Museum Angkut

5 min read

museum angkut tiket

Malang menjadi salah satu tempat favorit yang ada di Jawa Timur. Salah satu tempat wisata favoritnya adalah Museum Angkut Batu Malang yang menyajikan banyak alat transportasi di seluruh dunia dari zaman dahulu hingga sekarang.

Museum ini memadukan konsep atraksi hiburan dan sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum kreatif ini menyandang predikat sebagai satu-satu nya tempat wisata pertama yang memegang konsep wisata angkutan di Indonesia.

Di artikel kali ini mimin akan membahas apa aja sih yang ada di dalam Museum Angkut, harga tiket, jam buka, sampai apa aja spot menarik yang harus kalian kunjungi ketika berada di museum ini. Simak di sini, ya!

Lokasi Museum Angkut

museum angkut malang harga tiket

Menempati lahan seluas 3,8 hektar, museum ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada 9 Maret 2014, serta dicatat sebagai museum transportasi pertama dan terbesar se-Asia.

Berlokasi di Kota Batu yang juga di daulat sebagai Kota Wisata di Jawa Timur, Museum Angkut berada di Lereng Gunung Panderman, tepatnya di Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, 65314, Telp : (+62) 341 595007.

Tempat wisata ini didukung oleh lahan parkir yang luas dan aman, pusat oleh-oleh dan wisata kuliner. Jadi kalian nggak perlu menghawatirkan lahan parkir penuh saat pergi kesini di hari libur.

Rute Menuju Museum Angkut

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Surabaya menuju Malang bisa melalui tol. Lalu dari Malang, kalian bisa ke arah utara untuk menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu hanya berjarak berjarak sekitar 10 menit ke Museum Angkut.

Untuk kalian yang menggunakan transportasi umum, jika naik bus dan turun di Terminal Arjosari Malang, bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot ADL tujuan Arjosari – Dinoyo – Landungsari atau angkot AL tujuan Arjosari – Landungsari lalu turun di Terminal Landungsari.

Dari Terminal Landungsari, ganti angkot menuju Terminal Kota Batu, kemudian ganti angkot lagi dengan tujuan Museum Angkut.

Yang menggunakan kereta api, bisa turun di Stasiun Kota Batu Malang, dilanjutkan dengan naik angkot ADL atau AL dan turun di terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari, tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkot lain sebagaimana perjalanan seperti di atas.

Tiket Masuk Museum Angkut

museum angkut batu

Harga tiket masuk ke Museum Angkut pada hari Senin-Kamis sebesar Rp. 70.000 sedangkan pada Jumat-Minggu dan tanggal libur lainnya Rp. 100.000.

Selain HTM reguler diatas, kamu bisa memilih tipe tiket terusan, jika ingin mencoba seluruh tempat yang berada di naungan Jawa Timur Group, yaitu:

  • Tiket Sakti (berlaku 2 hari) semua hari Rp 375.000,-
  • Tiket Super Saktu (berlaku 4 hari) semua hari Rp 450.000,-

Kedua tiket meliputi 8 Tempat Wisata diantaranya: Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Angkut, Museum Tubuh dan Predator Fun Park.

Karena daya tarik museum ini adalah koleksinya, maka untuk kalian yang membawa DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dsb akan dikenai tiket tambahan. Tiket tambahan sebesar Rp. 30.000/kamera.

Baca Selengkapnya: 20 Tempat Wisata Trenggalek Jawa Timur Terbaru & Paling Hits

Jam Buka Museum Angkut

Jam operasional museum ini setiap hari dan dimulai pada pukul 12.00-20.00 WIB. Jika kalian ingin berkunjung ke sini, bisa datang agak siang. Karena museum ini dibuka mulai pukul 12:00 Siang dan akan ditutup pukul 20:00 baik hari biasa maupun akhir pekan.

Jam buka memang sengaja dibuka agak siang, karena sebelum di buka semua petugas harus sering cek properti dan kebersihan.

Fasilitas Museum Angkut

museum angkut adalah

Museum ini memiliki fasilitas yang lengkap sebagai destinasi wisata yang unik. Ada area parkir luas dekat pintu masuk untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi.

Ada Juga tempat makan di zona Pasar Apung atau Food Court. Selain itu, ATM Center, loker, toilet serta lift juga akan memudahkan pengunjung ketika berekreasi. Ada juga alternatif Shuttle Car bagi kalian yang gak mau lelah berjalan kaki mengelilingi museum.

Tak hanya itu, meski sedang berwisata bagi pengunjung yang muslim juga bisa tetap menjalankan ibadah di musholla Ar-Rizky yang bersih. Ada juga Charging Station sebagai tempat mengisi daya ponsel secara gratis.

Hotel Dekat Museum Angkut

Bagi pengunjung dari luar kota dan ingin menghabiskan malam di sekitar Museum Angkut, nggak sulit kok untuk mencari hotel dan penginapan, karena lokasi museum yang strategis berada di kawasan wisata dan perkotaan.

Beberapa penginapan dan hotel dekat museum yang bisa dijadikan alternatif diantaranya: Pondok Jatim Park Hotel & Café, Klub Bunga Butik Resort, Golden Tulip Holland Resort Batu, Pohon Inn Hotel, The Singhasari Resort Batu, Apple Green Hotel dan sejumlah hotel yang lain.

Spot Menarik Museum Angkut

Museum Angkut ini di bagi menjadi beberapa zona. Tiap zona menyesuaikan tema kendaraan, sehingga tiap zona akan memberikan sensasi berbeda-beda, berikut zonanya.

1. Zona Hall Utama

museum angkut ada apa saja

Zona ini langsung ditemukan ketika kalian baru saja masuk pintu utama. Di ruangan ini, pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi sarana transportasi dari waktu ke waktu beserta penjelasannya.

Hall ini terlihat mewah dan memuat berbagai koleksi kendaraan dari berbagai negara. Karena desainnya yang bagus dan didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa, sehingga menimbulkan kesan elegan.

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

museum angkut ada apa aja

Zona ini membawa kita ke Pelabuhan Sunda Kelapa pada zaman dulu. Disini kalian bisa melihat berbagai miniatur kapal yang sedang berlabuh saat itu.

Temukan nuansa Batavia zaman dulu, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis angkutan didalamnya. Masuk ke zona ini pengunjung bisa merasakan suasana Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda.

3. Zona Uni Eropa

museum angkut artikel

Zona ini diwakili oleh empat negara yakni Italy, Jerman, Perancis dan Inggris. Salah satu yang paling terkenal adalah koleksi mobil antik buatan Inggris. Pengunjung bisa melihat mobil antik bernilai historis dari Inggris yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II.

Selain itu, kalian juga bisa berfoto didepan miniatur Istana Buckingham yang terkenal di depannya.

4. Zona Gangster dan Broadway

museum angkut batu harga

Zona ini menampilkan suasana kota Chicago tahun 1920 saat seorang gangster terkenal bernama Al Capone banyak terlibat aksi kejahatan seperti prostitusi, penyuapan dan minuman keras.

Suasana lingkungan gangster yang kelam diubah menjadi pemandangan indah dan menakjubkan dengan tatanan artistik.

Lihat Review: 20 Tempat Wisata Tulungagung Terbaik yang Lagi Hits

5. Zona Hollywood

museum angkut batu malang

Meskipun zona ini terbilang paling kecil, namun kita bisa melihat beberapa replika kendaraan yang sering ada dalam box office Hollywood. Seperti bat mobile punya Batman dan mobilnya Scooby Doo.

Jika kalian ingin melihat Hulk, maka disinilah tempatnya. Di zona ini pengunjung juga bisa melihat beberapa tanda tangan para artis serta tokoh-tokoh ternama di Indonesia.

6. Zona Flight Training/Simulator

museum angkut biaya masuk

Tak hanya koleksi mobil, disini juga ada training alat transportasi pesawat. Jika pengunjung ingin melihat bagaimana pesawat di operasikan disinilah tempatnya. Meskipun hanya training, namun akan ada kokpit pesawat yang menemani belajar.

Tentunya ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan karena kalian akan merasa seolah menjadi pilot yang sesungguhnya.

7. Zona Runway 27 Airport

museum angkut cikunir

Zona ini disajikan dalam bentuk out door. Di sini kalian dapat melihat replika Pesawat Boeing 737-200 yang merupakan pesawat kepresidenan.

Masih di zona ini ada sebuah café yang sudah didesain layaknya kabin pesawat terbang. Menu yang ditawarkan adalah menu yang ada di pesawat. Harga makanan di sini mulai dari Rp 30.000,- sedangkan minumannya mulai dari Rp 15.000,-.

8. Zona Las Vegas

museum angkut cars

Tentunya kalian sudah mengetahui kota malamnya Amerika, Las Vegas. Nggak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika demi berfoto di Las Vegas guys. Di zona ini, kita bisa merasakan sensasi berada di Las Vegas yang glamour dan modern.

Saat memasuki zona ini, kita disambut dengan gerbang Selamat Datang Las Vegas yang megah. Karena desain yang sangat mirip, kalian pasti menyukainya.

Baca Rekomendasi: 20 Tempat Wisata Mojokerto Terbaru yang Lagi Hits & Kekinian

9. Zona Edukasi

cerita museum angkut

Sebagai wahana wisata yang mengusung konsep sejarah dan edukasi sudah pasti museum ini menyediakan zona khusus untuk edukasi.

Zona ini desainnya cukup menarik dengan warna dan pencahayaan interiornya. Penyampaian informasinya yang menyenangkan dan informatif membuat anak-anak betah berada di sini.

10. Indonesian Heritage Museum

museum angkut di batu

Zona yang juga dikenal sebagai Museum d’Topeng ini menampilkan berbagai senjata tradisional khas Indonesia. Ada ribuan koleksi unik yang dipamerkan disini.

Selain itu disini juga menampilkan senjata tradisional khas negara-negara lain. Jadi pastikan kalian mengunjungi zona ini untuk menambah edukasi.

11. Zona Pasar Apung Nusantara

museum angkut dimana

Di pasar apung ini kita bisa bersantai sambil menyantap berbagai kuliner khas Nusantara. Disini juga banyak souvenir dan kerajinan unik yang dijual untuk cinderamata.

Sesuai namanya, kegiatan jual beli disini dilakukan di atas perahu sama persis dengan pasar atas air kota Balikpapan.

Selain ke sebelas zona diatas, kalian juga bisa mengunjungi zona-zona yang lain, seperti Beefeater Inggris, Menara Eifel Paris, Mobil dan Helikopter RI serta Stasiun Kota. Ada juga zona Skoci, Parade, VR hingga zona Amsterdam.

Special Show di Museum Angkut

Di museum ini tak hanya menampilkan koleksi benda mati aja, tapi di museum ini juga menampilkan beberapa atraksi atau pertunjukan yang bisa kalian nikmati di sore atau malam hari.

Ada Night Divas, pertunjukkan fashion show yang bisa pengunjung lihat setiap hari pukul 18:30-19:00 WIB. Lalu ada California Car Wash Dance dan Three Elemental Show yang bisa kalian nikmati di weekend. Juga Movie Star Hero Cosplay setiap hari dari pukul 12:30-13:00 WIB.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Blitar Terbaru yang Lagi Hits 2020

Menarik kan? Itulah beberapa informasi mengenai Museum Angkut Batu Malang. Sekedar tips tambahan, untuk pengunjung yang nggak mau ngantri, kalian bisa membeli tiket secara online.

Selain itu kalian bisa datang di hari biasa untuk menghindari zona yang terlalu ramai, karena sayang kalau kalian tidak bisa berfoto di beberapa zona di museum ini. Bagaimana, apakah kalian sudah siap liburan kesini?

Gili Ketapang

Indah Andini
4 min read

Museum Fatahillah

Indah Andini
4 min read

Wisata Trenggalek

Indah Andini
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *