Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Kawah Kamojang Garut

7 min read

Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjadi unggulan Kota Garut.Letak kawah tersebut berada di perbatasan Garut dengan Bandung dan terletak di area geothermal PLTP Kamojang.

Kawah Kamojang merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif, hal tersebut ditandai dengan adanya gemuruh uap yang dihasilkan oleh perut bumi.

Alam yang hijau dan udara yang masih sejuk akan pengunjung lihat ketika memasuki kawasan kawah. Aroma belerang yang menyengat menjadi salah satu ciri khas dari destinasi wisata satu ini.

Sejarah Kawah Kamojang Garut

Kawah ini dikelola oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina sebagai PLTU dan menjadi kawah pertama yang energi buminya dimanfaatkan.PLTP tersebut pertama kali di bangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1926 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto di tahun 1983.

Disamping sejarahnya, menurut penduduk setempat, keberadaan kawah-kawah di kawasan ini erat kaitannya dengan legenda “si Mojang” atau “Sang Gadis”.

Kawasan tersebut awalnya merupakan tempat tinggal seorang mojang atau gadis desa yang berparas cantik.Kedua orang tuanya menjodohkan dia dengan laki-laki separuh baya namun sangat kaya.Tentunya si Mojang menolak hingga dia melarikan diri ke hutan.

Meskipun sudah dilakukan pencarian, Mojang tetap tidak ditemukan. Sehingga sejak saat itu, tempat menghilangnya gadis tersebut diberi nama Mojang.

Lokasi Kawah Kamojang Garut

Sebenarnya kawah kamojang berada di wilayah Kabupaten Bandung, tepatnya terletak di Kampung Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Bandung, Jawa Barat.Namun karena terletak di dekat perbatasan Bandung-Garut, maka banyak orang yang menganggap kawah ini berada di wilayah Garut.

LAGI HITS
Surabaya Carnival Park

Dengan jarak sekitar 30 km, kamu bisa menjumpai tempat wisata satu ini.Ketika berkunjung ke sini, di sepanjang perjalanan kalian akan melihat view pegunungan yang memiliki banyak pesona keindahan alam.

Jalan Menuju Kawah Kamojang Garut

1. Rute Bandung-Majalaya-Ibun-Kamojang

Jalan di jalur ini cukup sempit. Dulu akses jalan menuju titik lokasi banyak yang rusak dan sulit dilalu, tapi karena kawah kamojang sudah menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan lokal maupun mancanegara, akhirnya akses menuju kesana di perbaiki.

Sebelum ada jalan baru, penggunjung harus melewati tanjakan monteng yang terkenal dengan jalur curam memanjang dan diakhiri dengan tikungan tajam.Tapi karena sudah dibuka jalan baru maka kalian nggak perlu lewat tanjakan monteng lagi.

2. Rute Garut-Samarang-Kamojang

Jalur ini sangat mimin rekomendasikan jika kalian berangkat dari arah Garut. Di sepanjang jalan view alamnya sangat indah.

Rutenya juga mudah untuk di ikuti, cukup menuju kea rah Samarang dari Kota Garut, kemudian belok kanan di pertigaan menuju Kamojang-Sampireun.

Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut

Berikut rincian harga tiket masuk ke Kawasan Kamojang:

  • Hari biasa Rp 5.000,- per orang.
  • Hari libur Rp 10.000,- per orang.
  • Wisatawan asing Rp 100.000,- hingga Rp 155.000,- per orang.

Dengan retribusi parkir, yaitu:

  • Sepeda motor hari biasa Rp 5.000,- hari libur Rp 10.000,-.
  • Mobil hari biasa Rp 10.000,- hari libur Rp 15.000,-.
  • Biaya keamanan Rp 2.000,-

Perlu diingat harga tiket masuk tersebut diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengunjung, jadi pastikan membawa uang agak lebih ya guys untuk berjaga-jaga.

Jam Buka Kawah Kamojang Garut

Jam operasional destinasi wisata satu ini adalah 24 jam setiap hari Senin-Minggu dan hari libur lainnya, umumnya para pengunjung akan pulang jika waktu sudah petang.

Mimin menyarankan kalian datang agak siang supaya tidak terlalu merasakan hawa dingin saat datang di pagi hari.Dengan area di sekitarnya yang masih asri, di sepanjang jalan akan melewati kebun dan hutan, jadi pastikan kalian berhati-hati ketika memilih pulang petang.

Fasilitas di Kawah Kamojang Garut

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola cukup lengkap, mengingat tempat wisata ini sudah mulai dikenal oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berikut beberapa fasilitas yang ada, yaitu:

  • Ada beberapa warung makan dengan fasilitas yang disediakan juga lengkap.
  • Lahan parkir cukup luas, jadi kalian nggak usah khawatir berdesakan.
  • toilet umum yang bersih dan tersebar, toilet tersebut berada di dekat parkiran dan di dekat kawah.
  • Banyak tempat sampah yang tersebar, jadi jangan lupa selalu membuang sampah pada tempatnya ya!
  • Adanya gazebo dan tempat duduk di beberapa titik, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.
  • Ada juga kamar mandi air panas dengan tarif sebesar Rp 4.000,-.
  • Tersedia juga mushola dengan fasilitas seperti mukena dan sajadah yang bersih.
LAGI HITS
Gunung Pancar

Daya Tarik/Aktivitas Seru di Kawah Kamojang Garut

Di area wisata kawah kamojang, kalian bisa menikmati beberapa kawah yang cukup unik yang menjadi daya tariknya, disebut unik karena emang beda dengan kawah pada umumnya, seperti apa? Simak penjelasan mimin dibawah ini!

1. Kawah Manuk

Kawah Manuk
https://www.instagram.com/ricky_jalanjalan/

Dinamakan kawah manuk karena dari beberapa lubang di kawah tersebut mengeluarkan asap yang berbunyi seperti kicauan manuk, dalam bahasa sunda manuk berarti burung.

Gas panas yang keluar dari kawah manuk bisa merusak barang-baraang di sekitarnya, jadi pastikan kalian berhati-hati saat berada di sini.Selain itu, meskipun di area kawah terlihat kering, tapi lumpur dibawahnya masih terasa panas dan bisa menjebak kaki.

Lokasi kawah terletak di pinggir jalan sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang Garut, karena itu kalian bisa langsung melihatnya tanpa harus membayar tiket.

Kunjungi Juga: 6 Galeri Foto Menarik Di Amazing Art World Bandung 2020

2. Kawah Kereta Api

Kawah Kereta Api
https://www.instagram.com/_khoirulwarisin/

Di lokasi utama, ada dua kawah yang bisa pengunjung lihat.Yang pertama adalah kawah kereta api, disebut seperti itu karena kawah tersebut mengeluarkan suara mirip suara kereta api yang berasal dari tekanan uap panas bumi.

Kawah ini termasuk kawah paling menarik bagi para pengunjung karena mirip dengan Kawah Ciwidey yang juga mengeluarkan suara seperti kereta api.

Kawah kereta api sebenarnya adalah bekas penggalian uap panas bumi pertama yang dibuat pada zaman Belanda dulu. Sampai sekarang, kawah ini masih mengeluarkan uap panas bumi dengan suara yang cukup kencang.

Biasanya di sekitar kawah ada kakek-kakek atau juga disebut abah yang jagain kita. Kamu bisa mencoba beberapa hal seperti, meletakkan bola diatas kawah lalu bola tersebut akan terbang. Bisa juga nyobain naruh pipa di sisi kawah sampai keluar suara siulan nyaring.

LAGI HITS
Situ Patenggang

3. Kawah Hujan

Kawah Hujan
https://www.instagram.com/yovie_r32/

Beberapa puluh meter dari kawah kereta api ada kawah yang diberi nama kawah hujan, disebut demikian karena jika berada di dekat kawah tersebut kita akan basah seperti kena hujan.

Di sini, uap panas yang keluar dari dalam tanah sangat banyak, sehingga nggak heran jika banyak pengunjung yang mandi uap.Selain itu, mandi dari sumber uap panas bumi dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan bagus untuk kesehatan kulit.

Ketika kamu berjalan menyusuri kawasan ini, rasa nyaman, tenang dan damai bisa dirasakan, apalagi adanya gas sulfur dan uap air yang keluar dari celah batu vulkanik pasti akan menambah keindahan pemandangan disekitar kawah.

4. Bersantai di Gazebo

fasilitas Bersantai di Gazebo
https://www.instagram.com/cudewsrt_/

Setelah lelah berjalan-jalan mengelilingi kawasan kawah, kalian bisa duduk bersantai di gazebo yang telah disediakan.

Biasanya banyak juga keluarga yang membawa makanan dari rumah, lalu dimakan bersama-sama di gazebo sambil menikmati pemandangan sekitar kawah.Kalaupun tidak membawa makanan sendiri dari rumah, kalian bisa membeli makanan di warung makan terdekat.

Dengan suasana yang asri serta ditambah dengan adanya uap yang menyembul keluar di sekitar kawah menjadikan piknik di kawasan ini terasa menyenangkan.

5. Berfoto di Spot Menarik

Berfoto di Spot Menarik
https://www.instagram.com/babangaris95/

Ada beberapa spot unik yang bisa menjadi background foto kamu, seperti di sekitar kawah maupun di tempat lainnya.

Berfoto dengan background alam pasti akan ciamik banget deh guys, selain melihat keunikan kawah kamu juga bisa mendapatkan foto yang bagus untuk kamu upload di feed instagram kamu.

Banyak yang berfoto di dekat kawah, karena itu adalah ciri khas jika datang ke sini, jadi jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa mengambil foto juga ya guys.

Baca Juga: Daya Tarik dan Keindahan Wahana di Barusen Hills Gambung Ciwidey Kota Bandung

Wisata Dekat Kawah Kamojang Garut

Berikut adalah beberapa destinasi wisata menarik yang ada di sekitar kawah kamojang rekomendasi mimin, semoga bisa menjadi alternatif pilihanmu ya guys!

1. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
https://www.instagram.com/kebunmawar/

Merupakan sebuah tempat wisata di Garut berupa taman atau kebun yang didalamnya terdapat banyak tanaman bunga, khususnya bunga mawar. Dengan luas sekitar 5 hektar taman ini dilengkapi dengan fasilitas penginapan berkonsep bungalow.

LAGI HITS
Pantai Suwuk

Taman ini terletak di Jalan Raya Kamojang km 5 Samarang, Samarang, Garut, Jawa Barat.Harga tiket masuk ke area ini juga cukup murah, hanya dengan membayar Rp 15.000,- per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya pemandangan dan suasana damai yang menenangkan.

2. Darajat Pass Garut

Darajat Pass Garut
https://www.instagram.com/darajatpassgarut/

Pengunjung yag datang ke sini akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan. Panorama pegunungan dan perbukitan dibalut dengan suasana sejuk serta beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan, akan menambah keseruan liburanmu di tempat ini.

Destinasi wisata satu ini terletak di Jalan Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Darajat pas memiliki jam operasional selama 24 jam setiap hari Senin-Minggu dengan harga tiket yaitu:

  • Dewasa di hari biasa Rp30.000,-
  • Dewasa di akhir pekan dan hari libur Rp 35.000,-
  • Anak-anak umur 3-10 tahun Rp 25.000,-

3. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark yang memanjakan mata
https://www.instagram.com/amdken/

Adalah wisataterbaru yang kekinian, ngehitz dan instagramamble banget loh guys. Banyak spot foto menarik yang ciamik banget.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan berupa hutan pinus yang didalamnya terdapat banyak spot untuk berfoto.

Selain itu udara sejuk dan hijaunya view sekitar menambah keunggulan tempat ini.

Kamojang Ecopark berada di Jalan Samarang Garut, Cisarua, Samarang, Garut, Jawa Barat.Harga tiket masuk kawasan ini yaitu Rp 10.000,- per orang, dengan retribusi parkir sebesar Rp 5.000,-.

4. Taman Air Sabda Alam

Taman Air Sabda Alam
https://www.instagram.com/sabdaalam.garut/

Sabda alam merupakan tempat rekreasi berupa wahana air berkonsep waterboom dengan kolam renang serta fasilitas yang cukup lengkap mulai dari wahana untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Cipanas No. 3, Garut, Jawa Barat dan jam operasionalnya yaitu setiap hari Senin-Minggu, dengan jam buka di hari Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB serta di hari Sabtu dan Minggu pukul 07.00-21.00 WIB.

Untuk harga tiketnya Senin-Jumat Rp 30.000,- per orang dan Sabtu-Minggu Rp 40.000,- per orang.

Lihat Juga: 13 Mitos dan Sejarah di Situs Wisata Candi Cangkuang (Mistis dan Misterius)

Penginapan Sekitar Kawah Kamojang Garut

Ada beberapa rekomendasi penginapan yang worth it banget buat kalian, semoga bisa membantu ya guys.

LAGI HITS
Taman Nasional Baluran

1. Penginapan Kebun Mawar Situhapa

kenyamanan Penginapan Kebun Mawar Situhapa

Selain menjadi tempat wisata, pihak pengelola taman menyediakan penginapan unik dengan tema bungalow. Untuk tarif per kamarnya mulai dari Rp 700.000,- per malam dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Selain itu, saat malam kalian akan mendengar suara jangkrik dan kodok menyatu, hening jauh dari perkotaan.

Paginya, bisa naik ke atas bukit untuk melihat sunrise yang menawan.

2. Villa Kampung Sampireun

Villa Kampung Sampireun

Kampung Sampireun terletak di Desa Ciparay, Samarang, Garut, Jawa Barat.Akomodasi ini menampilkan budaya Sunda asli yang menawarkan bungalow mewah.

Bungalow tersebut terletak di 1010mdpl dan dibangun diatas danau yang tenang dan bisa diakses dengan menggunakan kano pribadi. Semua kamar menampilkankonsep tradisional-modern yang unik. Tarif kamar permalamnya yakni mulai dari Rp 486.000,-.

3. Kamojang Green Hotel & Resort

indahnya Kamojang Green Hotel & Resort

Penginapan yang terletak di Jalan Raya Kamojang KM. 3 Samarang, Samarang, Garut, Jawa Barat ini menyuguhkan konsep penginapan yang unik dan menarik.

Resort ini sangat cocok untuk menyepi dari hiruk pikuknya keramaian kota, selain suasana romantis dan menenangkan penginapan ini juga cocok banget untuk keluarga. Tarif yang dikenakan yaitu mulai dari Rp 790.000,- per malam.

Tips Wisata ke Kawah Kamojang Garut

Sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke titik lokasi, karena belum banyak kendaraan umum yang melintasi daerah ini.

Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berkunjung, jika kalian berkunjung di musim hujan, sebaiknya datang di pagi atau siang hari.Karena saat sore hari kabut tebal mulai turun ditambah dengan hujan, maka pemandangannya tidak terlalu bagus.

Karena sudah disediakan berbagai fasilitas, mari kita jaga lingkungan sekitar kawah agar senantiasa bersih dan nyaman, dengan cara tidak merusak fasilitas umum dan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Simak Review: Curug Ciherang, Eksotisnya Rumah Pohon Berselimut Kabut

Ya guys, itu tadi ulasan singkat mengenai destinasi wisata Kawah Kamojang Garut, Jawa Barat. Wisata alam yang menarik ini bisa kamu jadikan alternatif pilihan untuk tempat menghabiskan liburanmu.

Jika sudah menentukan dimana tempat yang seru untuk berlibur, jangan lupa untuk menyiapkan barang dan beberapa hal lainnya yang perlu dibawa, selamat berlibur dan bersenag-senang ya guys, see you!

/ 5. Vote count:

0
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Gunung Lembu

Jessica Susanti
7 min read

Pantai Prigi

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Nglambor

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *