Giri Tirta Kahuripan

5 min read

Giri Tirta Kahuripan

Kabupaten Purwakarta memiliki wisata baru yang menarik untuk kalian kunjungi, yaitu resort Giri Tirta Kahuripan. Resort ini mampu memikat para wisatawan, karena menawarkan sesuatu yang tidak terdapat di tempat wisata lain.

Hal menarik yang paling dicari oleh wisatawan adalah Skypool yang berada di atas ketinggian. Skypool ini merupakan kolam renang yang berada di atas bukit. Dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Disini, kalian bisa menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian. Dan juga wahana kolam renang dengan kedalaman rendah sekitar 60 cm hingga yang paling dalam yaitu 240 cm dengan pembatas antar kolam.

Lokasi Giri Tirta Kahuripan

Keberadaan lokasi wisata resort Giri Tirta Kahuripan ini terletak di Jl. Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan waktu yang dibutuhkan dari pusat kota sekitar satu jam saja.

Jarak perjalanan yang kalian perlukan untuk mencapai lokasi wisata hanya 20 kilometer, dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak dan berliku. Dan dengan adanya papapan petunjuk, kalian tidak perlu khawatir jika harus nyasar ketika dalam perjalanan.

Rute Menuju Giri Tirta Kahuripan

Rute bisa kalian tempuh dengan menggunakan jalur tol Cipularang. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke daerah Pasar Rebo. Dari Pasar Rebo kalian lanjutkan perjalanan ke arah kanan di daerah Wanayasa, dengan jarak antara 20 kilometer.

Jika kalian sudah ada di daerah Wanayasa, maka kalian akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan perjalanan kalian ke lokasi wisata Giri Tirta Kahuripan.

Atau mungkin jika kalian tidak menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menggunakan kendaran umum untuk dapat mencapai lokasi wisata. Kendaraan umum yang bisa kalian pakai adalah bus jurusan Jatiluhur.

Lalu kalian bisa menggunakan angkot jurusan Pasar Rebo. Dan kemudian di lanjutkan dengan berganti angkot dengan jurusan Wanayasa. Kemudian dari Wanayasa, kalian bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi wisata Giri Tirta Kahuripan.

Tiket Masuk Giri Tirta Kahuripan

Biaya yang dikeluarkan oleh pengunjung ada beraneka ragam. Tergantung fasilitas yang digunakan. Misalnya saja jika hanya berkunjung dan bersantai, maka pengunjung hanya membayar tiket masuk dan kuliner.

Akan tetapi jika kalian para pengunjung ingin menikmati fasilitas wahana yang ada di Giri Tirta Kahuripan ini bisa mengeluarkan tambahan biaya lagi. Untuk tiket masuknya saja, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 25.000 per orang dan Rp. 30.000 per orang untuk akhir pehan dan hari libur.

Jika menggunakan wahana Skypool sekalian maka tambahan bianyanya adalah Rp. 50.000 hari biasa, dan Rp. 60.000 akhir pekan. Biaya wahana lain untuk ATV Rp. 30.000, Flying Fox low Rope Rp. 25.000, Sepeda Air Rp. 15.000, Water Slide Rp. 10.000, dan lapangan Futsal Rp. 125.000 per jam.

Jam Buka Giri Tirta Kahuripan

Untuk jam buka kalian para pengunjung tidak perlu khawatir, karena wisata Giri Tirta Kahuripan buka setiap hari. Wisata dibuka setiap jam 8.00 sampai jam 17.00, dan waktu terbaik bagi kalian untuk mengunjungi wisata sekitar jam 10.00 sampai jam 13.00.

Kenapa kami sarankan kalian mengunjungi wisata di jam tersebut? Karena pada jam tersebut waktu dimana masih sepi pengunjung dan suasana masih sangat nyaman serta sudah tidak ada lagi kabut. Tapi tenang saja, di jam tersebut udara masih sangat sejuk untuk kalian rasakan.

Fasilitas Di Giri Tirta Kahuripan

Terdapat fasilitas gratis di lokasi wisata ini yang bisa kalian manfaatkan seperti MCK, Mushola, Kebun Buah, dan Kebun Binatang. Ada juga fasilitas lain yang bisa kalian manfaatkan seperti Rumah Kayu, Villa, Dorm, Sepeda Air, Kolam Renang dll yang pastinya tidak gratis.

Terdapat juga fasilitas tempat makan berupa resto dengan beragam menu, yang siap mengenyangkan perut kalian. Menu-menu yang disajikan di resto Giri Tirta Kahuripan ini mulai dari makanan khas Indonesia sampai menu makanan khas Eropa.

Selain tempat makan, disini para pengunjung juga disediakan tempat penginapan dengan berbagai jenis. Diantaranya ada 4 jenis penginapan yang di tawarkan seperti, Villa Cottages, Wooding House, Barak, dan Dormitory.

Ada Apa Aja Di Wisata Giri Tirta Kahuripan

Ada berbagai macam destinasi kegiatan wisata menarik yang dapat kalian lakukan dan nikmati di Giri Tirta Kahuripan ini. Berikut ini bebarapa daya tarik wisata yang dapat kalian jadikan referensi berlibur disini:

1. Skypool

giri tirta kahuripan purwakarta traveloka

Skypool merupakan wahana kolam renang yang berada di atas bukit dengan ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. Wahana ini merupakan salah satu wahana yang paling terkenal dan paling banyak diminati oleh pengunjung wisata.

Di kolam renang ini, kalian dapat menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian sambil berenang dan bermain air bersama teman dan keluarga. Dengan pemandangan awan, pemandangan bukit, dan pemandangan air kolam seperti air pegunungan.

Disini terdapat beberapa kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Mulai dari 60 cm, 120 cm, sampai yang paling dalam 240 cm. Jika kalian tertarik dengan wahana Skypool ini, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000 sampai Rp. 60.000 per orang.

Kunjungi Juga: Gunung Pancar, Camping Seru Di Taman Wisata Eksotis Bogor

2. Sepeda Air

giri tirta kahuripan traveloka

Sepeda air merupakan wahana sepeda apung wisata Giri Tirta Kahuripan yang berada di atas danau. Dengan pemandangan ikan besar Arapaima khas dari sungai Amazon. Yang membuat liburan kalian menjadi seru dan berkesan.

Terdapat beberapa pilihan sepeda air yang dapat kalian sewa. Ada sepeda air untuk berdua, dan ada juga sepeda air yang di gunakan sendiri. Selain sehat dengan mengayuh sepeda, kalian juga dapat melihat pemandangan danau.

Dengan harga sewa mulai dari Rp. 15.000 an, kalian bisa menyewa sepeda air bersama teman atau pasangan. Cukup terjangkau untuk bisa berkeliling wisata di atas danau dengan pemandangan ikan Arapaima.

3. Mini Zoo

 giri tirta kahuripan kolam renang

Tempat wisata Giri Tirta Kahuripan juga terdapat tempat untuk edukasi anak-anak. Di kebun binatang ini terdapat beberapa satwa yang lucu dan menggemaskan. Seperti Rusa, Monyet, beragam Burung, dan masih banyak binatang lain disini.

Disini juga kalian bisa melihat kolam ikan yang dipenuhi oleh banyak jenis ikan yang ada. Diantaranya ada kolam untuk penangkaran Buaya, Ikan air tawar, dan ikan Arapaima.

Ada juga pembimbing dan penjaga kebun binatang di kebun binatang ini. Kalian bisa bertanya tentang satwa yang ada. Dan yang paling penting sangat aman untuk anak-anak.

4. Outbound

giri tirta kahuripan air panas

Di wisata ini kalian bisa menikmati wahana permainan, seperti menyewa ATV, Flying Fox, atau Jembatan Goyang. Selain seru dan menyenangkan, bermain disini juga memacu adreanaline kalian.

Atau jika kalian hobi memancing, disini juga disediakan wahana untuk kalian yang suka berburu ikan. Dengan area kolam yang cukup luas, kalian tentu akan sangat nyaman jika memancing disini.

Ada juga wahana Jembatan Goyang yang juga patut kalian coba. Saat langkah kalian berada di Jembatan Goyang ini, maka Jembatan Goyang akan bergoyang dengan sendirinya. Dengan panjang 100 meter, dan bergoyang saat dilewati, akan menambah keseruan wisata kalian disini.

Baca Juga: 10 Wahana Menarik di The Jungle Bogor yang Paling Hits dan Kekinian

5. Tanaman Bunga

giri tirta kahuripan subang

Disini kalian juga akan menemui berbagai jenis bunga, terutama bungan Anggrek. Terdapat banyak jenis bungan Anggrek yang sangat indah.

Budidaya bunga Anggrek juga ada disini. Jadi kalian bisa melihat bagaimana cara membudidayakan dan merawat Anggrek yang baik dan benar. Akan tetapi kalian hanya bisa melihat pemandangan bunga Anggrek dari jauh ya, karena bunga sangat di jaga dengan baik.

Sangat mengedukasi bukan? Selain indah juga kalian akan mendapat pengetahuan tambahan. Jadi segera datang ke wisata Giri Tirta Kahuripan untuk menikmati pemangan indah ini!

Hotel Dekat Giri Tirta Kahuripan

1. Tea Garden Resort Bandung

 giri tirta kahuripan tiket masuk

Hotel tersebut beralamat di Dusun Cigeurenug, Desa Cicadas, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Suban-Wanayasa, Bandung. Dengan jarak ke lokasi wisata Giri Tirta Kahuripan sekitar 15 Km saja.

Dengan fasilitas seperti, Parkir, Sarapan, Kolam Renang, Menunggang Kuda, Lapangan Golf, serta Taman Bermain Anak-anak juga bisa kalian dapatkan di hotel ini.

2. Harper Purwakarta

giri tirta kahuripan taringgul

Ada juga hotel yang beralamat di Jl. Raya Bungursari no. 122, Purwakarta ini. Yang berjarak ke lokasi wisata Giri Tirta Kahuripan sekitar 18,3 Km.

Yang menawarkan fasilitas utama seperti, Parkir, Kolam Renang, Sarapan Gratis, Pusat Kebugaran, Internet, serta Taman Anak-anak. Dan dari semua fasitas tersebut bisa kalian dapatkan secara gratis.

Lihat Juga: 12 Wahana Farmhouse Lembang Bandung, Tiket Masuk, Peta Lokasi

3. Lembang Asri

giri tirta kahuripan purwakarta

Hotel berikutnya terletak di Km 4 Jl. Kolonel Masturi-Lembang, Bandung. Dengan jarak ke lokasi wisata sekitar 19,4 Km saja.

Dengan menawarkan fasilitas seperti, Parkir Gratis, Kolam Renang, Lapangan Tenis, Tenis Meja, Internet, dan Kedai Kopi bisa kalian nikmati disini.

4. Hotel Bumi Makmur Indah Lembang

Hotel Bumi Makmur Indah Lembang

Hotel selanjutnya ini terletak di Jl. Raya Lembang 224, Bandung. Yang berjarak kurang lebih 21,8 Km dari lokasi wisata Giri Tirta Kahuripan.

Mempunyai fasilitas utama seperti, Area Parkir, Internet Gratis, Resepsionis dan Keamanan 24 Jam, Layanan Dry Cleaner, Layanan Cuci Pakaian, dan Taman Bermain Anak-anak yang bisa kalian manfaatkan di hotel ini.

5. Green Forest Resort

resort giri tirta kahuripan agoda

Hotel ke 5 ini terletak di Jl. Sersan Bajuri No. 102 Parongpong-Cihideung, Bandung. Yang berjarak dari lokasi wisata sekitar 22,1 Km.

Fasilitas yang akan kalian dapatkan jika menginap disini antara lain, Parkir, Internet, Sarapan, Lintas Alam, Arena Memanah, Taman Anak-anak, dan Kolam Renang bisa membuat kalian nyaman dan betah di tempat ini.

Simak Review: 17 Spot Dago Dream Park yang Menarik & Instagramable

Dari sekian informasi di atas bisa dipastikan bahwa wisata Giri Tirta Kahuripan tersebut sangat layak untuk kalian para wisatawan kunjungi. Daya tariknya membuat acara liburan kalian akan lebih menyenangkan dan seru.

Sekian pembahasan tentang resort Giri Tirta Kahuripan ini. Semoga bermanfaat untuk kalian dan selamat bersenang-senang. Terima kasih!

Danau Tempe

Jessica Susanti
5 min read

Curug Cimahi

Jessica Susanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *