wisata batu malang

Eco Green Park

Pergi ke Malang rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Kota Batu Malang.

Salah satu Destinasi yang harus dikunjungi adalah Eco Green Park. Bermodalkan alam Malang yang sejuk dan bersih, Eco Green Park menjadi tujuan tepat untuk berwisata.

Kawasan wisata Eco Green Park memiliki konsep wisata edukatif dan rekreatif yang menyatu dengan alam. Eco Green Park ini merupakan taman ekosistem terbesar di Indonesia. Berbagai jenis keanekaragaman hayati Indonesia ada di Eco Green Park ini.

Bagi kalian yang ingin rekreasi ke wisata Eco Green Park ini, berikut detail tentang Eco Green Park ini. Kalian bisa mendapatkan informasi seputar lokasi, harga tiket masuk, fasilitas dan lain sebagainya di tulisan di bawah ini. Simak selengkapnya di sini.

Lokasi Eco Green Park

Meski berada satu group bersama Jatim Park, namun Eco Green Park tidak satu kawasan dengan mereka. Namun, lokasi Eco Green Park sangat dekat dari Jatim Park 2. Jarak keduanya hanya beberapa menit saja.

Jadi kalau kalian kesulitan menemukan lokasi Eco Green Park, kalian bisa memakai Jatim Park 2 sebagai acuan. Sebab, keduanya berada di jalan yang sama, yakni Jalan Oro-oro Ombo, Sisir, Kecamatan Batu, Malang.

Rute Menuju Eco Green Park

Untuk menuju Eco Green Park kalian bisa menggunakan rute yang sama menuju ke Jatim Park 2, karena berdekatan. Kalian cukup berkendara terus menyusuri Jalan Oro-oro Ombo Hingga melihat restoran cepat saji AS. Lalu belok ke kanan dan sampai di Eco Green Park.

Kalau kalian dari luar kota dan naik kereta, kalian bisa turun di stasiun Arjosari, Malang. Dari situ kalian harus naik angkutan umum dengan inisial AL, ADL, atau GL tujuan terminal Landungsari.

Kemudian, lanjutkan kembali dengan naik angkot BL atau BTL menuju ke terminal batu, dengan angkot ini kalian bisa turun di pintu gerbang Eco Green Park. Tidak susah menemukan angkot ini kok

LAGI HITS
Coban Rondo

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati kesejukan Eco Green Park, kalian harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk di weekdays adalah 55.000 rupiah. Sedangkan untuk weekend, harga tiket masuknya adalah 75.000 rupiah.

Selain dua harga di atas, kalian juga bisa menggunakan harga terusan dari Jatim Park 2. Untuk mengunjungi keduanya kalian cukup membayar tiket masuk seharga 120.000 rupiah di weekdays dan 160.000 rupiah di weekend. Silahkan dipilih sesuai keadaan kantong ya.

Jam Buka

Eco Green Park ini buka setiap hari. Jadi kalian bebas berkunjung hari apa saja mulai hari Senin-Minggu. Kalau mau suasana yang tidak banyak orang yang berkunjung di weekdays, karena Eco Green Park ini sangat ramai kalau weekend.

Untuk waktunya, Eco Green Park ini buka mulai pukul 08.30-16.30. Waktu buka ini berlaku setiap hari, tidak ada pembeda di weekend. Waktu yang diberikan lebih dari sekedar cukup untuk mengeksplor keindahan dan keanekaragaman Eco Green Park Batu, Malang.

Fasilitas Eco Green Park

Selain wahana yang menarik, berbagai fasilitas yang disediakan oleh Eco Green Park ini. Boleh dibilang fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola sudah sangat lengkap. Ada fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan minimarket.

Selain itu ada fasilitas khusus yang juga disediakan, seperti bagi kalian yang merokok disediakan ruang smoking area tersendiri. Kemudian ada juga food court bagi kalian yang lapar dan ingin makan besar.

Bagi yang tersesat atau bingung mau ke mana dulu, Eco Green Park ini juga menyediakan pusat informasi. Selain dua fasilitas di atas, ada lagi fasilitas tambahan. Tersedia pasar hewan bagi kalian yang suka hewan.

Kalau lelah berjalan, ada juga angkutan gratis Jatim Park Group, Shuttle Car/Train, dan e-Bike station berbayar yang bisa kalian nikmati.

Eco Green Park juga memiliki fasilitas khusus penyandang disabilitas. Mereka menyediakan jalur khusus kursi roda bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda. Fasilitas ini diberikan agar teman-teman disabilitas juga bisa menikmati Eco Green Park dengan nyaman.

Wahana di Eco Green Park

Di Eco Green Park ini kalian tidak hanya sekedar berjalan dan menikmati sejuknya udara. Eco Green Park, Batu, Malang ini juga menyediakan berbagai wahana yang menarik. Mulai dari wahana yang berbau alam sampai yang buatan, semuanya ada.

Dari beberapa wahana di Eco Green Park, ada tujuh wahana yang menarik dan menjadi idola utama. Ketujuh wahana tersebut menjadi populer karena banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ketujuh wahana tersebut adalah:

LAGI HITS
Pantai Tanjung Lesung

1. World of Parrot

https://www.instagram.com/p/B7EFvusn9Ii/?utm_source=ig_web_copy_link

World of Parrot atau dunia burung beo adalah wahana di mana kamu bisa lebih dekat dengan burung beo. Wahana yang satu ini hanya bisa ditemui di Eco Green Park. Jadi, kalau kalian ingin tahu lebih dalam tentang burung beo, silahkan datang.

Di wahana World of Parrot ini ada lebih dari 50 spesies burung beo yang tersebar di Benua Amerika dan Asia. Tidak hanya melihat, kalian juga bisa mempelajari mereka melalui informasi yang diberikan di sana. dan berinteraksi langsung.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui seberapa cerdas burung beo ini. Para beo ini juga biasa unjuk kebolehan The Parrot Show. Kalian bisa menikmatinya setiap hari di area World of Parrot.

2. Recycle

eco Green Park malang

Namanya juga Eco ya, pasti ada sesuatu yang berbau ramah lingkungan. Kalian bisa menemukan wahana berbau eco di Zona Recycle. Di sini kalian bisa melihat hasil kreatif dari barang bekas.

Di Zona Recycle – Eco Green Park ini kalian bisa menemukan berbagai barang tidak berguna menjadi bernilai. Tidak hanya melihat, kalian juga bisa mencontek cara pembuatannya.

Zona ini adalah tempat yang tepat untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana mengolah sampah. Kalian bisa menikmati banyak hasil olahan barang bekas di sini. Berkunjung ke Zona Recycle ini pasti akan seru dan menginspirasi.

3. Rumah Terbalik

Eco Green Park

Kalau biasanya rumah itu berdiri tegak, rumah yang satu ini malah terbalik. Sesuai dengan bentuknya, wahana yang satu ini adalah wahana Rumah Terbalik. Tidak hanya terbalik bentuk luarnya saja, perabotan di dalamnya juga terbalik.

Wahana rumah terbalik ini dibuat bukan karena badai ya teman. Rumah terbalik ini sengaja dibuat sebagai salah satu spot foto yang menarik. Di sini kalian dapat berfoto dengan desain interior yang 180 derajat terbalik.

Rasakan sensasi berjalan atau merangkak melawan gaya gravitasi. Pasti seru dan menarik deh. Soal keamanan, tenang, di Rumah Terbalik ini kalian bisa berfoto ria dengan aman dan nyaman.

4. Eco Journey

Eco Green Park

Proses terbentuknya alam ini tidak terjadi dalam waktu sebentar. Butuh waktu yang sangat lama hingga akhirnya jadi indah seperti sekarang ini. Namun, semua proses berarti itu kadang kala bisa rusak hanya dalam sekejap.

Oleh sebab itu, Eco Green Park Batu Malang datang dengan Eco Journey. Di mana kalian semua dapat menyaksikan bagaimana alam ini rusak karena ulah manusia. Kalian juga akan menyaksikan bagaimana cara merawat alam.

LAGI HITS
Tempat Wisata Magetan

Di wahana ini kalian akan dibawa untuk berkeliling. Kalian akan duduk di kereta yang akan membawa kalian menyaksikan berbagai kerusakan alam. Wahana ini akan membuat kalian sadar betapa pentingnya menjaga keseimbangan alam.

5. Exotic White Peacock

Eco Green Park

Biasanya kalau ke kebun binatang, kita akan bertemu dengan merak hijau. Di sana mereka akan mengembangkan ekornya hingga terlihat cantik dengan detail yang menawan. Tapi, kalau ke Eco Green Park ini, kalian bisa melihat merak putih lho.

Merak Putih merupakan salah satu spesies burung Merak yang terdaftar dalam Least Concern oleh International Union for Conservation Nature (IUCN). Jadi spesies ini tergolong langka. Hal ini sesuai dengan keindahan yang dimiliki hewan ini.

Bulunya memang tidak sedetail merak hijau, tapi saat mengembang, tidak kalah indah. Merak putih nampak lebih anggun dan menawan saat mengembangkan bulunya. Kalau ke Eco Green Park kalian wajib ke sini.

Tidak hanya melihat, di Eco Green Park kamu bisa berinteraksi dengan mereka. Kamu juga bisa mengabadikan momen langka ini melalui foto. Jadi tidak usah jauh-jauh pergi ke habitat asli mereka, India dan Srilangka, untuk melihat merak putih.

6. Eco Science Center

Eco Green Park

Meski namanya science center, wahana yang satu ini tidak membosankan lho. Wahana Eco Science Center ini malah cocok banget untuk kalian yang suka ilmu bumi tapi bosan belajar dari buku. Kalian bisa mendapatkan banyak ilmu di sini.

Di Eco Science Center ini kalian bisa belajar tentang asal usul bumi, kerusakan lingkungan, gunung berapi, dan masih banyak lagi. Pelajarannya disajikan baik dalam bentuk visual maupun praktek. Segala desain yang ada dibuat seasli mungkin.

Wahana Eco Science Center ini menyerupai Candi Prambanan. Di dalamnya terdapat beberapa simulator gempa, simulator badai dan angin. Ada juga replika 30 candi dari Jawa dan Bali yang bisa menambah pengetahuan kalian semua.

7. Jungle Adventure

Green Park malang

Setelah puas belajar, istirahat sebentar boleh dong. Kalian bisa mencoba berpetualang seru di Jungle Adventure. Sesuai namanya, kalian akan diajak berpetualang seru di hutan.

Bukan hutan beneran ya, tapi hutan buatan yang dibuat mirip dengan aslinya. Di wahana Jungle Adventure ini kalian akan diajak berkeliling hutan sambil melakukan perburuan. Kalian akan naik kereta tidak beratap dan dibekali senjata.

Di dalam area hutan nanti kalian harus menembak semua pemburu yang kalian temui di jalan. Setiap pemburu yang kalian tembaki akan muncul di papan skor yang akan muncul di akhir permainan. Kalau ke Eco Green Park jangan lupa seru-seruan di sini.

LAGI HITS
Pantai Ngliyep

Hotel/Penginapan Dekat Eco Green Park

1. Pondok Jatim Park

hotel dekat

Sesuai namanya, Pondok Jatim Park, penginapan ini berada masih masih satu kawasan dengan Jatim Park 1 dan The Bagong Adventure. Ini cocok bagi kalian yang hanya ingin jalan kaki menuju Jatim Park.

Tersedia berbagai ruangan yang beragam dan nyaman untuk beristirahat. Ada juga Cafe yang bisa kalian gunakan untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Setelah berjalan jauh, kalian bisa beristirahat dengan tenang di Pondok Jatim Park.

2. Pohon Inn

hotel dekat malang

Meski namanya pohon, bukan berarti penginapan ini berada di atas pohon atau serupa rumah pohon. Namun, bentuk eksteriornya serupa dengan batang pohon. Interiornya juga didesain mirip dengan suasana hutan.

Pohon Inn merupakan hotel pohon raksasa yang menyajikan pemandangan pegunungan dan alam Kota Batu, Malang. Lokasinya juga dekat dengan beberapa destinasi wisata seperti Batu Night Spectacular, Jatim Park 1, Museum Satwa.

3. Klub Bunga Butik Resort

Kalau yang ini, lokasinya dekat dengan Jatim Park 1. Klub Bunga Butik Resort memiliki gaya arsitektur tradisional dengan sentuhan modern. Dengan suasana yang sejuk, Klub Bunga Butik Resort ini sangat menenangkan.

Resort ini berada di atas Bukit Panderman, sehingga pemandangan yang disajikan sangat luar biasa. Kalian bisa melihat Gunung Semeru, Arjuno dan Welirang. Dijamin, gai kalain akan damai kalau menginap di sini.

4. Senyum Hotel

Nah, kalau yang ini, sesuai namanya, pasti akan membuat kalian semua senyum terus. Senyum Hotel Batu Malang ini adalah hotel dengan akses terdekat dari semua wahana di Jatim Park Group. Dari Senyum Hotel ini kalian cukup jalan kaki saja.

Senyum Hotel ini memiliki desain interior yang unik dan menarik. Terdapat banyak lukisan, patung, dan komponen interior yang bernuansa senyum. Senyum hotel ini benar-benar A Hotel Full of Happiness, sesuai dengan tagline mereka.

Tempat Wisata Dekat Eco Green Park

1. Jatim Park 1

https://www.instagram.com/p/B6eUU55nQT_/?utm_source=ig_web_copy_link

Wisata pertama yang dekat dengan Eco Green Park adalah Jatim Park 1. Dari sini biasanya kalian bisa melanjutkan dengan tiket terusan ke Jatim Park 2, 3 dan Eco Green Park. Kalian bisa naik shuttle bus yang disediakan.

Jatim Park 1 memiliki berbagai atraksi menarik, dari yang santai, seru, sampai menegangkan ada di sana. Ada juga kolam renang besar, lengkap dengan pancuran air yang deras . Bagi yang suka ketenangan, ada berapa museum juga ada di sana.

LAGI HITS
Sumber Maron Malang

2. Jatim Park 2

https://www.instagram.com/p/B8it3yPn1Lx/?utm_source=ig_web_copy_link

Berbeda jauh dengan Jatim Park 1, di Jatim Park 2 tidak banyak atraksi menegangkan. Malah lebih banyak satwa. Hal ini juga yang membuat Jatim Park 2 lebih populer disebut dengan Batu Secret Zoo.

Di Jatim Park 2 ini selain Batu Secret Zoo, ada juga Museum Satwa. Kemudian wahana yang ada pun juga berkisar tentang hewan, seperti padang savana, Aquarium, atau Pulau Harimau. Boleh dibilang Jatim Park 2 ini lebih khusus wisata satwa.

3. Museum Angkut

https://www.instagram.com/p/B8MOgogFewD/?utm_source=ig_web_copy_link

Museum Angkut bisa dikatakan sebagai destinasi terpopuler diantara yang lain. Museum yang mengusung tema transportasi dunia ini memadukan wisata atraksi, sejarah, dan edukasi. Jadi bisa rekreasi sekaligus belajar.

Di Museum Angkut, kalian akan disajikan berbagai model transportasi dari seluruh dunia. Museum ini juga didesain dengan konsep interior yang unik. Katanya, museum ini dibangun untuk memberikan apresiasi terhadap perkembangan transportasi.

4. Museum Musik Dunia

https://www.instagram.com/p/BzndwKJnzKl/?utm_source=ig_web_copy_link

Pecinta musik boleh merapat nih, karena di Museum Musik Dunia ini kalian bisa lebih mengenal berbagai musik dunia. Museum ini berada di area Jatim Park 3. Kalian cukup naik ke lantai 1 Dino Mall, Dino Park.

Di Museum ini kalian bisa menemukan banyak sekali jenis musik dunia. Kalian juga bisa mempelajari berbagai alat musik nasional. Ada juga concert hall yang bisa digunakan untuk pertunjukan musik, lengkap sekali kan.

5. Fun Tech Plaza

https://www.instagram.com/p/BdSZ9JMgzTa/?utm_source=ig_web_copy_link

Kalau ini cocok banget untuk kalian yang suka dengan teknologi. Wahana ini merupakan salah satu wahana yang berada di Jatim Park 3. Kalian bisa puas menjelajah teknologi di Museum ini.

Saat berada di Fun Tech Plaza ini kalian akan ditemani oleh Hito, robot astronot yang canggih. Fun tech sendiri merupakan wahana indoor yang memiliki banyak wahana menarik di dalamnya. Ada Giant Piano, Virtual Reality 6, dan banyak lagi.

Eco Green Park Batu, Malang merupakan wisata yang memiliki banyak wahana menarik. Kesejukan Kota Batu, Malang dipadu dengan wisata edukatif menjadikan tempat ini banyak dikunjungi. Eco Green Park merupakan kolaborasi antara wisata edukatif dan rekreasi.

Eco Green Park ini merupakan paket edukasi lengkap untuk keluarga. Ada banyak penginapan dan hotel yang dekat dengan Eco Green Park. Lokasinya yang strategis membuat Eco Green Park mudah dikunjungi. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.