Dusun Bambu

5 min read

Jika kamu berkunjung ke kota Bandung tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Dusun Bambu Lembang. Lokasi wisata ini berada di Bandung sebelah utara, dilengkapi dengan suasana yang sejuk serta udara segar tentunya menjadi jaminan.

Dusun Bambu Bandung ini mulai di kenal oleh banyak orang sekitar tahun 2014. Awal beroprasi sudah menyedot banyak pengunjung, wajar jika tempat wisata ini ramai dikunjungi karena terhitung baru dan suasana segar.

Wisata Dusun Bambu sendiri memang terhitung sangat luas, serta ditata dengan rapi dan baik. Tersedia juga area kuliner, restoran unik, berbagai macam permainan, tempat untuk menginap berupa villa dan juga glamping. Taman yang luas juga menjadikan konsep lebih baik.

Spot Wisata Dusun Bambu

dusun bambu lembangArea Dusun Bambu cukuplah luas, untuk berpindah lokasi darisatu tempat ketempat lainnya bisa menguunakan kendaraan yang telah disiapkan yaitu ontang anting. Spot bagus yang paling menonjol di wisata ini adalah view danau buatan yang sangat bagus.

Danau buatannya terdapat sebuah dek yang menjorok kearah kolam dengan background berbagai deretan penginapan Kampung Layung. Selain itu juga ada tempat menarik lainnya yaitu tempat makan yang berbentuk sangkar burung yang bernama Lutung Kasarung.

Pasar Khatulistiwa

dusun bambu di bandungWisata Dusun Bambu bukan hanya menawarkan pemandangan alam ataupun tempat bersantai saja, namun juga menyediakan sebuah pasar tapi bukan hanya sekadar pasar. Pasar tersebut dinamakan Pasar Khatulistiwa.

Pasar Khatulistiwa menawarkan beberapa produk dengan kwalitas yang baik, contohnya buah dan sayuran segar. Bukan hanya produk dari petani, tapi juga terdapat jajanan khas Sunda. Harga makanan pun cukup terjangkau. Serta banyak karya orang-orang sekitar gunung Burangrang di pasar ini.

Pasar Khatulistiwa ini bertempat bersebelahan dengan Cafe Burangrang. Pasar ini memang di desain dengan sangta rapi, apik dan berkelas sehingga pengunjung betah berlama-lama menjajahi disetiap bagian dalamnya.

Pasar ini pun juga di desain khusus oleh pengelola wisata Dusun Bambu sebagai tempat untuk menjual berbagai macam barang handicraft khas dari masyarakat Burangrang. Selain itu juga kamu dapat membeli produk pertanian yang segar dan organik, dijamin bebas dari bahan berbahaya.

Kunjungi Juga: 10 Wahana Floating Market Lembang

Bersantap di Restoran Purbasari

dusun bambu lembang bandungRestoran Purbasari yang didesain dengan rumah kayu berjejer di tepi danau Dusun Bambu. Awalnya mungkin kamu akan mengira ini adalah tempat penginapan, ternyata ini adalah saung buat tempat bersantap makanan loh.

Jika kamu datang kesini pastikan membawa pasukan minimal 6 orang ya, untuk hari dan jam sibuk ada minimal oerdernya juga. Jumlah saungnya cukup banyak dan kapasitas per saungnya bisa sampai 8 orang. Dibagian depannya ada nama danau lengkap dan sejarahnya.

Selain papan nama didepan ada juga washtafelnya. Bagian dalamnya juga cukup luas dan dingin, dengan kelengkapan bantal yang empuk akan mengurangi rasa capek setelah seharian berjalan-jalan di Dusun Bambu.

Unsur hijau dan air membuat suasana menjadi terasa adem dan sejuk. Sangat cocok untuk menenangkan pikiran serta jangan lupa perutnya dimanjain dengan berbagai macam menu Sunda khas Purbasari.

Selain menu berat ada juga camilan yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Tahu Garam Pedas ala Purbasari. Pastinya nggak ada yang ngalahin kenikmatan camilan ini, kita nobatkan sebagai Tahu Garam pedas ter enak di Bandung.

Cafe Burangrang

Burangrang dusun bambuDusun bambu merupakan wisata kawasan di kaki gunung Burangrang yang memiliki banyak fasilitas menarik untuk keluarga, salah satunya yaitu Cafe Burangrang. Seperti halnya tempat lainnya ditempat ini menyajikan pemandangan yang menarik dan asyik, apalagi pada waktu malam hari.

Lokasi ini berada di ketinggian 1.500 mdpl, dengan udara yang dingin dan menyejukkan bisa kamu rasakan. Bukan hanya keindahan alam saja namun tempatnya juga di desain unik dengan bahan bambu, oleh sebab itu disebut sebagai Dusun Bambu.

Walaupun memang terdengar klasik tapi ternyata cafe ini lebih modern dan kekinian. Selain itu juga kamu dapat menikmati pesona danau yang dijadikan pemandangan terpopuler di Bandung. Tempatnya sangat romantis.

Soal menu makanan menyediakan berbagai macam kuliner baik dalam maupun luar negeri. Jadi jangan bingung-bingung karena menunya banyak. Harga makanan disini memang sedikit mahal, namun masalah rasa tidak akan mengecewakan.

Nah untuk kalian yang akan datang kesini bersama pasangan sebaiknya pada waktu malam hari. Keromantisan akan semakin bertambah sambil menikmati pemandangan lampu kota di Bandung. Tertarik untuk berkunjung kesana?

Lutung Kasarung Area

Lutung Kasarung Area dusun bambuSalah satu tempat instagramable yang wajib kamu kunjungi di Dusun Bambu yaitu Lutung Kasarung Area. Tempat ini memiliki spot selfie unik dan lucu. Sehingga memberikan kesan yang berbeda selama berkunjung di Dusun Bambu.

Lokasi selfie yang unik seperti sangkar burung memberikan pengalaman yang menakjubkan serta berbeda dengan tempat wisata yang lainnya. Dengan banyak pilihan spot berfoto seperti Bonang, Forest, Wayang, Burung, Timbel, Kuda lumping dan ayunan.

Baca Juga: Trans Studio Bandung, 23 Wahana Menarik & Harga Tiket Masuk Terbaru 2019

Taman Arimbi

wisata dusun bambu bandungKeindahan Taman Bunga Arimbi disekitar kaki gunung dengan warnanya yang memukau para wisatawan tentu dapat memanjakan mata sekaligus pikiran kalian. Belum lagi dengan suasana udaranya yang sejuk! Seketika mungkin stres kamu akan hilang.

Kecantikan Bunga Arimbi dapat juga dijadikan obyek untuk berfoto. Apalagi jika kamu berfoto mengajak teman-temanmu atau kekasihmu tentunya hasil fotomu akan terlihat indah dengan background Bunga Arimbi.

Lokasi Dusun Bambu

Alamat Dusun Bambu Lembang Bandung lebih tepatnya bearada di jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Arah menuju lokasi sangat mudah di jangkau baik dari daerah Bandung ataupun dari Lembang.

Setelah dari Dusun Bambu kita dapat mengunjungi juga tempat lainnya di Lembang, contohnya seperti air terjun pelangi yang juga tidak jauh dari sini, kemudian De Ranch Lembang, Floating Market, dan masih banyak lainnya.

Jalan Menuju Dusun Bambu

pemandangan dusun bambu lembangJalan menuju Dusun Bambu ada beberapa pilihan. Selain melalui jalan utama kamu juga dapat melewati jalan alternatif, karena ini sangat berguna jika kamu datang pada waktu musim libur dan biasanya jalur utama sering macet.

  • Rute Bandung-Ledeng-Lembang-Parongpong-Lokasi. Ini adalah rute utama yang paling mudah diikuti. Kamu tinggal ikuti saja jalan utama ke Lembang. Kemudian belok kiri ke arah Parongpong dari pertigaan sebelum masuk kota Lembang.
  • Rute Bandung-Ledeng-Jl. Sersan Bajuri-Parongpong-Lokasi. Rute ini merupakan satu jalur dengan kampung gajah, kampung daun, dan berbagai cafe di daerah sini. Setelah itu kamu belok kiri dari pertigaan di terminal Ledeng kuti saja jalan Sersan Bajuri.
  • Rute Cimahi-Jalan Cihanjuang-Parongpong-Lokasi.
  • Rute Cimahi-Jalan Kolonel Masturi-Lokasi. Dua rute ini bisa kamu ambil jika berangkat dari arah Cimahi.
  • Rute alternatif Bandung-Jalan Gagerkalong Girang-Ciwaruga-Parongpong-Lokasi.

Harga Tiket Masuk 2019

  • Harga tiket masuknya dikenakan biaya Rp, 20.000 per orangnya. Sedangkan untuk hari libur harga tiket masuknya naik menjadi Rp, 25.000 per orangnya.
  • kendaraan mobil juga dikenakan biaya parkir Rp, 15.000.
  • Kendaraan motor biaya parkirnya Rp, 10.000.
  • Sedangkan harga tiket untuk bus Rp, 25. 000.
  • Sedangkan untuk mini bus harga tiket sama yaitu Rp, 25.000.

Jam Buka

Jam buka wisata Dusun Bambu Lembang Bandung mulai beroprasi pada pukul 09.00 sampai dengan jam 21.00 WIB. Sedangkan untuk hari libur buka mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 23.00 WIB.

Tapi beberapa kali berkunjung kesini jam 07.00 pagi sudah buka juga. Jadi jika kamu kesini segeralah datang pagi sebelum tempat ramai dan bisa berfoto dengan pemandangan segar dipagi hari menjelang siang.

Peta Lokasi

Kamu bisa menggunakan peta map untuk menuju ke lokasi wisata. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi google map, waze dan sejenisnya. Desangkan panduan juga sudah cukup jelas jadi tinggal mengikuti sampai menuju lokasi Dusun Bambu.

Lihat Juga: 13 Daya Tarik Kebun Raya Bogor (Mistis, Romantis, tapi Edukatif)

Penginapan

Kamu mau menginap ditempat ni? Sangat bisa. Harga penginapan di Dusun Bambu memang bisa dikatakan cukup mahal. Wajar juga sih karena wisata ini memiliki tempat penginapan yang disediakan lumayan lengkap atau bisa dibilang premium.

Berikut opsi penginapan untuk kamu yang masih bingung mau menginap dimana:

Villa Dusun Bambu Kampung Layung

penginapan Kampung LayungKampung Layung adalah villa yang dapat kamu sewa sebagai rumah untuk menikmati keindahan alam Dusun Bambu. Suatu hal yang menarik dari tempat ini villa-villanya diberi nama tokoh Sunda seperti Kabayan, Sangkuriang, Nyi Iteung dan lain sebagainya.

Bangunan ini jika dari luar tampak seperti bangunan desa tempo dulu yang terlihat sangat asri yang berpadu dengan taman-taman disekitar villa. Hal ini dapat dilihat dari bahan utama yang terlihat modern dan berkwalitas.

Penginapan ini terletak di kaki gunung Burangrang, pelayanan yang ramah menambah kesan nyaman bagi beberapa warga di Bandung, ataupun para pengunjung yang menginap di villa ini.

Eagle Camping Ground

penginapan di dusun bambu lembangBagi kalian yang suka camping maka direkomendasikan untuk datang ke Eagle Camping Ground yang ada di Bandung. Karena disini menyediakan tempat tinggal di sebuah tenda, atau sering dikenal glamping (glamour camping).

Penginapan ini nyaris selalu penuh sehingga harus pesan dan bayar terlebih dahulu. Dijamin memuaskan karena juga daerah bukit yang tidak diperbolehkan tamu umum yang menginap tidak diperbolehkan naik, jadi benar-benar sangat nyaman.

Masing-masing tenda memiliki daerahnya masing-masing, dengan tempat duduk diluar dan kamar mandi WC berada dibawahnya. Jadi tidak perlu kalian berbagi dengan tetangga kamar. Jarak tetangga sebelah sekitar lima meter yang terhalang dengan pagar.

Video Lokasi

Tak lengkap rasanya jika belum tau gambaran lokasi wisata Dusun Bambu. Jadi untuk mengetahui gambaran lokasi silahkan kamu simak saja hasil dari video kami yang di ambil dari Youtube, langsung lihat saja videonya

Simak Review: Kampung Naga, 10 Fakta-Fakta Unik dan Sejarah Budayanya

Banyak menu pilihan wisata bersama keluarga di Dusun Bambu. Eindahan alam yang alami dan budaya tradisional akan menjadi daya tarik tersendiri setiap pengunjungnya. Selain itu juga banyak kuliner pilihan khas Sunda. Tentunya akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Tempat wisata di Bandung ini sangat di sayangkan untuk kamu lewatkan. Jika kamu sedang berada di Bandung sebaiknya mampir dulu ke wisata Dusun Bambu. Ajak bersama keluargamu atau temanmu, nggak bakalan nyesel deh. Tertarik untuk berkunjung?

Malioboro Jogja

Fitria
4 min read

Candi Prambanan

Fitria
4 min read

Floating Market Lembang

Fitria
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *