Grojogan Sewu

8 min read

Grojogan Sewu

Jika sedang ada di Kota Solo, Jawa Tengah, maka kamu harus berkunjung ke wisata yang ada di dekat kota ini yaitu air terjun Grojogan Sewu.

Tempat wisata ini memiliki mitos bahwa pasangan kekasih yang datang ke sana akan putus hubungan jika melewati jembatan yang ada di sana.

Tapi tenang saja itu hanya mitos dan sudah pasti tidak benar kok. Jadi, jangan urungkan niat kamu untuk ke sini ya.

Sebelum kamu berangkat ke Grojogan Sewu, pastikan dulu kamu sudah tahu semua informasi tentang tempat wisata ini secara lengkap melalui artikel ini. Dengan begitu kamu tidak akan tersesat dan bisa menentukan perlengkapan yang harus disiapkan.

Lokasi Grojogan Sewu

Tempat wisata Grojogan Sewu berada di Jawa Tengah. Alamat detail dari Grojogan Sewu adalah di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata yang popular sehingga jika kamu bertanya kepada orang lokal, mereka akan bisa memberikak kamu petunjuk jalan dengan baik.

Namun jika kamu khawatir tidak bisa bertemu orang untuk ditanyai, maka menggunakan google maps bisa menjadi alternatif cara kamu untuk mengetahui lokasi persis Grojogan Sewu.

Jalan menuju Grojogan Sewu

Kota besar yang paling dekat dengan Grojogan Sewu adalah Solo. Dari Solo, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke tempat tujuan wisata.

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi dari Solo, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Grojogan Sewu adalah dengan menaiki bus.

Bus ini bisa kamu naiki dari Terminal Giwangan. Nanti, kamu harus turun di Terminal Tawangmangu. Jika sudah sampai kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek yang ada di sana.

Sebaiknya sebelum menaiki gojek, bertanyalah terlebih dahulu berapa tarif normal di sana. Jangan sampai kamu membayar terlalu mahal karena tidak tahu harga pasaran.

Tiket masuk Grojogan Sewu

Sebagai sebuah tempat wisata, Grojogan Sewu memasang harga yang masuk akal bagi setiap pengunjung yaitu Rp15.000 per orang.

Harga ini bisa dibilang tergolong murah mengingat pemandangan yang sangat cantik di Grojogan Sewu akan membuat kamu sangat terpana.

Bagi para pengunjung yang sangat menyukai alam, mereka bisa berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Apalagi jam buka tempat wisata ini cukup panjang yaitu mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Fasilitas di Grojogan Sewu

Buat yang ingin menghabiskan waktu seharian di sini, ketersedian fasilitas tentu menjadi penting diperhatikan. Semakin lengkap fasilitas maka akan semakin betah juga untuk berlama-lama. Namun semakin sedikit fasilitas, rasanya pasti ingin cepat-cepat pulang

Sebagai sebuah tempat wisata, Grojogan Sewu sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan pengunjung. Contohnya saja seperti toilet. Tentu hal ini penting sekali buat pengunjung yang tiba-tiba ingin buang hajat.

Selain itu juga terdapat tempat makan untuk pengunjung yang kelaparan. Bagi pemeluk agama Islam, di sini juga sudah ada mushola loh. Jadi tidak perlu khawatir bingung mencari tempat ibadah jika sudah masuk waktu sholat.

Daya tarik di Grojogan Sewu

Banyak hal yang membuat pengunjung tertarik untuk mendatangi Grojogan Sewu. Setidaknya, ada 6 daya tarik yang ada sini.

Penasaran apa saja? Yuk, simak bersama tulisan di bawah ini!

1. Seribu Air Terjum atau Seribu Tangga?

grojogan sewu batu malang

Nama Grojogan Sewu memang diambil dari Bahasa Jawa. Grojogan memiliki arti air terjun sedangkan sewu berarti seribu. Kalau dilihat hanya dari nama, mungkin orang akan mengira terdapat seribu air terjun di sini sehingga diberi nama seperti itu.

Tapi sebenarnya ada beberapa versi dari maksud Grojogan Sewu. Pertama, ada yang menganggap nama tersebut diberikan karena banyak sekali pancuran air yang ada di sini.

Kedua, ada yang bilang kalau seribu itu menunjukkan jumlah anak tangga. Katanya sih, anak tangga di sini mencapai 1200 buah.

Belum diketahui sih mana yang benar dan mana yang salah. Namun jika kamu penasaran, mungkin kamu bisa saja menghitung jumlah anak tangga benar seribu atau tidak. Kalau jumlah pancuran air sih, tidak perlu dihitung. Pasti susah menghitungnya, hehe.

Lihat Review: 10 Daya Tarik Eling Bening yang Sangat Menawan

2. Gazebo: Tempat Beristirahat Sekaligus Berfoto-foto

grojogan sewu brebes

Untuk sampai ke air terjun kamu harus melewat anak tangga yang banyak. Terkadang jalanan juga licin. Oleh karena itu, agar tetap nyaman selama perjalanan sebaiknya kamu menggunakan alas kaki yang enak digunakan dan tidak licin.

Jika kamu lelah saat berjalan menuruni tangga, di Grojogan Sewu terdapat gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat untuk para pengunjung yang ingin beristirahat.

Sambil rehat, kamu bisa banget loh mengambil foto atau video untuk diunggah ke sosial media dengan mengambil latar hutan yang rimbun.

Jika kamu sudah tidak lelah, segera lanjutkan perjalanan ya jangan keasikan berfoto-foto di sana. Berikanlah kesempatan bagi pengunjung lain yang juga ingin menggunakan gazebo untuk beristirahat. Karena yang lelah menuruni tangga pasti bukan hanya kamu.

3. Kera yang Nakal Namun Lucu

letak grojogan sewu air terjun

Jangan kaget jika kamu menjumpai banyak kera di Grojogan Sewu. Kera-kera ini memang sudah terkenal dan justru menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini.

Biasanya, mereka akan iseng mengambil makanan yang sedang dipegang oleh pengunjung. Selain makanan, kera juga biasanya tertarik dengan benda yang mencolok.

Jadi sebaiknya kamu simpan saja di tas semua makanan dan benda-benda yang mungkin akan menarik perhatian para kera. Tidak mau kan, sedang asik berjalan tiba-tiba diserbu oleh gerombolan kera yang mau mengambil barang kamu?

Tapi di balik itu semua, sebenarnya mereka menggemaskan. Jika kamu tidak takut, coba saja untuk melihat mereka dari jarak yang dekat.

Bahkan, sebenernya mereka akan sangat senang sekali jika kamu berikan makanan seperti kacang. Ssstt…mereka bisa loh membuka kulit kacangnya!

4. Pemandangan Air terjun yang Tiada Duanya

pt grojogan sewu artha alamat

Setelah melewati jalan yang jauh, bertemu dengan kera-kera, perjuangan kamu pasti akan terbayar ketika sudah tiba di bawah. Sebab, semua kelelahan tersebut akan segera terlupakan ketika melihat keindahan air terjun Grojogan Sewu.

Di sekeliling air terjun, terdapat banyak pohon pinus yang tumbuh dengan rindang. Banyaknya pohon di sana akan membuat suasana menjadi terasa sejuk dan segar. Apalagi, tidak ada polusi yang membuat kamu dapat bernafas dengan nyaman.

Selain itu, sesekali mungkin akan terdengar desiran pohon yang berpadu dengan suara air terjun.

Tidak heran jika sudah sampai di sini mungkin para pengunjung jadi tidak ingin pulang. Enggan berpisah dengan kedamaian yang ada di depan mata.

5. Sensasi Air Sejuk yang Nyaman

grojogan sewu karang anyar

Melihat air yang bening dari air terjun Grojogan Sewu tentu membuat sebagian besar pengunjung ingin berbasah-basahan di sini.

Tapi sayang, sungai ini memiliki arus yang tergolong deras sehingga dilarang bermain air di sini. Apalagi, terdapat banyak bebatuan yang juga dikhawatirkan membuat pengunjung terluka.

Namun kamu jangan kecewa dulu. Di sini terdapat dua buah kolam yang bisa digunakan oleh anak kecil bahkan orang dewasa.

Suhu air yang dingin dan sejuk pasti membuat badan akan terasa segar. Apalagi, airnya juga bening dan bersih.

Bagi yang membawa anak-anak biasanya mereka akan susah loh dibawa pulang saking asiknya bermain air.

Di dekat lokasi kolam renang juga telah tersedia kamar mandi serta toilet. Jadi, sehabis bermain air kamu bisa langsung mengganti bajumu dengan baju kering.

6. Kuliner Unik yang Memanjakan Lidah

grojogan sewu air terjun

Pasti rasanya ada yang kurang kalau pergi ke suatu tempat wisata tanpa menyicipi makanan khas di daerah tersebut.

Nah, jika kamu ke Grojogan Sewu, ada dua kuliner khas yang harus kamu cicipi yaitu sate landak dan sate kelinci.

Mungkin bagi sebagian orang cukup ekstrim juga ya memakan kedua hewan tersebut. Hewan yang satu terlalu lucu sedangkan yang satu lagi terlihat seram karena memiliki duri di badannya.

Padahal, baik sate landak dan kelinci sama-sama menawarkan rasa yang nikmat, bahkan rasanya sedikit mirip dengan ayam.

Hanya saja kedua daging ini lebih kenyal dan dilengkapi dengan bumbu yang meresap hingga ke daging sehingga menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Pokoknya, sempatkan untuk memakan kuliner khas ini ya kalau ke Grojogan Sewu. Dijamin tidak akan menyesal.

7. Memandang Panorama Grojogan Sewu dari Langit

grojogan sewu anak tangga

Salah satu hal yang juga menarik dan tidak banyak dijumpai di wisata air terjun lainnya adalah fasilitas flying fox yang disediakan oleh pengelola Grojogan Sewu.

Dengan menaiki flying fox, kamu bisa merasakan sensasi melihat hijaunya dan derasnya air terjun dari atas langit. Rasanya alam akan terasa seperti dekat sekali dan bisa kamu gapai saat meluncur ke bawah. Menarik, kan?

Kalau kamu belum pernah menaiki flying fox mungkin awalnya kamu akan sedikit takut membayangkan meluncur dari ketinggian ke bawah.

Tapi tenang, kamu akan dilengkapi dengan alat pengaman untuk mencegah hal yang tidak diinginkan kok. Ada instrukturnya juga yang akan membantu kamu dalam memasang peralatan.

Sekali kamu mencoba permainan ini, pasti kamu akan ketagihan dan mencobanya lagi. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

8. Suvenir yang Tidak ada di Sembarang Tempat

grojogan sewu artha headhunter

Biasanya, suvenir apa yang kamu beli jika pergi ke tempat wisata? Gantungan kunci? Pakaian? Atau mungkin berbagai macam kerajinan?

Nah, kamu juga akan menemukan suvenir seperti itu di Grojogan Sewu. Tapi selain itu, ada satu jenis suvenir yang mungkin jarang kamu jumpai di tempat lain yaitu tanaman.

Masyarakat lokal menjadikan tanaman yang ada di pegunungan sebagai salah satu jenis oleh-oleh yang mereka jual. Hal in tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
Kapan lagi bisa memberikan souvenir yang menunjukkan keindahan alam?

Namun, karena suvenir ini termasuk makhluk hidup maka kamu harus menjaganya dengan baik ya. Jangan hanya dibeli tetapi tidak dirawat, sayangilah tanaman tersebut.

Baca Rekomendasi: 7 Spot Kota Lama Semarang yang Sangat Hits

Hotel dekat Grojogan Sewu

Sudah puas bermain di air terjun dan ingin beristirahat? Kamu bisa menginap di berbagai hotel dekat Grojogan Sewu. Sebenarnya sih kamu juga bisa ke kota besar terdekat yaitu Solo dan menginap di sana.

Tetapi sebaiknya sih kamu menginap di hotel dekat Grojogan Sewu saja. Selain bisa menghemat waktu perjalanan, kamu juga bisa langsung beristirahat melepas penat. Apalagi jika kamu masih berniat untuk menjelajahi tempat wisata lainnya di Tawangmangu.

Di dekat Grojogan Sewu, ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. Indah Palace Resort & Garden

grojogan sewu artha

Jika kamu sudah tidak sabar ingin segera beristirahat setelah selesai bermain di Grojogan Sewu maka tempat ini harus kamu pertimbangkan.

Hanya butuh waktu lima menit perjalanan untuk tiba di penginapan ini. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap.

Di kamar mandinya, ada bathub yang bisa kamu gunakan untuk berendam dengan air hangat. Lumayan kan, badan kamu bisa rileks lagi setelah lelah beraktivitas.

2. Hotel Grand Bintang Tawangmangu

grojogan sewu terletak di

Dari Grojogan Sewu, kamu hanya butuh 3 menit berkendara ke Hotel Grand Bintang Tawangmangu.

Fasilitas yang ditawarkan juga sesuai dengan standar hotel yaitu kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi.

Hotel ini juga menyediakan wifi loh, sambil bersantai di kamar kamu bisa menggunakan akses internet gratis itu untuk mengunggah foto-foto kamu di Grojogan Sewu.

3. Facada Hotel by Azana

grojogan sewu pacitan

Jika kamu ingin merasakan tidur di hotel yang baru dibangun, berarti silakan pilih hotel yang baru dibuka tahun 2019 lalu. Dari Grojogan Sewu, jarak hotel ini hanya sekitar 600 meter.

Kamar yang disediakan tidak banyak, hanya 29 kamar. Tetapi ada berbagai macam jenis kamar yang bisa kamu pilih.

Salah satu hal yang menarik dari hotel ini adalah desain kamarnya yang manis dan nyaman. Kamu pasti akan suka jika menghabiskan waktu di hotel ini.

4. Samara Homestay Tawangmangu

grojogan sewu malang jawa timur

Punya budget terbatas, tapi rombongan yang dibawa banyak?

Jika iya, berarti kamu bisa memilih homestay ini. Jaraknya dekat hanya 400 m dari Grojogan Sewu dan bisa disewa menggunakan aplikasi online.

Homestay ini bisa kamu tempati satu rumah seluruhnya. Terdiri dari tiga kamar dan juga terdapat kamar mandi, homestay ini sangat cocok untuk rombongan besar yang ingin menginap. Jika kamarnya kurang, masih ada ruang tamu yang bisa digunakan.

Di sini juga ada dapur yang bisa kamu gunakan untuk memasak makanan. Bahkan, jika kamu ingin memanggang barbeque pun juga bisa loh. Dengan tidak membeli makanan di luar, pengeluaran jadi makin hemat kan?

Objek wisata dekat Grojogan Sewu

Sudah jauh-jauh ke Tawangmangu, kamu juga harus mengunjungi tempat lain selain Grojogan Sewu. Apalagi ada banyak loh tempat wisata yang dekat dengan Grojogan Sewu. Dan beberapa di antaranya banyak tidak membutuhkan tiket masuk untuk mengunjunginya.

Oleh karena itu, setidaknya kamu harus datang ke 5 lokasi ini ya sehabis pergi bermain di Grojogan Sewu.

1. Air terjun Jumog

grojogan sewu pujon

Masih belum puas bermain air di Grojogan Sewu? Kamu bisa datang ke tempat wisata yang satu ini, Air terjun Jumog.

Lokasi air terjun ini ada di lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Harga tiketnya murah, hanya Rp5.000 untuk pengunjung lokal dan Rp15.000 untuk pengunjung internasional.

Berbeda dengan arus air di Grojogan Sewu, di Air terjun Jumog alirannya tidak terlalu deras sehingga bisa digunakan untuk langsung bemair air.

Menariknya, selepas lelah bermain air kamu bisa langsung menyantap makanan yang dijajakan oleh penjual makan di sekitar air terjun. Alhasil kamu bisa pulang dengan perut kenyang dan tidak kelaparan.

2. Candi Cetho

grojogan sewu magetan

Berada di kaki Gunung Lawu, Candi Cetho adalah candi tertinggi yang ada di Indonesia. bayangkan saja, candi ini berada di ketinggian 1497 mdpl.

Candi peninggalan Agama Hindu ini berdiri pada saat masa Kerajaan Majapahit sekitar abad 15. Dulu, bangunan ini dibuat dengan tujuan menolak bala atas kerusuhan yang sedang banyak terjadi di kerajaan ini.

Hingga kini, candi ini masih digunakan untuk acara-acara keagamaan. Bahkan, tempat ini juga bisa dipakai oleh pengunjung yang beragama Hindu dan ingin beribadah.

Salah satu waktu yang tepat untuk datang ke candi ini adalah di sore hari. Pemandangan matahari tenggelamnya sangat memukau para pengunjung yang melihatnya.

Baca Lebih Jelasnya: 10 Keunikan Candi Cetho Karanganyar

3. Gunung Lawu

grojogan sewu tawangmangu

Bagi yang suka dengan aktivitas mendaki gunung maka jangan melewatkan pergi ke Gunung Lawu.

Gunung ini terbentang di 3 kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di Jawa Timur, gunung ini terbentang di Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan. Sementara itu, di Jawa Tengah gunung ini terbentang di Kabupaten Karanganyar.

Ada tiga jalur yang bisa dimasuki pendaki yaitu Candi Cetho di Karanganyar, Cemorosewu di Sarangan, dan Cemorokandang di Tawangmangu.

Dari ketiga jalur pendakian tersebut, jalur Candi Cetho jarang dilalui karena rutenya sulit. Meskipun begitu, banyak yang bilang jalur ini memiliki pemandangan yang paling indah dibandingkan dua jalur lainnya.

4. Pemandian Air Hangat Cumpleng

grojogan sewu pandaan

Senang berendam dengan air hangat? Yuk, ke tempat wisata ini. lokasinya masih berada di Kabupaten Karanganyar atau lebih tepat di Desa Plumbon Kecamatan Karanganyar.

Di sini, terdapat pemandian tertutup dan terbuka yang bisa digunakan pengunjung.

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah pemandangan yang indah di sekitar pemandian yang bisa dinikmati sambil berendam.

Banyak orang yang datang ke sini juga untuk mengobati penyakit rematik yang dimiliki karena air ini mengandung zat-zat yang dianggap baik untuk kesehatan.

Biaya masuk ke tempat ini gratis atau hanya membayar seikhlasnya. Oleh karena itu, terkadang perawatan tempat wisata ini kurang berjalan dengan maksimal.

5. Situs Purbakala Menggung

grojogan sewu merupakan air terjun di pegunungan yang berada di

Tempat wisata yang satu ini cocok didatangi oleh orang-orang yang suka dengan hal-hal yang berbau arkeologi. Lokasi tempat wisata ini juga berada Kecamatan Tawangmangu di Karanganyar atau lebih tepatnya di Desa N

Nama lain dari situs ini adalah kawasan Candi Menggung dan merupakan peninggalan sejarah Agama Hindu.

Oleh karena itu, di sini kamu akan menemukan patung-patung, bekas reruntuhan candi maupun teras-teras berundak dengan corak Hindu yang kental.

Masyarakat sekitar menganggap Situr Purbakala Menggung termasuk tempat yang suci. Oleh karena itu, di tempat ini masih suka diadakan tradisi sesuai dengan kepercayaan mereka.

Baca Juga: Rekomendasi 33 Wisata Salatiga Terbaru & Lagi Hits

Bagi masyarakat Indonesia, mendatangi tempat wisata air terjun seperti Grojogan Sewu memang masih menjadi destinasi favorit. Meski jalan menuju ke air terjun terkadang jauh hal tersebut tidak menyurutkan mereka untuk berkunjung.

Dan setelah membaca tulisan di atas, pasti kamu akan semakin semangat untuk mendatangi Grojogan Sewu, kan? Apalagi di Kecamatan Tawangmangu terdapat banyak tempat wisata yang juga bisa kamu kunjungi.

0

Pantai Soge

Jessica Susanti
6 min read

Eling Bening

Jessica Susanti
7 min read

Saung Angklung Udjo

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *