Malioboro Jogja

4 min read

wisata malioboro

Siapa yang tidak tahu dengan kawasan Malioboro Jogja? Kawasan ini merupakan jantung kota serta simbol dari kota Yogyakarta. Bahkan sebagian orang serasa belum lengkap ketika datang ke Jogja belum mampir ke Malioboro. Tapi dibalik keistimewaan itu ada sejarah panjang tentang Malioboro.

Sejarah mengatakan dulu diawali dengan keberadaan Keraton Yogyakarta pada abad 18, jalan Malioboro Jogja masih berupa jalan tanah tanpa nama. Jalan itu terhubung antara Keraton Yogyakarta dan Tugu Golog-gilig membentuk garis lurus dengan gunung Merapi. Kanan kirinya pun sebagian besar perkampungan.

Menurut Prof. Djoko Suryo, seorang ahli sejarah bahwasannya dari dulu jalan itu ada pasar Beringharjo dan Kepatihan. Namun semenjak adanya jalan kereta api dan Stasiun Tugu kawasan ini menjadi ramai karena dijadikan sentral transportasi keluar masuk Jogja.

Malioboro Malam Hari

suasana malam di malioboro

Memang Yogyakarta menyuguhkan banyak keelokan yang tidak ada habisnya. Banyak mengenal dengan sebutan Malioboro Jogja karena banyaknya ragam wisata berupa pantai yang menawan dan juga sejarah serta budayanya. Pantas saja jika banyak orang yang rindu dengan kecantikan Jogja.

Menikmati keindahan Jogja ketika senja mulai tenggelam sampai malam hari, pesona Kota Gudeg ini baru dimulai. Jadi untuk kalian jangan buru-buru pulang dulu kalau belum merasakan keindahan Jogja di malam hari. Yuk! ada beberapa wisata menarik di sekitar Malioboro Jogja, simak berikut.

Wisata Menarik Dekat Malioboro

1. Pasar Beringharjo

kuliner pasar beringharjoBelum lengkap rasanya jika kalian datang ke Malioboro Jogja tanpa membeli oleh-oleh di pusat perbelanjaan yaitu Pasar Beringharjo. Pakaian dan kain batik menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Tidak hanya pakaian dan kain batik tapi juga tersedia topeng, gelang dan cinderamata lainnya.

Lokasi masih berdekatan dengan Malioboro sebelah selatan yaitu benteng vredeburg. Lokasi parkirannya pun juga cukup luas untuk kendaraan roda 4 dan roda 2, jadi siap menampung banyak kendaraan para wisatawan.

2. Masjid Siti Dzirjanah

masjid malioboro jogja

Masjid yang megah ini berlokasi di jalan margomulyo no 25. Masjid ini berdiri setinggi 12 meter di sisi barat Maloboro Jogja, antara pertokoan batik soenardi dan toko elektronik. Sampai sekarang tetap ramai dikunjungi wisatawan ataupun masyarakat sekitar.

Corak bangunan ala Tiongkok adalah keistimewaan tersendiri untuk bangunan megah ini. Fasad Masjid juga di pasangi tulisan bahasa Mandarin yang memiliki makna yakni Masjid. Di bawahnya terdapat jam raksasa yang berbentuk lingkaran, sedangkan bubungannya mirip kelenteng.

Asyiknya Liburan di: Kebun Buah Mangunan Jogja, Negeri di Atas Awan

3. Hamzah Batik

hamzah batik malioboro

Hamzah Batik adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan di Malioboro Jogja. Pusat dunia batik dan cendera mata ya ada disini ini! banyak sekali macam-macam jenis batik yang siap membuat kalian bingung memilihnya. Masalah kuwalitas bahan tentunya bagus dan bersaing.

4. Benteng Vrederburg

keunikan benteng vredeburg

Museum Benteng Vrederbug bertempat di jalan Margo Mulyo / jalan A Yani No.6, ngupasin gondomanan Yogyakarta. Lebih tepatnya di titik nol kilometer jogja. Sampai sekarang tempat ini masih terjaga keaslian struktur bangunannya, merupakan salah satu bukti sejarah peninggalan penjajah Belanda.

5. Taman Pintar

fasilitas taman pintar yogyakarta

Malioboro Jogja juga terdapat objek wisata yang disebut Taman Pintar. Tempat ini cukup indah pada malam hari. Memang selain dikenal sebagai kota budaya, juga dikenal sebagai julukan kota pelajar.

Ketika kalian memasuki wisata ini kalian akan dibuat takjub dengan wahana yang tersedia. Memang tempat ini dibuat khusus sebagai wisata keluarga dan balita. Banyak keistimewaan di tempat ini. Datang dan buktikan!

6. Km Nol Jogja

titik nol yogyakarta daerah istimewa yogyakarta

Pusat Malioboro Jogja adalah di tempat ini, banyak orang menyebutnya sebagai area nol kilometer Jogja. Sebab lokasi ini merupakan pusatnya kota Jogja. Jika kalian datang kesini disarankan pada malam hari karena tempat ini sangat romantis dan asik.

Suatu keistimewaan bagi kalian datang ketempat ini karena keindahan kotanya di malam hari. Tidak ada salahnya jika ke Jogja mampir kesini menikmati pemandangan nol kilometer Jogja. Kalian bisa memarkir kendaraan di benteng vredeburg atau kantor pos Jogja yang tempatnya berseberangan.

Lihat Juga Review: Candi Prambanan, Sejarah, Fungsi & Hotel Dekat Candi

7. Museum Sonobudoyo

peninggalan di museum sonobudoyo

Tempat wisata dekat Malioboro Jogja lainnya yaitu Museum Sonobudoyo, memiliki tugas mengelola, mengembangkan koleksi-koleksi purbakala, bimbingan edukatif serta mendokumentasikan sejarah peninggalan benda antik yang memiliki nilai budaya tinggi.

Pertunjukan pameran tetap di Museum Sonobudoyo:
– Selasa – Kamis 08:00 – 15:30 WIB
– Jumat 08:00 – 14:00 WIB
– Sabtu dan Minggu 08:00 – 15:30 WIB
– Senin dan hari besar ataupun libur nasional tutup.

8. Alun-Alun

alun alun kidul yogyakarta kota yogyakarta

Alun-alun merupakan tempat keistimewaan wisata sekitar Malioboro Jogja di malam hari. Cocok sekali dijadikan tempat nongkrong asik bersama keluarga maupun teman dengan menu khas jagung bakar dan wedang ronde menjadikan suasana menjadi santai.

Lokasi persisnya berada di belakang Keraton Jogja. Tak kalah menarik juga menawarkan becak hias dengan tarif 30 ribu sekali putaran, tentunya kalian akan dapat melihat keindahan alun-alun Jogja di malam hari. Bisa ditawar juga jika kalian ingin menambah putaran.

Sejarah mengatakan ada suatu kepercayaan bahwa jika mata ditutup dengan kain hitam kemudian jalan melewati antara dua beringin kembar, jika kalian memilik permintaan dan sanggup melewatinya tanpa berbelok arah maka katanya permintaan akan terwujud.

9. Museum Kereta

museum kareta karaton kota yogyakarta

Museum Keretea Malioboro Jogja ini terdapat banyak koleksi sejarah milik Keraton Kesultanan berupa kereta kuda yang dulunya adalah kendaraan utama dilingkungan Keraton. Banyak keistimewaan di tempat ini karena kalian dapat melihat peninggalan sejarah yang masih dijaga dengan rapi.

Walupun kereta sejarah tapi masih sering digunakan dalam upacara kebesaran keraton, seperti halnya upacara penobatan Sultan, pernikahan putra Sultan ataupun mengantar jenazah Sultan ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Tiket masuknya cukup dengan 5.000 ribu dan dikenakan biaya tambahan tiket camera 1.000 ribu. Kalian sudah bisa melihat dan dapat menyaksikan langsung 23 kereta kuno diantaranya kereta milik Kanjeng Nyai Jimad, Kereta Garuda Yeksa dan banyak lainnya.

10. Keraton Yogyakarta

 bagian bagian keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini bertempat di jalan Rotowjayan blok no.1, panembahan keraton Yogyakarta. Lebih tepatnya di sebelah selatan jalan malioboro. Sampai sekarang pun tempat ini dijadikan tempat wisata favorit bagi para wisatawan yang datang ke Malioboro Jogja.

Keraton Jogja yang megah ini meiliki sejarah keistimewaan ngayogyokarto hadiningrat. Loket masuk mdibuka mulai jam 09:00 – 14:00 dan tiket masuknya bagi wisatawan lokal 7.500 dan asing 15.000. Tiket kamera 1000 dan guide tipping 2.500 sampai 50.000.

Rekomendasi Untukmu: Pantai Goa Cemara, 7 Aktifitas Seru Menjelajah Pantai

Hotel Dekat

Wisatawan yang ingin lama berkunjung ke Malioboro Jogja banyak juga tempat hotel dekat malioboro. Banyak fasilitas yang disediakan tentunya akan membuat kalian nyaman berkunjung dan menginap. Masalah harga bervariasi tergantung fasilitas kamar. berikut beberapa hotel dekat Malioboro:

Grand Inna

harga hotel grand inna malioboro

Hotel ini berlokasi di Jalan Malioboro No 60 Yogyakarta. Cukup dekat dengan Malioboro karena dengan jalan kaki sekitar 5 menitan. Hotel ini juga menawarkan restoran, spa, serta kamar dengan kamar mandi dalam dan Wi-Fi gratis.

Hotel Neo

hotel neo awana yogyakarta

Hotel Neo Malioboro terletak di Jalan Pasar Kembang Jogja, namun tempat ini sangat dekat jika kalian berjalan kaki ke Malioboro Jogja dan Stasiun Tugu. Banyak pemandangan menarik disekitar sana seperti Merapi dan juga menu sarapannya melimpah. Kamarnya modern minimalis dengan tarif mulai dari 500 ribuan.

POP! Hotel

hotel kota yogyakarta

Jika kalian ke Malioboro Jogja nggak ada salahnya jika mampir ke POP! hotel. Hotel ini bertempat di Jalan Malioboro. Walupun dengan kamar yang kecil tapi ada juga sofa yang dapat dijadikan bed tambahan. Tarifnya mulai dari 300 ribuan, cukup terjangkau bukan?.

Hotel Ibis

hotel ibis jogja

Hotel dekat dengan Malioboro adalah Ibis berada di Jalan Malioboro yang memiliki pintu rahasia ke Mal Malioboro. Banyak juga wisatawan yang menyukai tempat ini karena kebersihan dan kenyamanan kamarnya. Tarifnya mulai dari 600 ribuan. Menu sarapannya juga bervariasi dan parkir yang luas.

Baca Juga: Museum Gunung Merapi, salam kenal dari Merapi

Nah! diatas adalah sekian macam tempat wisata dekat dengan Malioboro Jogja. Selain itu kalian dapat belajar tentang sejarah dan keistimewaan kotanya. Suasana jogja yang cantik akan membuat kalian rindu ingin berlama-lama menikmatinya. Kapan kamu kesini lagi?

Candi Prambanan

Fitria
4 min read

Floating Market Lembang

Fitria
4 min read

Trans Studio Bandung

Fitria
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *