Museum Macan

6 min read

Museum Macan Jakarta

Mungkin berkunjung ke museum bisa jadi pilihan yang membosankan buat kamu. Kini beberapa museum sudah menawarkan beragam pilihan wisata menarik kok.

Contohnya museum yang satu ini wajib kamu kunjungi. Museum Macan namanya. Di sini kamu akan menemukan museum yang berbeda dengan lainnya.

Museum Macan merupakan singkatan dari The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini jadi sarana yang memfasilitasi wisatawan mengenal beragam jenis seni. Luasnya mencapai 7.100 meter persegi.

Berdiri tahun 2017 museum ini mencetak sejarah di Indonesia dengan menghadirkan lebih dari 800 karya seni. Bukan hanya lukisan, tapi juga karya seni dengan beragam medium, teknik, instalasi.

Bahkan Yayoi Kusama juga bergabung dan menunjukkan karyanya. Yayoi Kusama merupakan seniman Jepang yang sudah mendunia. Ia sudah berkarya selama 70 tahun.

Lokasi Museum Macan

Museum ini berlokasi di Jakarta Barat. Lebih tepatnya di AKR Tower, Level M, Jl. Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata di Jakarta lainnya. Setelah berkunjung, jangan lupa untuk ke lokasi wisata lainnya. Seperti Monas atau berkeliling di Central Park.

Jalan Menuju Museum Macan

Transportasi ke Museum Macan sangatlah banyak. Jadi kamu tidak perlu bingung supaya bisa sampai ke museum ini. Kamu bisa menggunakan transportasi umum, pribadi, maupun online.

Jika kamu menggunakan transportasi umum, sebaiknya gunakan bus Transjakarta supaya memudahkan. Kemungkinan nyasar akan lebih sedikit, karena ada petugas yang siap membantu kamu.

Kamu hanya perlu memilih Transjakarta yang melewati halte Kebon Jeruk. Dari sini kamu tinggal berjalan kaki kurang lebih 10 menit.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mencarinya di Google Maps. Kamu bisa memilih rute tercepat dengan panduan peta.

Tiket Masuk Museum Macan

Tiket masuk dibagi berdasarkan beberapa kategori. Harga tiketnya bisa dibilang memang cukup mahal. Hal ini wajar jika kita melihat karya seni yang dipamerkan di sini.

Bagi kamu yang sudah masuk kategori dewasa harus membayar Rp100.000. Sementara pelajar dan lansia di atas 65 tahun dikenakan HTM sebesar Rp90.000 per orang. Dan anak-anak usia 3 hingga 12 tahun harus membayar HTM Rp80.000 per orang.

Sedangkan jika kamu membawa anak di bawah tiga tahun kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Semua tiket ini bisa kamu beli online maupun on the spot.

Museum Macan juga menyediakan tiket masuk untuk kamu yang terdaftar sebagai anggota. Biaya keanggotaan yang harus dibayarkan untuk anggota individu sebesar Rp300.000, anggota pelajar Rp180.000, dan anggota keluarga Rp750.000. Anggota keluarga ini terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak.

Jam Buka Museum Macan

Museum ini punya jam buka selama 8 jam. Mulai dari pukul 10.00 sampai pukul 18.00 WIB. Meskipun demikian akses terakhirnya hanya dibuka hingga pukul 17.00 WIB.

Museum ini tidak buka setiap hari. Hanya buka di hari Selasa hingga Minggu. Sama seperti museum lainnya, museum ini tutup di hari Senin.
Jadi jika kamu berminat mengunjungi museum ini, perhatikan jadwalnya dengan baik ya. Supaya waktunya pas saat berkunjung.

Fasilitas di Museum Macan

Fasilitas di sini bisa dibilang sangat lengkap. Selain karya seni yang kece, kamu juga akan nyaman dengan fasilitas yang telah disediakan.

Tidak hanya fasilitas umum biasa seperti toilet dan mushola. Museum Macan juga dilengkapi dengan toilet khusus difabel, ruang penitipan barang, dan ruang pertolongan pertama. Ruangan ini sangat membantu jika terjadi kecelakaan kecil.

Para ibu menyusui juga tersedia ruang laktasi atau ruang menyusui. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika si kecil rewel saat dibawa.

Kalau kamu merasa lapar saat berkeliling, kamu bisa mampir ke kafe. Ada sebuah kafe yang dikelola 1/15 coffee di sini. Kamu bisa melepas dahaga dan lapar sejenak sebelum berkeliling kembali.

Spot Menarik di Museum Macan

Beberapa karya seni yang dipasang sifatnya sementara yaitu hanya dipasang dengan waktu tertentu. Ada juga yang permanen. Bukan hanya jadi spot foto, ada beberapa spot menarik yang pernah digelar di sini.

1. Infinity Mirrored Room

Infinity Mirrored Room Museum Macan

Karya seni Yayoi Kusama inilah yang membuat Museum Macan melejit dan diincar banyak orang. Infinity Mirrored Room adalah sebuah ruangan kecil gelap yang dilengkapi cermin dan nyala bola-bola lampu.

Spot ini jadi favorit pengunjung dan viral di dunia maya. Meskipun hanya diberikan waktu 20 detik untuk berfoto, pengunjung rela antri.

2. Flag Project

Flag Project merupakan hasil karya seniman Indonesia. Arahmaiani merancang project ini cukup lama. Sejak tahun 2006 hingga 2010.
Di instalasi ini kamu akan menemukan beragam bendera digantung di langit-langit museum. Bendera dari Yogyakarta hingga Jerman ada di sini.

3. Color in Cave

Color in Cave berarti warna dalam goa adalah ruangan yang dikhususkan untuk anak-anak. Karya seniman Thailand bernama Mit Jai Inn ini masih bisa kamu kunjungi hingga saat ini.

Bisa dibilang sejarah seni dimulai dari dinding goa. Banyak fosil dan penemuan yang bisa menguatkan pernyataan ini. Berdasarkan inilah Mit Jai Inn membuat instalasi ini.

Di sini anak-anak akan diajak untuk menghiasi ruangan dengan warna lewat interaksi. Semua bisa berkreasi sesuka hati di tempat yang sudah disediakan.

4. My Eternal Soul

Museum Macan memang banyak diwarnai oleh karya milik Yayoi Kusama. Hampir setiap tahun ada karya terbarunya yang dipamerkan di sini.

Salah satunya My Eternal Soul. Di instalasi ini kamu akan melihat banyak lukisan-lukisan penuh makna yang dipajang di sini. Meskipun pembuatnya sama, kamu akan merasakan tema dan keunikan yang berbeda dari setiap lukisan.

5. Seven Stories

Bukan hanya spot foto yang menarik kamu kunjungi. Museum seni ini juga punya penampilan seni yang akan membuat kamu takjub. Dan karya dari Lee Mingwei ini salah satunya.

Seven Stories karya seniman asal Taiwan – Amerika ini punya keunikan sendiri. Karena penampilannya ini melibatkan audiens. Pengunjung bisa menyaksikan sendiri bagaimana sebuah karya hebat tercipta.

Baca Juga: Pantai Ancol, Wisata Pesisir di Tengah Padatnya Jakarta

6. Flower That Bloom at Midninght

Instalasi menakjubkan ini juga merupakan karya Yayoi Kusama. Bentuknya yang menakjubkan membuat para pencinta seni terpesona.

Uniknya, jika kamu lihat sekilas bunga ini justru memiliki bentuk seperti hewan berkaki empat. Karena keunikan dan kecantikan yang dimilikinya, instalasi ini jadi salah satu spot favorit untuk berfoto.

7. Manifesto

Pameran karya seni yang satu ini adalah pameran terbaru di museum ini. Manifesto, karya Julian Rosefeldt pertama kali dipamerkan di Indonesia. Meskipun karya ini telah dibuat sejak 2015 oleh seniman dari Berlin tersebut.

Instalasi film 13 kanal Manifesto ini memuat pernyataan dari para seniman. Karya ini dibuat untuk menghormati para seniman tersebut. Manifesto bisa jadi inspirasi buat kamu yang sedang penat.

8. Xu Bing: Thought and Method

Xu Bing adalah seniman Tiongkok yang karyanya sudah diakui dunia. Pamerannya di Museum Macan merupakan pameran pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang pernah diselenggarakan Xu Bing.

Dalam Thought and Method, Xu Bing menggunakan beragam medium. Mulai dari tisu hingga ke rokok. Semuanya dirangkai menjadi karya yang ciamik.

9. Why Let The Kitchen Run?

Nama karya ini memang unik dan lucu. Melani Suryodarmo menunjukkan beragam bentuk seni dalam karya ini. Semuanya merupakan karya penting selama 20 tahun perjalanan karirnya.

Melani adalah seniman Indonesia yang sudah diakui kemampuannya di dunia internasional. Ia terkenal dengan karya-karya menarik yang inspiratif.

10. Dunia Dalam Berita

Dunia Dalam Berita diambil dari nama acara berita televisi yang mengudara di TVRI sejak tahun 1973. Pameran ini berfokus pada dua tema dampak transisi Orde Baru ke Reformasi. Tak heran jika karya yang dipamerkan sarat akan makna.

Instalasi ini adalah karya bersama dari 10 seniman ternama Indonesia. Setiap orang menuangkan pemikiran terbaik untuk karya ini.

Lihat Juga: 7 Daya Tarik Kebun Binatang Ragunan

Hotel Dekat Museum Macan

Jika kamu berniat menginap di sekitar Museum Macan, ada banyak pilihan hotel yang bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan dengan budget dan keinginan kamu.

1. Hotel Kedoya 88

Hotel 88 Kedoya jaraknya sangat dekat dengan Museum Macan. Hanya dengan menggunakan mobil selama 4 menit, kamu sudah sampai ke hotel ini.

Hotel ini hanya menyediakan dua tipe kamar. Superior room dengan harga Rp386.000 per malam dan Deluxe room seharga Rp426.000 per malam.

2. All Nite & Day Kebon Jeruk

Hotel yang berjarak hanya 5 menit dari ini tidak hanya menyediakan tempat menginap. Tapi juga menyediakan layanan spa. Cocok buat kamu yang ingin melepas penat.

Ada lima tipe kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Harganya mulai dari Rp350.000 hingga Rp820.000 per malam.

3. Veranda Hotel

Veranda Hotel merupakan sebuah apartemen yang tersedia dengan pilihan sewa harian. Karena terletak di apartemen, maka fasilitas yang disediakan di sini juga lengkap. Kamu bisa menikmati kolam renang, hingga berolahraga di fitness center.

Selayaknya apartemen, Verand Hotel tidak hanya menyediakan tipe kamar biasa. Hotel ini juga menyediakan ruangan dengan dua kamar tidur.

4. Favehotel Puri

Berada di pusat kota Jakarta Barat, Favehotel Puri Indah menawarkan 108 kamar dengan gaya modern dan juga sangat bersih. Tak ketinggalan akses WiFi yang cukup kencang akan bikin kamu betah beristirahat di sini.

Favehotel Puri punya tiga tipe kamar. Masing-masing dibanderol dari harga Rp310.400 hingga Rp558.400 per malam. Harga ini belum termasuk pajak ya.

5. Harvia Suites

Dibangun tahun 2015, Harvia Suites bisa ditempuh 5 menit saja. Sama halnya dengan Veranda, Harvia juga menyediakan apartemen yang bisa kamu sewa harian

Hotel ini menyediakan lima tipe kamar. Tapi yang paling menarik adalah Family room yang memiliki kapasitas hingga empat orang. Kamar ini di desain dengan pernak pernik Hello Kitty yang bakal bikin si kecil betah.

Simak Review: Waterbom PIK Jakarta (Puas Main Air!)

Wisata Dekat Museum Macan

Kalau kamu bingung dimana lagi kamu bisa menghabiskan liburan kamu di Jakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata dekat Museum Macan ini.

1. Kidzania Jakarta Barat

Kidzania bisa disebut sebagai kotanya anak-anak. Karena tempat wisata yang satu ini di desain menyerupai kota sebenarnya. Hanya saja ukurannya mini.

Dibangun di atas lahan seluas 7.500 meter persegi objek wisata ini jadi pilihan yang pas untuk anak-anak. Di sini mereka bisa mengenal kota yang lengkap dengan rumah sakit, supermarket, dan lain-lain.

2. Aquarium Jakarta

Aquarium Jakarta merupakan aquarium terbesar di Indonesia. Tedapat lebih 3.500 jenis hewan yang dibudidayakan di sini.

Tidak hanya mengenal beragam hewan laut, kamu juga bisa menyentuh dan memberi makan mereka. Berinteraksi ditemani penjaga yang handal bikin wisata kamu jadi lebih seru.

3. Taman Suropati

Bersantai sore sambil olahraga atau sekadar nongkrong-nongkrong, Taman Suropati jawabannya. Di sini kamu bisa menikmati taman kota yang asri.

Di akhir pekan biasanya ada pertunjukkan musik juga lho di sini. Kamu bisa sekadar nongkrong menikmati pertunjukkan sambil menikmati jajanan di sekitar taman.

4. Monumen Nasional

Monas hanya berjarak 7 kilometer dari Museum Macan. Objek wisata ini tentunya tidak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Jakarta. Karena ini merupakan salah satu ikon Jakarta.

Karena punya jam buka yang sama, maka kamu harus pandai-pandai mengatur waktu untuk bisa mengunjungi keduanya dalam satu hari. Supaya kamu bisa menikmati kedua wahana yang ditawarkan secara maksimal.

5. Mall Taman Anggrek

Buat yang senang belanja, jangan luma mampir ke Mall Taman Anggrek. Pusat perbelanjaan ini jaraknya 3 kilometer saja dari Museum Macan.

Seperti mall di Jakarta pada umumnya, Mall Taman Anggrek juga dilengkapi fasilitas yang cukup baik. Bikin kamu yang hobi belanja bisa lupa waktu.

Kunjungi Juga: 25 Tempat Wisata di Jakarta ini akan jadi favorit kamu buat liburan

Museum Macan harus masuk list wisata kamu di tahun 2020 ini. Kamu bisa mengenal beragam karya seni para seniman internasional seperti Yayoi Kusama. Dengan berwisata ke sini kamu dapat inspirasi sekaligus foto kece.

0

Waduk Jatibarang

Putri
7 min read

Ngarai Sianok

Zuhrufi
10 min read

Ocarina Batam

Zuhrufi
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *