Kebun Raya Cibodas

6 min read

Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Kebun Raya Cibodas merupakan destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan. Wisata satu ini terletak di antara kawasan hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Letak kawasan ini berada dipegunungan membuat hawa disini sangat sejuk.

Objek wisata ini juga menjadi alternatif para pengunjung sebagai edukasi untuk anak – anak. Disini banyak hal yang akan kamu lihat terumata ekosistem alam yang sangat komplek lengkap banget deh. Pepohonan hijau di pegunungan sekitar juga masih sangat asri dan terjaga dengan baik.

Nah di artikel ini aku akan mengulas sedikit tentang Kebun Raya Cibodas. Scroll ke bawah ya.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Mengulik tentang sejarah kawasan ini didirikan sekitar tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijismann, beliau termasuk Kurator Kebun Raya Cibodas pada saat ini yang terkenal dengan nama Kebun Pegunangan Cibodas.

Awal pendirian lokasi ini adalah bertujuan untuk melestarikan tanaman – tanaman yang berasal dari luar negeri. Tanaman disini memiliki nilai sangat penting dan ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya tanaman Pohon Kina.

Seurung berjalannya waktu kawasan ini berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor yang terkenal dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Mulai pada tahun 2003 statusnya kawasan ini berubah menjadi Kebun Raya Bogor sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam deputi Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Lokasi Kebun Raya Cibodas

Alamat lengkap kawasan ini berada di Jalan Sindanglaya, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 di atas permukaan laut. Luas dari kebun ini sekitar 85 hektar. Di lokasi ini memiliki suhu rata – rata sekitar 20 derajat celcius.

Kondisi alam yang sejuk menjadikan kawasan ini salah satu objek wisata favorit bagi masyarakat sekitarnya. Berada di ketinggian diatas 1000 meter dan juga kiri kanan masih pemandangan hutan pegunungan membuat tempat ini sangat sejuk dan nyaman untuk pengunjung loh.

Jalan Menuju Kebun Raya Cibodas

Untuk menuju lokasi kawasan wisata satu ini, kamu bisa memilih dari beberapa alternatif jalan yang bisa kamu lewati loh.

Jika kamu memulai start perjalanan dari kota Jakarta, kamu bisa melewati jalan menuju arah kawasan puncak Bogor. Beberapa kilometer di depan setelah istana Cipanas, kamu bisa menemukan kawasan wisata kebun raya ini.

Jarak tempuh sekitar 85 kilometer dari Jakarta, perjalanan sekitar 2 jam tergantung kondisi lalu lintasnya ya. Kalau macet ya mungkin lebih dari estimasi diatas.

Nah buat kamu yang start dari kota Bndung, bisa lewat jalan ke arah Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas. Ikuti aja jalanan menuju Rumah Sakit Cimacan. Setelah sampai kamu akan ketemu pertigaan Paragajen, ambil arah kiri dan lurus terus sampai ke lokasi tujuan.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Setelah sampai di kawasan ini, kamu bisa langsung membayar untuk tiket masuk. Harga tiket masuk ke kawasan ini terbilang sangat hemat di kantong kalian kok.

Harga tiket masuknya sekitar Rp 16.500 per orang. Alokasinya dalah 9 ribuan untuk pajak, 7 ribuan untuk retribusi masuk objek wisata dan 500 untuk asuransi Jasa Raharja.

Kemudian untuk parkir kendaraan dikenakan biaya untuk motor 5 ribu rupiah dan mobil 16 ribu rupiah. Biaya tiket masuk disini sudah termasuk dengan biaya asuransi jasa raharja.

Untuk kenyamanan pengunjung, pihak pengelola menyediakan paket Tour Taman Cibodas khusus kalian yang membawa rombongan. Paket tour ini sudah termasuk tiket masuk, konsumsi, akomodasi selama disini dan berbagai macam fasilitas di kawasan ini.

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Bagi kalian yang ingin datang kesini, jam buka kawasan kebun raya buka sekitar jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Buka setiap hari kok.
Tapi kalian jangan datang malam hari ya, jelasnya kawasan ini pasti di tutup dan tidak menyediakan jas tour malam.

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan dan kenyamanan kalian selama berada di kawasan ini. Mulai dari area lapangan parkir yang luas, pusat ruang informasi dilengkapi dengan dokumentasi Wana wisata cibodas.

Ada juga area bermain untuk anak – anak, tempat makan, mushola, kamar mandi dan toilet umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka dan camping ground seluas 3 hektar yang bisa menampung sekitar 200 tenda kemah.

Daya Tarik di Kebun Raya Cibodas

Saat kamu berada di objek wisata ini, ada beberapa aktifitas seru yang bisa kamu nikmati. Pemandangan alam yang masih sangat asri dan juga hawa yang cukup sejuk membuat kalian makin betah saat berada disini.

1. Taman Pohon Bunga Sakura

Taman Pohon Bunga Sakura Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura ini menjadi ikon untuk negera jepang. Mungkin kalian berpikir jika hanya di jepang aja bisa melihat mekarnya bunga sakura. Di kawasan Kebun Raya Cibodas ini ada loh taman sakura, jadi kalian ga perlu jauh – jauh ke jepang ya.

Daya tarik tersendiri dari kawasan ini memang Taman Sakura, karena biasanya pohon sakura hanya bisa hidup di tanah yang memiliki 4 musim. Sedangkan di Indonesia hanya memiliki 2 musim aja tapi tamanan ini bisa tumbuh dengan subur.

Karena kawsan cibodas ini berada diatas ketinggian 1500 mdpl, dengan cuaca yang cenderung sejuk memungkinkan pohon sakura ini bisa tumbuh dengan subur. Dulunya ada sekitar 300 jenis pohon sakura tapi sekarang hanya tinggal 7 yang hidup.

Jika kamu pengen melihat keindahan taman sakura ini, kamu bisa berkunjung pada bulan Januari sampai Februari dan bulan Juli sampai Agustus. Karena pada bulan itulah pohon sakura mekar dengan kecantikan bunganya.

2. Curug Cibeureum

Air Terjun Curug Cibeureum di Kebun Raya Cibodas

Di kawasan ini ada juga sebuah air terjun yang bisa kalian kunjungi loh. Nama air terjun disini adalah Curug Cibeureum. Untuk bisa sampai ke curuh ini, kalian bisa melewati jalan batu dan sambil menikmati keindahan disepanjang jalan ini.

Ketinggian air terjun ini sekitar 1675 meter di atas permukaan laut. Dan tinggi air terjun ini sekitar 50 meter, curah airnya lumayan deras apalagi pada saat musim hujan.

Selama kalian melawati jalan bebatuan disini, kalian akan melihat pohon batu yang biasa disebut arauvaria avenue. Pohin batu ini sudah ada sejak tahub 1866, berarti umur pohon ini sekitar 150 tahun.

3. Taman Lumut

Kebun raya ini juga memiliki koleksi taman unik yaitu taman lumut. Taman lumut disini memiliki koleksi sekitar 235 jenis lumut.

Lumut hidup dengan bebas dan juga dilestarikan. Aku saranin jangan naik ke taman ini ya tentunya bakalan licin dan bisa jatuh loh.

Lihat Juga: 7 Pesona Little Venice yang Kekinian dan Instagramable ala Italia

4. Taman Rhododendro

Di taman ini segala macam bunga di Indonesia ada loh, termasuk juga bunga dari jepang dan cina. Ga boleh kalian lewatkan nih pemandangan warna warni bunga dari berbagai negara. Serius deh ini cakep banget bikin mata seger mandangnya tuh.

5. Jalan Air

Disini juga ada jalan air yang merupakan arus dari sungai cibogo yang berasal dari Gunung Gede, air sungai ini sangat jernih dan sejuk. Menjadi tempat bermain untuk anak – anak. Jangan lupa untuk membawa baju ganti ya.

6. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Cibodas
https://www.instagram.com/sri_mulyani_santoso/

Bunga bangkai ini termasuk fauna yang langka loh. Tamanan raksasa ini di bawa langsung dari Jambi, karenan memang habitat aslinya disana.

Sesuai dengan namanya, bunga bangkai ini mengeluarkan bau yang busuk pada saat mekar. Bunga ini mekar setiap empat tahun sekali. Dan tinggi bunga bangkai ini lebih dari 3 meter.

7. Rumah Kaca

Rumah kaca ini menjadi tempat proses pembibitan tanaman di kawasan Kebun Raya. Rumah kacaini menyimpan berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek. Bahkan beberapa tanaman langka bisa kalian lihat dirumah kaca ini.

Setidaknya ada sekitar 4 ribuan contoh tanaman, ada 350 jenis kaktus dan 360 tanaman anggrek yang tersimpan di rumah kaca ini. jangan lupa mampir ke lokasi bunga bangkai yang dekat dengan rumah kaca ini.

8. Koleksi Tumbuhan Paku

Bukan tumbuhan berbentuk paku ya, tapi lebih tepatnya sayuran paku. Kamu bisa lihat di kawasan ini juga banyak koleksi tanaman paku loh. Ada sekitar kurang lebih 34 jenis tanaman paku yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

Simak Review: Sentul Paradise Park, Surga Wisata Taman dan Curug Bidadari

9. Kolam Besar

Kolam ini sudah didirikan sejak tahun 1991. Yang berfungsi sebagai habitat alam untuk tumbuhan air. Di tengah kolam ada air mancur yang memancurkan air dengan deras loh.

Kolam ini juga di kelilingi padang rumput hijau. Kalian bisa bersantai disini sambil menikmati suasana alam yang masih sangat asri.

10. Mengelilingi Kebun Raya dengan Bus

Bus ini baru aja beroperasi di kawasan kebun raya. Kalian bisa naik bus ini untuk mengelilingi kebun raya. Tentunya dengan tariff yang lumayan murah kok, hanya sekitar 10 ribuan per orang.

Wisata Dekat Kebun Raya Cibodas

Setelah puas menikmati suasana alam asri di kebun raya ini, aku kasi list ke kalian agar sekalian berkunjung ke beberapa tempat wisata di dekat kebun raya ini.

1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Dikenal juga dengan sebutan Mandalawangi Camping Ground, area ini hanya berada tak jauh dari pintu keluar kawasan kebun raya. Masih sama berada di kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat ini cocok untuk kalian camping loh.

2. Kota Bunga

Villa kota bunga di Puncak Bogor. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari Kebun Raya. Disini kalian bisa menikmati suasana villa seperti di kota Venesia, Italia. Kanal atau sungai – sungai kecil mengitari setiap teras depan villa di kawasan ini.

3. Rabbit Village

Wisata satu ini berada di Puncak Bogor. Hanya berjarak sekitar 1,6 kilometer dari kawasan kebun raya. Disini kalian bisa langsung berinteraksi dengan kelinci – kelinci lucu loh, memberikan makanan dan berfoto bersama kelinci.

Kunjungi Juga: 9 Daya Tarik di Jendela Alam Bandung

Hotel dekat Kebun Raya Cibodas

Ga ada salahnya kalian mencoba hotel atau penginapan di dekat kawasan kebun raya. Terutama kamu yang berasal dari luar kota, nih aku kasi list hotel dekat Kebun Raya.

1. RedDoorz Plus Near Kota Bunga Cipanas

Penginapan ini berjarak sekitar 6 kilometer dari kawasan objek wisata kebun raya. Di penginapan ini menawarkan pemandangan alam dari atas bukit. Penginapan ini bergaya lawas dengan bentuk bangunan dari kayu semuanya.

Harga penginapan disini sekitar Rp 125.000 per malam.

2. Koneng Hotel & Resto

Hotel ini berjarak sekitar 4 kilometer dari kawasan wisata kebun raya. Hotel ini menyuguhkan suasana sejuk di sekitar penginapan. Dengan fasilitas lengkap yang siap memanjakan kalian.

Harga menginap di hotel ini sekitar Rp 120.000 per malam.

3. Berlian Resort Cipanas

Hotel yang satu ini letaknya cukup strategis dekat banget sama kawasan kebun raya. Suasana pedesaan dan jauh dari keramaian tentunya. Membuat kalian nyaman banget saat nginap disini.

Harga penginapan disini sekitar Rp 180.000 per malam.

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Ada beberapa tips yang bisa aku kasi untuk kalian. Buat persiapan sebelum berkunjung ke kawasan Kebun Raya Cibodas ini. berikut tipsnya.

1. Datang ke kawasan lebih awal. Tujuannya agar kalian bisa menikmati kesejukan alam di kawasan ini yang masih sangat asri loh.
2. Lebih baik jika kalian menggunakan sepatu ya daripada sandal biasa.
3. Datang bersama rombongan agar dapat paket tour untuk menghemat biaya ya.
4. Kalau pengen melihat cantiknya pohon sakura, datang pada bulan Januari februari dan Juli Agustus. Selain itu bunga sakura ini layu.
5. Jangan lupa bawa kamera untuk kalian foto – foto selama berkunjung kesini.
6. Jangan meninggalkan bekas seperti sampah. Agar kelestarian kawasan ini tetap terjaga.

Baca Juga: Kawah Putih Ciwidey Bandung, Wisata Kawah Dengan 8 Keunikannya

Kebun Raya Cibodas merupakan objek wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Lokasi kebun raya ini tepatnya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Banyak aktifitas seru dan pemandangan alam yang masih asri bisa kalian nikmati disini. Yang cukup terkenal adalah Taman Sakura yang cantik pada saat mekar.

Selamat berlibur ya dan tetap jaga kawasan wisata ini agar jauh dari sampah.

0

Taman Nasional Komodo

Putri
6 min read

Taman Ujung

Putri
4 min read

Tempat Wisata Di China

Putri
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *