Monumen Nasional

Monumen Nasional

Posted on

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Indonesia adalah Monumen Nasional atau biasa disebut Monas. Tempat ini berlokasi di Ibu Kota Indonesia yaitu Jakarta. Monas ini sudah dibuka sejak 1975 dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal atau mancanegara.

Disini kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru dan bahan edukasi. Berbagai acara sering dilakukan di tempat wisata ini, seperti perayaan tahun baru yang biasanya digelar secara meriah dan keren.

Sejarah Monumen Nasional

Monumen Nasional (Monas) dibangun hasil dari rancangan para arsitek Indonesia. Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. Keseluruhan bangunan Monas didesain oleh beberapa arsitek Indonesia, yakni Soedarsono, Frederick dan Ir. Rooseno.

Pembangunan tugu Monas melalui tiga tahapan yaitu 1961-1965, 1966-1968 dan 1969-1976. Monas diresmikan dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975. Monas memiliki tugu yang tinggi dan pelataran yang luas.

Tugu Monas adalah tugu kebanggaan bangsa Indonesia untuk mengenang dan mengabadikan perjuangan Bangsa Indonesia serta sebagai media pembangkit semangat patriotisme bagi generasi mendatang.

Lokasi Monumen Nasional

Monumen Nasional ini terletak di Jakarta Pusat, tepatnya Monas ini beralamat di Jl. Medan Merdeka, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jalan Menuju Monumen Nasional

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, dengan jaman yang semakin canggih kamu bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan menuju Monas, seperti google maps, waze dan lainnya.

Jika kamu menggunakan kereta menuju Monas ini, kamu bisa menggunakan kereta dengan tujuan stasiun Gambir. Dari stasiun Gambir kamu berjalan kaki 50 meter menuju Monumen Nasional ini.

Jika kamu menggunakan bus, kamu bisa naik bus dengan tujuan Terminal Pasar Tanah Abang, dari sana kamu naik bis yang mengarah Jl. M.H Thamrin. Setelah itu kamu naik ke halte busway.

Di halte busway kamu naik bis TransJakarta Busway Koridor 1 arah Kota atau Harmoni. Turun di halte busway Monumen Nasional, nah dari sana kamu jalan kaki menuju ke Monas.

Tiket Masuk Monumen Nasional

Harga tiket masuk Monumen Nasional ada 2 tiket, yaitu:

1. Harga tiket masuk cawan Monas

• Dewasa Rp. 5000 per orang
• Mahasiswa Rp. 3000 per orang
• Anak-anak/pelajar Rp. 2000 per orang

Tiket masuk cawan Monas hanya berlaku sampai Museum, ruang kemerdekaan dan pelataran cawan.

LAGI HITS
Museum Zoologi Bogor

2. Harga tiket masuk puncak Monas

• Dewasa Rp. 15.000 per orang
• Mahasiswa Rp. 8.000 per orang
• Anak-anak/pelajar Rp. 4.000 per orang

Tiket masuk Puncak Monas ini berlaku sampai pelataran puncak, Museum Sejarah nasional, ruang kemerdekaan dan pelataran cawan.

Jam Buka Monumen Nasional

Monumen Nasional buka setiap hari selasa – minggu, mulai dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Monas tutup setiap hari senin, kecuali hari libur nasional atau tanggal merah jatuh pada hari senin, maka Monas akan tetap buka.

Fasilitas di Monumen Nasional

Mengenai fasilitas umum untuk menunjang kegiatan wisata di Monas ini, pengelola menyediakan berbagai pendukung. Mulai dari Parkir, Masjid, Mushola, Pusat Informasi Wisata, sampai tempat bermain anak.

Fasilitas lain di Monas ini, yakni pertunjukan air mancur menari, bronto skylift yang digunakan untuk pelancong yang kehabisan tiket naik ke puncak Monas, bike sharing sepeda gratis, dan taman sisi barat.

Aktivitas Seru di Monumen Nasional

Pada Wisata Monumen Nasional ini memiliki banyak aktifitas-aktifitas seru yang dapat kamu lakukan, yaitu:

1. Berfoto

Berfoto
https://www.instagram.com/bilajani_lubis/

Tentu untuk aktifitas satu ini hal yang wajib kan sob. Untuk setiap orang biasanya jika berwisata harus ada foto untuk mengabadikannya.

Kamu bisa berfoto di berbagai tempat di Monas ini, seperti pelataran puncak Monas, Museum, ruang kemerdekaan RI dan taman – taman di sekitar Monas yang dipenuhi dengan pohon rindang.

Jika kamu tidak puas dengan hanya berfoto dengan menggunakan handphone atau berselfi. Biasanya di Monas ini ada jasa foto loh sob, mereka akan menawarkannya kepada kamu.

Jasa foto itu biasanya ditarik dari mulai harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 per fotonya, karena jasa foto ini biasanya foto hasilnya langsung jadi pada saat itu juga.

2. Naik ke Pelataran Puncak Monas

melihat jakarta dari Naik ke Pelataran Puncak Monas
https://www.instagram.com/raf2909/

Naik ke puncak Monumen Nasional dengan menggunakan lift termasuk banyak diminati oleh wisatawan. Karena jika kamu naik ke puncak Monas ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Dari puncak Monas ini, kamu bisa melihat gedung-gedung pencakar langit dan kamu bisa melihat luas dan ramainya kawasan Kota Jakarta Melalui teropong yang sudah disediakan.

Bahkan kalau udara cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Salak di Jawa Barat maupun Lautan Jawa dengan Kepulauan Seribu. Pelataran puncak Monas ini berukuran 11×11 meter, dan dapat menampung 50 orang.

Ada dua jam buka untuk bisa masuk ke puncak Monas ini, yaitu siang dan malam hari. Untuk kamu yang mau mencoba ini, kamu juga harus bersabar karena untuk yang bisa menuju puncak Monas ini antrian dibatasi.

3. Air Mancur Menari

Air Mancur Menari
https://www.instagram.com/adiriyanto.s/

Di Taman Monumen Nasional, kamu bisa menyaksikan pertunjukan air mancur menari. Air mancur ini sangat keren dengan ditambah lampu yang berwarna warni.

Biasanya pertunjukan air mancur ini dilakukan pada malam sabtu dan minggu pukul 19.30 dan 20.30 dengan durasi pertunjukannya sekitar 20-30 menit, cocok nih untuk kamu yang mau malam mingguan sama pasangan.

Tempat air mancur menari ini biasanya sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik yang sudah dewasa, remaja dan bahkan sudah lansia sekalipun.

Khusus menyambut tahun baru, air mancur menari ini bisa kamu saksikan dengan lebih meriah dengan jam yang sama atau pada puncak malam tahun baru. Dalam setiap sesinya akan diiringi dengan lagu nasional dan daerah.

LAGI HITS
Kebun Binatang Ragunan

4. Naik Kereta Wisata

keliling dengan Naik Kereta Wisata
https://www.instagram.com/a2i3s/

Nah, untuk kamu yang lelah berjalan tetapi mau mengelilingi Monumen Nasional, kamu bisa naik kereta wisata di Monas. Kereta ini berwarna kuning dan merah.

Kereta ini memang banyak diminati para wisatawan, sampai para wisatawan rela mengantri demi mendapatkan giliran untuk diantar bolak balik menuju Monas ini, jadi kamu harus bersabar dan rela menunggu ya.

Kereta ini merupakan fasilitas yang tidak dipungut biaya alias gratis. Jika kamu menaiki karena ini kamu tidak perlu membuang energi untuk bernapas jalan kaki.

Kamu hanya perlu menunjukkan karcis masuk Monas yang dibeli di loket bagian dasar monumen untuk bisa naik kereta ini. Kereta ini biasanya menurunkan dan menaikkan wisatawan setiap 10 menit sekali.

5. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner
https://www.instagram.com/intanmiss/

Kalau kamu merasa lelah dan ingin mengisi perut, kamu tak usah khawatir karena banyak pilihan kuliner di kawasan Monas. Kamu bisa wisata kuliner di pedagang makanan kaki lima atau di area Lenggang Jakarta.

Dia area terpadu ini, kamu bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas Indonesia. Jenisnya Pun juga cukup banyak dari mulai nasi timbel, soto betawi, pecel lele, ayam taliwang, kerak telor dan masih banyak lagi.

Selain kamu bisa melepas haus dan lapar sambil beristirahat, kamu juga bisa melihat atau membeli oleh-oleh dan cinderamata. Di Lenggang Jakarta ini menyajikan tempat-tempat tersebut.

6. Olahraga

Berolahraga di monas
https://www.instagram.com/pecintavoli07/

Kamu juga bisa berolahraga di taman Monumen Nasional ini loh. Kamu bisa berjogging, bermain futsal, Voli dan juga Basket. Terdapat enam lapangan.

Kamu bisa berolahraga dengan keluarga ataupun teman. Biasanya tempat olahraga ini banyak diminati pengunjung ataupun warga sekitar. Jadi jika kamu ingin berolahraga harus dipastikan dulu lapangannya.

Untuk penggunaan lapangan ini kamu dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir ke Pengelola Kawasan Monas. Meskipun tempat olahraga ini gratis, jangan lupa ya sob untuk kasih tip ke pengelolanya.

7. Melihat Rusa Tutul

Melihat Rusa Tutul
https://www.instagram.com/bennyachonk/

Monumen Nasional yang memiliki lahan rumput yang luas dan juga memiliki taman yang berisikan rusa tutul hingga puluhan. Terkadang, taman rusa ini luput dari perhatian sebagian dari pengunjung.

Terletak di Taman Medan Merdeka, kamu dapat berinteraksi langsung dengan memberikan makanan kepada rusa.

Untuk memberi makan rusa ini tidak gratis sob, kamu perlu membelinya di penjual sekitar taman ini.

Jika kamu ingin melihatnya lebih bagus, kamu harus datang pada saat jam makan siang karena rusa pun tidak kalah lapar. rusa yang masih tersebar dalam 5,2 hektar dalam sekejap berkumpul menjadi satu untuk makan siang.

8. Berkunjung ke Museum Monas

wisata ilmu dengan Berkunjung ke Museum Monas
https://www.instagram.com/sesukadee/

Di bagian dalam Monas ada Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum ini dapat menampung sekitar 500 pengunjung yang berisikan 51 diorama sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga orde baru.

Luas dari Museum ini adalah 80 x 80 meter persegi. Dinding, tiang, dan lantai dari Museum ini secara keseluruhan berlapiskan batu marmer. Kamu bisa melihat diorama yang banyak dan bagus.

Untuk memasuki Museum ini, kamu harus melalui terowongan yang ada di bagian utara Monas, tidak jauh dari patung Diponegoro. Di Museum ini kamu juga bisa menuju pelataran puncak lewat elevator tunggal.

9. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan RI
https://www.instagram.com/tun_arum_cempaka/

Bagian dalam cawan Monas terdapat ruang Kemerdekaan. Disini kamu bisa melihat berbagai simbol kemerdekaan negara Indonesia. Di Ruangan ini juga kamu bisa mendengarkan Presiden Pertama RI membaca teks proklamasi.

LAGI HITS
Kota Tua Jakarta

Didalam ruangan ini kamu bisa melihat 4 atribut kemerdekaan Indonesia; Peta Kepulauan Republik Indonesia, Bendera Sang Saka Merah Putih, Lambang Negara Bhineka Tunggal ika dan Pintu Gapura teks proklamasi.

Pada saat ini mungkin kamu tidak bisa melihat Bendera Sang Saka Merah Putih di ruangan ini. Karena bendera tersebut sekarang di simpan di Istana Merdeka, yaitu istana yang menghadap ke Monumen Nasional ini.

10. Melihat Karya Seni Rupa

Melihat Karya Seni Rupa

Dipenjuru komplek Monas tersebar patung-patung yang sarat sejarah. Seperti Pangeran Diponegoro, R.a Kartini, MH. Thamrin, Chairil Anwar, Patung Ikada dan masih banyak lagi.

Pada setiap karya seni ini terdapat penjelasan mengenai peran dari para tokoh ini dari mulai lahirnya, perjuangan untuk Negara Indonesia, sampai dengan wafatnya para tokoh tersebut.

11. Berkunjung ke Pasar Malam

Berkunjung ke Pasar Malam

Pasar malam ini bisa jadi hiburan untuk anak-anak. Letak pasar malam ini disebelah barat Lenggang Jakarta. Pasar malam ini seperti pasar malam pada umumnya.

Pasar malam ini menyajikan beberapa wahana untuk bermain anak-anak ataupun untuk kamu yang sudah dewasa. Wahana bermain seperti komidi putar, bianglala, kereta wisata dan odong – odong.

Setiap wahana di patok dengan tarif sebesar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000. Di pasar malam ini kamu juga bisa membeli souvenir khas dari Kota Jakarta untuk kamu jadikan sebagai buah tangan.

12. Taman Sisi Barat

Taman Sisi Barat

Taman sisi barat dari Monas ini baru saja dibuka dan diresmikan pada tahun 2018 oleh wakil gubernur Sandiaga Uno. Taman ini sangat sejuk dan terasa sangat sejuk dengan pepohonan yang rindang di taman ini.

Selain rimbunnya pepohonan ada hal menarik lainnya di taman ini, yaitu sungai dan dua kolam buatan. Sungai ini mengelilingi taman tersebut, dan 2 kolam buatan ini airnya sangat jernih dengan sejumlah ikan hias.

Kamu bisa nih berfoto, bersantai atau jalan – jalan di taman ini karena taman ini termasuk area yang asri. ini belum diresmikan namanya, untuk namanya pemerintah meminta pendapat dari masyarakat.

Wisata Dekat Monumen Nasional

Selain wisata di Monumen Nasional kamu juga dapat berwisata di beberapa tempat wisata lain dekat Monas, yaitu:

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
https://www.instagram.com/yofieart/

Bergeser ke arah yang lebih jauh sedikit dari Monas, kamu bisa mengunjungi Masjid Istiqlal yang berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jakarta, kamu akan disajikan masjid dengan tempat yang sangat luas dan megah..

Kamu juga datang ke masjid ini harus berpakaian yang sopan ya sob, untuk perempuan jangan menggunakan baju yang seksi – seksi seperti di pantai, dan untuk laki – laki harus menggunakan celana panjang ya.

Di sini, kamu juga bisa mendapatkan panduan wisata religi dengan memakai pemandu wisata. Selain itu, kamu bisa melihat dan membaca koleksi di perpustakaan istiqlal.

2. Gereja Katerdal

Gereja Katerdal
https://www.instagram.com/macaroni.99/

Tidak jauh dari Masjid Istiqlal dan Monas, kamu juga bisa berkunjung ke Gereja Katedral yang terletak di Jalan Katedral, Jakarta Pusat.

Di sini kamu bisa berkunjung ke Museum gereja katedral. Jika berkunjung bersama kelompok, kamu harus menghubungi pihak sekretaris terlebih dahulu untuk mengonfirmasi kedatanganmu.

LAGI HITS
Taman Cattleya

3. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta
https://www.instagram.com/milagumaing/

Gedung Kesenian Jakarta berlokasi di Jalan Segara, kawasan Pasar Baru (Passer Baroe), Jakarta Pusat. Jarak dari Monas sekitar 2,3 Km dengan waktu tempuh 4 menit. Gedung ini diresmikan pada 7 Desember 1821 dengan nama Schouwburg Weltevreden.

Gedung ini biasanya digunakan untuk beberapa pertunjukan seperti pertunjukan musik, teater, karawitan, tari dan lain sebagainya. Karena kualitas akustiknya yang lebih baik, gedung ini diprioritaskan untuk pertunjukan musik.

4. Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia Mall yang eksotis
https://www.instagram.com/lucylavatta/

Nah untuk kamu yang masih belum puas dengan toko atau tempat berbelanja untuk buah tangan, kamu bisa mengunjungi Mall ini. Jaraknya cukup dekat yaitu 5 Km dengan waktu tempuh 5 menit.

Grand Indonesia Mall ini kamu bisa berbelanja, makan, dan melihat wahana yang disediakan seperti air mancur yang menari, bernyanyi, musik, dan kebyaran warna warni lampu.

Hotel Dekat Monumen Nasional

Jika kamu membutuhkan penginapan / hotel untuk berwisata lebih lama lagi, kamu bisa menginap di dekat Monas ini. Berikut beberapa hotel yang dekat dengan Monas:

1. Hotel Royal Juanda

Hotel Royal Juanda

Hotel ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 15, hotel ini berjarak sekitar 942 meter dari Monas. Hotel ini merupakan hotel berbintang 2 dengan rating dari pengunjungnya 8,2. Hotel ini mengakomodasikan tempat yang nyaman dan modern.

Akomodasi dari hotel ini tak kalah nyaman dan terjangkau dari hotel lainnya. Hotel Royal Juanda sebuah penginapan yang luar biasa dan berlokasi strategis. Hotel ini bertarif dari mulai Rp. 160.000 per malamnya.

Hotel ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup baik, yakni tempat parkir, layanan kamar 24 jam, wifi gratis dan fasilitas kamar yang cukup nyaman.

2. B Shaw Hotel & Restaurant

harga B Shaw Hotel dan Restaurant
https://www.instagram.com/kusuma_indra21/

Hotel ini berlokasi di Jl. Kebon Sirih Bar. I Gg. 7 No. 5, hotel ini berjarak 1,1 Km dari Monas. Hotel ini merupakan hotel bintang 3 dengan rating luar biasa yakni 8,7. Hotel ini menyediakan penginapan yang nyaman dan tenang di Jakarta.

Hotel ini memberikan hunian yang nyaman, bersih dan desain yang minimalis serta pelayanannya yang istimewa.

Hotel ini bertarif dari mulai Rp. 195.000 per malamnya.

Fasilitas dari hotel ini seperti tempat parkir, restoran, coffee shop, internet gratis, layanan kamar 24 jam, dan fasilitas kamar yang baik.

3. Ashley Hotel Sabang

Ashley Hotel Sabang
https://www.instagram.com/bang.id/

Hotel ini berlokasi di Jl. KH. Wahid No. 73 -75, hotel ini berjarak 994 meter dari Monas. Hotel ini merupakan hotel bintang 4 dengan rating istimewa yakni 9,8. Hotel ini menyediakan penginapan modern yang nyaman dan tenang.

Hotel ini menawarkan resepsionis 24 jam dan ruang penyimpanan bagasi. Akomodasi memiliki pusat kebugaran, restoran dan lounge bersama. Hotel ini bertarif dari mulai harga Rp. 838.850 per malam.

Fasilitas yang diberikan di hotel ini lengkap, dari mulai tempat fitnes, parkir, wifi gratis, layanan kamar dan fasilitas kamar yang lengkap.

4. Hotel Borobudur Jakarta

fasilitas Hotel Borobudur Jakarta
https://www.instagram.com/hotelborobudurjakarta/

Hotel ini berlokasi di Jl. Lap. Banteng Selatan, hotel ini berjarak 887 meter dari Monas. Hotel ini merupakan hotel bintang 5 dengan rating istimewa 9,9. Hotel ini menyediakan penginapan yang mewah dengan taman dan fasilitas rekreasi terluas di Jakarta.

Hotel ini memiliki luas 9,3 hektar dan hotel terluas di Jakarta ini. Hotel ini dekat dengan pusat perbelanjaan, wisata dan kantor – kantor pemerintah. Hotel ini bertarif dari mulai harga Rp. 975.000 per kamar per malam nya.

LAGI HITS
Wisata Salatiga

Fasilitas yang sediakan banyak sekali sob, dari mulai parkir, restoran, cafe, layanan kamar 24 jam, fasilitas olah raga, wifi gratis, dan fasilitas kamar yang sangat lengkap.

Itulah beberapa penjelasan mengenai serunya aktifitas di Monumen Nasional yang terletak di Jakarta. Di wisata ini kamu bisa melakukan berbagai hal, dan jika merasa kurang kamu pun bisa berwisata ke tempat lain dekat Monas ini.

Monumen Nasional ini merupakan lambang monumen negara Indonesia yang terletak di Ibu Kota Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kamu sob? Kamu bisa berwisata disini dengan aktivitas seru dan ada edukasi sejarahnya.

Tips Berkunjung ke Monumen Nasional

Untuk kamu yang ingin pergi berwisata ke Monumen Nasional ini, aku akan memberikan beberapa tips nih, yaitu:

1. Memilih Watu yang Tepat

Memilih Waktu yang Tepat untuk berwisata

Yang paling utama mungkin adalah pemilihan waktu berkunjung. pilihlah waktu kunjungan selain hari libur sekolah, karena pada saat musim liburan sekolah tempat ini sangat ramai sekali oleh rombongan darmawisata yang bisa mencapai 6.000 pengunjung.

Berkunjunglah mulai pagi hari, karena setiap hari jam 8 pagi Monas telah dibuka hingga jam 5 sore kecuali hari Senin minggu terakhir. Apalagi jika Anda berniat naik ke menara setinggi 115 meter, Anda harus datang lebih pagi sebelum jam buka loket dan sebelum antriannya mengular.

2. Carilah Tempat Parkir

Carilah Tempat Parki

Dulu kendaraan bisa diparkir hingga persis di bawah tugunya, tetapi sekarang kendaraan harus parkir di taman parkir yang berada di Jl. Merdeka Selatan. Jika mungkin carilah tempat parkir di ujung paling barat karena pintu masuk pengunjungnya ada di sana.

Datanglah di pagi hari, agar kamu mendapatkan tempat parkir yang nyaman di dalam. Ongkos parkir kira-kira Rp. 2000 per jam, dan untuk juru parkir di dalam cukup memberi seribu rupiah saja.

3. Membawa Payung

Membawa Payung untuk melindungi dari panas dan hujan

Jika kamu berkunjung ke wisata Monumen Nasional ini jangan lupa untuk membawa payung sob. Pasalnya di wisata ini sangat terbentang luas area terbukanya sehingga tidak ada perlindungan panas maupun hujan.

Jadi jika kamu ingin berjalan – jalan di sekitar Monas kamu tidak usah khawatir hujan atau panas, karena kamu sudah menyediakan payung. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan.

4. Mengecek Antrian Menuju Puncak Tugu

Mengecek Antrian Menuju Puncak Tugu monas

Apabila kamu baru datang sebaiknya kamu langsung mengecek antrian menuju puncak tugu, apabila dirasa sepi lebih baik kamu menuju puncak Monas terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat yang lainya.

Selain itu apabila kamu sudah sampai di atas Monas, kamu harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya seperti pengambilan foto dan mengamati pemandangan di sekitar tugu Monas, karena waktu kunjungan di puncak Monas dibatasi.

5. Membeli Souvenir

Membeli Souvenir

Jika kamu akan membeli souvenir seperti gantungan kunci Monas dan lainnya, tawarlah hingga memperoleh harga yang cukup rendah. Karena rata – rata barang itu berkualitas rendah dan mudah patah dan copot.

Nah itulah sob beberapa penjelasan tentang aktifitas – aktifitas yang bisa kamu lakukan di Monumen Nasional Jakarta ini. Kamu bisa bersenang – senang dan belajar sejarah – sejarah negara Indonesia.

Menurut kamu bagaimana sob, asik kan? Kamu bisa melihat pemandangan seluruh Jakarta, beraktifitas seru di Monumen Nasional ini.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.