Ecopark Ancol

9 min read

ecopark ancol jakarta

Padatnya ibukota Jakarta, tentu tidak menutup kemungkinan adanya tempat wisata keluarga yang asyik nan edukatif. Udah nggak zamannya rekreasi hanya rekreasi aja, rekreasi haruslah mengandung unsur edukasi dan Ecopark Ancol menjadi solusi rekreasi.

Mengangkat konsep pendidikan alam dan kesegaran udara taman yang hijau, Ecopark Ancol tentu akan menjadi destinasi yang sangat tepat bagi kalian dan keluarga kalian. Ecopark Ancol akan merekatkan kebersamaan kalian dengan kegiatan yang memukau.

Taman yang cinta lingkungan ini punya nama lain, Allianz Ecopark. Dengan luas 34 hektar, kalian pasti puas merasakan semua kegiatan seru yang ada di dalamnya. Banyak sekali permainan yang menggembirakan untuk kalian yang sudah mulai bosan di rumah terus.

Taman dari Padang Golf ini memeberi kesan green lifestyle yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi tanaman dan bermain dengan 4 zona berbeda, yaitu Eco Care, Eco Art, Eco Nature, dan Eco Energy.

Dengan ragam edukasinya, kalian wajib mengunjungi Ecopark Ancol ini untuk mendapatkan pengalaman baru dan seru, khususnya untuk anak-anak. Taman yang berdiri sejak 2010 ini bisa menjadi kawasan hijau alternatif yang harus kalian dikunjungi selain pegunungan.

Lokasi

Wisata dengan nama lengkap Ocean Ecopark Ancol ini berlokasi di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara 14430. Masuk dalam kawasan Ancol Jakarta Baycity, tepatnya berdekatan dengan Dufan Ancol.

Juga bedekatan dengan Pasar Seni, Outbondholic Ancol Advanture Park, dan Atlantis Water Advanture Ancol. Lokasi dan luas dari Ecopark Ancol ini bisa dikatakan paling luas daripada wisata di sekitarnya.

Jadi, kalau kalian main ke Dufan, belum lengkap rasanya jika tidak sekalian berkunjung ke tempat ini. Itung-itung bermain sambil belajar.

Jalan Menuju Ecopark Ancol

Kalian pasti tahu, menemukan tempat terkenal di ibukota pastilah gampang. Terlebih dibantu dengan GPS atau Google Maps. Lokasi Ecopark Ancol sangatlah strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum terutama bagi warga Jakarta.

Kalian bisa naik bus TransJakarta atau bus umum yang murah. Naik bus TransJakarta Koridor 5 (rute Blok-M) kemudian turun di Halte Ancol. Jika menggunakan bus kota, naik yang menuju Blok-M, atau PPD P38 menuju Terminal Tanjung Priok.

Bila kalian bukan warga Bodetabek, gunakan KRL Commuter Line. Misalnya dari Bekasi, naik KRL menuju Stasiun Jakarta Kota, kemudian ganti dengan Mikrolet M15/M15A. Jika dari arah Bogor, naik KRL menuju Kampung Bandan.

Dilanjutkan dengan Mikrolet M15/ M15A. Pengunjung akan sampai di pintu utama Ancol, dilanjutkan menaiki shuttle bus ke Ecopark Ancol.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Allianz Ecopark ini terbilang terjangkau untuk kelas wisata yang berada di Ibukota Negara, yaitu Rp 35.000 hingga Rp 500.000. Kalau untuk melewati pintu masuk, kalian hanya membayar Rp 25.000, namun ya masa iya kalian hanya masuk aja?

Tentu kalian juga ingin menikmati fasilitas dan wahana yang ada di dalamnya bukan? Maka dari itu, ada biaya tambahan. Tergantung wahaya dan fasilitas apa yang kalian ingin lakukan. Di area yang luas ini, kalian juga bisa sewa mobil golf dan eco bike.

Selain itu juga bisa sewa mini ATV, Ecotrike, kamar bilas, matras, Charge Sepeda, paket foto, dan lain-lain. Biar kalian semakin puas, ada paket satu hari untuk beragam fasilitas dan aktivitas dengan biaya Rp 500.000.
Jam Buka

Bagi kalian yang kepengen menikmati berbagai keseruan wahana Ecopark Ancol, silahkan mulai datang sejak pagi hari. Ecopark Ancol dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Namun untuk jam operasional berbagai wahana berbeda beda pada masing-masing wahana.

Misalnya permainan Paintball, jam buka mulai lebih siang, yaitu pukul 08.00 dan ditutup lebih cepat, yaitu pukul 16.00 WIB. Sedangakn untuk eco park dibuka berbarengan jam 06.00 namun ditutup sangat mendahului, yakni pukul 10.00.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa bertanya pada petugas di wahana atau di pintu masuk. Atau kalian bisa mengunjungi website Ecopark Ancol agar lebih jelas. Intinya, tak ada wanaha di jam malam. Kalian harus memaksimalkan aktivitas di berbagai wahana di siang hari.

Fasilitas

Salah satu dari tempat wisata favorit di Ibukota Negara Indonesia ini, tentu sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan kalianselama beraktivitas di taman ini. Jadi jangan khawatir, semua kebutuhan liburan kalian bakalan tersedia.

Untuk fasilitas publik yang dimiliki oleh Ocean Ecopark Ancol antara lain area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, ruang edukasi, rumah makan, dan bahkan juga penginapan.

Untuk fasilitas khusus, tentu akan kalian dapat sesuai dengan wahana yang kalian coba. Di setiap wahana dengan harga yang berbeda, kalian akan mendapatkan fasilitas penunjang keseruan wisata kalian yang sesuai.

Ecovention Megah

ecopark ancol buka jam berapa

Baru-baru ini, Ecopark Ancol juga membuka Ecovention, merupakan unit usaha terbaru Ancol Taman Impian berupa multipurpose hall (ruang serbaguna) seluas hampir 5.000 m2, yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Bukahkah hal ini keren?

Fasilitas baru ini akan difungsikan sebagai exhibition hall terkait dengan upaya pengembangan usaha Ancol ke bisnis MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) dan industri kreatif.

Ini juga peluang bagi kalian Event Organizer yang mau sewa tempat baru ini. Itung-itung diselipkan acara outbond atau hiburan di wahana-wahana keren Ecopark Ancol ini. Dijamin, acara di Ecovention ini bakalan sangat mengesankan.

Ada Apa Aja Sih di Ecopark Ancol?

Wisata yang edukatif ini, menyimpan banyak sekali wahana yang bisa kalian coba. Bahkan bagi anak kecil wahana-wahana ini bisa memupuk karakter baik sejak dini. Jadi, dengan biaya yang terjangkau, anak-anak bisa bermain sambil mengembangkan potensinya.

Aku jamin, setelah kalian pulang dari Ecopark Ancol ini, kalian tak bakalan bisa melupakan pengelaman seru liburan di setiap wahana wisata ini. Wahana-wahana yang menantang, tentu akan didampingi oleh profesional yang akan memberikan keamanan kepada kalian.

Sebelum masuk ke wahana-wahana, aku akan jelaskan zona-zona yang ada di destinasi terkenal di Jakarta ini. Seperti yang sudah aku sebut sebelumnya, ada 4 zona, yaitu:

1. Eco Care

 ecopark ancol tiket masuk

Di Zona Eco-Care kalian akan diajak untuk melepas setres dengan berbagai permainan edukasi seru bersifat kekeluargaan. Selain itu bagi kalian yang pengen belajar cara menanam sayur atau tumbuhan lain yang baik dan benar.

Di area ini kalian sekeluarga akan diajak berladang dan menyiangi tanaman di ladang. Bagi kalian yang hobi berkebun, aku jamin kalian nggak bakalan bosen di zona ini. Namun, jangan terlena dulu ya. Masih ada tiga zona lagi yang harus kalian kunjungi.

2. Eco-Art

 ecopark ancol fauna land

Di zona Eco-Art, kalian akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan seni dan pameran yang patut dikunjungi. Menurut sebagian orang, zona ini paling seru di Ocean Ecopark Ancol. Namun, setiap orang punya hobi yang beda-beda, jadi menurutku sih relatif.

Di zona ini, kalian dalam satu jam akan dihibur oleh pertunjukan teater panggung terbuka Fantastique Magic Fountain Show yang mementaskan cerita rakyat terkenal Timun Mas dan Buto Ijo. Sebuah cerita rakyat yang pasti sudah kalian kenal bukan?

3. Eco-Nature

ecopark ancol event

Sedangkan Eco-Nature akan memberi edukasi tentang berbagai jenis flora fauna unik dan hijau alam menenangkan. Kalian bisa berkenalan dengan aneka sawa yang biasanya hanya kalian lihat di TV-TV aja. Bisa dikatakan, zona ini adalah faunaland.

Seperti burung kasuari, burung pelican, rusa dan kera. Wahana ini jadi satu sama Eco-Island yang berwujud sebuah danau buatan yang dihuni ribuan ikan koi, lele dan gurami. Bagi kalian pencinta hewan, aku jamin di zona ini kalian pasti akan terlana.

4. Eco-Energy

Terakhir adalah Eco-Energy, Mungkin zona ini pada saat ini belum selesai dibangun. Kawasan eco energy nantinya akan difokuskan untuk memperkenalkan konservasi energi dan sumber energi terbaru.

Zona ini dibangan sebab di era modern ini, manusia rata-rata termanjakan dengan energi yang tak bisa diperbaharui. Dengan adanya Eco-Energy ini, diharapkan pengunjung dapat lebih memahami apa itu energi alternatif dan bagaimana penggunaannya.

Simak Review: 5 Daya Tarik Museum Fatahillah yang Tak Pernah Pudar

WAHANA SERU DI ECOPARK ANCOL

Ecopark ancol menyajikan berbagai wahana seru yang bisa kalian coba semuanya. Tentunya bakalan seru abis deh. Aku akan bahas 6 wahana aja, diantaranya: Eco-Market, Paintball, Rumah Lebah, Learning Farm, Eco-Bike, Outbondholic, dan Pemancingan.

1. Mengunjungi Eco-Market

 ecopark ancol harga tiket

Ecopark ancol adalah pasar bergaya tradisional yang menyediakan beragam buah dan sayur bebas pestisida, Ecomarket menjadi pasar organik pertama dan terbesar di Jakarta. Selain bahan pangan organik, Ecomarket juga menyediakan bazar tanaman hias dan kerajinan tangan.

Kalian berkunjung ke ecomarket tak harus beli kok, hanya me-review tamanan hias atau kerajinan juga nggak masalah. Tidak hanya sebagai sarana jual beli, serangkaian kegiatan juga berlangsung di sana, seperti senam pagi, demo pembuatan keramik, dan penampilan musik akustik yang menghibur.

Penting yang harus kalian ketahui, Ecomarket ini dibuka pukul 06:00 hingga pukul 10:00 di Ocean Ecopark Ancol. Jadi, jangan sampai ketinggalan.

2. Berinteraksi dengan Lebah di Rumah Lebah

ecopark ancol review

Tempat yang satu ini bakalan memberikan kalian wisata edukasi melalui pengalaman berinteraksi langsung dengan serangga penghasil madu ini. Pengunjung bisa mempelajari jenis-jenis, pola hidup, juga manfaat lebah dan pengetahuan lainnya tentang lebah melalui tutor-tutor yang profesional.

Di Rumah Lebah ini, kalian juga dapat memasuki langsung area penangkaran lebah madu dan mencoba langsung penggunaan alat ekstraksi madu dari sarang lebah tanpa merusak sarangnya. Kalian nggak perlu takut, cukup coba aja dan dapatkan pengalamannya.

3. Belajar Bertani di Learning Farm

ecopark ancol tiket

Learning Farm adalah sarana edukasi yang sangat baik bagi anak-anak dengan konsep belajar sambil bermain. Di sini kalian akan diajarkan bagaimana cara berkebun layaknya penati yang ahli layaknya di desa-desa.

Dilengkapi dengan lahan yang cukup luas di area ini kalian bisa bercocok tanam, membajak saawh, dan kegiatan pertanian lainnya. Sehingga di area ini kalian akan benar-benar menjadi petani yang handal, namun dengan kebahagiaan dan keseruan.

Selain itu, di wahana ini kalian akan diajarkan bagaimana berkebun dari mulai menanam, mengurus sampai memanen sayuran. Anak-anak diajarkan untuk menggunakan pupuk terbaik dan tidak menggunakan pupuk kimia. Benar-benar cinta alam bukan?

Dalam Learning Farm terdapat 12 macam jenis tanaman sayur-sayuran yang dapat digunakan untuk belajar oleh anak-anak. Maka jangan ragu ke wahana ini.

4. Eco-Bike, Bersepada Santai

 ecopark ancol ada apa aja

Kalian malas bersepeda di kota besar yang penuh dengan polusi? Aku berikan solusi. Nikamati serunya bersepeda di lahan hijau yang luas dan berudara segar dalam kawasan hijau Ocean Ecopark.

Untuk melakukan aktifitas bersepeda, pengelola menyediakan trek sepanjang 2 km mengelilingi Ocean Eco Park. Sepeda bisa kalian gunakan pun ada 2 pilihan, yaitu speda tunggal dan sepeda tundem yang bisa dinaiki oleh 2 orang sekaligus.

Namun kalian harus sewa, biayanya 35 ribu rupiah per jamnya untuk sepeda tunggal. Sedangkan untuk sepeda tandem, dikenakan biaya 65 ribu rupiah per jam nya. Biaya segitu, tentu terbayarkan dengan sensasi bersepeda dengan pemandangan yang indah.

Kunjungi Juga: Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Paling Instagramable

5. Outbondholic Ancol Adventure Park

ecopark ancol adalah

Outbondholic Ancol Adventure Park hadir untuk kalian sebagai alternatif bagi pecinta alam dan tantangannya di segala usia. Diatas lahan seluas lebih dari 1,5 hektar, tim profesional akan membimbing kalian untuk melakukan trekking ke area outbond.

Wahana ini didesign dengan dua sirkuit, yaitu sirkuit anak ( usia 6-12 tahun) dan sirkuit remaja dan dewasa (12 tahun ke atas). Setiap sirkuitnya dibagi berdasarkan empat zona yaitu zona hijau, biru, zona dan hitam.

Setiap zona terdapat kurang lebih tujuh sampai delapan games. Kapasitas pemain untuk sirkuit dewasa OutbondHolic sekitar 35 orang/jam dan kapasitas sirkuit anak-anak sekitar 60 orang/jam.

Permainan outbond dimulai dari sirkuit teringan sampai sirkuit terberat. Peraturannya ini diberlakukan untuk mempersiapkan indiv ketika menghadapi tantangan dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

6. Pacu Adrenalin dengan Flying Fox

ecopark ancol ada apa

Wahana flaying fox memang sangat banyak diminati. Wahana ini sangat memikat para pemicu adrenalin. Jadi, dalam wahana edukasi, rasanya kurang jika tidak memuat wahana flaying fox.

Sebenarnya, wahana flayin fox ini masuk pada produk outbond Ancol. Aku sendirikan sebab, wahana ini adalah wahana favorit yang harus kalian coba. Dengan panjang 480 meter dan ketinggian sekitar 7 lantai gedung bertingkat, tentu akan memicu adrenalin kalian.

7. Paintball Ocean Ecopark Ancol

ecopark ancol boleh bawa anjing

Sebelum bermain, Kalian harus briefing dulu cara mengunakan senjata, menembak, meng-lock sejata agar tidak bisa menembak, sistem permainan, dan hal lainnya yang dianggap penting.

Setelah briefing selesai, kalian akan diarahkan dengan acara serah terima senjata dan googlet, setelah itu pertempuran seru akan dimulai. Persiapkan tenaga, fisik, dan mental pada wahana yang satu ini.

Paint Ball ini terbagi 3 zona dengan waktu pertempuran tiap-tiap zona 60 menit. Di dalam tiap-tiap zona mempunyai misi pertempuran yang berbeda. Ada tiga zona yang akan kalian tempuh, yaitu:

Battle Savanna merupakan hamparan rumput dengan barikade tempur yang berupa gundukan rumput, Dilanjut

Battle Village merupakan pertempuran diarea reruntuhan bangunan perkampungan, dan yangterakhir Battle Field merupakan pertempuran yang terdapat Benteng Tempur 2 meter diatas hamparan rumput.

8. Bersantai di OutbondHolic Resto

ecopark ancol ancol

Di area outbond terdapat fasilitas OutbondHolic Resto, sebuah restaurant yang berfungsi sebagai transit enter bagi para orangtua yang ingin menunggu anaknya bermain outbond. Jadi, bagi kalian orang tua, tak perlu khawatir bersantai di mana.

Resto ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamar ganti dan washing room. Dengan sajian menu yang beragam, seperti light snack, maupun menu western, asian, dan traditional, hadir melengkapi suasana Ancol Outbond menjadi momentum yang tidak terlupakan.

9. Memancing Ikan di Kolam Ancol

 allianz ecopark ancol jakarta

Bagi kalian yang punya hobi memancing, tak perlu khaawtir. Di aera yang luas ini terdapat kolam ikan yang khusus digunakan untuk memancing.

Untuk kelengkapan alat pancingnya, kalian bisa menyewa. Harganya pun relatif murah hanya Rp. 25.000 sudah termasuk umpan pancing. Jadi kalian tak perlu repot kalau berlibur dan ingin mancing di lokasi kolam pemancingan keluarga di Ancol ini.

Baca Juga: Monumen Nasional atau Monas Jakarta, Aktifitas Seru dan Edukasi Sejarah

HOTEL YANG DEKAT

Kalian harus sadar kalau wisata ini di Jakarta, jadi tak perlu khawatir cari hotel. Ada banyak sekali ragam pilihannya. Harganya juga bervariasi, mulai Rp. 90.000 hingga Rp 900.000 Diantaranya adalah:

1. OYO 117 Blueberry Homestay

allianz ecopark ancol

Terletak di Jalan. Mangga Besar No 82, Taman Sari, Jakarta 11150, Indonesia, 2,9 km dari Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol. Fasilitas Wi-Fi Gratis dan Parkir gratis. Harga mulai Rp. 82.000 per malam untuk satu orang.

2. BI Executive Hotel

ecopark ancol ballroom

Terletak di Jalan Laksamana R. E. Martadinata No. 2, Jakarta 14420, Indonesia, 0,8 km dari Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol, Tersedia Wi-Fi Gratis dan Parkir gratis. Harga mulai Rp 209.000 per malam untuk satu orang.

3. D’Primahotel WTC Mangga Dua

ecopark ancol buka jam

Jl. Gunung Sahari Raya | Komplek Marinatama Blok A 26, Jakarta 10730, Indonesia, 1,3 km dari Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol. Juga tersedia Wi-Fi Gratis. Harga mulai Rp. 300.000 per malam untuk satu orang.

4. Amaris Hotel Mangga Dua Square

eco park ancol bekasi

Jl. Gunung Sahari no. 1 | Mangga Dua, Jakarta 11180, Indonesia, 1,7 km dari Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol, tersedia Wi-Fi dan parkir gratis. Harga mulai Rp 318.000 per orang dan untuk satu malam.

5. Swiss-Belhotel Mangga Besar

masuk ecopark ancol bayar berapa

Jln. Kartini Raya no. 57, Jakarta 10750, Indonesia, 2,7 km dari Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol. Tersedia Wi-Fi dan Parkir gratis. Harga mulai Rp 971.000 untuk hotel berkelas dan mewah.

Sebenarnya masih banyak hotel yang lainnya, kalian bisa cari di internet atau aplikasi booking kamar hotel. Aku jamin, akan tersedia banyak di sana. Hotel yang saya sebutkan di atas hanya rekomendasi semata.

WISATA DEKAT ECOPARK ANCOL

Aku rasa dengan mengunjungi Ecopark Ancol ini, kalian akan puas dengan banyak wahananya. Namun, bila kalian masih ingin terus berekreasi menikmati liburan panjang kalian di tempat lainnya, ada beberapa tempat yang aku rekomendasikan.

1. Pantai Ancol

ecopark ancol jakarta barat

Sebenarnya ini juga bagian dari Taman Ancol juga. Namun pantainya. Bila kalian sudah bosan dengan kegian ground, kalian bisa menikmati pemandangan pantai di sini. Bertempat di Jakarta Utara. Untuk tiket masuk seharga Rp 25.000.

2. Dunia Fantasi

ecopark ancol yang bagus

Wisata ini sudah sangat terkenal, biasa disebut dengan Dufan. Kalian bisa mian ke sini dengan mencoba puluhan wahana seru yang menyenangkan. Harga tiket mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 550.000, tergantung hari dan pilihannya.

Alamatnya, di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

3. Sea World Ancol

Di destinasi ini, kalian akan dihibur, diedukasi, dan diajak cinta dengan binatang laut. Kalian bisa melihat banyak biota laut di wisata ini tanpa harus menyentuh air. Tempatnya sih satu kawasan dengan Dufan. Untuk tiket masuknya mulai Rp 80.000 sampai Rp 120.000.

4. Atlantis Water Adventures

 ecopark convention ancol

Atlantis Water Adventures adalah taman rekreasi air dengan konsep peradaban dan kota-kota kuno di wilayah Mediterania yang lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi. Dahulu bernama Gelanggang Renang Ancol resmi dibuka untuk umum pada tanggal 28 Juni 1974.

Lokasinya juga sama sepeti Dunia Fantasi Ancol, untuk harga tiket masuknya mulai Rp 80.000 hingga Rp 115.000 per orang.

Selain empat destinasi itu, Ancol juga memiliki Ocean Dream Samudra, Pasar Seni, Faunaland, Gondola, dan Epicable Park. Dengan menghabiskan liburan di berbagai destinasi wisata Ancol ini, aku jamin kalian bakalan puas, bahkan kecapekan.

Lihat Juga: 6 Daya Tarik Di Seaworld Ancol yang Memikat Hati

Akhir kata, aku ingatkan pada kalian semua, “Jangan lupa bahagia.” Meski hidup di Jakarta penuh dengan masalah, kalian tetap butuh wisata alam yang menyeukkan bagi jiwa dan raga kalian. Maka dari itu, Ecopark Ancol hadir untuk mewarnai liburan kalian.

Wahana yang banyak dan fasilitas yang lengkap, akan sangat mendukung liburan kalian. Terlebih lagi, dengan konsep yang edukatif, kalian bisa belajar sambil bermain. Dekat juga dengan wisata Ancol lainnya, jadi kalian tinggal pilih aja. Jadi, selamat bersenang-senang…

Curug Nangka Bogor

Jessica Susanti
9 min read

Curug Cilember

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *