Eling Bening

7 min read

eling bening adalah

Tidak seperti kota lainnya, berada di pesisir utara Provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki bentang alam yang beragam sehingga bukan hanya menyuguhkan wisata laut maupun sejarah tapi juga wisata alam. Salah satunya Eling Bening.

Panorama pegunungan, hamparan bukit yang hijau luas plus hawa sejuk menyegarkan yang bebas dari polusi nampaknya akan membuat kalian tergugah untuk mangkir sejenak dari kebisingan metropolitan kota Semarang.

Eling Bening menyuguhkan paket wisata alam yang mampu menghipnotis kalian seperti berada di dunia lain. Tak perlu obat penenang untuk fikiran lebih relax dengan menikmati secangkir kopi disini saja bisa menenggelamkan pahitnya perjalanan kehidupan, Eakk.

Hmm, sudahkah sajak diatas memikat kalian untuk datang kesini? Sebelum berangkat, baiknya simak dulu informasi dibawah ini:

Eling Bening

Sejak dibuka tahun 2015 oleh sang pemilik yakni Thung Hermanto, wisata ini terus menyedot perhatian pengunjung yang datang, bahkan kini menjadi tempat wisata favorit di Semarang.

Dengan luas 10 hektar wisata hits ini mengusung konsep wisata keluarga yang dikemas dalam restoran modern, disini kalian bisa merasakan makanan yang lezat, berenang bahkan nongkrong seru sambil menikmati indahnya pemandangan alam disekelilingnya.

Bagi kalian yang sudah pernah berkunjung ke umbul sidomukti, wisata Eling ini mirip dengan umbul sidokmukti. Namun bedanya, disini kalian bisa memandangi telaga rawa pening dari atas ketinggian yang begitu indah.

Setiap harinya wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, karena sangat cocok bagi kalian yang bosan dengan suasana kota terutama kalian kaum milenial yang mencari spot fotogenic.

Lokasi

Eling Bening berlokasi di dataran tinggi perbukitang Ngarawan, tepatnya di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Nah kalau kalian mau sekalian liburan panjang, lokasi wisata ini juga berdekatan dengan wisata lain seperti Wisata Apung Ambarawa dan Ngrawan Hill.

Rute Menuju Eling Bening

Akses jalan ke wisata ini terbilang tidak sulit. Nah kalau kalian mau ke wisata ini, kalian bisa mulai perjalanan dari Santosa Stable Semarang, cukup menempuh jarak 30 kilometer atau waktu 1 jam saja.

Selain itu jika kalian dari arah timur bisa melewati tol hingga pintu keluar Tol bawen atau Ungaran. Kemudian ambil arah menuju terminal Bawen, dari terminal Bawen, ambil ke arah kiri (Ambarawa – Yogya) menuju Ambarawa.

Kemudian terus ikuti jalan hingga ada pertigaan depan monumen Palagan, ambil kearah kiri sampai ketemu pertigaan di kiri jalan setelah warung pecal Ibu Mariana. Dari situ ambil ke arah kiri dan ikuti jalan hingga sampai di lokasi wisata.

Dari Salatiga tetap sama menuju terminal Bawen, selanjutnya ikuti rute diatas.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke area wisata ini kita diwajibkan membayar htm sebesar Rp 15.000 per orang (Senin – Jumat) dan Rp 20.000 per orang (Sabtu – Minggu dan Libur Nasional) per orang. Tiket tersebut bisa kalian tukarkan dengan minuman softdrink yang akan melepas dahaga kalian saat mengelilingi wisata ini.

Tapi jika kalian ingin mencicipi makanan di resto maka kalian harus merogoh kocek tambahan sesuai dengan menu yang kalian pesan yaa, dengan kisaran harga makanan Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per item, begitupun untuk berenang dikenakan tarif Rp 20.000 per orang.

Jam Buka

Wisata ini buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 22.00 WIB. Jadi kalian bisa menikmati segarnya udara pada pagi hari, dan cantiknya pemandangan malam hari disini.

Fasilitas

Fasilitas umum yang bisa kalian dapatkan disini toilet, spot foto, taman bunga, tempah ibadah, senam mingguan, gazebo untuk istirahat

Sedangkan untuk fasilitas lain sangat lengkap siap yang memanjakan kalian mulai dari kolam renang, restoran, outbond, playground, camping ground, tempat meeting, prewedding, bahkan penyewaan tempat untuk wedding party.

Kalian bisa gunakan fasilitas lain yang kalian butuhkan namun dikenakan biaya tambahan, hal tersebut dapat dikordinasikan dengan pengelola wisata ini.

Baca Review: 7 Spot Kota Lama Semarang yang Semakin Kece

Hotel Dekat Eling Bening

Menginap disekitar wisata ini nampaknya menjadi pilihan sangat tepat bagi kalian yang berasal dari luar Kota Semarang. Terutama buat kalian yang berlibur bersama keluarga tercinta

Tentu hal ini sangat beralasan, karena jika kalian menginap di area wisata akan santai untuk berkeliling, mencoba semua wahana bahkan menikmati pemandangan Semarang pada malam hari.

Hotel di area Ambarawa masih terbilang cukup murah dengan fasilitas yang cukup bagus, tentu hal ini menyesuaikan budjet dan fasilitas yang kalian inginkan.

Ada beberapa pilihan hotel dekat wisata ini dengan kisaran harga Rp 100.000 – 400.000 per malam, misalnya Crown Guest House (0,85 Km), The Bandungan Hotel (6 Km), Hotel Griya Wijaya (2,8 Km).

Daya Tarik

Bagaimana pasti kalian semakin kepo apa saja daya tarik yang bikin wisata ini jadi hits seperti sekarang? Tenang saja kita sudah merangkumnya untuk kalian, check it out!

1. Restoran hits dengan view memukau

eling bening resto

Terletak menghadap ke rawa pening, landscape restoran ini tiada tara keindahannya dengan berbalut kursi putih dan meja memanjang membuat kalian bak raja ratu sedang menikmati hidangan di istana Kerajaan.

Untuk menikmati resto kalian bisa memilih konsep yang disajikan oleh wisata ini, ada 2 pilihan yaitu indoor, outdoor. Nampaknya bagi kalian generasi milenial outdoor lebih menarik kan?

Buat kalian yang mengira menu makanan disini makanan barat, itu salah besar guys, yang dimaksudkan modern adalah konsepnya restonya sedangkan menu nusantara.

Kalian dapat memesan menu berat seperti nasi plus rawon atau ikan bakar, jika hanya ingin makan porsi kecil kalian bisa coba bakso, mie, asem-asem, pecel juga ada es krim juga loh sebagai hidangan penutup, yummyyy.

Baca Selengkapnya: 10 Keunikan Candi Cetho Karanganyar yang Keren

2. Garden Resto

eling bening dimana

Garden resto adalah pilihan resto lain disini. Biasanya garden resto sering di sewa sebagai tempat Garden party untuk acara pernikahan ataupun ulang tahun karena tempatnya yang fleksibel, menarik dan mudah ditata.

Disini kalian bisa menikmati keindahan panorama dengan deretan meja dan kursi ditata dihalaman dan taman. Sobat yang makan disini akan merasakan suasana bak sedang menjadi tamu garden party di acara pernikahan para selebriti papan atas tanah air bukan?

Buat kalian calon pasangan pengantin, disini cocok banget merayakan moment sekali seumur hidup yang antimainstream pasti sangat berkesan deh.

Bagaimana, adakah kalian yang tertarik mengadakan garden party disini?

Kalau ada yang tertarik bisa kontak pengelola yaa, nanti bisa diatur karna disini ada wedding organizer juga kok!

3. Berenang di Infinity Pool

eling bening semarang jawa tengah indonesia

Kolam renang di sini ini menjadi icon, karena digadang-gadang mirip marina bay sands Singapura yang terkenal kolam renang dilantai 56 dengan goyangan angin dari laut lepas.

Disini diatas ketinggian 700 mdpl dan pemandangan yang disuguhkan bukan gedung atau perkantoran yang mencakar lain melainkan view dan hawa pegunungan, rawa dan perbukitan hijau yang menyegarkan.

Seperti yang kalian tau bahwa renang adalah salah satu olahraga yang dapat menyehatkan tubuh, eits kalau kalian berenang disini bukan sekedar itu yang didapat, tapi menikmati kolam renang yang super mewah sambil merefresh pikiran dan mencharge kembali tenaga.

Sungguh mengasikan berenang dikolam outdoor langsung berjemur dibawah terik matahari, namun dengan udara yang dingin, kira-kira bagaimana ya rasanya?

4. Spot fotogenic dan instagramable

eling bening semarang tiket masuk

Berada di wisata ini kalian dapat melihat gagahnya tiga gunung sekaligus yaitu gunung temoloyo, andong dan merbabu. Jika kalian perhatikan ketika kita berdiri ketiga gunung ini seperti sangat menantang kita ya sob.

Sudah dipastikan disini banyak spot foto yang instagramble banget dan hits abis seperti ayunan, garden resto dan perahu naga. Perahu naga putih yang super besar berdiri diatas ketinggian 15 meter ini adalah icon disini loh!

Apalagi view rawa pening dari atas yang dikelilingi hutan dan bukit yang hijau pasti keren banget deh!

Jangan lupa ambil pose terbaik ya, misalnya kalian melompat ditengah perahu, kemudian mintalah tolong kepada teman untuk potret dari jauh sehingga terlihat keseluruhan naga dan pemandangan, coba deh pasti hasilnya instagenic abis!

5. Taman Bunga Yang Cantik

eling bening di semarang

Dataran tinggi biasanya lekat dengan tanahnya yang subur, nah hal ini dimanfaatkan oleh pengelola untuk membuat taman bunga di wisata ini.

Kalian bisa menikmati berbagai macam jenis bunga yang diselimuti hawa sejuk di sini ditemani lebah yang sedang menghisap madu bunga, tentu sangat menyenangkan bukan!

Bunga disini di plot berdasarkan kelompok warna, yaitu kelompok warna biru, warna kuning, warna putih dan juga kelompok warna merah.

walaupun areanya memang tidak begitu luas, tapi kalau kalian pintar ambil angle memotret, dijamin hasil jepretannya nanti gak kalah seperti di Taman Bunga Nusantara, Cipanas.

Selanjutnya, tinggal share di akun media sosial kamu deh boleh Instagram, facebook, tweeter atau path dengan sedikit caption sajak puisi, dijamin banjir like.

6. Suasana Senja dan Malam yang Romantis

eling bening semarang 2019

Kalian bisa menikmati indahnya sore hingga malam hari di Eling Bening.

Saat sore kalian bisa menanti matahari terbenam. Kala senja, langit sedang menunjukan ke elokannya pada semesta, siapapun yang akan terpikat akan pesonanya. Sungguh moment yang sayang jika dilewatkan.

Pada beberapa sudut tempat duduk, sengaja tidak dipasang lampu penerangan sehingga suasana lebih syahdu dan romantis. Wah kalau sudah begini mending ajak pasangan kalian kesini deh biar hubungan kalian makin mesra.

Jangan lupa abadikan moment eksotis ini, dijadikan profil picture di social media kalian pasti keliatan lebih berkelas deh!

Tak kalah romantis, malam disini juga sangat indah dihiasi lampu-lampu kota menyala, ditemani bintang dan diterpa dinginnya malam kalian bisa menikmatinya hingga pukul 22.00 wib.

7. Berkemah bersama keluarga

eling bening tiket

Untuk mendapatkan pemandangan yang apik, biasanya harus nge camp sampai ke atas gunung. Wah sungguh melelahkan bukan?

Disini kalian tidak perlu capek- capek mendaki gunung, karena dengan camping disini juga dapat menikmati alam meganggumkan, tentu sangat menyenangkan jika dilakukan dengan keluarga atau sahabat tercinta.

Camping ground ini bisa jadi pilihan kalian sobat, jika kalian tidak ingin menginap di hotel sekitar Ambarawa, supaya bisa menikmati sunset dari ketinggian sini.

Selain itu bagi sobat yang membawa anak, kegiatan ini dapat melatih motorik anak untuk lebih mandiri dan terbiasa hidup apa adanya.

Dilokasi camp sobat bisa menyewa peralatan camping lengkap mulai dari tenda, alas tidur hingga selimut. Sobat bisa memesannya sebelum tiba di Eling Bening supaya enggak kehabisan tempat.

8. Play ground

eling bening ambarawa

Bagi sobat yang membawa anak – anak tidak usah khawatir, karena di wisata ini disedikan fasilitas playground sehingga mereka akan merasa nyaman dan senang berkunjung kesini.

Jangan salah lho, ternyata playground ini bisa dinikmati oleh berbagai usia, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Tapi engga semua permainan loh yaaa, orang dewasa bisa menikmati ayunan, selfie dan duduk dikursi yang tersedia.

Playground berada disudut resto berupa lapangan, ada juga playground berupa kolam dangkal dengan ketinggian air hanya 10 sampai 15 cm. Tentu ini sangat menyenangkan bagi anak-anak, karena anak – anak suka bermain air.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak, sobat yang sedang akan mengadakan acara juga bisa menyewa tempat ini misalnya untuk acara gathering komunitas sobat.

Biasanya tempat ini disewa oleh para komunitas pencinta reptile, pencinta burung, pecinta alam bahkan kegiatan kantor. Wah boleh juga ya!

Lihat Rekomendasi: 33 Wisata Salatiga Terbaru & Lagi Hits

9. Arena Outbond

eling bening semarang

Permainan outbond di sini diperuntukan untuk anak – anak ya guys, jadi kalian kalau merasa udah abege cukup nonton saja yaa. Kecuali nanti dibangun khusus dewasa baru deh kalian bisa ikutan!

Outbond ini ada tiga track yaitu archery area, hill tracking area dan flying fox.

Untuk anak yang suka memanah dikamar, nampaknya kalian perlu coba memanah sungguhan disini, di archery area. Panah tepat sasaran ya, jangan memanah asmara!

Selain itu ada hill tracking area untuk merasakan nikmatnya perjalanan menuju pemandangan punggung bukit sambil berswa foto.

Terakhir ada flying fox setelah hill tracking kalian bisa turun dengan berseluncur menggunakan arena ini, pasti seru banget deh!

10. Senam Bugar

eling bening

Udah biasa banget kan jika kalian senam didepan lapangan kelurahan atau pelataran kantor? Ada yang beda nih dari tempat wisata biasanya, yaitu adanya senam rutin di wisata Eling Beling.

Nah buat kalian yang bermalam di camp sabtu malam, kalian juga bisa ikutan senam di minggu pagi dengan pemandangan yang berbeda dari biasanya, view sunset yang cantik pasti sangat semakin mempesona.

Olahraga disini macam – macam dengan jadwal perminggu bergantian, diantaranya yoga, senam aerobic yang diselenggarakan oleh Komunitas Senam Semarang.

Tips Berkunjung

Biar makin seru liburannya, yuk simak tips jika kalian berkunjung ke Eling Bening

• Jika kalian ingin berkunjung waktu terbaik adalah hari biasa, karena pada weekend tempat ini sangat ramai pengunjung, sehingga kalian tidak dapat puas untuk berkeliling ataupun berfoto bahkan kalian akan antri untuk bergantian foto.
• Bagi kalian yang punya badjet pas – pasan lebih baik membawa makanan dari rumah, mengingat harga makanan diresto tidak seperti harga di warung makan biasa.
• Bagi kalian yang datang ke spot perahu naga baiknya berhati – hati terutama saat hujan karena lantai yang licin dan pegangan yang masih kurang safety.
• Berhati – hati jika membawa anak kecil, harus selalu dalam pengawasan orangtua karena banyaknya jurang disekitar wisata, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
• Walaupun kalian tidak berniat berenang disana, tapi upayakan tetap membawa baju ganti, karna biasanya ketika sudah melihat betapa kerennya view disana, jadi berubah fikiran ingin mencoba berenang dikolam outdoor.

Itulah 10 Daya Tarik Eling Bening wisata yang sedang hits di Semarang.

Baca Juga: 28 Wisata Purwokerto Terbaru & Terpopuler

Kombinasi antara beragam wahana seru, berenang, foto instagramable serta makan di resto outdoor dengan panorama yang mempesona sejauh mata memandang yang berlokasi di Ambarawa ini sebagai paket wisata lengkap yang terus diincar para sobat traveller.

Dijamin kalian tidak akan menyesal kalian datang kesini walaupun harus menempuh perjalanan panjang. Selamat berlibur, jangan lupa jaga lingkungan dan kebersihan ya!

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *