Grafika Cikole

7 min read

grafika cikole lembang

Bosen dengan hiruk pikuk perkotaan, mau ngadem? Gak melulu dengan shopping dan ngemall kok, Sobat travel bisa coba wisata keren di Bandung satu ini nih yaitu Terminal wisata Grafika Cikole.

Suasana asri khas pegunungan, jauh dari kebisingan, ditemani suara jangkrik bak dihutan sungguhan. Wisata yang sedang hits Lembang 2020 ini mengusung konsep penginapan, wisata dan kuliner yang enggak biasa, kira – kira seperti apa ya?

Terminal Grafika Cikole

Pada masa awal pendirian wisata ini, Grafika Cikole didirikan hanya untuk penginapan dan restoran. Namun seiring berjalannya waktu wisata ini juga diperbaharui dan ditambah fasilitasnya seperti paket wisata.

Terminal Wisata terpadu ini berada di ketinggian 1.400 mdpl yang dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang luas.

Suhu di Cikole ini sekitar 20 derajat celcius bahkan bisa sampai 5 derajat celcius, jadi udah dipastiin tempat ini punya udara yang sejuk, apalagi kalau malam hari beuh dingin banget sob!

Dengan area perbukitan seluas 9 hektar adanya penginapan unik, fasilitas outbond beserta restoran yang super kece abis membuat banyak wisatawan baik domestik hingga mancanegara senang berkunjung kesini.

Sobat yang mau berkunjung, nih ada infomasi buat kalian. Disimak baik-baik ya!

Lokasi

Terminal Wisata Grafika Cikole beralamat di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Untuk informasi nih, nama Grafika Cikole ini diambil dari nama desa yang berada di sini yaitu Desa Cikole, Lembang.

Rute

Untuk tiba di wisata ini, tentu saja sangat mudah untuk dijangkau karena akses jalan yang mendukung, selain itu wisata ini berada di jalur wisata yang menuju ke arah Tangkuban Perahu, jadi banyak papan petunjuk jalan yang bisa diikuti ya sob!

Sobat travel yang membawa kendaraan pribadi bisa mengikuti rute Lembang atau Gunung Tangkuban Perahu.

Dari Bandung kota, bisa melalui Jl. Dago Giri atau Jl. Tangkuban Perahu Raya.

Sedangkan kalian yang menggunakan kendaraan umum juga bisa kok, dari Lapangan Gasibu, naik bus jurusan Ciroyom – Lembang dengan waktu tempuh selama kurang lebih 43 menit.

Selain itu, bisa juga menaiki bus di Pasar Baru Trade Center yaitu jurusan St. Hall – Lembang sekitar 30 menit, sobat sudah bisa sampai diwisata ini.

Tiket masuk

Sobat travel yang ingin berwisata ke wisata keren ini tidak perlu khawatir mahal.

Harga tiket masuk ke Terminal Wisata Grafika Cikole dipatok seharga Rp 15.000 per orang, tapi kalian bisa lebih hemat lagi kalau datang berkelompok dan ambil tiket paket wisata.

Jika ingin mencoba berbagai fasilitas lain yang menyenangkan, seperti outbound, ATV, sobat harus bayar biaya tambahan ya!

Harga penginapan disini cukup variatif mulai dari Rp 400.000 hingga 1.400.000 per malam.

Sedangkan harga paket wisata berupa outbond mulai dari Rp 50.000 – Rp 125.000 per orang.

Jam Buka

Jam operasional kawasan ini setiap hari mulai pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 18.00 wib, tapi kalau mau nyobain nginep disini, bisa datang malam kok sob!

Kalian bisa reservasi di penginapan jam berapapun lho, karena ada petugas yang standby dan siap menyalani kalian di lokasi wisata hingga 24 jam.

Fasilitas

Dahulu Grafika Cikole ini hanya berupa restoran dan hotel. Tapi melihat antusiasme kalian sobat, akhirnya ditambah fasilitas lain yang super kece abis!

Disini kalian bisa menikmati villa hutan pinus ala Eropa, seperti sedang berperan di film The Hobbit yaa. Udah pasti cocok banget buat berpose sob!

Fasilitas lain yang bisa kalian coba dan tak kalah keren adalah Urban Camp, Wisata Kuliner dan Outbond.

Oh iya untuk fasilitas umum yang bisa digunakan yaitu area parkir yang luas, tempat ibadah / mushola, 20 toilet umum, Jadi cocok banget kalau kalian mau ngadain acara atau ngecamp bareng disini, semuanya sudah tersedia guys.

Hotel dekat Grafika Cikole

Selain bisa menginap di wisata ini, tapi kalian juga bisa kok nginep di hotel biasa. Ada banyak hotel dekat Terminal Wisata Grafika Cikole.

Kalian pilih sesuai dengan budget dan fasilitas yang kalian mau, jadi buat sobat travel dengan budget pas pasan enggak akan kebingungan tidur dimana, ini kita rekomendasiin buat kalian!

Oyo New Bukit Kasih, Lembang berjarak hanya sekitar 5 kilometer dari wisata ini. Harga yang dipatok mulai Rp. 60.000 an aja per malamnya guys.

Rianes Family Guest House, 2,5 kilometer dari wisata ini harga mulai Rp 150.000 per malam.

Dan masih banyak lagi Guest House, Villa, Hotel and Resort hingga Hotel Bintang 5 dengan private pool dapat kalian jumpai disini,

Fasilitas Keren

Nampaknya fasilitas disini sangat banyak dan menarik untuk dicoba, Nah sebenarnya ada fasilitas keren apa aja yang bisa kalian nikmati di Terminal Wisata Grafika Cikole? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Camping Ground Grafika Cikole

grafika cikole harga

Pengen nyobain camp di hutan? Tapi takut ketemu hewan buas dan enggak mau ribet? Atau mau ngadain acara camping bareng temen-temen atau komunitas kalian?

Nah ini dia tempatnya, disini kalian bisa mencoba ngecamp diarea Camping Ground. Tempat yang menampung 1000 orang lebih ini cocok banget buat tempat nge camp kalian.

Dengan 20 toilet dan beberapa mushola yang bersih sudah pasti sangat mendukung camping kalian.

Fasilitas sewa tenda disini juga cukup murah kok, dipatok dengan harga Rp.400.000/tenda dengan kapasitas 4 orang, plus kasur,4 buah sleeping bag dan satu ikat kayu bakar.

Jadi sobat travel gak perlu ribet berat bawa peralatan camping sendiri dari rumah, apalagi beli alat camping yang harganya bikin kantong bolong, disini disediain kok!

1. Urban Camp

Tak kalah hits, disini ada fasilitas Urban Camp.

Dengan konsep Glamour Camping (Glamping) yakni camping mewah, urban camp diwisata ini paling recommended dibanding ditempat wisata lainnya. Wah perlu dicoba nih!

Kapan lagi kalian bisa ada di antara pepohonan pinus dan udara yang sejuk tapi didalam camp bak hotel berbintang. Cocok banget nih serasa nge camp di Eropa, instagramabel abis pokoknya!

Dengan fasilitas eksklusif yang akan memberikan kenyamanan buat sobat travel, ada dua bed ukuran King, ada toilet dan balkon kalian bisa menikmati suasana hutan tanpa khawatir bahaya.

Harga penginapan di Urban Camp dipatok sebesar Rp 1.400.000 per malam dengan bonus Breakfast untuk empat orang dan barbeque jagung bakar di malam hari serta olahraga jungle tracking di pagi hari.

2. Pondok Wisata Alam

 

grafika cikole hotelPenginapan ketiga yang menjadi favorit juga adalah Pondok Wisata alam.

Bagi sobat yang bosan tinggal diperkotaan dan ingin merasakan atmosfer berbeda, Pondok Wisata Alam bisa menjadi pilihan.

Berada di kaki gunung Tangkubang perahu, Disela hutan pinus dengan udara sejuk, dan hamparan rumput yang hijau, fasilitas ini menawarkan penginapan dengan atmosfer pedesaan.

Rumah ini rumah panggung ya sob, jadi suasana kekeluargaan akan terasa lebih hangat bila kita bersama keluarga tidur disini.

Interior dan eksterionya pun terbuat dari kayu, wah menambah kental suasana pedesaanya kan. Jadi kalian bisa bernostalgia mengingat masa kecil di kampung halaman.

Harga kamar disini sama sebesar Rp 1.100.000 per malam, terdiri dari 3 pilihan type tergantung fasilitasnya yaitu Tipe Pinus, Damar dan Cemara.

Kunjungi Juga: Glamping Lakeside

3. Flying Fox

grafika cikole lembang 2019

Sudah jauh-jauh datang ke Lembang untuk menikmati keindahan alam Grafika Cikole. Sayang, bukan jika tidak menyempatkan diri menikmati paket wisata yang ada? Salah satunya Oubond.

Disini kalian bisa merasakan meluncur diantara dua bukit dengan ketinggian 25 meter diatas lembah yang hijau.

Hanya cukup merogoh kocek Rp 15.000 per orang untuk 1 jalur (150 meter) atau Rp 25.000 per orang (250meter) kalian sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa memukau.

Untuk keamanan jangan khawatir guys, kalian akan dipasangkan ikat pinggang dan helm. Jangan lupa minta teman untuk rekam ekspresi kalian saat meluncur, pasti lucu deh!

Oh iya, Flying fox ini termasuk paket outbound reguler dengan aneka macam wahana permainan seperti, flying fox, turun tebing, dan wahana jembatan.

4. Jembatan Burma dan Tali Dua

grafika cikole traveloka

Jadi diwahana jembatan burma kalian akan melangkah di atas jembatan yang berupa bilah papan yang tergantung pada tali diatas ketinggian 7 meter dan kalian harus melintasi sepanjang 20 meter.

Yang serunya disini adalah bilah papan akan bergoyang setiap kalian melangkah, jadi bikin jantung dag dig dug ser. Penasaran?

Tak kalah menantang, jika tadi diatas papan, disini kalian diuji untuk melangkah diatas seutas sling kawat baja dengan pegangan hanya berupa seutas tali setinggi dada.

Keamanan kedua wahana ini tentu sangat terjaga, sesuai standar karena ditubuh pemain sudah dipasang alat pengaman dan helm.

Nah biar lebih hemat, kalian bisa beli paket terusan untuk tiketnya Rp. 50.000 per orang (include flying fox, jembatan burma&tali dua, turun tebing).

5. Turun Tebing

grafika cikole harga kamar

Pernahkah kalian mencoba olahraga panjat tebing? Hmm olahraga itu nampaknya sangat menguras tenaga yaa.

Nah kebalikannya, disini ada wahana turun tebing jadi kayak wall climbing, tapi cuma bagian turunnya aja.

Turun Tebing adalah wahana ketangkasan dengan menuruni papan landasan tegak lurus setinggi 15 meter. Lumayan tinggi juga ya sob!

Meskipun tinggi, kalian enggak usah takut karena diwahan ini tetap dilengkapi dengan pengaman yang sudah terstandar. Selain itu ada tali pengamannya berupa layer yang bisa tarik ulur jadi tetap aman walau salah pijakan.

Kalau mau coba wahana ini wajib sama wahana lainnya yaitu fliying fox, jembatan dua dan birma selain lebih hemat karna bayar all in one, sensasi yang didapat pasti lebih seru apalagi rame-rame bersama kawan tercinta.

6. Paint Ball

 grafika cikole hotel & camping

Siapa yang suka nonton film action? Apalagi filmnya perang-perangan, wah nontonya sambil gregetan pastinya.

Nah disini, kalian bisa coba jadi pemeran dalam film action disini, keluarga atau kerabat tercinta bisa jadi teman atau lawan yang saling menembak, seru abis pastinya.

Di wahana paint ball ini, kalian bisa bermain perang-perangan, hujan peluru dialam terbuka yang super sejuk, wah sensasinya pasti beda banget!

Fasilitas di wahana ini ada senjata khusus dengan 40 peluru dan peralatan khusus seperti kostum dan pelindung mata yang bikin permainan semakin seru seperti sungguhan!

Biar kalian bisa memenangkan permainan, disini ada intruksi dan toa khusus lho untuk membangun strategi team.

Harga yang dipatok untuk bermain di wahana ini adalah Rp 85.000 / pax (include fasilitas).

7. Jungle Tracking

grafika cikole tiket

Nah sudah disinggung sebelumnya, kalian bisa mencoba paket wisata jungle tracking

Jadi parade wisata berjalan kaki sepanjang 5,5 kilometer sembari mengunjungi kebun sayur, kebun mawar, rumah jamur, dan hutan pinus dengan pemandangan pegunungan di sekitar.

Selain itu sobat bisa langsung membeli hasil panen dari petani bahkan memetik sendiri. Wah asik bukan?

Hanya Rp 50.000 per orang, Anda sudah dapat menikmati paket wisata ini plus nasi timbel komplit jadi enggak takut kelaparan nanti.

Baca Juga: 5 Keseruan Bermain di De Ranch Lembang (Unik dan Edukatif)

8. Kebun Strawberi dan Rusa Timor

grafika cikole resort

Selain wahana outbond yang tersedia, disini kalian juga masuk kedalam kebun strawberry hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 aja.

Selain itu didalamnya kalian bisa melihat Rusa Timor. Rusa Timor dikonservasi disini, karena sesuai dengan habitatnya lho!

Rusa timor adalah salah satu rusa asli Indonesia yang berasal dari Jawa dan Bali, jadi kadang juga disebut Rusa Jawa.

Nah kabar gembiranya adalah kalian diperbolehkan memberi makan rusa ini dengan daun-daunan atau buah atau bagian tumbuhan dari pucuk, daun atau batang muda.

9. Restoran Sunda Buana

grafika cikole adalah

Bagi kalian yang datang bersama rombongan, disini ada restoran sunda buana yang siap menghidangkan makanannnya terutama yang sudah ikut Paket Family Gathering Bandung sekitar 20 orang hingga 200 orang.

Fasilitas Restoran ini dilengakapi dengan live music, mushola, enam belas tolilet serta lahan parkir yang mampu menampung hingga 24 bus pariwisata.

Menu makanan andalannya adalah soto bandung.

Selain itu menyediakan makanan khas Rumah Makan Sunda seperti karedok, sayur lodeh, nila bakar, pepes ikan nila ikan nila bakar serta sayur asem.

10. Restoran Sangkuriang

grafika cikole agoda

Restoran Sangkuriang adalah salah satu resto romantis. Model bangunan restoran yang unik dan eksklusif ini memiliki kapasitas 120 orang.

Mengutamakan kenyaman pelanggan mengusung konsep penyajian makanan secara buffet dan set table, dengan menu andalannya yaitu chinese food dan sea food.

Ciri khas lainnya adalah adanya pertunjukan Tari Jaipong dan alat musik tradisonal seperti angklung yang membuat pengunjung betah berlama lama di sini.

Sehingga menarik pengunjung baik wisatawan domestik bahkan mancanegara.

11. Saung lesehan

grafika cikole camp area

Nah selain resto diatas, kalian bisa coba makan di rumah makan pondok terbuka dengan model saung di pesawahan ini.

Cocok dengan tema lesehan, disini tidak ada kursi untuk duduk yaa. Memukaunya lagi saung-saung disini diapit oleh dua bukit jadi viewnya mempesona banget pastinya.

Disini kalian bisa memesan menu makanan khas parahyangan.

Kapastitas saungnya cukup banyak yaitu 18 saung lesehan dengan berbagai ukuran, kecil kapasiatas 4 orang dan yang besar kapasitas 20 orang.

Lihat Juga: The Lodge Maribaya, Spot Foto Ala Eropa di Bandung

12. Pendopo Hutan

grafika cikole angker

Pendopo hutan adalah tempat makan yang dibangun di atas bukit alam terbuka Cikole, dengan kapasitas 100 orang.

Tamu disini bisa menikmati makanan dengan menu khas sunda ala prasmanan. Tempat ini cocok untuk acara arisan keluarga atau acara lainnya yang tidak formal.

Selain itu untuk mendukung acara, tempat ini juga di sediakan Sound System, jadi kegiatan rombongan seperti bernyanyi, pertemuan sampai latihan menari sangat bisa dilakukan disini.

13. Aula Dayang Sumbi

grafika cikole atv

Mau merasakan makan di persis di pedesaan? Nah kaum milenial wajib nih nyoba makan disini.

Aula dayang sumbi adalah tempat makan yang mengambil model bangunan seperti balai desa khas Jawa Barat.

Selain itu untuk menambah kesan sunda, rumah makan inidilengkapi furnitur kayu berupa meja serta bangku kayu panjang dengan kapasitas 600 orang.

Restoran ini, menyediakan menu makanan secara parasmanan, dengan harga cukup terjangkau mulai dari Rp.12.500 per orang dengan minimal pemesanan 20 orang.

Tips wisata ke Terminal Wisata Grafika Cikole

Untuk mendukung kenyamanan dan kepuasan liburan sobat travel, beberapa tips wisata berikut ini sepertinya perlu untuk diikuti nih:
● Karna lokasi berada diatas dan cukup dingin, usahakan memakai baju tebal, kaos kaki, sepatu yang nyaman atau membawa jaket dan sejenisnya.
● Buat berkunjung ke tempat ini sobat travel nyesel deh kalo gak nyobain semua fasilitas yang sudah disediain disini. Pilih paket menarik yang ditawarin Terminal Wisata Grafika Cikole buat ngirit budget kalian yak.
● Karna fasilitas favorit disini outbond, kalau kalian mau coba paket wisata outbond sebaiknya kalian datang pagi-pagi biar engga antri ya guys.

Simak Review: DeVoyage Bogor Taman wisata ala kampung eropa

Nah itulah 15 fasilitas dan wahana keren yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung.

Selain Urban Camp disini kalian bisa menikmati berbagai fasilitas lain yang keren dan menakjubkan ditambah suasana hutan pinus dan asrinya pegununan sangat cocok untuk liburan kalian baik dengan kerabat, ataupun keluarga tercinta. Semoga review ini bisa menjadi referensi kalian untuk memutuskan wisata ke Terminal Wisata Grafika Cikole.

Selamat berlibur sob!

Puncak Lawang

Jessica Susanti
8 min read

Pelabuhan Ratu

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Sendiki

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *