Glamping Lakeside

6 min read

glamping lakeside bandung

Bandung memang selalu punya kejutan. Bagi kalian yang ingin berkemah tapi tidak mau repot membangun tenda kalian wajib datang ke Bandung Selatan. Kawasan wisata Bandung Selatan kini punya ikon wisata baru, namanya Glamping Lakeside Rancabali.

Glamping Lakeside ini menawarkan konsep kemah dengan di kawasan taman bermain alami. Bagi kalian yang bosan dengan taman bermain buatan dan kebetulan anak pecinta alam, Glamping Lakeside ini cocok banget. Kalian bisa berkemah dengan fasilitas mewah dan alam yang asri.

Berbagai tenda perkemahan permanen dibangun di atas perkebunan teh dan tepi danau. Hal ini yang membuat Glamping Lakeside sangat cocok untuk disinggahi. Apagi bagi kalian yang ingin beristirahat sejenak dari kesibukan kota.

Bermain di alam terbuka dengan pemandangan hijau sejauh mata menadang, dijamin akan membuat otak kembali segar. Glamping Lakeside ini adalah solusi terbaik berkemah, praktis, dan menawan. Tidak perlu menunggu lama, langsung datang dan pesan salah satu tenda di Glamping Lakeside.

Lokasi Glamping Lakeside

Glamping Lakeside ini berada di Ciwidey, Bandung. Tepatnya di Jalan Situ Patenggan, Patenggan, Rancabali, Kabupaten Bandung Selatan. Seperti namanya, Kawasan Glamping Lakeside ini pas banget disamping Situ Patenggan.

Kalau kalian pernah ke Situ Patenggan, dulu ada kawasan yang namanya Batu Cinta. Untuk ke sana harus menyewa perahu sampan gitu. Nah kawasan Batu Cinta itu sekarang juga sudah dikelola oleh Glamping Lakeside, jadi harga perahunya sudah tidak seenak jidat lagi.

Jalan Menuju Glamping Lakeside

Kalau mau ke sana, cukup mudah. Akses jalannya bagus dan bisa kalian temukan di Google Maps. Tapi kalau masih bingung, kalian bisa menggunakan rute yang sama untuk pergi ke Situ Patenggan atau Kawah Putih.

Kalian bisa juga pergi lewat Jalan Kopo – Soreang – Ciwidey – Rancabali – sampilah di Glamping Lakeside. Nah, untuk akses ke Kopo, kalian bisa melalui Leuwi Panjang atau Gerbang Tol Kopo. Cukup mudah kan.

Lama perjalanan ke sana sekitar 2 Jam dari Kota Bandung. Tapi itu tergantung kondisi lalu lintas. Biasanya di Kopo dan Rancaabali akan sedikit macet jika libur panjang, jadi waktu tempuh akan lebih dari 2 jam.

Harga Tiket Masuk Glamping Lakeside Rancabali

Boleh dibilang dengan pemandangan alam yang menakjubkan, Glamping Lakeside tergolong tempat wisata yang cukup bersaing. Dengan merogoh kocek sebesar 20.000 rupiah kamu bisa masuk ke kawasan ini. Harga tersebut belum termasuk masuk ke tempat lain seperti taman atau jembatan ya.

Masing-masing tempat memiliki harga tiket yang berbeda-beda. Tergantung dari fasilitas yang ada di dalam tempat tersebut. Namun, kisaraan harga teketnya hanya pada nominal 15.000 – 25.000 rupiah saja.

Biar bisa mempersiapkan estimasi uang yang kalian bawa, nih mimin kasih deh daftar harga dari setiap tempat di dalam Kawasan Glamping Lakeside:

1. Tiket Masuk / Gerbang Utama Rp. 20.000
2. Teras Bintang Rp. 25.000
3. Taman Kelinci Rp. 15.000
4. Taman Angsa Rp. 15.000
5. Jembatan Pinisi Rp. 15.000
6. Jembatan Danau Rp. 15.000
7. Strawbery Farm Rp. 15.000
8. Tea Plantation Rp. 15.000
9. Patenggan Lakeside Rp. 20.000
10. Batu Cinta Rp. 10.000
11. Kawah Rengganis Rp. 20.000
12. Mandi Lumpur Rp. 10.000
13. Perahu Keliling Danau Rp. 35.000/orang
14. Kano Rp. 20.000
15. Golesat Sircuit Rp. 50.000

Jam Buka

Glamping Lakeside ini buka selama 24 jam. Tapi kalau kalian mau pergi ke taman atau tempat lain di dalam Kawasan Glamping Lakeside, usahakan datang ke sana sebelum jam 5 sore. Karena setelah jam 5 sore biasanya petugas karcis sudah tidak ada.

Fasilitas Glamping Lakeside

Fasilitas Glamping Lakeside boleh dikatakan cukup lengkap. Mulai dari masuk, kalian akan disuguhi dengan parkiran yang cukup luas. Kemudian, di dalamnya ada banyak toilet dan tempat duduk. Ada juga musholah bagi yang ingin beribadah.

Nah, kalau lapar atau haus tidak usah risau, banyak spot makanan dan minuman yang ada di dalam kawasan, jadi tidak harus beli di Pinisi Resto. Bagi yang ingin berburu cinderamata khas Bandung juga ada di sana. Lengkap lah pokoknya.

Daya Tarik Wisata Glamping Lakeside

Namanya juga Glamping Lakeside, jadi daya tarik utamanya pasti ada di tenda penginapan yang ada di tepi danau. Bentang alam yang disajikan saat kita membuka tenda memiliki daya tarik alami yang memikat mata. Kapan lagi gitu kan, bisa kemah anti ribet dengan pemandangan sebagus itu.

Tapi, selain tempat kemah, ada beberapa spot menarik yang juga sayang banget untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pinisi Resto

 glamping lakeside ciwidey

Satu yang paling terkenal dari Glamping Lakeside ini adalah Pinisi Resto. Kapal Pinisi terdampar ditepi Situ Patenggan ini selalu jadi primadona. Dimana lagi kalian bisa melihat Kapal Pinisi di tepi danau kalau bukan di Glamping Lakedise.

Tidak Cuma bisa melihat, karena namanya resto, Kapal Pinisi ini juga menyediakan berbagai hidangan untuk perut kosong kamu. Di atas pinisi ini kalian bisa makan malam glamour nan romantis ditemani pemandangan alam yang menawan.

Saat malam datang, tidak hanya pemandangan hijau yang menghiasi mata. Gemerlap lampu kuning yang indah akan menambah keindahan Pinisi Resto ini. Sungguh pengalaman yang luar biasa pastinya. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan moment indah tersebut dengan berfoto.

2. Jembatan Pinisi

glamping lakeside situ patenggang

Sebelum memasuki Pinisi Resto, kalian harus melewati jembatan gantung terlebih dahulu. Sebenarnya jembatan ini, sama seperti jembatan pada umumnya. Tapi, pemandangan alam ditambah Kapal Pinisi sebagai latar adalah hal yang tidak biasa.

Jembatan ini juga tidak kalah populer dari Pinisi Restonya. Di atas jembatan ini banyak orang datang hanya untuk sekedar berfoto. Tidak hanya itu, beberapa pasangan juga biasanya terlihat melakukan foto pra-weding di atas Jembatan Pinisi ini.

Saat sore pemandangan hijau dan detail tali jembatan akan menjadi latar yang alami. Saat malam hari, kamu bisa berfoto dengan gemerlap lampu yang menghiasi jembatan. Jadi, kapanpun kalian berfoto, pemandangan Jembatan Pinisi ini akan selalu bagus.

Baca Juga: 5 Keseruan Bermain di De Ranch Lembang (Unik dan Edukatif)

3. Teras Bintang

 glamping lakeside rancabali harga

Bosan dengan pemandangan alam yang hijau? Tenang, kalian bisa pergi ke Teras Bintang untuk melihat gemerlap cahaya alami di langit. Tidak perlu jauh-jauh, Glamping Lakeside punya Teras Bintang yang bisa memanjakan mata kalian.

Teras Bintang di Glamping Lakeside ini adalah tempat baru. Area terbuka ini baru dibuka pada 2017 lalu dan sudah ramai dikunjungi. Teras yang berada di atas ketinggian ini menawarkan pemandangan skyfull of stars 180 derajat penuh.

Dari Teras Bintang ini kalian bisa melihat ribuan tabur bintang di langit malam. Tabur bintang di langit ini bisa menjadi pemandangan galaksi yang luar biasa. Tapi, bagi yang tidak suka bintang, kalian juga bisa berburu keindahan sunrise dan sunset di pagi dan sore hari.

4. Taman Kelinci

glamping lakeside rancabali bandung

Glamping Lakeside tidak hanya menyediakan tempat sebagai objek foto saja. Ada juga taman yang bisa digunakan untuk bermain bersama si kecil. Salah satunya adalah Taman Kelinci.
Taman Kelinci di Glamping Lakeside menyediakan banyak kelinci yang bersahabat.

Taman Kelinci ini bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak. Mereka bisa belajar berinteraksi dengan kelinci. Sedangkan kamu bisa beristirahat ataupun ikut bermain dengan kelinci-kelinci lucu disini.

Selain itu, mereka juga bisa memberi makan dan bermaian bersama Kelinci langsung di habitat kelinci. Taman Kelinci Glamping Lakeside ini sangat ramah anak, aman, dan murah. Kalian cukup membayar 15.000 rupiah saja untuk bisa bermain dengan kelinci.

5. Perahu Keliling Danau

glamping lakeside ciwidey bandung

Setelah lelah berjalan ke sana ke mari, kalian harus istirahat dong pastinya. Nah, istirahat asik yang ditawarkan oleh Glamping Lakeside adalah dengan duduk di atas perahu. Tidak hanya duduk saja, tapi kalian akan diajak berkeliling danau.

Menjelajah setiap lekuk danau yang indah bisa menjadi sarana melepas lelah. Duduk santai dibalut dalam segarnya udara danau akan menyegarkan pikiran. Ditambah, tenangnya air danau yang akan ketenangan dan menyerap lelah kalian.

Perjalanan menyusuri danau bisa menjadi pilihan terbaik untuk menutup perjalanan di Glamping Lakedise. Nikmati pemandangan alam yang lain daripada yang lain dari atas permukaan air danau dan rasakan sensasinya. Dijamin kalian akan kembali lagi.

Lihat Juga: The Lodge Maribaya, Spot Foto Ala Eropa di Bandung

Hotel dan Penginapan Dekat Glamping Lakeside

Namanya juga Glamping, pasti punya tempat menginap juga dong. Di Glamping Lakeside ini ada beberapa pilihan tenda yang bisa kaliana sewa untuk meninap. Di antaranya ada:

1. Sayang Heulang Resort

glamping lakeside adalah

Tipe tenda penginapan ini bisa dibilang junior suite-nya Glamping Lakeside yang cocok untuk satu keluarga. Berada di uphill perkebunan teh, penginapan ini memiliki pemandangan danau yang hijau segar. Ketika bangun di pagi hari suasana indah akan menemani liburan keluarga.

2. Lakeside Tent Resort

glamping lakeside rancabali dimana

Namanya juga Lakeside Tent Resort, pastinya tenda penginapan ini berada di tepi danau. Tenda tipe yang satu ini cocok bagi yang suka mengadakan malam kebersamaan. Kalian bisa menggunakan halaman yang luas untuk bebakaran atau sekedar bersuka ria menutup malam.

3. Family Tent Resort

glamping lakeside rancabali

Berada di perkebunan teh, tenda penginapan ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Hamaparan perkebunan teh akan terlihat sejauh mata memandang. Tidak hanya itu, tenda penginapan ini juga langsung menghadap ke danau sebagai latar utama pemandangan.

4. Keong Tent

glamping lakeside at serafino

Nah, kalau kalian ingin merasakan sensasi seungguhnya dari berkemah, mungkin kalian bisa mencoba bermalam di Keong Tent. Tipe penginapan ini cocok banget untuk travelers yang suka petualangan. Dijamin nyaman dan menenanagkan.

Simak Review: DeVoyage Bogor Taman wisata ala kampung eropa

Tempat Wisata Dekat Glamping Lakeside

1. Situ Patenggang

glamping lakeside rancabali agoda

Bagi yang sejenak ingin melupakan hiruk pikuk kota, kalian bisa berkunjung ke Situ Patengger di Bandung Selatang. Situ dalam bahasa Sunda adalah Danau. Situ Patengger merupakan danau luas dengan pemandangan hijau asri sejauh mata memandang.

Situ Patenggan berada di dataran tinggi Bandung Selatan. Danau ini dikelilingi oleh Perkebunan Teh Rancabali yang membuat kawasan ini semakin sejuk. Mulanya Situ Patengan ini merupakan kawasan taman nasional, namun pada tahun 1981 menjadi kawasan wisata.

2. Kawah Putih

alamat glamping lakeside rancabali

Destinasi yang satu ini sudah terkenal, bahkan sudah banyak dijadikan sebagai tempat syuting film Indonesia. Kawah putih merupakan tempat wisata Bandung yang paling terkenal. Keindahannya tentu tidak perlu diragukan lagi.

Kawah putih berada di kawasan pegunungan Bandung Selatan. Kawah ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Warna putih yang didapat dari danau tersebut adalah hasil perpaduan dari belerang yang ada di dasar kawah.

Selain kawahnya yang berwarna putih, air danau di kawah ini juga menghasilkan warna hijau tosca yang cantik. Warna tersebut didapat dari perpaduan warna belerang putih dan air danau. Perpaduan semua itu menciptakan perpaduan pemandangan yang laur biasa menarik.

3. Happy Farm Ciwidey

alamat glamping lakeside

Selain wisata alam dengan pemandangan ciamik, Bandung juga menawarkan berbagai wisata edukatif. Salah satunya adalah The Farm Ciwidey. Wisata edukatif yang akan mendekatkan diri dengan alam dan hewan.

Memiliki konsep yang sama dengan Lembang Bandung, The Farm Ciwidey adalah bentuk kecil dari wisata berkebun. Kalian bisa menemukan berbagai perkebunan dan peternakan lengkap dengan pemandu di dalamnya. jadi kamu bisa berinteraksi dengan beberapa hewan di sana.

Uniknya, saat berkunjung ke The Farm Ciwidey ini bisa dikatakan kalian tidak perlu membayar tiket masuk. Sebab saat membayar tiket sebesar 20.000 rupiah, kalian bisa menukarkan tiket menjadi susu segar di peternakan sapi. Wah hati senang perut kenyang ya.

Kunjungi Juga: 8 Wisata Menarik Di Curug Cilember (Pesona Alam Bogor)

Bandung mempunyai sejuta destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang baru dan wajib dikunjungi adalah Glamping Lakeside Rancabali. Sebuah tempat wisata Bandung yang menawarkan sensasi unik untuk berkemah.

Selain banyak spot yang bisa dikunjungi, Glamping Lakeside juga punya hotel atau penginapan terdekat dengan harga yang terjangkau. Harga tiket masuk Glamping Lakeside ini juga terjangkau bagi semua kalangan. Rasakan sensasi liburan di Bandung yang lain daripada yang lain.

Gembira Loka

Jessica Susanti
10 min read

Giri Tirta Kahuripan

Jessica Susanti
5 min read

Danau Tempe

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *