disebut dengan Maccera Tappareng atau upacara menyucikan danau yang ditandai dengan pemotongan sapi.

Acara ini dipimpin oleh seorang ketua nelayan yang diiringi berbagai atraksi wisata yang sangat menarik.

Pada saat hari perayaan ini, semua peserta upacara memakai baju adat bodo/pakaian adat suku bugis. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti lomba perahu tradisional, perahu hias dan permainan rakyat.

Permainan rakyat ini seperti lomba menabung lesung/padendang, pergelaran musik tradisional dan tari bissu yang dibawakan oleh waria dan juga berbagai pergelaran tradisional lainnya.

Baca Juga: Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

6. Kuliner

danau tempe berada di daerah

Salah satu tempat kuliner yang ada di danau tempe ialah Fantastic Resto & Café. Tempat ini baru saja dibuka. Menyediakan berbagai macam ragam kuliner khas daerah tersebut.

Kalian wajib mencoba kuliner disini. Ditambah lagi dengan pemandangan café yang langsung mengekspos keindahan alam danau tempe. Membuat tempat ini rekomendasi untuk kalian menikmati keindahannya.

Penginapan di dekat Danau Tempe

1. Rumah Apung Danau Tempe

danau tempe pdf

Disini kalian juga bisa menginap, tapi untuk rincian harga belum diketahui berapa besarnya. Kalian bisa langsung menanyakan hal tersebut dengan warga sekitar untuk harga per malam di rumah apung ini.

2. Hotel BBC Sengkang

 danau tempe sulawesi selatan

Hotel ini termasuk salah satu penginapan yang ada di dekat danau tempe. Hotel ini masih berlokasi satu kecamatan dengan Danau tempe, yaitu Kecamatan Tempe.

3. Hotel 88 Parepare

danau tempe alamat

Penginapan ini terletak di Kota Sengkang, tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata danau tempe. Bisa menjadi alternatif untuk kalian beristirahat.

Lihat Review: Trans Studio Makassar, Theme Park Indoor dengan Empat Zona Unik

Wisata di Dekat Danau Tempe

1. Museum Saoraja Malangga

Lokasi ini hanya berjarak sekitar 8 km dari danau tempe. Museum ini pada awalnya adalah rumah Raja, yang kemudian dialihfungsikan sebagai museum dengan koleksi benda-benda bersejarah dan koleksi keluarga kerajaan.
Museum ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kota Sengkang.

2. Kampung Adat Atakkae

danau tempe bali adalah

Salah satu rumah adat terbesar yang berada di kawasan rumah adat Saoraja Tenri Bali yang memiliki 101 tiang penyanggah. Kalian juga bisa memanfaatkan lokasi ini dengan keunikan arsitektur rumah adat.

3. Rumah Adat Sao Mario

aquarium danau tempe

Rumah adat ini berada di desa manorang salo, Soppeng. Di dalam kompleks rumah adat ini terdapat berbagai macam rumah adat bugis, Makassar, mandar, toraja, minangkabau.

Di dalam kompleks terdapat rumah lontar yang dinding, tiang, lantau dan rangka serta perabotan terbuat dari bahan baku lontar.

Saat ini, rumah adat tersebut beralihfungsi menjadi sebuah museum. Di kompleks rumah adat juga ada rumah makan yang berbentuk perahu pinisi.

Tips Berkunjung ke Danau Tempe

1. Sebelum berkunjung pastikan kalian memiliki waktu yang sangat senggang, karena saat berkunjung kesini membutuhkan waktu lebih dari 1 hari. Jadi kalian harus prepare dulu untuk menyesuaikan waktu kalian ya.

2. Ramah dengan warga sekitar. Di lokasi ini banyak permukiman, kalian juga dapat langsung berinteraksi dengan warga sekitar untuk menanyakan hal-hal unik dari objek wisata ini. Dan juga tetap jaga kesopanan kalian selama berkunjung ya.

3. Persiapkan juga budget kalian ya. Karena di objek wisata ini banyak penyewaan untuk menikmati keindahan alam danau tempe. Seperti kalian harus menyewa perahu motor katinting dan lainnya.

4. Hindari berenang di lokasi Danau Tempe. Misteri yang ada di danua ini, konon katanya danau ini di huni oleh buaya. Tidak dapat dipungkiri karena danau ini memiliki luas dan kedalaman yang hebat, dan kita tidak tahu apakah ada keberadaan buaya di danau tempe yang besar ini.

Baca Selengkapnya: 9 Aktivitas Seru di Pantai Losari (Gratis tapi Keren Abis)

Danau Tempe merupakan danau purna yang sudah lama ada di Sulawesi Selatan. Danau Tempe juga tercatat sebagai danau terbesar kedua yang pernah ada di Sulawesi. Danau Tempe menawarkan berbagai macam keindahan alam yang ada.

Kebudayaan lokal di objek wisata ini juga menjadi nilai plus dan menambah wawasan bagi para pengunjung tentang keberagaman yang ada.

Curug Cimahi

Jessica Susanti
4 min read

Ecopark Ancol

Jessica Susanti
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *