Museum Dirgantara Jogja

11 min read

Museum Dirgantara Jogja

Lagi-lagi Jogja, Daerah Istimewa ini benar-benar istimewa dengan ragam wisatanya. Rasanya begitu lengkap tersaji, mulai wisata alam, sejarah, religi, dan lain-lain. Ada satu wisata sejarah yang keren di Jogja, namanya Museum Dirgantara Jogja.

Dengan nama lengkapnya “Museum Dirgantara Mandala” sebuah museum yang digagas TNI Angkatan Udara sebagai bentuk pengabadian peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU.

Di museum ini kalian tentu bisa menyaksikan beragam koleksi alutista dan pesawat mulai dari pesawat sipil, pesawat tempur, hingga rudal TNI AU.

Selain bisa melihat banyak pesawat, kalian juga bisa menaikinya lo. Tentu kalian penasaran ada apa aja di museum ini. Simak penjelasanku selengkapnya ya…

Lokasi Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara Jogja beralamat di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Museum ini kira-kira berjarak 6 kilometer arah Timur dari pusat kota Yogyakarta. Awalnya museum ini berada berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta sebelum pindah ke lokasi saat ini pada tahun 1978.

Jalan Menuju Museum Dirgantara Jogja

Tempat ini bisa dikatakan strategis, maka dari itu aksesnya juga cukup mudah. Jalannya juga sudah bagus untuk dilewati. Jika kalian berangkat dari pusat 0 km Jogjakarta ke timur menuju jalan raya jogja, lurus terus menuju jalan kusumanegara.

Setelah sampai di pertigaan ke timur jalan, lanjut perempatan utara jalan terus sampai ke menemui putar balik jalan. Terus ikuti jalan tersebut maka pengunjung akan dibawa sampai ke Museum TNI AU.

Sebenarnya akan jauh lebih gampang kalau kalian pakai kendaraan pribadi, terus buka Google Maps, ikuti rute yang ditunjuukan. Pasti bakalan sampai.

Dari pusat kota Yogyakarta ke Museum TNI AU tidak terlalu jauh, sekitar 7,6 km dan waktu tempuh kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Museum TNI AU hanya sekitar setengah jam.

Tiket Masuk Museum Dirgantara Jogja

Untuk HTM-nya sangatlah terjangkau. Kalin cukup membayar untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing hanya dikenakan biaya Rp. 3000 untuk perorangan dan Rp. 2000/orang ketika kalian datang secara rombongan.

Bukankah harga itu sangat murah? Apalagi untuk kelas wisata sejarah pesawat. Maka sangat rugi bila sudah ke Jogja tapi belum mampir ke museum yang satu ini.

Sedang untuk harga tiket parkir yaitu Rp 30.000 untuk bus dan Rp 20.000 untuk mobil kecil, itupun untuk kemanan kendaraan kalian mengingat wisata ini sering ramai kalau musim liburan.

Jam Buka Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara Jogja buka setiap hari sepanjang pekan. Kalian dapat datang ke museum sekitar pukul 08.30 pagi hingga pada pukul 15.00 sore hari.

Maka dari itu, kalian harus benar-benar memperhatikan waktu ketika berkunjung ke wisata Angkatan Udara yang satu ini.

Fasilitas Museum Dirgantara Jogja

Fasilitas yang bakalan kalian dapatkan ketika masuk ke Museum ini sudah cukup memadai dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Fasilitas umum yang tersedia antara lain, Mushola, Perpustakaan, Tempat parkir luas, Kantin, Kamar mandi/toilet, dan Souvenir shop.

Selain itu, di sekitar museum juga ditata rapi dan dihias dengan Taman yang teduh dan nyaman. Dimana pun dan kapanpun bahkan kalian bisa mengambil foto dengan backgorund yang keren.

Daya Tarik Museum Dirgantara Yogjakarta

Bagi kalian yang suka dengan penerbangan, apalagi punya anak atau adik yang bercita-cita jadi pilot atau masuk TNI-AU, kalian bener-bener wajib mengajaknya ke meseum yang satu ini. Ada berbagai hal yang menarik dari museum ini, diantaranya adalah:

1. Koleksi Pesawat Keren

melihat Koleksi Pesawat Keren
https://www.instagram.com/alyn23.______/

Di museum ini, kalian bakalan bisa melihat 38 koleksi pesawat, baik pesawat tempur maupun pesawat sipil. Dan dari berbagai pesawat itu, ada yang benar-benar menjadi saksi bisu pergolakan kemerdekaan Indonesia dan punya nilai sejarah yang tinggi.

Mislanya replika pesawat Dakota VT-CLA, sebuah pesawat milik penerbangan India yang dulu ditembak oleh Belanda di Ngoto, ketika ingin mendarat di Maguwo.

Ada juga pesawat lainnya, namanya Guntei bersayap ganda, bekas pertempuan tentara Jepang yang dulu digunakan untuk melakukan pengeboman pertama di dalam sejarah TNI AU. Ada juga koleksi pesawat Mustang yang dulu kala digunakan untuk Operasi Permesta.

Selain itu ada Pesawat Ki-43, Pesawat PBY-5A, pesawat WEL-I RI-X, Pesawat A6M5 Zero Sen, Pesawat pembom B-25 Mitchell, B-26 Invader, TU-16 Badger, Helikopter Hillier 360, dan sebagainya.

2. Koleksi Benda Bersejarah

Koleksi Benda Bersejarah
https://www.instagram.com/liliskristiananingsih/

Selain mengoleksi pesawat, museum ini terdiri dari 6 ruang ini yang juga mengoleksi koleksi yang lainnya.

Ada koleksi foto sejarah kemerdekaan, lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, buku, alusista, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom/roket, parasut, dan masih banyak koleksi lainnya.

Pokonya, jika kalian datang ke tempat ini, rasa patriotisme kalian bakalan membuncah benar-benar merasakan bagaimana susahnya perjuangan para pahalawan memperebutkan kemerdekaan Indoensia tercinta ini.

Ada satu koleksi yang sangat menarik di museum ini, yaitu diorama Satelit Palapa dan pesawat ruang angkasa Challenger yang sedang mengorbitkan pesawat tersebut. Bagi pecinta dunia udara, kalian pasti bakalan terhibur dan puas dengan segala pamerannya.

3. Kerennya Sejarah Dirgantara Indonesia

Pada tanggal 4 April 1969 museum ini diresmikan oleh Panglima Angkatan Udara di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta. 9 tahun kemudian, pada tanggal 29 Juli 1978 museum ini dipindahkan ke Yogyakarta.

Pertimbangan lokasi museum memang cukup sulit dijangkau pengunjung, akhirnya semakin memantapkan untuk pemindahan museum tersebut ke Yogyakarta.

Gedung bekas pabrik gula yang berada di Wonocatur Lanud Adisutjipto yang digunakan untuk logistik pada masa penjajahan Jepang dipilih oleh Pimpinan TNI-AU. Gedung ini dipersiapkan sebagai gedung permanen.

Gedung yang direnovasi itupun akhirnya diresmikan pada tanggal 29 Juli 1984 dengan luas area museum kurang lebih 4,2 hektar.

Kalau kalian berkunjung ke wisata ini rame-rame, pasti ada tour guide yang menceritakan banyak sejarah yang menarik. Kalian juga tanya apapun tentang sejarah dirgantara Indonesia.

Jelajahi Juga: Wahana dan Fasilitas Menarik di Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

4. Banyak Ilmu yang Didapat

Banyak Ilmu yang Didapat sekaligus berwisata edukasi
https://www.instagram.com/wanda17403/

Kalau kalian study tour atau berwisata dengan tujuan mencari informasi dan ilmu pengetahuan tentang Museum Dirgantara Jogja ini, maka kalian bakalan menemukan banyak hal disini.

Kalian bisa cari pamflet wisata ataupun membaca informasi seputar benda-benda bersejarah di tempat ini. Bahkan setiap pesawat dan setiap benda terdapat deskripsi yang siap meluaskan wawasan kalian tentang dunia penerbangan Indonesia di era kemerdekaan dulu.

5. Sensasi Jadi Pilot Pesawat Tempur

merasakan Sensasi Jadi Pilot Pesawat Tempur
https://www.instagram.com/al.gifari77/

Selain menyaksikan berbagai koleksi yang menarik, kalian juga bisa naik ke beberapa pesawat yang sudah diijinkan untuk dinaiki. Bahkan kalian pun bisa menyewa pakaian pilot dan bergaya di dalam pesawat juga diijinkan di museum ini.

Kerennya di musem ini, juga terdapat wahana simulasi menerbangkan pesawat, kalian tentu harus mencobanya.

Untuk bisa berpose dengan total layaknya pilot yang menerbangkan pesawat tempur, pengunjung dapat menyewa baju pilot. Momen seperti ini tentunya menjadi momen yang tak bakal kalian lupakan bukan?

Pengunjung juga bisa menjajaki pesawat layaknya seorang pilot dengan simulasi pesawat P-51 Mustang. Pesawat ini adalah pesawat sergap jarak jauh yang digunakan pada masa Perang Dunia kedua. Wow!

Kalian benar-benar bisa foto seolah menerbangkan pesawat dan tak mungkin ditemukan di objek wisata lainnya.

6. Menemukan Spot Foto yang Tak Ada Duanya

Menemukan Spot Foto yang Tak Ada Duanya
https://www.instagram.com/maheslahifa/

Ada berbagai spot foto keren di tempat ini, kalau di samping pesawat sih mungkin sudah menjadi keharusan. Tapi kalian bisa juga berfoto ke tempat-tempat lainnya. Seperti di depan gedung dirgantara, dengan patung wajah pahlawan.

Atau kalian bisa berfoto ke replika bungker yang dulu digunakan untuk tempat persembunyian saat perang berlangsung. Selain itu, kalian juga bisa berfoto di berbagai tempat dengan nuasa patriotisme disini.

Jadi kalian harus siap-siap kamera untuk mengabadikan momen keren kalian di wisata sejarah Museum Dirgantara ini. Dijamin, kalian bakalan kangen dengan spot fota yang tak ada duanya setelah pulang dari kungjungan kalian.

7. Cindera Mata Khas Dirgantara

Cindera Mata Khas Dirgantara
https://www.instagram.com/suezx/

Satu hal yang tak kalah dicari di museum ini adalah aksesoris atau oleh-oleh khas Jogja maupun Museum Dirgantara. Banyak sekali toko yang buku di dalam area museum, berjajar-jajar siap melayani kalian yang haus akan oleh-oleh.

Dengan membeli oleh-oleh khas, kalian sudah terbukti pernah mengunjungi wisata ini. Kalian juga bisa membagikannya ke teman-temen atau ke keluarga kalian di rumah.

Selain itu, di sini kalian juga bisa menemukan banyak penjual makanan, makanan khas Jogja maupun makanan biasa. Jadi, kalian tak perlu khawatir jika merasa lapar dan ingin mengisi perut kalian yang keroncongan setelah berkeliling di museum.

Wisata Dekat Museum Dirgantara Yogyakarta

Nah, bagi kalian nih yang belum puas berkunjung di Museum Dirgantara, alangkah baiknya kalian kunjungi wisata lain yang dekat. Tak perlu khawatir, banyak sekali wisata yang bisa kalian kunjungi, mengingat posisinya memang di daerah Jogja.

1. Gembira Loka Zoo

wisata Gembira Loka Zoo
https://www.instagram.com/in.neeesss/

Adalah kebun binatang di kota Yogyakarta yang berisi berbagai macam hewan mulai orangutan, simpanse, harimau, gajah asia, dan masih banyak hewan lainnya. Jaraknya dari Museum Dirgantara kira-kira 8 km atau 3 menit perjalanan kendaraan bermotor.

Gembira Loka dulunya sempat rusak sebab terkena gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Tapi direnovasi Gembiro Loka lagi dan tetap menjadi wisata unggulan untuk dikunjungi.

Untuk lokasinya di Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sedang jika kalian ingin masuk, harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,- hingga Rp 40.000,- dengan tambahan biaya parkir.

2. Taman Pintar

Taman Pintar
https://www.instagram.com/mrsriandaka/

Wisata ini terdapat di pusat Kota Yogyakarta, lebih tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman ini menyatukan wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Taman Pintar punya arena bermain sekaligus sarana edukasi yang dibagi dalam beberapa zona. Akses secara langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga memberikan nilai lebih Taman Pintar ini.

Jadi tempat ini bisa dikatakan menjadi pusat buku murah yang kalian jumpai di Jogja.

Kalau kalian suka baca buku, kalian tentu wajib mendatangi taman pintar ini. Jaraknya dari Museum Dirgantara kira-kira sekitar 10 sampai 11 km atau 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Baca Review: Wisata HeHa Sky View (Memukau dan Terjangkau)

3. Wisata Keraton Jogja

belajar sejarah di Wisata Keraton Jogja
https://www.instagram.com/eviwahyunngsh/

Sebuah kompleks khusus yang tepat berdiri di tengah kota Yogyakarta. Kraton berdiri seiring perjanjian giyanti pada tahun 1755. Sehingga memecah Kerajaan Mataram Islam menjadi Kerajaan Ngayogyakarta Surakarta ini.

Kalau kalian ingin merasakan wista sejarah dan mengenal budaya Jogja melalui pusatnya. Maka tempat ini adalah solusinya. Kalian bakalan belajar banyak tentang Jogja di kawasan yang satu ini.

Berada di selatan dari Jalan Malioboro. Biaya masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 5.000 sedang mancanegara Rp 15.000 dengan fasilitas yang lengkap.

Jarak dari museum Dirgantara kira-kira sekitar 10 sampai 11 km atau 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

4. Situs Warungboto

Situs Warungboto
https://www.instagram.com/anisadheaa/

Letak Situs Warungboto ini berada di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164.

Setelah sempat tak terurus, situs wisata ini dibuka dan menawarkan wisata sejarah yang mengesankan tentang pembentukan kraton Jogja. Hal yang menarik dari wisata ini adalah pesanggrahan yang merupakan tempat peristirahatan raja-raja.

Situs ini bisa kalian jadikan sarana belajar sejarah kebudayaan tentang pembentukan kota Jogja. Disini kalian bisa tanya-tanya apapun yang berhubungan dengan situs dan pembentukan kota Jogja.

Jarak dari museum Dirgantara kira-kira sekitar 8 sampai 9 km atau 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

5 XT Lane

jajan XT Lane
https://www.instagram.com/xtlanejogja/

Tempat ini adalah suatu kawasan yang menawarkan banyak jenis wisata. Ini artinya, tempat ini bukan hanya terdiri dari satu jenis wisata aja. Ada wisata sejarah, wisata modern, dan wisata budaya.

Lokasinya di jalan Veteran nomor 150-151 Pandeyan Jogja. Lokasi dari pusat perbelanjaan ini terbilang sangat strategis. Beberapa fasilitas wisata tersebut antara lain 3D museum, Selfie park, XT Lane dan lain sebagainya.

Tiket masuk tergantung jenis wisata dan jam kunjung kalian. Harga tiket masih berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 100.000.

Jarak dari museum Dirgantara kira-kira sekitar 9,7 km atau 17 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

6. Wisata De Mata Museum Jogja

foto Wisata De Mata Museum Jogja
https://www.instagram.com/albanjary07/

Wisata De Mata Museum Jogja, ini berada di Jalan Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 5516. Harga tiket Rp 80.000 untuk individu dan Rp 150.000 untuk keluarga.

Buka dari jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kalian bisa menemukan banyak spot foto di wisata ini. Banyak sekali gambar yang ada di sini, mulai yang bertema alam, olahraga, binatang superhero dan lain-lain yang dibalut dengan ornamen berseni tinggi.

Jarak dari museum Dirgantara kira-kira sekitar 9,7 km atau 17 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Hotel Dekat Museum Dirgantara Jogja

Karena museum dirgantara mandala Jogja tak memiliki penginapan khususnya, maka dari itu kalau kalian ingin berkungjung lebih lama atau berkunjung ke tempat lainnya, kalian harus mencai penginapan di luar. Ini aku rekomendasikan beberapa penginapan yang cocok.

1. Habibi Homestay Syariah

Habibi Homestay Syariah

Sebuah homestay yang nyaman, indah, dan murah tentunya. Dengan menginap di sini, akan ada banyak fasilitas yang bakalan kalian dapatkan, mulai dari tempat nyaman, tempat parkir, Wi-fi gratis, dan plusnya pelayanannya sangat ramah dan ownernya enak.

Jarak dari meseum dirgantara sangat dekat sekali, hanya sekitar 600 m aja. Kalian jalan kaki aja sampai bahkan tanpa capek sekalipun.

Benar-benar rekomended banget untuk kalian yang berwisata di museum dirgantara Untuk biaya sewa kamar per malam sangat terjangkau, nggak sampai Rp 100.000,-

Alamatnya di Santan GG III No.38 B, RT.10/RW.29, Kalongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282.

2. Santan Homestay

Habibi Homestay Syariah

Unit-unit di guest house yang satu ini memiliki area tempat duduk. Terdapat juga meja dan TV. Daerah sekitarnya sering kalia untuk bersepeda. Akomodasi ini juga menawarkan layanan rental sepeda dan mobil.

Fasilitas lainnya sudah sangat memadai, mulai dari dapur, tempat parkir, TV, tempat peliharaan, teras untuk besantai-santai dan tentunya da Free Wi-Fi 24 jam.

Untuk biaya sewa kamarnya sangat terjangkau sekali, hanya Rp 60.000,- per malam per orang. Jarak dari museum dirganta hanya 700 meter, benar-benar sangat dekat sekali.

Alamatnya di Jalan Santan Gg. III, Kalongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Serunya Liburan di: Candi Ratu Boko, Wisata Sejarah yang Menarik di Yogyakarta

3. Satoria Hotel

Satoria Hotel jogja
https://www.instagram.com/nizaraan/

Hotel ini bisa dikatakan baru dan berbintang empat. Lokasinya juga strategis dekat dengan Bandara Internasional Adisutjipto.

Jarak dari museum dirgantara Jogja hanya 1 km. Satoria Hotel bisa kalian jadikan tempat akomodasi yang sempurna untuk kepentingan wisata kalian. Menarik juga untuk menjelajahi kota Yoygyakarta.

Nikmati pengalaman yang benar-benar unik dan tak terlupakan dengan manjakan diri di Vue Bar, Restoran Coriander, Pusat Kebugaran dan terapi pijat relaksasi yang ikonis. Keren juga…

Alamatnya di Jalan Laksda Adisucipto No.Km, RW.8, Kalongan, Maguwoharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282. Untuk bermalam di sini, kalian bisa membayar mulai dari Rp 335.000,- per malam.

4. Grand Quality Yogyakarta

hotel Grand Quality Yogyakarta

Hotel ini bisa dibilang sangat menyenangkan. Fasilitas yang ada sangat baik dan komplit. Ruangan bersih dan nyaman. Jarak dari Museum Dirgantara Jogja hanya sekitar 2 km aja atau 2 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Cocok bagi kalian yang ingin menginap mewah tapi dengan biaya yang murah. Bahkan beberapa konsumen merasa ingin mengiap lagi di hotel ini setelah merasakan pelayanannya yang enak.

Fasilitasnya begitu lengkap mulai dari kolam renang, AC, parkir, hingga Wifi, palayanannya pun enak dan 24 jam nonstop Untuk bermalam di sini, kalian dipatok harga mulai dari Rp 350.000,- per orang.

5. Puri Ayo Homestay

Puri Ayo Homestay

Tempat penginapan ini berlokasi berjarak kurang lebih 4,3 kilometer dari museum dirgantara Joja.Lokasinya ada di Jalan Solo Km.9, Majuwo, Bandara Jogjakarta.

Puri Ayu Homestay bisa kalian jadikan solusi yang cocok bagi kalian yang ingin bermalam di Jogja ketika berkungjung ke salah satu wisatanya.

Harga per malamnya antara Rp 247.000,- hingga Rp 289.000,- Bukankah harga yang cukup terjangkau? Sangat dekat pula dengan bandara Adisucipto Jogja.

Fasilitasnya antar jemput, airport transfer, tempat parkir, taman, restoran hingga wifi gratis di tempat umum adalah beberapa fasilitas yang disediakan oleh hotel ini. Pokoknya sudah sangat memadai bagi kalian yang ingin menghabiskan malam di tempat ini.

Tips Berkunjung Ke Museum Dirgantara Yogyakarta

Agar liburan kalian lancar tanpa kendala apapun, ini aku berikan tips-tips agar liburan kalian benar-benar terencana dan membuat kalian terhibur bahagia.

1. Mencoba Semua Spot Wisata

Mencoba Semua Spot Wisata yang ada
https://www.instagram.com/imambasuki6/

Di museum ini, banyak sekali spot foto yang harus kalian coba. Seperti di dalam pesawat tempur, di patung pahlawan, ataupun di replika lainnya. Kenapa harus mencoba semuanya?

Sebab sayang kalau kalian sudah masuk dan membayar, akan tetapi tidak menikmati semua spot yang tersedia. Maka dari itu, saranku kalian harus memberanikan diri dan cari gambar sebanyak-banyaknya agar kalian mengenangnya sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

Selain itu, kalian juga harus mencoba memakai pakaian tentara AU dan berfoto, sehingga kalian bakalan merasakan gimana rasa memakai seragam keren itu.

2. Mengajak Teman atau Keluarga

Mengajak Teman atau Keluarga
https://www.instagram.com/dahayu_shop/

Wisata dirgantara ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga untuk lebih mengenal sejarah perkembangan kemerdikaan Indonesia khusus bagian penerbangannya. Terlebih, kalian punya keluarga yang bercita-cita jadi pilot atau tentara AU.

Kalian benar-benar wajib mengajaknya ke tempat yang satu ini. Sebab, mungkin aja dengan kalian mengajak mereka ke destinasi yang satu ini, mereka dapat lebih termotivasi untuk meraih cita-cita mereka.

Kalau kalian ke tempat wisata ini sendiri, tentu nggak seru jugakan? Masa jalan-jalan ke wisata sejarah, sendirian. Pasti nggak bakalan seru. Sepanjang jalan kalian hanya diam aja tak ada teman yang bisa diajak bicara.

3. Taati Aturan

Taati Aturan

Selain itu, kalian juga harus menaati peraturan yang ada di meseum ini. Jika ada benda yang tidak boleh dipegang, maka jangan kalian pegang. Jika ada replika pesawat yang nggak boleh dinaiki, maka jangan dinaiki.

Ini juga untuk keamanan dan kenyamanan liburan kalian sendiri. Jangan sampai kalian membuat masalah hanya gara-gara tidak mengikuti peraturan yang dibuat oleh pengelola museum.

Selain itu, kalian juga harus membuang sampah pada tempatnya, tidak berguru secara berlebihan, dan menghormati hak-hak orang lain agar tercipta kondisi liburan yang asyik dan menghibur.

4. Siapkan Space Memori yang Banyak

Siapkan Space Memori yang Banyak agar tidak kehabisan
https://www.instagram.com/apri.yensy/

Ini juga sering kali terlupakan bagi para pengunjung. Niatnya sih mau cekrek-cekrek, tapi ada peringatan memory full. Kan nggak asyik kalau kayak gitu? Masa kalian harus menghapur atau memindah file di tempat wisata, kan bakalan buang-buang waktu?

Jadi, aku sarankan, segera siapkan ruang penyimpanan yang besar. Agar kalian bisa mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Sayang, kalau waktu yang tak lama habis digunkan untuk menyiapkan space memori.

Sebab di museum dirgantara ini, kalian bakalan menemukan banyak sekali hal yang bisa dijadikan objek fotografi.

5. Booking Hotel Sebelum Berangkat

persiapan Booking Hotel Sebelum Berangkat

Ini tidak begitu harus sih, tapi agar perjalanan kalia lebih terstruktur, kalian tentu harus menentukan tempat hotel yang pas. Kalau kalian hanya ingin ke museum Dirgantara Jogja ini, kalian bisa booking hotel yang kurekomendasikan di atas.

Namun kalau mau berkelana ke tempat wisata lain, kalian bisa booking hotel di sekitar tempat wisata ini. Intinya, kalian harus ingat waktu dan menentukan dimana mau menginap. Jangan sampai, pas hari liburan kalian menginap di mobil kalian. Kan nggak seru…

Rekomendasi Untukmu: Pantai Drini Pesona pulau kecil yang memanjakan mata

Museum Dirgantara Jogja, tempat wisata edukatif yang lokasinya strategis. Kailan bakalan menemukan pengalaman wisata yang berbeda di tempat ini. Mulai dari perjalanan sejarah pesawat tempur hingga spot foto keren bisa kalian dapatkan di tempat ini.

Sangat cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Jadi, tak usah ragu lagi kalau kalian ingin berkunjung ke wisata yang satu ini. Selamat jalan-jalan dan berbahagia…

Glamping Lakeside

Jessica Susanti
6 min read

Gembira Loka

Jessica Susanti
10 min read

Giri Tirta Kahuripan

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *