Goa Gajah

5 min read

goa gajah bali

Banyak cerita dan keunikan dari negara Indonesia kita tercinta ini, yang dapat kita pelajari dan dalami untuk mengambil makna dari peradaban nenek moyang. Salah satunya adalah tempat sejarah sekaligus tempat wisata Goa Gajah.

Tempat yang kaya akan budaya tersebut selalu menawarkan hal menarik dan pemandangan yang tidak pernah ada habisnya untuk ditelusuri. Alhasil daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara tidak pernah surut dan selalu padat dengan pengungunjung.

Bagi kalian yang sedang atau sudah berkunjung di Bali tapi masih bingung tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ditempat bersejarah tersebut sebagai dari list perjalanan Objek wisata kalian.

Sejarah

Goa Gajah sendiri diperkirakan sudah ada sejak 10 sampai 11 masehi yang lalu, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Warmadewa. Goa ini sendiri adalah tempat suci umat Hindu yang digunakan untuk ritual ibadah kepercayaan masyarakat sepetempat saat itu.

Dan pada tahun 1923, seorang pejabat Hindia Belanda yaitu L.C. Heyting melaporkan penelitiannya dengan menemukan tiga patung, yaitu Patung Trilingga, Arca Ganesa, dan Patung Hariti. Kemudian pada tahun 1925, dilakukan penelitian lanjutan oleh Dr. W.F. Stutterhiem.

Sampai pada tahun 1950, J.L Krijgman bersama pemerintah negara mulai melakukan penelitian lanjutan lagi. Hingga pada tahun 1954 sampai 1979 mulailah dilakukan beberapa penggalian situs.

Beberapa penemuan dari hasil penggalian tersebut antara lain kolam kuno pemandian suci atau petirtaan dengan enam buah patung berbentuk perempuan. Sampai saat ini penemuan tersebut masih digunakan sebagai ritual dari masyarakat setempat dengan keyakinan yang beragam.

Lokasi

Lokasi Goa Gajah sendiri terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Jika kalian sedang berada di sekitar Denpasar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Goa tersebut yang hanya sekitar 26 Kilometer saja.

Untuk yang berada di sekitar Kuta juga bisa berkunjung ke Goa tersebut, dengan perkiraan jarak tempuh 40 Kilometeran dari Goa. Atau mungkin jika kebetulan kalian berada di sekitar Ubud, akan sangat dengan dengan wisata Goa karena hanya berjarak sekitar 5 Kilometer saja.

Akses bagi wisatawan yang berkunjung juga tidak terlalu menyulitkan, karena berada di jalur utama Denpasar-Tampaksiring. Lokasi Goa lebih tepatnya berada di aliran sungai Petanu dan merupakan pertemuan dari sungai kecil di kawasan tersebut dengan posisi ditepi jurang.

Rute

Jika kalian kebetulan berada di Denpasar dan berniat menggunakan transportasi umum mungkin akan memelurkan pergantian kendaraan di karenakan belum terdapat transportasi yang langsung dari Denpasar. Akan lebih baik jika kalian berniat mengunjungi Goa maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk sarana perjalanan, seperti motor, mobil, atau yang lainnya.

Waktu perjalana sekitar 55 menit sampai 1 jam jika kalian perjalanan dari Denpasar ke lokasi Goa. Itu adalah estimasi waktu jika kalian melewati Jl. WR Supratman.

Atau jika kalian berada di Ubud, memakan waktu sekitar 20 menit untuk menuju wisata Goa dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau yang lainnya. Kalian bisa melewati Jl. Raya Ubud, dan kemudian dilanjutkan ke Jl. Cok Gede Rai atau Jl. Raya Goa Gajah to Bedudu.

Tike Masuk

Bagi pengunjung Goa Gajah dibebankan harga tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung sebesar 15.000 – 30.000 per orang yang dibayarkan ke loket pintu masuk Pure. Dengan tambahan biaya parkir 5.000 jika menggunakan mobil, dan 3.000 jika kalian menggunakan motor.

Jam Buka

Jika kalian ingin berkunjung ke Goa Gajah tidak perlu khawatir jam buka, dikarenakan wisata Goa dibuka mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 16.00 untuk wisatawan. Akan tetapi masih aktif selama 24 jam, dikarenakan lokasi masih difugsikan oleh masyarakat sebagai tempat ibadah suci.

Fasilitas

  • Tempat Parkir

Jika kalian ingin berkunjung ke Goa Gajah kini sudah terdapat fasilitas eParkir yang difungsikan bagi wisatawan. Kalian hanya perlu melakukan pembayaran non-tunai parkir hanya menggunakan handphone saja untuk menggunakan fasilitas ini.

  • Penginapan

goa gajah ubud bali

Ada banyak penginapan yang ditawarkan di sekitar Ubud bagi kalian para pengunjung yang ingin lebih lama berwisata ke Goa Gajah. Salah satunya Homestay maupun Hotel di Jl. Sawah Indah, Gg Diuma, Tegas Peliatan, Ubud.

  • Toko Souvenir

goa gajah mangunan

Tentu jika kalian para pengunjung yang ingin berbelanja oleh-oleh khas bali bisa memanfaatkan toko-toko yang menjual beraneka ragam jenis jajanan khas Bali dan beberapa diantaranya adalah di Jl. Goa Gajah, Banjar Teges, Peliatan, Ubud.

Simak Review: Pantai Gunung Payung, wisata tersembunyi dengan 7 pesonanya

  • Spot Foto

goa gajah entrance fee

Ada banyak objek foto yang bisa kalian manfaatkan untuk berfotoria disana sebagai kenang-kenangan wisata di Goa Gajah diantaranya, Pancuran Air Dada 6 Wanita, Kolam Pemandian Sakral, Komplek Tukat Pangkung, dan masih banyak lokasi sekitar yang bisa kalian jadikan objek berfotoria.

Ada bebarapa peninggalan artefak yang sayang jika kalian lewatkan jika berkunjung ke Goa Gajah. Antara lain di bagian utara komplek warisan Hindu-Shivaism, terdapat beberapa peninggalan diantaranya adalah:

  • Arca Ganesha

goa gajah temple

Peninggalan arca ini diperkirakan sudah sekitar akhir abad ke-12 sampai abad ke-13 dari masa Bali kuno. Salah satu keunikan dari arca ini adalah posisi arca Ganesha yang sedang menggendong Lingga yang sedang duduk di padma ganda dengan mahkola gelungan yang belum ada di tempat lain.

  • Patung Trilingga

goa gajah adalah

Dalam bahasa Hindu kuno Lingga merupakan kekuatan dan kekuasaan. Dan Trilingga sendiri mempunyai arti bahwa terdapat tiga kekuasaan dan tiga kekuatan yang berada pada satu tempat yang sama, yang di kelilingi oleh delapan lingga yang berada disekitarnya.

Tri Lingga sendiri dalam konsep tri murti agama Hindu merupakan sosok dewa Siwa yang merupakan dewa Pelebur. Jadi Tri Lingga itu adalah perwujudan dewa Siwa didalam kepercayaan agama Hindu kuno.

  • Patung Air Mancur Widyadara – Widyadari

Ada lagi bagian dari Goa Gajah yang tidak kalah menariknya yait Patung Air Mancur. Patung-patung ini berada pada petirtaan suci, dengan tujuh patung Widyadara dan Widyadari. Dalam kepercayaan agama Hindu, patung-patung tersebut adalah simbol dari malaikat pemberi kemakmuran.

Masyakat Hindu juga percaya bahwa air pancuran itu merupakan ketujuh sungai kecil di India yang merupakan tempat kelahiran agama Hindu. Dan sampai saat ini pancuran air suci tersebut masih difungsikan untuk ritual ibadah keagamaan.

Asyiknya Liburan di: Danau Tamblingan, Surga Kecil di Dekat Danau Bedugul

  • Arca Men Brayut / Ratu Brayut (Patung Dewi Hariti)

goa gajah admission

Dari beberapa ajaran agama Budha diceritakan bahwa Patung Dewi Hariti merupakan istri dari Dewa Kuwera yang memiliki sifat jahat dengan memangsa banyak anak-anak. Akan tetapi sang Dewi kemudian menjadi pelindung dan penyayang anak-anak setelah bertobat dan diterima oleh Budha.

  • Arca Buddha (Dhyani Budha)

Simbol dari agama Budha ini terletak di bagian selatan dari Goa Gajah. Para pengunjung juga akan melihat posisi dari arca ini dengan meditasi tapa. Dilokasi yang sama juga bisa kalian temukan patung berjajar yang merupajan simbol dari kejayaan Budha di tanah Bali.

Di bagian selatan dari Goa Gajah yang juga terdapat peninggalan artefak. Disana kalian akan menemukan patung dan kuil diantaranya:

  • Tiga Belas Stupa Budha Berjenjang

Catra ini disebut juga sebagai salah satu dari simbol kejayaan dan keemasan Budha di tanah Bali. Yang dibuat sekitar 10 abad yang lalu atau sekitar tahun 913, bersamaan dengan prasasti Blanjong. Akan tetapi kondisi saat ini dari peninggalan ini tidak lagi lengkap dikarenakan bencara tahun 1917.

  • Kuil Petapan Ratu Buddha

Kuil yang juga terletak dibagian selatan ini diperkirakan sudah ada sekitar abad ke-9 sampai 10 masehi. Dan menjadi salah satu bukti penyebaran agama Budha di tanah Bali saat itu. Lokasi dari kuil ini sendiri terletak di atas sungai Petanu (Tukad Pangkung).

Wisata Dekat Goa Gajah

Para pengunjung juga tidak akan bosan dengan satu Objek Wisata yang ditawarkan karena ada

banyak destinasi wisata yang ada disekitat Goa Gajah.

Pura Samuan

goa gajah address

Pura Samuan Tiga adalah salah satu destinasi wisata yang hanya berjarak 800 meter saja dari Goa

Gajah di desa Bedudu. Beberapa peninggalan Artefak juga patut kalian nikmati jika berkunjung

kesana.

Rekomendasi Untukmu: Danau Batur, Wisata Kaldera Terindah Unggulan Kintamani

Museum Gedong Arca

about goa gajah

Museum Gedong Arca adalah tempat selanjutnya yang ada di sekitar desa Bedudu, yang hanya

berjarak sekitar 950 meter saja dari Goa Gajah. Sangat cocok untuk para pecinta wisata sejarah ya.

Yeh Pulu

artikel goa gajah

Yeh Pulu, juga tempat wisata yang ada disekitar desa Bedudu yang hanya berjarak 1,4 Kilometer dari

Goa Gajah. Yeh Pulu sendiri adalah wisata cagar budaya nasional yang berupa relief bersejarah.

Disini ada banyak sekali batu cadas dengan pahatan-pahatan dinding yang menggambarkan

kehidupan kerajaan Bali kuno masa itu.

Goa Garba

alamat goa gajah bali

Goa Garba juga merupakan tempat wisata lain yang ada disekitar desa Bedudu dengan jarak 3,6

Kilometer dari wisata Goa Gajah. Beralamat di Dusun Sawegunung, Desa Pejeng, Kecamatan

Tempaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Disini para para pengunjung akan melihat bekas telapak kaki

manusia yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai telapak kaki Kebo Iwa.

Jelajahi Juga: Pantai Suluban alias Blue Point Beach, Surga Surfing dan Sunset!

Jadi, banyak sekali Objek wisata yang didapatkan oleh pengunjung jika mengunjungi tempat wisata Goa Gajah tersebut. Sangat cocok jika dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk berlibur kalian.

Dan selain bersantai menikmati wisata, kalian juga akan banyak sekali mendapatkan informasi sejarah dari beberapa peninggalan disana.

Baiklah itu tadi beberapa informasi yang harus kalian ketahui jika hendak berkunjung ke Goa Gajah di desa Bedudu, Gianyar. Semoga dengan informasi diatas dapat membantu para pengunjung dalam mengulik beberapa hal menarik yang ada di balik banyaknya wisata Bali.

Sekian semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Batu Secret Zoo

Jessica Susanti
7 min read

Goa Pindul

Jessica Susanti
6 min read

Gunung Pancar

Jessica Susanti
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *