Little Venice

7 min read

Little Venice Cianjur

Ingin pergi berlibur ke luar negeri tapi budget belum cukup? Jangan khawatir, karena Indonesia juga punya tempat wisata yang keren dan instagramable bak di luar negeri loh. Kini kamu bisa merasakan pengalaman travelling dengan suasana Italia dengan mengunjungi Little Venice.

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan Puncak Bogornya, namun juga keindahan wisata yang lainnya. Salah satunya wisata Little Venice yang memberikan view keren dan wahana menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kamu pun bisa mengajak keluarga dan teman untuk ikut merasakan suasana berbeda dari wisata yang lain. Udaranya yang sejuk dan pengalaman mengeksplor keunikan arsitektur dengan menaiki perahu klasik akan jadi salah satu hal seru dan menyenangkan untuk dicoba.

Lokasi

Beralamat di kawasan Kota Bunga yang merupakan kawasan villa estate terbaik yang berdiri diatas lahan seluas 125 ha, tepatnya di Jl. Hanjawar, Desa Pacet, Batubalang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Letak wisata ini tidak jauh dari taman bunga nusantara, dan berjarak kurang lebih 44km dari pusat Kabupaten Cianjur Jadi akses yang ditempuh tidak terlalu sulit bukan?

Jalan Menuju/Rute ke Little Venice

Nah bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, agar tidak tersesat dijalan dan membuang banyak waktu sebaiknya catat rutenya terlebih dahulu ya.

Jika sudah sampai di pusat Kabupaten Cianjur, kamu bisa menempuh jarak 44km atau menempuh waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan bagi kamu yang berangkat dari Jakarta bisa menempuh jarak 87km atau sekitar 3 jam perjalanan melalui tol Jagorawi.

Kamu juga dapat menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari stasiun Bogor ke tempat wisata ini. Untuk mempermudah mengingat rutenya, kamu hanya perlu menandai patokan utama yaitu Kota Bunga, untuk menuju kearah lokasi Litte Venice baik dari arah manapun.

Tiket Masuk

Nggak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam, karena kamu bisa masuk wisata ini dengan harga tiket yang cukup terjangkau loh. Harga tiket masuk untuk orang dewasa dan anak-anak berkisar antara Rp 20.000 s/d Rp 40.000.

Selain itu jika kamu berminat untuk mencoba berbagai wahana di wisata ini, kamu akan dikenai additional charge untuk tiket per wahana. Yuk langsung kita intip daftar harga tiketnya.

  • Gondola: Rp 20 ribu/orang
  • Kapal Missipi: Rp 20 ribu/orang
  • Perahu bebek: Rp 40 ribu/orang
  • Sepeda air: Rp 20 ribu/orang
  • Banana Boat: Rp 25 ribu/orang
  • Perahu naga: Rp 20 ribu/orang
  • Battery Car: Rp 15 ribu/orang
  • Rumah midway: Rp 15 ribu/ token
  • Brake The plate: Rp 15 ribu/ token
  • Sniper: Rp 15 ribu/ 40 butir peluru

Jam Buka

Untuk kamu yang suka travelling tidak perlu risau, karena wisata unik ini buka setiap hari. Senin s/d jumat buka pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sementara di hari sabtu, minggu dan hari libur lainnya buka pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata yang mampu membuat nyaman para pengunjung, maka pihak pengelola pun juga menyediakan berbagai macam fasilitas. entunya agar membuat pengunjung semakin puas dalam berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

1. Kolam renang
2. Kolam pancing
3. Arena fantasi
4. Musholla
5. Tempat bermain anak
6. Lapangan tenis
7. Sewa kuda
8. Kedai makan
9. Tempat parkir yang memadai
10. Toilet umum

Untuk memanjakan para pengunjung dengan memberikan kenyamanan dalam berwisata serta tersedianya fasilitas yang lengkap, pasti kamu akan makin betah untuk menghabiskan holiday disini bukan?

Daya Tarik

Sering disebut sebagai Italia-nya Indonesia, Little Venice memang mempunyai keunikan dan pesona tersendiri sehingga membuat banyak pengunjung tertarik untuk menikmati keindahan setiap sudutnya. Berikut hal unik dan pesona yang menjadi daya tarik wisatawan:

1. Sejarah

 

Sejarah Little Venice

For your information guys, Venesia merupakan kota di Italia yang memiliki bangunan-bangunan unik dan estetis layaknya ciri khas eropa. Bangunan kuno ini berdiri sudah sejak lama tetapi, masih terlihat sangat kokoh seperti baru dibangun.

Nah, tidak perlu jauh-jauh ke Venesia, di Indonesia juga punya tempat wisata yang sangat mirip dengan kota ini, namanya adalah Little Venice.

Dinamakan sebagai Little Venice karena tempat wisata ini sama persis dengan kota aslinya. Seolah sebagai replika dari kota Venesia. Jadi semua yang ada di kawasan ini di bentuk sedemikian rupa agar sama persis dengan Venesia. Menarik bukan?

2. Banyak Spot Foto Menarik

Little Venice merupakan tempat wisata baru dan kekinian yang tentunya sangat recommended buat kamu pecinta travelling, hunting spot foto yang keren, maupun untuk menghabiskan waktu libur bersama orang-orang tersayang.

View yang keren dari beberapa sudut bangunan mulai dari pintu masuk, dengan kemegahan pintu gerbangnya yang bernuansa Eropa. Warna-warni bangunan di dalamnya juga tentu menjadi spot yang pas bagi kamu untuk berfoto maupun ber-selfie ria.

Sangat disayangkan bila tidak mengabadikan moment di wisata ini. Kapan lagi bisa berfoto dan travelling ala Italia hanya dengan mengunjungi kota Bunga tanpa perlu mengeluarkan budget yang sangat besar, dan tanpa perlu ribet untuk menyiapkan visa.

Simak Review: Sentul Paradise Park, Surga Wisata Taman dan Curug Bidadari

3. Villa Keren

Untuk penginapan kamu tidak perlu khawatir karena villa dan hotel dekat kawasan wisata ini sudah banyak sekali. Villa dengan konsep arsitektur Eropa, megah dan unik ini awalnya diperuntukkan bagi pengunjung yang datang menginap.

Tetapi, semakin viralnya tempat ini membuat pihak pengelola membukanya untuk umum loh, termasuk bagi kamu yang ingin berburu tempat-tempat yang instagramable sambil menghabiskan holiday.

Karena memang sebenarnya objek wisata ini adalah penginapan, maka nggak heran jika sekarang makin dilengkapi dengan berbagai jenis kamar serta fasilitas yang keren.

4. Berkeliling Dengan Gondola

Sebagai sebuah kota di atas air, Venesia dikelilingi jalur berupa sungai. Semua ruas jalannya tertutup air dengan bangunan yang berdiri di berbagai sisi. Karena itulah, penduduk setempat menggunakan gondola sebagai alat transportasi. Hal tersebut justru menjadi daya tarik bagi Venesia.

Nah, sama halnya di Kota Bunga Cianjur, kamu juga akan menemukan gondola. Pihak pengelola menyediakan wahana gondola bagi pengunjung untuk menjelajahi keindahan wisata ini. Wahana gondola yang disuguhkan membuat kamu seakan benar-benar tengah berada di Venesia.

Di sepanjang perjalanan menggunakan gondola yang berkelliling selama kurang lebih sekitar 15 menit, kamu akan menikmati keindahan arsitektur bagunan-bangunannya. Mengajak pasangan bisa menjadi pilihan terbaik karena suasana yang disajikan cukup romantis.

5. Wahana Air

Tidak hanya gondola, banyak sekali wahana lain yang bisa kamu coba. Salah satunya yaitu wahana air yang bisa kamu nikmati di wisata ini. Kamu bisa mencoba wahana kapal missipi, perahu bebek, sepeda air, banana boat, perahu naga, dan masih banyak lagi.

Masing-masing wahana ini memiliki tiket yang berbeda, euforia dari setiap wahana pun juga berbeda dan sayang jika dilewatkan. Pastikan kamu mencari informasi untuk membeli tiketnya sebelum mencoba ya

6. Replika Ikon Berbagai Negara

Selain miniatur Kota Venesia, Italia, kamu juga bisa menikmati ikon dunia lainnya loh. Lokasi wisata ini berada di Villa Estate Kota Bunga dimana terdapat di area yang luas, jadi kamu juga bisa sekaligus menikmati ikon dunia di satu area yang bersebelahan.

Terdapat ikon dunia seperti Patung Merlion Singapura, Menara Eiffel Paris, hingga Kuil Itsukushima Jepang. Seru bukan?

Kunjungi Juga: 9 Daya Tarik di Jendela Alam Bandung

7. Fasilitas yang Lengkap dan Menyenangkan

Selain banyaknya wahana seru yang bisa dinikmati, wisata ini juga menyediakan fasilitas penunjang yang dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung. Sehingga bagi pengunjung yang ingin istirahat, beribadah, maupun mencoba suasana lain tidak perlu bingung.

Terdapat kolam pancing, kolam renang, arena fantasi, tempat bermainan anak, lapangan tenis, dan penyewaan kuda. Selain itu, di sana juga terdapat restoran, toilet umum, dan tempat parkir yang cukup luas menampung pengunjung. Lengkap sekali ya!

Wisata Dekat

Eits, ada kabar baik buat kamu nih sobat. Dengan berwisata ke Bandung, tidak hanya terdapat Little Venice aja loh. Tapi kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata terdekat yang nggak kalah keren. Yuk kita simak uraiannya.

1. Kota Bunga Cianjur

Kota Bunga Cianjur adalah komplek wisata populer yang menyuguhkan suasana kota ala Eropa. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri dengan mengeluarkan budget yang mahal untuk mendapatkan suasana dan view menarik dan luar biasa.

Objek wisata ini semakin populer dikarenakan banyak sekali pengunjung yang berwisata dan mengbadikan moment mereka dengan meng-upload foto mereka di media sosial seperti facebook, instagram, dan lainnya.

Terdapat beberapa spot taman bunga yang ditawarkan, seperti taman Amerika, Jepang, Perancis, taman labirin. Selain itu terdapat taman rumah kaca, taman Dahlia, dan lainnya.

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di kaki Gunung Gede pangrango dengan ketinggian sekitar 1.275 mdpl. Dengan suhu kurang lebih 17 – 27 derajat celcius. Menurut catatan sejarah, kawasan ini didirikan oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang berasal dari Belanda.

Kamu bisa melihat banyak sekali jenis pepohonan dan tanaman hidup dan memberikan sebuah pesona yang sangat menarik. Terdapat sekitar 1.206 jenis tanaman hidup yang bisa kamu lihat. Tentu saja ini jumlah besar untuk kawasan kebun raya Cibodas. Keren bukan?

Baca Juga: Kawah Putih Ciwidey Bandung, Wisata Kawah Dengan 8 Keunikannya

3. Rabbit Town

Rabbit Town merupakan salah satu lokasi wisata swafoto di wilayah Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebuah rumah warna putih dengan deretan ikon kelinci didepannya merupakan salah satu wisata favorit di Bandung.

Rabbit Town merupakan tempat wisata dimana bisa digunakan untuk kuliner, rekreasi, belanja, hingga tempat untuk hunting foto. Dengan mengusung tema kelinci, tidak hanya menyuguhkan berbagai spesies kelinci saja, namun dekorasi, patung dan mural juga didesain serba kelinci.

4. Curug Cilember

Curug Cilember merupakan wisata populer dengan 7 air terjun di kawasan strategis Puncak, Bogor. Ketinggian air terjunnya bervariasi, dari jeram yang pendek hingga dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Wisata ini diresmikan sejak tahun 2000 dan selalu dikunjungi ratusan wisatawan tiap harinya. Kawasan wisata alam ini menyajikan keindahan, kesejukan dan hijaunya hutan hujan tropis dengan daya tarik utama berupa 7 (tujuh) buah curug (air terjun) yang sangat eksotis.

5. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Indonesia menjadi salah satu ikon wisata di Bogor. Destinasi super cool dan cocok dikunjungi bersama keluarga ini menawarkan pengalaman liburan yang seru, sekaligus menjadi sarana edukasi bagi wisatawan baik dewasa maupun anak-anak.

Hewan-hewan koleksinya dibiarkan berkeliaran di lingkungan yang dibuat mirip dengan habitat asalnya. Bukannya menyeramkan, tetapi hal ini malah menjadi daya tarik tersendiri bila dibandingkan dengan kebun binatang pada umumnya.

Hotel Dekat

Bagi kamu yang suka banget menikmati wisata dengan waktu yang lama, jangan khawatir deh. Karena dengan berkunjung di tempat-tempat wisata ini, kamu juga bisa menginap di hotel maupun villa dekat lokasi wisata ini. Ini dia beberapa rekomendasi penginapan buat kamu:

1. Vila Kota Bunga Private Pool

Vila Kota Bunga Private Pool terletak di Puncak, dimana villa ini menawarkan akomodasi, restoran, kolam renang luar ruangan, lounge bersama, taman, teras, dan pemandangan taman yang indah. Vila ini menyediakan Wi-Fi gratis dan tempat parkir pribadi gratis.

Setiap unit memiliki dapur dengan kulkas dan kompor, TV satelit layar datar, fasilitas menyetrika, lemari pakaian, dan area tempat duduk dengan sofa. Rental mobil tersedia di Vila Kota Bunga Private Pool.

2. Eton Asia Kota Bunga Villas

Eton Asia Kota Bunga Villas merupakan hotel yang berada dalam kategori Rumah liburan dengan alamat di Puncak, Jalan Raya Kota Bunga, Puncak – Indonesia. Penginapan ini bisa menjadi pilihan untuk menginap jika berkunjung ke Puncak.

Jika menginap di Eton Asia Kota Bunga Villas, kamu bisa checkin pada jam 14:00 dan checkout pada jam 07:00. Eton Asia Kota Bunga Villas juga dilengkapi dengan fasilitas yang memberi kepuasan kepada pelanggan.

3. Villa Denhagg

Villa ini terletak di Puncak, 500 meter dari Kota Bunga dan 10 km dari Kebun Raya Cibodas, Villa Denhagg menyediakan akomodasi dengan WiFi gratis, AC, restoran, dan taman. Properti ini memiliki pemandangan danau dan sungai, dan berjarak 14 km dari Gunung Gede Pangrango.

Vila ini memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi dengan shower serta berbagai fasilitas yang lengkap. Terdapat pula air terjun Cibeureum yang berjarak sekitar 14 km dari Villa Denhagg. Tidak hanya menginap, tapi juga sambil lihat view keren loh.

Tips Berkunjung

Nah setelah mengetahui pesona dan keunikannya, kamu nggak perlu terburu-buru kesana ya guys. Karena ada beberapa tips buat kamu agar perjalanan holidaymu semakin nyaman. Simak dulu yuk tipsnya.

1. Bagi yang menggunakan kendaraan mobil pribadi bisa melewati 2 jalur, yaitu jalur puncak atau bila tidak ingin beresiko macet kamu bisa lewat jalur Cipularang Bandung.
2. Selalu ingat untuk jangan membuah sampah sembarangan dan selalu menaaati peraturan ya.
3. Jika kamu hanya ingin mampir di Kota Bunga, kamu tidak perlu membayar tiket. Namun jika masuk ke kawasan Little Venice maka kita akan dikenakan tiket masuk.
4. Berkunjung di wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin foto prewedding atau honeymoon.
5. Untuk perjalanan dari Bogor, kamu bisa melewati Jonggol agar lebih cepat dan terhindar dari kemacetan.

Lihat Juga: 10 Wahana Paling Seru Di Taman Budaya Sentul (Jadi Juara!)

Itulah pesona dan keindahan Little Venice yang nggak kalah keren serta bisa menjadi pilihan buat kamu sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Salah satu tempat wisata lokal, tapi berasa internasional. Seru kan?

Litte Venice merupakan obyek wisata kekinian dan sering disebut Italia-nya Indonesia karena keunikan dan replika khas Italia yang unik. Berkunjung ke wisata ini sangatlah menyenangkan, selain mencoba hal baru, menikmati suasana ala Italia, namun juga bisa dijadikan tempat liburan bersama orang tersayang.

Jadi bagaimana? Kamu sudah ingin berencana menikmati wisata ini? Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan dengan baik ya. Happy Holiday!

0

Tempat Wisata Tuban

Putri
6 min read

Umbul Sidomukti

Putri
4 min read

Museum Macan

Zuhrufi
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *