Gunung Pancar

7 min read

gunung pancar angker

Kesibukan warga kota besar yang terbiasa dengan mobilitas tinggi memicu timbulnya stres. Stres bisa diredakan dengan mengeksplor obyek wisata alam. Salah satu obyek wisata alam yang bisa mengobati stresmu adalah Gunung Pancar.

Gunung Pancar merupakan salah satu taman wisata alam yang kini tengah hits. Taman wisata alam ini menyuguhkan pesona yang menakjubkan dan udara segar khas pegunungan.Pemandangan eksotisGunung Pancar pun dikenal luas oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sebelumnya, Gunung Pancar dikenal sebagai hamparan pohon pinusnya yang menjulang tinggi. Sehingga pengelola berinisiatif untuk mengembangkan berbagai potensi alam yang ada di Gunung Pancar.

Pengelola pun menyediakan berbagaifasilitas menarik sebagai media untuk mengenal alam lebih dekat.Kini taman wisata alam Gunung Pancar tak pernah sepi pengunjung karena keistimewaannya itu.

Lokasi Gunung Pancar

Gunung Pancar terletak dikota Bogoryang populer dengan sebutan kota hujan. Curah hujan yang tinggi membuat Bogor menjadi salah satu kota yang memiliki beragam wisata alam. Kota hujan ini selalu terasa sejuk dan indah di semua sudutnya.

Lokasi Gunung Pancar berada tepat di Kampung Cibural, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor,Jawa Barat. Letak Gunung Pancar berada pada ketinggian 300 – 800 meter di atas permukaan laut sehingga suhunya sangat cocok untuk refreshing dan menyegarkan badan.

Gunung Pancar terbilang cukup dekat dengan Jakarta yakni tepat di selatannya. Selain itu, taman wisata Gunung Pancar ini jugaberlokasi tidak jauh dari Kota Depok dan kota – kota lainnya di Jawa Barat.

Rute ke Gunung Pancar

Jika kamu tinggal di Jakarta, rute ke Gunung Pancar terbilang mudah dan tidak memakan waktu lama. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke taman wisata Gunung Pancar sekitar 1 – 1,5 jam tergantung macet tidaknya jalan dari ibukota.

Kamu bisa mengambil rute ke Gunung Pancar lewat Cawang.  Lalu, keluar dari pintu tol Sentul City dan mengikuti arah menuju Jungle Land. Jungle Land yang berada di Sentuljaraknya tidak jauh dari Gunung Pancar.Tak heran jika Gunung Pancar seringkali disebut sebagai kawasan Sentul.

Kamu juga bisa mengikuti petunjuk arah ke Babakan Madang, lalu mencari papan petunjuk menuju taman wisata Gunung Pancar.Rute keGunung Pancar tersebut bisa dicapai menggunakan mobil atau sepeda motor. Selain itu, Gunung Pancar juga bisa dijangkau dengan angkutan umum.

Tiket Masuk Gunung Pancar

Seperti obyek wisata alam lainnya, biaya tiket masuk ke Gunung Pancar tidak mahal. Tiket masuk ke taman wisata Gunung Pancar dibandrol seharga Rp 5.000 per orang pada hari kerja. Untuk weekend dan hari libur nasional harga tiket dijual sebesar Rp 7.500 per orang.

Untuk wisatawan mancanegara, tiket dijual seharga Rp 100.000 per orang untuk hari kerja. Sedangkan jika Warga Negara Asing berkunjung pada libur akhir pekan dan hari libur nasional, maka dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 150.000.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, tenang saja, taman wisata Gunung Pancar memiliki tempat parkir yang luas dan aman.Biaya parkir sepeda motor Rp 5.000dan mobil Rp 10.000 untuk weekday. Untuk weekend, biaya parkir sepeda motor Rp 7.500 dan mobil Rp 15.000.

Jam Buka Gunung Pancar

Sebagai taman wisata alam, Gunung Pancar tidak memiliki jam operasional tertentu. Seperti obyek wisata alam pada umumnya, Gunung Pancar buka setiap hari 24 jam untuk gerbang pintu masuk. Namun untuk beberapa wahana memiliki waktu terbatas.

Fasilitas Gunung Pancar

Taman wisata Gunung Pancar memiliki beragam fasilitas yang bisa memanjakan dan mempermudah aktivitas para pengunjung. Sebelum masuk ke area taman wisata Gunung Pancar, kamu akan mendapati tempat parkir yang luas dan tentunya aman untuk kendaraan pribadimu.

Jika kamu merasa lapar dan haus di tengah kegiatan menjelajahi Gunung Pancar, tak perlu risau, karena ada kantin yang menyediakan berbagai menu menarik. Selain itu, terdapat area makan yang instagramable dengan backgroundpohon – pohon pinus.

Taman wisata Gunung Pancar juga menyediakan 30 toilet untuk kebutuhan wisatawan yang ingin buang air, mandi, atau sekedar mencuci tangan. Untuk kamu yang beragama Muslim, taman wisata Gunung Pancar juga menyediakan tempat ibadah.

Hotel Dekat Gunung Pancar

 gunung pancar air panas

Jika kamu adalah wisatawan dari luar kota, tidak perlu bingung mencari penginapan sehabis menjelajahi taman wisata Gunung Pancar. Terdapat berbagai hotel dan penginapan di sekitar area Gunung Pancar yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat.

Hotel dan penginapankebanyakan terdapat di kawasan Sentul karena dekat dengan area wisata lainnya, termasuk Gunung Pancar. Hotel dan penginapanpun sangat beragam mulai dari tipe budget hotel, villa, maupun resort. Harga yang ditawarkan tiap hotel dan penginapan juga beragam.

Apa yang menarik di Gunung Pancar?

Gunung Pancar kini tak hanya populer di kalangan wisatawan domestik, tapi juga mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara. Mereka terpana dengan keindahan dan keasrian taman wisata Gunung Pancar yang memiliki nuansa misteri tersendiri.

Selain itu, Gunung Pancar memiliki beragam wahana yang bisa kamu jelajahi. Fasilitas terfavorit adalah jembatan gantung yang menjadi spot foto – foto sehingga sayang untuk dilewatkan. Tak heran jika jembatan gantung selalu dipenuhi pengunjung untuk mengabadikan momen.

Apakah kamu penasaran dengan fasilitas dan misteri di Gunung Pancar? Membayangkannya saja sudah membuat hati merasa tertantang untuk segara berpetualang di sana. Yuk simak 9 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Gunung Pancar!

1 Berhammock Ria

gunung pancar sentul

Apakah kamu termasuk pecinta rebahan? Tinggalkan kasurmu sejenak, beralihlah rebahan di hammock. Coba suasana rebahan baru di alam bebas di antara hamparan pohon pinus dengan menghirup udara segar.

Hammockyang diikatkan di antara dua pohon pinus tersebut sangat cocok untuk kaum rebahan. Kamu bisa rebahan sambil membaca buku atau sekedar tiduran memandangi pohon – pohon pinus tinggi menjulang.Ajaklah teman – temanmu agar suasana rebahan menjadi lebih seru.

2 Camping

gunung pancar longsor

Jika kamu ingin melakukan kegiatan camping, taman wisata Gunung Pancar menyediakan berbagai peralatannya. Kamu bisa memilih beragam pilihan paket camping sesuai kebutuhanmu. Paket yang disediakan secara umum dibagi menjadi dua yaitu camping individu dan rombongan.

Untuk kamu yang memilih paket individu tanpa tenda akan dikenakan biaya sebesar Rp 95.000 per orang. Paket camping individu non tenda ini sudah termasuk biaya tiket masuk serta hanya mendapat fasilitas lahan dan toilet sharing.

Sedangkan paket individu dengan tenda biayanya Rp 160.000 per orang. Paket camping individu dengan tenda ini harus memiliki peserta minimal 3 orang. Kelebihan dari paket rombongan ini adalah mendapat fasilitas penjagaan dari staf.

Sedangkan jika kamu ingin paket camping rombongan bersama teman atau keluargamu biayanya mulai dari Rp 260.000 per pax per night dengan minimal 50 pax. Paket camping rombongan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin suasana berkemah dengan jumlah peserta banyak.

Baca Juga: 10 Wahana Menarik di The Jungle Bogor yang Paling Hits dan Kekinian

3 Glamping

gunung pancar di bogor

Glamping kepanjangan dari Glamorous Camping alias berkemah tanpa sengsara, tinggal tidur dan nikmati saja. Glamping cocok untuk kamu yang tidak mau ribet mendirikan tenda dan menyiapkan peralatan serta kebutuhan camping lainnya.

Semua kebutuhan camping telah disiapkan staf mulai dari tenda, peralatan, makanan, dan lain – lain. Selain itu, di dalam tenda sudah disediakan kasur busa, bantal, selimut, karpet, dan listrik. Suasana tidur di hutan terasa seperti rumah sendiri, mau coba?

Paket glamping ini akan mempercantik feed instagrammu dengan dekorasi yang chic. Selain keperluan beristirahat, staf juga menyediakan menu makanan yang siap dimasak. Jika kamu terlalu mager untuk memasak, ada paket dimana kamu bisa meminta staf memasakkannya untukmu.

4 Tracking

gunung pancar wisata

Apakah kamu lebih suka menyusuri taman wisata alam Gunung Pancar sambil menghirup udara segar? Maka, paket tracking bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Biaya paket ini sebesar Rp 150.000 per orang dengan minimal 10 peserta.

Jalan – jalan di hutan sambil menghirup udara segar pegunungan bisa menjadi terapi terbaik untuk badan dan pikiran yang lelah. Hembusan angin dan kicauan burung akan merajut kedamaian di jiwamu yang sedang dilanda penat.

Tracking paling seru dilakukan pada pagi hari atau siang hari. Tracking bisa dimulai dengan berjalan di jalanan setapak tengah hutan pinus, finish-nya di sumber air panas. Berhati – hati lah terhadap medan tracking yang berbatu agar tidak jatuh atau terpeleset.

5 Outbond

gunung pancar malam hari

Untuk kamu yang menyukai aktivitas menantang, taman wisata alam Gunung Pancar menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan outbond lengkap.Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas outbond yang sangat seru dan memacu adrenalinmu.

Taman wisata alam Gunung Pancar menyediakan 2 jenis outbond yaitu fun outbond dan outbond sekolah. Outbond sekolah diperuntukkan untuk pelajar agar lebih kompak dan lebih dekat dengan alam. Biaya outbond ini sekitar Rp 195.000 per orang dengan minimal 50 peserta.

Fun outbond cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kekompakan tim dengan rekan kerja di perusahaanmu. Jika kamu memilih paket fun outbond akan dikenakan biaya sebesar Rp 240.000 per orang dengan minimal 50 peserta.

Lihat Juga: 12 Wahana Farmhouse Lembang Bandung, Tiket Masuk, Peta Lokasi

6 Nge-farming Park

gunung pancar prewedding

Fasilitas lain yang tak kalah populer yaitu Farming Park yang bisa dijadikan jalur untuk bersepeda. Sambil bersepeda kamu bisa melihat beberapa burung di antaranya elang, kutilang, ayam hutan merah, srigunting, jalak, dan enggang. Ada rusa juga lho di Farming Park.

Selain bersepeda, kamu bisa melihat budidaya tanaman di sekitar rumah penduduk secara langsung.Farming park sangat cocok untuk anak – anak dan pelajar karena bisa menambah pengetahuan mereka. Berwisata sambil belajar tentang tanaman, menyenangkan bukan?

7 Foto Pre-wedding

 gunung pancar ada apa aja

Taman wisata Gunung Pancar menjadi salah satu tempat favorit untuk pre-wedding karena terkenal dengan daya magisnya. Menurut kabar, setelah pasangan mengunjungi Gunung Pancar makahubungan percintaan mereka akan semakin kuat.

Selain itu, cahaya matahari yang menembus pohon – pohon pinus menjadi ladang para penyuka fotografi untuk mengambil jepretan. Pemandangan menawan taman wisata Gunung Pancar ini pun menjadi daya pukau para pengunjung untuk mengabadikan setiap momen mereka di sana.

8 Berendam di Pemandian Air Panas

gunung pancar tour wisata hot spring water

Daya magis lain yang menarik untuk dijelajahi adalah pemandian air panas yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kesehatan. Selain itu, pemandian air panas di taman wisata Gunung Pancar cocok untuk kamu yang ingin relaksasi.

Pemandian air panas di taman wisata Gunung Pancar sangat beragam.Pemandian air panas yang paling murah dikelola oleh masyarakat lokal. Kamu bisa menikmati berbagai teknik terapi yang disediakan masing – masing pengelola pemandian untuk merileksasikan badanmu.

Selain itu, ada pemandian air panas yang dikelola resort yaitu Giri Tirta Hot Spring. Tempat berendam di resort inidipisah antara laki – laki dan perempuan, jadi jangan khawatir untuk kamu yang berhijab.

9 Berziarah ke Makam Keramat

gunung pancar alamat

Di dalam area taman wisata Gunung Pancar terdapat beberapa makam tokoh terkenal. Makam – makam tersebut berada di puncak Gunung Pancar.Pada hari tertentu diadakan upacara dan pagelaran seni di sekitar makam.

Makam tokoh keagamaan yang terkenal di antaranya Mbah H Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Mbah Raden Lawulung, Mbah Raden Surya Kencana, dan Mbah Kalijaga. Kamu bisa berkunjung dengan mengirim doa ke para leluhur tersebut.

Selain itu, terdapat makam raja – raja dan tokoh legenda yang memiliki kesaktian luar biasa. Area makam keramat ini terkesan angker dan misterius. Jika kamu berziarah ke makam keramat ini, berhati – hatilah dan tetap menjaga sopan santun.

Simak Review: 17 Spot Dago Dream Park yang Menarik & Instagramable

Tips Berkunjung

Bagi kamu yang akan berkunjung ke taman wisata Gunung Pancar, penulis bagikan tips – tips nih, simak ya!

1 Berkunjunglah saat dini hari sebelum matahari terbit untuk menikmati keindahan sunrise yang menakjubkan di ufuk timur.

2Berhati – hatilah ketika ditawari paket camping di Gunung Pancar. Karena sering terjadi penipuan oleh pihak – pihak yang mengatasnamakan camping Gunung Pancar.

3 Untuk kamu para pecinta kopi, di hutan pinus Gunung Pancar terdapat kedai kopi kekinian. Kedai kopi tersebut menyuguhkan suasana outdoor di bawah pohon – pohon pinus. Walau tampak sederhana, namun kenikmatan menu yang disajikan tidak kalah dengan kafe di perkotaan.

4Patuhi peraturan yang berlaku dan jaga sopan santun dimana pun kamu berada. Selain itu, jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

5 Makanan dan peralatan pribadi tidak boleh dibawa ke dalam area taman wisata Gunung Pancar. Oleh sebab itu, jangan membawanya agar tidak dikenakan denda.

Lokasi taman wisata Gunung Pancar di Bogor terbilang dekat dengan ibukota sehingga terkesan strategis. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta tak perlu jauh – jauh jika ingin menikmati wisata alam pegunungan.

Wisata alam pegunungan tak hanya memanjakan mata, namun memiliki banyak manfaat lainnya. Pegunungan seperti Gunung Pancar yang kaya udara bersih akan membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks.

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di taman wisata Gunung Pancar. Setiap kegiatan yang kamu lakukan di sana akan membentuk pengalamantak terlupakan.

Kunjungi Juga: Tebing Keraton Bandung, Tiket Masuk dan Cara Kesana [Review]

Mulai dari kegiatan rebahan santai hingga memacu adrenalin, semuanya ada di taman wisata Gunung Pancar. Taman wisata Gunung Pancar juga menyediakan fasilitas edukasi untuk anak-anak dan pelajar.

Taman wisata Gunung Pancar pun cocok dijadikan destinasi liburan segala usia.Tua dan muda dapat menikmati pesona taman wisata Gunung Pancar dengan menjelajahi fasilitas lengkap di dalamnya.

Yuk segera kunjungi taman wisata Gunung Pancar. Jelajahi semua fasilitas yang ada dan abadikan setiap momen berlatar pesonaalam Gunung Pancar.

Chinatown Bandung

Jessica Susanti
5 min read

The Jungle Bogor

Jessica Susanti
6 min read

Kota Lama Semarang

Indah Andini
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *