Kebun Binatang Ragunan, DKI Jakarta
ayojakarta.com

Kebun Binatang Ragunan

Posted on

Wisata ke kebun binatang? Biasanya, destinasi wisata ke kebun binatang adalah favorit anak-anak di hari libur.

Pilihan berwisata ke kebun binatang bisa jadi pilihan tepat bagi keluarga. Selain berwisata, anak-anak juga bisa mengenal berbagai jenis hewan-hewan di kebun binatang. Saat kembali ke sekolah, mereka bisa berbagi cerita tentang liburan ke sana pada teman-temannya.

Bagi warga Jakarta, pasti yang terpikirkan adalah Kebun Binatang Ragunan beserta berbagai macam hewan di dalamnya.

Kebun Binatang Ragunan memang sangat dikenal, karena letaknya di ibukota, sehingga kerap mendapat sorotan media. Karena itu, kawasan ini sering dipadati pengunjung kala musim liburan tiba.

Mengenal Kebun Binatang Ragunan

Didirikan pada tahun 1864 dan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Kawasan wisata seluas 140 hektar ini memiliki koleksi sekitar 295 spesies dan 4040 spesimen.

Pendirian kebun binatang ini diprakarsai oleh Perhimpunan Penyayang Flora Dan Fauna Batavia di atas tanah seluas 10 hektar, pemberian dari Raden Saleh. Namun, baru diresmikan tahun 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu, Ali Sadikin.

Lokasi

Pada awalnya, kebun binatang ini didirikan di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, pada tahun 1964, lokasinya dipindah ke kawasan Ragunan, sekalian diberi hibah tanah seluas 30 hektar oleh Pemerintah Kota Jakarta.

LAGI HITS
Waduk Jatiluhur

Sejak saat itu, alamat tepatnya menjadi Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namanya pun resmi menjadi Kebun Binatang Ragunan.

Rute Menuju Lokasi

Tidak perlu khawatir, Kebun Binatang bisa diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Busway TransJakarta sudah menyediakan sarana transportasi menuju ke sana dengan bus di jalur 6. Penumpang cukup membayar Rp.3.500 saja.

Bagi pengendara kendaraan pribadi, bisa memanfaatkan aplikasi peta online pada smartphone untuk mendapatkan informasi jalur tercepat menuju lokasi. Pilihannya seperti menggunakan Google Maps atau Waze.

Menggunakan moda transportasi umum adalah pilihan ekonomis. Pengunjung tidak perlu membayar parkir, sekaligus tidak perlu repot mencari spot parkir yang nyaman. Selain ekonomis, juga membantu mengurangi kemacetan akibat tumpukan kendaraan.

Harga Tiket Masuk

Meskipun punya segudang fasilitas, ternyata harga tiket masuk cukup terjangkau. Untuk orang dewasa, cukup membayar 4 ribu rupiah, dan cukup 3 ribu rupiah untuk tiket anak-anak.

Tarif masuk ini belum termasuk penggunaan seluruh fasilitas. Pengunjung harus membayar beberapa biaya lain untuk menggunakan sarana tertentu.

Info penting, Pemerintah DKI Jakarta menerapkan aturan baru cara masuk ke kebun binatang Ragunan, yakni dengan kartu JakCard dari Bank DKI. Kalau belum punya, pengunjung bisa beli di loket yang tersedia di pintu masuk.

Harganya 30 ribu rupiah, sudah termasuk saldo 20 ribu rupiah. Kartu juga boleh digunakan bergantian. Kartu ini juga bisa dipakai untuk membayar tiket TransJakarta.

Jam Operasional

Jadwal operasional kebun binatang Ragunan adalah hari Selasa hingga Jumat. Lokasi ini tutup setiap hari Senin.

Hari Senin dipilih sebagai hari libur karena di tempat wisata biasanya merupakan saat paling sepi pengunjung. Selain itu, obyek wisata ini juga tutup saat Idul Fitri.

LAGI HITS
Candi Cetho

Jam buka lokasi ini adalah mulai pagi pukul 07.30 hingga pukul 16.00 sore. Agar dapat melihat seluruh koleksi fauna di sana dan menikmati semua sarana yang tersedia, pengunjung bisa memilih datang lebih awal.

Simak Review: Waterbom PIK Jakarta (Puas Main Air!)

Fasilitas yang Tersedia

Kebun binatang ini juga menyediakan fasilitas lengkap bagi pengunjung. Sarana dasar seperti toilet dan mushola tersedia di sini. Selain itu, area parkir juga luas. Pengunjung yang membawa kendaraan tak perlu khawatir kehabisan lahan parkir.

Selain tempatnya yang nyaman dan rindang karena ada banyak pepohonan, di sini juga tersedia spot penjual makanan dan toko souvenir. Pengunjung bisa melepas lelah setelah berkeliling sembari menikmati aneka hidangan kuliner.

Masih ada fasilitas lain yang tak kalah penting, yakni penunjuk jalan agar pengunjung tak tersesat di luasnya area kebun binatang.

Anak-anak juga bisa menikmati aneka wahana permainan yang tersedia ketika bosan melihat-lihat sekitar.

Daya Tarik Kebun Binatang Ragunan

Selain letaknya yang strategis, di kota besar yang merupakan ibukota Indonesia, ada banyak alasan lain mengapa kebun binatang Ragunan menarik untuk dikunjungi, terutama yang ingin berwisata bersama keluarga.

Bagi penduduk Jakarta, pilihan datang ke destinasi wisata ini sangat tepat karena dekat dan murah. Untuk pengunjung dari luar kota pun tidak ada masalah, ada banyak hotel dekat kebun binatang ini dan pilihan wisata di sekitar.

Faktor apa saja yang menarik dari kebun binatang Ragunan? Yuk, cek list di bawah ini agar tak melewatkan hal seru di kawasan wisata ini!

1. Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Murah Meriah

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Murah Meriah di Ragunan Zoo
https://www.instagram.com/vinaoktavianimanurung/

Wisata tak perlu mahal. Dengan tiket masuk yang terjangkau, pengunjung sudah dapat menikmati ragam jenis hewan-hewan di sini. Meskipun bawa rombongan, sama sekali tidak menguras kantong.

LAGI HITS
Seaworld Ancol

Tak hanya tiket, harga sewa sarana pun terjangkau. Contohnya harga sewa tikar dan harga sewa pendopo di sini sangat terjangkau dan dapat dinikmati seluruh keluarga agar lebih nyaman saat berkunjung ke sana.

Dengan harga yang murah, semua orang bisa menikmati liburan sekaligus belajar mengenal lebih banyak satwa di dunia.

2. Banyak Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Sana

Banyak Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Sana, memberi makan satwa contohnya
https://www.instagram.com/fardhankhan/

Berkunjung ke kebun binatang Ragunan tak akan membuat pengunjung bosan. Di sini, pengunjung tak hanya sekedar berjalan-jalan melalui deretan kandang saja, tapi ada berbagai atraksi dan aktivitas seru untuk diikuti.

Contohnya seperti Zona Primata Schmutzer, dimana para primata bisa menikmati hidup seperti di habitat aslinya. Lalu ada Taman Satwa Anak, tempat anak-anak bisa melihat aneka fauna favorit sambil bermain di ayunan, kereta, atau perosotan.

Pengunjung bisa merasakan pengalaman menaiki kuda, onta, atau gajah di sini. Pengunjung juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling, atau naik sepeda air di kolam.

Kunjungi Juga: 25 Tempat Wisata di Jakarta ini buat liburan

3. Koleksi Satwa dan Tumbuhan yang Banyak dan Unik

Koleksi Satwa dan Tumbuhan yang Banyak dan Unik menjadi keunggulannya
https://www.instagram.com/shevarizkii/

Seperti yang telah ditulis di atas, terdapat sekitar 295 jenis hewan. Kebun binatang ini punya berbagai jenis fauna seperti jenis primata, burung, ikan dan reptil eksotis dari seluruh dunia.

Salah satunya adalah ikan Arapaima Amazon yang berat badannya mencapai 100 kg. Ada juga gorilla Afrika yang tak boleh dilewatkan. Ada juga ular Condrophyton yang eksotis.

Masih ada hewan-hewan di sana yang tergolong mamalia seperti gajah, jerapah, dan kuda. Tak ketinggalan reptil khas Indonesia, yakni komodo juga hidup di sana.

Selain satwa, sekitar 20 ribu tanaman juga tumbuh dan membuat lokasi kebun binatang menjadi lebih rindang di tengah panasnya Kota Jakarta. Bahkan ada Taman Anggrek, dimana pengunjung bisa menikmati keindahan tanaman bunga ini.

LAGI HITS
Tempat Wisata Di Jakarta

4. Fasilitas Lengkap dan Unik

Gazebo adalah salah satu Fasilitas Lengkap dan Unik
https://ragunanzoo.jakarta.go.id/

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang dijamin menambah keseruan aktivitas wisata.

Contohnya dengan menyewa sepeda untuk mengelilingi kebun binatang. Tersedia juga sepeda tandem yang bisa dinaiki beberapa orang sekaligus. Selain bersepeda, pilihan lainnya adalah menggunakan kereta. Pengunjung jadi tidak kelelahan saat berkeliling.

Lalu ada juga sewa tikar dan pendopo untuk istirahat dan makan siang bersama rombongan. Dengan latar belakang rimbun pepohonan dan hijau rumput, serta aneka margasatwa, santap siang jadi lebih berkesan.

Baca Juga: 9 Wahana Seru di Ecopark Ancol (Bermain Sambil Belajar)

5. Ada Aplikasi Smartphone Khusus Kebun Binatang Ragunan

Ada Aplikasi Smartphone Khusus Kebun Binatang Ragunan Memudahkan Pengunjung
apkpure.com

Pemerintah DKI Jakarta cukup serius dalam mengelola kebun binatang hingga disediakan sebuah aplikasi khusus bagi pengunjungnya. Aplikasi tersebut bernama Ragunan Zoo.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa melihat jadwal atraksi satwa, peta digital area kebun binatang, trivia pengetahuan dunia satwa, hingga permainan interaktif khas Ragunan.

Jangan lupa mengunduh dulu aplikasi Ragunan Zoo sebelum berkunjung ke kebun binatang Ragunan agar tak ketinggalan informasi menarik.

Lihat Juga: 5 Daya Tarik Museum Fatahillah yang Tak Pernah Pudar

Kebun Binatang Ragunan menjadi solusi mudah dan murah untuk wisata sembari belajar. Lokasi strategis, fasilitas lengkap, dan banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sana. Sangat cocok untuk rombongan keluarga.

Pengunjung Kebun Binatang dimanjakan dengan ratusan jenis koleksi satwa dan tata kebun binatang yang apik dan nyaman.

Berwisata bersama keluarga ke kebun binatang Ragunan menjadi solusi tepat penduduk sekitar Jakarta maupun luar daerah untuk menikmati waktu senggang di hari libur agar lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.