Gili Ketapang

4 min read

alamat gili ketapang kabupaten probolinggo

Siapa bilang Jawa Timur nggak punya surga bawah laut? Nggak kalah sama Gili Trawangan di Lombok, Gili Ketapang di Probolinggo Jawa Timur ini punya pesona bawah laut yang eksotis dan menggoda loh.

Berupa sebuah pulau kecil yang berada di laut utara Probolinggo, obyek wisata satu ini akan memanjakan mata dengan keindahan karang serta biota lautannya yang menakjubkan. Bahkan kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Wisata pulau ini termasuk wisata Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi bareng rombongan sahabat ataupun keluarga kalau pengen ngerasain jernihnya air laut tanpa harus jauh-jauh pergi ke Lombok.

Tertarik untuk mengunjungi Gili khas Jawa Timur ini? Simak dulu ulasan penulis tentang keindahan wisata pulau ini, lokasi, tiket masuk dan rute perjalanan ke sana ya!

Lokasi Gili Ketapang

Gili ini sebenarnya adalah sebuah pulau kecil sekaligus desa seluas 70 hektar yang berlokasi di Selat Madura, kira-kira sekitar 8 km di utara Probolinggo.

Lebih tepatnya lagi, wisata pulau ini beralamat di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Misteri Pulau Gili Ketapang

gili ketapang harga

Mayoritas penduduk Desa Ketapang ini adalah masyarakat keturunan Madura yang sebagian besar berprofesi sebagai pelaut dan nelayan.

Mayoritas masyarakatnya sendiri juga berbahasa Madura, jadi nggak heran nama wisata pulau ini pun berasal dari bahasa Madura, yaitu Gili yang berarti mengalir dan Ketapang yang berarti nama asal daerah tersebut.

Namun, ada misteri yang beredar di antara masyarakat Ketapang ini, bahwa konon dahulu pulau Gili ini adalah satu kesatuan dengan Pulau Jawa. Hingga saat Gunung Semeru meletus, kawasan pulau Gili ini terbelah dan bergeser sejauh 8 km ke tengah laut.

Walaupun kesannya sulit dipercaya, tapi sebagian masyarakat Ketapang masih meyakini misteri tersebut sampai saat ini.

Baca Selengkapnya: 20 Tempat Wisata Tulungagung Terbaik yang Lagi Hits

Rute Gili Ketapang

gili ketapang daerah mana

Karena lokasi Gili ini berada di pulau yang dikelilingi laut, jadi untuk menuju pulau ini, satu-satunya cara yang dapat kamu tempuh adalah dengan menyeberangi laut melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Sedangkan rute yang bisa ditempuh untuk menuju pelabuhan ini diantaranya:

  1. Jika kamu dari arah barat seperti dari Surabaya, Malang, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, dan Jombang, ambillah rute ke Probolinggo melalui Kabupaten Pasuruan, lalu ambillah jalan Pantura hingga sampai ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.
  2. Jika dari arah selatan seperti Jember, Lumajang, atau Dampit Malang Selatan, ambillah rute ke Kota Probolinggo, lalu ambil jalur utara sampai menemukan Pelabuhan Probolinggo tersebut.
  3. Jika dari arah timur seperti Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, kota Besuki atau Bali, ambillah rute Pantura sampai menemukan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo tersebut.
  4. Setelah sampai di Pelabuhan, kamu bisa menggunakan perahu motor maupun perahu nelayan untuk menyeberang ke pulau, dengan biaya sekitar Rp 20.000,- per orang dan waktu tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Harga Tiket Masuk dan Biaya ke Gili Ketapang

gili ketapang tiket

Dengan adanya berbagai fasilitas dan keindahan alam yang menakjubkan, harga tiket masuk dan biaya ke pulau Gili ini bisa dibilang nggak terlalu mahal, kok.

Kamu bisa melihat perkiraan biaya dibawah ini dan tinggal menambahkannya dengan biaya perjalanan dari tempat asalmu menuju Pelabuhan Probolinggo.

  1. Harga tiket masuk Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo: Rp 2.000,- per orang
  2. Harga tiket masuk ke Pulau Gili Ketapang: Gratis
  3. Tarif Perahu Penyeberangan menuju Pulau Gili PP: Rp 20.000,- per orang
  4. Tarif Parkir Sepeda Motor di Pelabuhan Probolinggo: Rp 5.000,-
  5. Tarif Parkir Mobil di Pelabuhan Probolinggo: Rp 15.000,-

Lihat Review: Museum Angkut Batu Malang, Tiket, Rute & Jam Buka

Jam Buka Gili Ketapang

Sebenarnya, di pulau Gili ini nggak ada jam operasional khusus. Jadi, kamu cuma perlu menyesuaikan kedatanganmu dengan jadwal penyeberangan ke pulau Gili menggunakan perahu motor saja.

Adapun jadwal penyeberangannya setiap hari, Senin sampai Minggu, mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Fasilitas Gili Ketapang

Saat mengunjungi kawasan wisata pulau ini, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas umum yang telah disediakan, seperti kamar mandi, toilet, mushola, rumah makan dan warung. Bahkan penyewaan alat snorkel dan drone juga ada loh.

Daya Tarik Wisata Gili Ketapang

gili ketapang ada dimana

1. Snorkeling

Berlibur ke pulau Gili nggak afdhol rasanya kalau belum snorkeling. Pasalnya, laut Gili ini memang sangat eksotis dan mempesona. Kamu bisa menelusuri pemandangan alam bawah laut mulai dari terumbu-terumbu karang yang cantik hingga hewan-hewan laut yang lucu.

Asyiknya lagi, kamu akan diarahkan oleh penduduk sekitar letak spot-spot foto bawah laut yang keren. Diantaranya ada spot foto bertulisan yang terbuat dari balok. Balok ini pun sudah dibuat sedemikian rupa supaya nggak mengganggu ekosistem terumbu karang disekitarnya.

Ada tulisan selamat datang di Gili Ketapang, tulisan kapan kamu berkunjung ke Gili lagi, dan tulisan-tulisan menarik lainnya. Nggak heran, ya, wisata pulau ini dikenal sebagai tempat snorkeling Jatim terbaik.

2. Finding Nemo

Selain menikmati indahnya terumbu karang dibawah laut, kamu juga bisa menemukan spesies ikan lucu yang sering muncul di film terkenal berjudul Finding Nemo. Apalagi kalau bukan ikan Nemo !

Yap, ikan Nemo ini termasuk daya tarik tersendiri yang dimiliki laut Gili. Kamu bisa menemukan ikan-ikan ini berenang bebas disekitar terumbu karang. Kalau beruntung, kamu juga bisa mengambil foto dengan ikan Nemo ini loh!

Nggak cuma ikan Nemo, berbagai jenis satwa bawah laut lainnya juga bisa terlihat, seperti ubur-ubur dan ikan-ikan lainnya. Menarik banget kan?

3. Indahnya Pemandangan Pesisir Pulau

Pemandangan atas pulau Gili ini nggak kalah bagus dari pemandangan bawah lautnya guys.

Para wisatawan bisa menikmati desiran ombak pantai, jernihnya air laut, rindangnya pepohonan, birunya langit, hingga tiupan angin sepoi-sepoi yang pasti bikin siapapun betah berlama-lama disana.

Cocok banget nih buat kamu yang lagi mager dan pengen bersantai-santai aja.

Baca Rekomendasi: 20 Tempat Wisata Trenggalek Jawa Timur Terbaru & Paling Hits

4. Susur Pulau

Bosan dengan satu titik pemandangan saja? Nggak perlu khawatir guys, kamu juga bisa melakukan kegiatan susur pulau, karena pulau ini memiliki pantai barat dan pantai timur yang luas. Bahkan ada Goa Kucing yang merupakan situs religi daerah itu loh.

Menyusuri pulau tentunya akan menambah keseruan liburanmu dengan menikmati keindahan pulau ini dari berbagai sisi yang berbeda.

5. Berburu Foto

Berburu foto sepertinya menjadi hal wajib yang dilakukan setiap orang saat berlibur. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen keseruanmu saat berlibur ke Pulau Gili ini.

Banyak spot foto menarik dan unik yang patut untuk diabadikan baik diatas maupun bawah laut. Yang pasti, spot foto ini juga instagramable banget untuk dijadikan feed ataupun Instagram stories.

Kamu bisa bebas berburu foto-foto keren untuk sekedar dijadikan koleksi pribadi atau dibagikan ke media sosialmu.

6. Menikmati Kuliner Khas Pantai

Setelah puas bermain snorkeling dan susur pulau kamu pasti lapar dan haus kan? Nah, inilah saat yang tepat buat mencicipi berbagai jenis kuliner khas pantai seperti seafood.

Kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa warung makan yang menjual aneka masakan lezat yang cocok disantap setelah lelah berenang dan bermain.

7. Camping Sembari Menikmati Sunset

Pengen merasakan sensasi liburan yang maksimal di pulau Gili ini? Kalau begitu kamu harus banget camping di pulau ini. Asyiknya lagi, kalau nggak mau ribet bawa perlengkapan camping yang banyak, ada penyewaan tenda yang tersedia untuk para wisatawan loh.

Kamu bisa memasang tenda di pinggir pantai dan menikmati indahnya matahari terbenam. Nah, jangan lupa untuk mengabadikan momen itu juga ya!

Paket Wisata Gili Ketapang

pulau gili ketapang adalah

Buat kamu yang kesulitan dan nggak mau ribet mempersiapkan perjalanan ke pulau Gili sendiri, lebih baik ikut open trip atau ambil paket wisata yang banyak disediakan oleh agen-agen travel wisata.

Selain lebih mudah dan hemat, kamu juga akan mendapat fasilitas yang menarik dan lengkap, serta jadwal yang terencana sesuai paket yang diambil.

Jenis-jenis paket wisata yang ditawarkan pun beragam dan bisa disesuaikan dengan budget, yaitu mulai harga Rp 95.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Beruntungnya, kalau kamu mengambil paket dengan minimal 10 orang, maka bisa mendapat harga yang murah.

Sedangkan kalau hanya bepergian berdua saja, biasanya kamu akan ditawarkan paket seharga Rp 600.000,- hingga Rp 700.000,-.

Eits, jangan bilang terlalu mahal dulu ya, karena dengan harga tersebut kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas dan keamanan yang lengkap, kurang lebihnya seperti:

  1. Kapal Penyeberangan PP
  2. Peralatan snorkelling lengkap
  3. Pelampung
  4. Makan siang
  5. Tour Guide (pemandu wisata dan snorkeling)
  6. Jasa foto bawah laut
  7. Rest area dan basecamp
  8. Asuransi

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Mojokerto Terbaru yang Lagi Hits & Kekinian

Nah, itulah review wisata pulau Gili di Probolinggo Jawa Timur yang telah penulis rangkum. Wisata pulau ini punya banyak spot menarik untuk kamu kunjungi dengan harga yang terjangkau, apalagi kalau mengajak rombongan sahabat-sahabatmu.

Oiya, kalau mau mengambil paket wisata, apalagi saat musim liburan tiba, penulis sarankan untuk memesannya dari jauh-jauh hari, ya. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburanmu dan buktikan keindahan pesona bawah laut Gili Ketapang!

Museum Fatahillah

Indah Andini
4 min read

Wisata Trenggalek

Indah Andini
7 min read

Wisata Tulungagung

Indah Andini
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *