Kebun Buah Mangunan

6 min read

kebun buah mangunan yogyakarta

Untuk kamu yang ingin merefresh pikiran dari kepenatan, maka ada tempat wisata menarik untuk liburan di daerah Yogyakarta yaitu Kebun Buah Mangunan. Wisata hits Jogja ini bertempat di kawasan Dlingo yang lebih tepatnya Mangunan.

Disini kamu bisa menikmati aneka ragam wahana menarik di atas ketinggian. Karena Kebun Buah Mangunan lokasinya berada di puncak gunung dengan ketinggian kurang lebih 200 mdpl. Kamu akan menikmati pemandangan menarik dari atas puncak dengan keindahan alam yang alami.

Wisata Kebun Buah Mangunan tentunya akan memanjakan mata kamu dengan pemandangan luar biasa seperti pemandangan sunrise yang sangat menarik. Sekumpulan kabut putih disekitar pegunungan akan menciptakan imajinasi seperti berada di atas awan.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

mangunan kebun buahSaat ini rute menuju Kebun Buah Mangunan sangat mudah untuk di akses. Walaupun jalan menuju lokasi sedikit menanjak, karena Kebun Buah Mangunan sendiri sudah berada di puncak kawasan pegunungan seribu.

Rute tercepat dari kota Yogyakarta ke Kebun Buah Mangunan dapat melalui jalan Imogiri Timur menuju kearah selatan sampai menuju arah beraspal, kemudian mengikuti jalan sampai bertemu pertigaan. Sampainya pertigaan belok kanan menuju kejalan pleret.

Ketika sudah mengikuti jalan menuju pleret lanjut terus kearah timur sampai kejalan segoroyoso. Setelah itu kamu akan melewati jalan berkelok sampai dikawasan Kebun Buah Mangunan. Jadi jalan menuju lokasi cukup mudah untuk dilalui oleh para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di Kebun Buah Mangunan untuk setiap orang dikanakan biaya Rp, 2.500. Harga tersebut bisa dibilang sangat murah dibandingan dengan kecantikan dan keindahan alam dikawasan wisata ini.

Sedangkan untuk biaya parkir setiap mobil dikenakan biaya Rp, 5.000 karena menyesuaikan dengan peraturan yang ada di daerah kabupaten Bantul. Sedangkan biaya parkir untuk setiap motornya dikenakan Rp, 2.000.

Spot Menarik Kebun Buah Mangunan

1. Hutan Pinus

 puncak kebun buah mangunanSesuai namanya hutan yang eksotis dan romantis ini bertempat di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Hutan pinus ini letaknya jauh sekitar 24 km dari pusat keramaian Kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 45 menit.

Hutan Pinus Jogja ini dapat dijadikan tempat wisata yang tepat, karena banyak pepohonan menjulang tinggi sehingga dikenal sebagai Pinus Merkusi. Nggak heran jika banyak para wisatawan yang kepencut dengan tempat wisata ini.

Jalan menuju Hutan Pinus sangat mudah ditemukan, karena lokasinya berada di Yogyakarta bagian selatan. Sehingga untuk kesana kamu bisa melalui jalan Imogiri Timur sekaligus menuju kearah makam Raja-Raja Imogiri. Jam buka dimulai dari jam 06.00 sampai jam 17.00 WIB.

2. Puncak Becici

 wisata kebun buah mangunanPuncak Becici Yogyakarta adalah tempat wisata yang digemari banyak pengunjung, karena dengan wisata alamnya mampu memberikan suasana keistimewaan dan keindahan alam yang mempesona. Jadi Puncak Becici merupakan spot yang wajib kamu kunjungi.

Jalan menuju lokasi ini cukup mudah di temukan, bertempat di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jadi langsung saja dari pusat kota Yogyakarta menuju arah jalan Imogiri Timur sampai tiba di pertigaan pasar Imogiri.

Setelah di pasar Imogiri ambil arah kiri menuju Kebun Buah Mangunan. Lanjut terus perjalanan sehingga menjumpai Hutan Pinus. Sesampainya dipertigaan jalan terdapat papan arah menuju Puncak Becici Imogiri. Ikuti petunjuk arah sampai tiba dilokasi.

3. Akar Langit

 wisata kebun buah mangunanPuncak Akar Langit Mangunan atau sering disebut Negeri diatas awan merupakan lokasi yang digemari para wisatawan, selain karena kita dapat menikmati seluruh pemandangan dari atas puncak juga dijadikan spot untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

Terdapat beberapi lokasi menarik untuk pemotretan, sehingga bagi kamu yang hobi fotografi pastinya mendapatkan kepuasan dalam menyalurkan hobimu. Banyak dari pengunjung datang pada saat pagi hari karena ingin mendapatkan pemandangan luar biasa terbitnya matahari dari atas puncak.

Pancaran sinar matahari yang diselimuti sedikit kabut yang muncul akan membuatmu ingin berlama-lama di tempat wisata ini. Disini kamu juga dapat beristirahat sambil sarapan. Karena terdapat warung makan dan tempat istirahat serta tempat parkir yang luas. Pengen? Datang langsung ke Jogja.

Simak Review: Candi Prambanan, Sejarah, Fungsi & Hotel Dekat Candi

4. Pembibitan Sapi

 kebun buah mangunan dlingoDaya tarik wisatawan tertuju pada pembibitan sapi. Pihak pengelola wisata sengaja memberikan tempat pembibitan sapi sekaligus sebagai sarana belajar. Selain itu juga tingginya permintaan bibit merupakan peluang besar dalam usaha. Memang banyak aneka wahana disediakan di Kebun Buah Mangunan sebagai daya tarik pengunjung.

5. Tanaman Hias dan Buah

 kebun buah mangunan imogiri bantulNamanya saja Kebun Buah Mangunan, yang yang berarti adalah kebun buah yang ada di daerah Mangunan. Area yang sangat luas ditanami berbagai macam jenis tanaman hias maupun buah-buahan. Serunya buah-buahan disini juga dapat secara langsung dipanen loh.

Memang tidak semua buah dapat di panen, karena harus menunggu juga musim panennya buah itu sendiri. Tapi untuk menikmati buah kamu harus membayar ya. Harganya cukup murah yaitu per Kg nya Rp. 5000 untuk buah mangga, Rp. 4000/Kg rambutan, Rp. 2000/Kg jambu dan masih banyak lainnya.

6. Berkemah atau Camping

 kebun/buah mangunanBagi kamu yang gemar berpetualang wajib menyempatkan waktu untuk mencoba berwisata sambil berkemah atau camping. Wisata ini menyediakan lokasi camping baigi sekelompok organisasi yang melakukan pendidikan yang memang sengaja camping di wisata ini.

Di jamin kamu tidak akan rugi camping di sini. Selain harganya yang sangat murah cukup dengan harga Rp. 5000 saja per orangnya. Tentunya kamu bisa menikmati fasilitas disini sepuasnya dengan suasana Jogja atau sunrise di pagi hari.

7. Memancing

 kebun buah mangunan jogjaPepatah mengatakan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran adalah memancing. Nah, untuk kamu yang hobi memancing ikan dan memang sedang di jogja, kamu bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan.

Tempat wisata ini menyediakan kolam pemancingan yang luas. Cukup dengan Rp. 2000 saja kamu dapat menikmati fasilitas ini seharian penuh. Menikmati secangkir kopi sambil memancing tentunya semakin betah berlama-lama disini.

8. Bersepeda

 kebun buah mangunan imogiriKebun Buah Mangunan memang banyak di kelilingi oelh pepohonan sehingga terasa seperti di hutan. Kamu bisa membayangkan bagaimana keseruan bersepeda mengelilingi tempat wisata yang satu ini, apalagi bersepeda dengan rame-rame.

Biaya untuk menyewa sepeda cukup dengan Rp. 50.000 per sepedanya. Nikmati sensasi rute jalan yang menarik di lintasan downhill. Selain untuk berwisata kamu juga dapat berolahraga dan memacu adrenalin.

Jangan Lewatkan: Pantai Goa Cemara, 7 Aktifitas Seru Menjelajah Pantai

9. Jembatan Gantung

wisata kebun buah mangunanAkivitas yang dapat kamu lakukan di wisata Jogja satu ini adalah bermain di wahana Jembatan Gantung. Mendengar namanya saja sudah cukup meyeramkan, namun Jembatan Gantung ini di jamin keamanannya. Tentunya juga kamu dapat berfoto di jembatan ini dengan background perkebunan.

10. Outbound

 rute kebun buah mangunanTempat ini memang kerap sekali di jadikan wahana edukatif oleh pelajar disekitar Jogja. Kebun Buah Mangunan menyediakan wahana outbound yang menarik. Wahana outbound memang sengaja disuguhkan di sini karena untuk menarik perhatian pengunjung yang datang.

Ada beberapa wahana outbond yang dapat kamu kunjungi di sini, seperti flying fox, reflying, jembatan goyang dan beberapa wahana menarik lainnya. Jika kamu ingin menikmati wahana ini kamu harus mencari 10 orang karena harga tiket di banderol Rp.200.000 untuk per sepuluh orangnya.

Lokasi ini juga menyediakan penyewaan gedung yang dapat kamu jadikan kegiatan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Biaya sewanya cukup terjangkau dikenakan tarif Rp. 100.000 untuk 50 orang. Kamu sudah dapat menggunakan gedung selama 5 jam.

11. Berenang

 kebun buah mangunan dlingo bantulSiapa sih yang tidak suka dengan kesegaran alam di kebun wisata ini ?. Kali ini kamu dapat menikmati kesegaran udaranya sekaligus kesegaran air yaitu berenang di sekitar Kebun Buah Mangunan.

Kamu dapat menikmati kesegaran air sumber alami dari perkebunan yang asri. Tiket masuknya cukup dengan biaya Rp. 2.000 saja per satu jam. Sangat murah kan? makanya ayok jangan sampai ketinggalan destinasi wisata Jogja satu ini.

12. Hunting Foto

 kebun buah mangunan imogiri bantulWahan spesoial di wisata Jogja adalah dengan hunting foto. Banyak pemandangan mempesona yang menarik yang dapat kamu nikmati. Cocok juga bagi kamu yang memiliki agenda prewed outdoor berlatar belakang alam. Dijamin bakal puas dengan hasilnya!

Jam Buka

Jam buka Kebun Buah Mangunan yaitu buka mulai dari pagi hari sampai sore saja. Kamu bisa datang ke tempat wisata ini mulai dari jam 04.30 sampai 18.00 WIB. Saran jika kamu berkunjung kesini sebaiknya datang pagi-pagi. Sunrise yang dibalut kabut dapat kamu nikmati diatas puncak.

Selain itu juga kamu dapat mengunjungi wisata ini setiap hari loh, karena memang dibuka untk umum dan dibuka setiap hari. Bisa kamu bayangkan serunya berwisata di Negeri di Atas Awan Jogja. Ayok buruan datang ke Kebun Buah Mangunan ajak keluargamu!

Lihat Juga: Museum Gunung Merapi salam kenal dari Merapi

Penginapan

Bagi kamu yang jauh berasal dari luar kota tentunya akan sangat lelah setelah berkunjung ke wisata di Mangunan. Untuk itu kamu perlu beristirahat melepas kepenatan dengan menyewa sebuah kamar penginapan yang ada di sekitar lokasi wisata. Penginapan sekitar di antaranya:

  • Tembi Rumah Budaya

penginapan dekat kebun buah mangunanPenginapan ini dekat dengan wisata Kebun Buah yang terletak di Sewon satu daerah dengan Galeri Lana dan Imogiri. Banyak fasilitas yang disediakan yaitu kenyamanan kamar dengan penyejuk udara serta TV LCD, gratis akses internet nirkabel, kamar mandi shower, laundry. Harganya mulai dari IDR 762.000 per malam.

  • d’Omah Hotel Yogya

penginapan dekat kebun buah mangunanHotel ini terletak di daerah pedesaan satu daerah dengan Galeri Lana dan Imogiri. Hotel berbintang 4 ini terdapat di satu kawasan Tomb of Sultan Agung serta Batik Plentong. Fasilitas yang disediakan spa pijat, perawatan tubuh, kolam renang outdoor, sauna dan pusat kebugaran. Harganya kurang lebih mulai dari Rp. 1.067.491 Permalamnya.

  • ROS-IN HOTEL Yogyakarta

penginapan kebun buah mangunanHotel bintang 4 ini tidak jauh dari Imogiri dan Saosano inggil. Nikmati fasilitas kamar yang disediakan dengan penyejuk udara, akses internet gratis, TV kabe, kamar mandi pribadi, shower dan pengering rambut. Fasilitas mencakup brankas serta pembenahan kamar setiap harinya. Harganya mulai dari IDR 499.001 per malamnya.

Tips Berkunjung di Kebun Buah Mangunan

1.Menyiapakan kamera yang bagus dan full baterai

Wisata yang ada di Mangunan ini merupakan destinasi yang memiliki pemandangan mempesona. Tentunya sangat disayangkan jika kamu kesini tidak mengabadikan momen keindahan alam bersama keluargamu atau teman dekatmu.

Memperhatikan waktu sampai di Kebun Buah Mangunan

Agar kunjungan berliburmu tidak sia-sia kamu harus memperhatikan waktu tiba di tempat wisata ini. Jika kau datang pada waktu siang hari maka kamu hanya dapat menikmati kesejukan sedikit di sela panasnya matahari. Sebaiknya maka datanglah pada waktu pagi hari.

2. Menyiapkan tenaga ekstra untuk menjelajahi wahana wisata Mangunan

Karena lokasi wisata perkebunan yang sangat luas, untuk bisa mengujungi seluruh area kamu harus menempuhnya dengan berjalan kaki. Dari pihak pengelola memang tidak memberikan fasilitas kendaraan agar supaya pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan bersantai.

Datang bersama keluarga atau teman, yang terpenting tidak sendirian

Kenapa disarankan jika kamu datang kesini untuk mengajak keluarga atau teman?. Karena kebanyakan pengunjung yang datang kesini adalah muda-mudi atau pasangan suami isri, Jadi tidak lucu bukan jika kamu kesini berniat senang-senang malah mendapatkan pemandangan yang kurang mearik.

3. Membawa peralatan pribadi

Suatu hal yang paling penting kemanapun sebaiknya membawa peralatan pribadi, entah itu pealatan sholat atau obat-obatan. Pihak pengelola tidak menyediakan area kesehatan khusus. hanya saja menyediakan tempat ibadah untuk umat muslim.

4. Jangan lupa menjaga sikap dan perkataan

Seperti yang kamu ketahui Kebun Buah Mangunan adalah wisata alam. Agar kamu dapat bersahabat dengan alam sebaiknya menjaga perkataan dan sikap sehingga tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. Alam juga ciptaan Tuhan, mereka juga akan marah jika tidak suka.

Baca Juga: Hutan Mangrove Kulon Progo Romantisme Matahari Senja

Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah destinasi wisata lengkap yang tentunya mampu membawa hobi Travellermu menjadi dalam satu kawasan. Coba saja untuk kamu yang belum pernah kesini nggak bakalan kecewa dengan pemandangannya.

Sekian informasi lengkap tentang wisata Kebun Buah Mangunan di Jogja. Ajak temanmu atau keluargamu untuk merasakan sensasi keindahan wisata ini dengan pemandangan kabut sambil mengabadikan momen langka bersama rombonganmu.

Dusun Bambu

Indah Andini
5 min read

Malioboro Jogja

Fitria
4 min read

Candi Prambanan

Fitria
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *