Ngarai Sianok

10 min read

Ngarai Sianok Lembah di Bukittinggi

Kota Bukittinggi di Sumatera Barat memiliki segudang kekayaan alam yang mempesona. Salah satu objek wisata alam di Bukittinggi yang akan membuatmu terpana adalah Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah yang memiliki panjang 15 kilometer dan lebar 200 meter. Lembah yang memiliki kedalaman 100 meter ini tenar hingga mancanegara lho.

Lembah mengagumkan ini melintasi 3 kawasan di Bukittinggi yaitu Nagari Koto Gadang, Nagari Sianok Enam Suku, dan Palupuh. Selain itu, lembah yang satu ini juga menjadi habitat flora dan fauna.

Sejarah

Proses terbentuknya lembah ini terjadi karena pergerakan patahan bumi. Patahan tersebut berbentuk berkelok – kelok dan memanjang dari sebelah selatan Nagari Koto Gadang ke Nagari Sianok Enam Suku. Hingga akhirnya patahan ini berhenti di Palupuh.

Menurut ilmu geologi, lembah hasil patahan ini disebut sebagai bagian yang membelah pulau Sumatera menjadi dua. Patahan ini dinamakan patahan Semangko yang memanjang dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung.

Patahan Semangko menghasilkan tebing curam yang mengapit lembah ini. Tak hanya itu, akibat patahan ini lalu terbentuk aliran sungai Batang Sianok yang airnya begitu segar dan bening. Patahan ini juga menghasilkan Pegunungan Bukit Barisan yang kondang.

Lokasi

Lembah yang patut disandingkan dengan keindahan Grand Canyon National Park Amerika ini berada di perbatasan kota Bukittinggi. Lembah yang keindahan panorama alamnya begitu memukau ini tepatnya berada di dataran tinggi Minangkabau.

Lokasi lembah yang satu ini persisnya adalah di Desa Sianok, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Walaupun secara administratif letak lembah yang satu ini berada di Kabupaten Agam, namun akses ke pusat kota Bukittinggi justru lebih dekat.

Jalan ke Ngarai Sianok

Rute menuju lembah ini terbilang mudah. Jika kamu dari Bandar Udara Internasional Minangkabau yang berada di Padang, hanya perlu naik mobil rental atau mini bus jurusan Padang – Bukittinggi.

Jarak antara Padang dengan Bukittinggi sekitar 90 kilometer sehingga kamu hanya perlu berkendara selama 2 jam. Sesampainya di Bukittinggi, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum untuk mencapai lokasi.

Jika ingin perjalanan yang lebih nyaman, sebaiknya naik kendaraan pribadi. Tak hanya itu, ada banyak agen travel yang menyediakan jasa antar ke lokasi. Kamu bisa berangkat dan pulang kapan saja sesuai keinginanmu bila menggunakan kedua moda transportasi tersebut.

Perjalanan menuju lembah ini memang melelahkan dan membutuhkan waktu lama. Namun, perjalananmu tidak akan terasa membosankan. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata.

Tiket Masuk

Seperti kawasan wisata alam pada umumnya, lembah ini tidak mematok harga tiket masuk yang mahal. Melakukan kegiatan wisata ke lembah yang satu ini tidak akan menguras kantongmu kok.

Untuk masuk ke kawasan lembah yang satu ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau ini, kamu tidak akan kecewa akan pesona alamnya.

Walaupun mematok biaya tiket masuk murah meriah, lembah ini akan menyejukan mata siapa pun yang mengunjunginya. Menyenangkan sekali, bukan?

Jam Buka

Keindahan panorama lembah ini tidak pernah mengecewakan siapapun yang mengunjunginya. Kamu juga tidak akan kecewa mengenai kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana.

Sebagai objek wisata alam terbuka yang di dalamnya juga terdapat perkampungan penduduk, lembah ini memang tidak memiliki jam operasional tertentu. Mau datang pagi, siang, sore, atau malam tidak masalah kok, karena lembah yang satu ini memiliki jam buka 24 jam.

Kamu bisa lebih leluasa menikmati keelokan bentang alam lembah yang satu ini kapan saja kamu mau.

Fasilitas

Sebagai objek wisata yang menjadi andalan Provinsi Sumatera Barat, lembah ini memiliki beragam fasilitas memadai untuk pengunjungnya.

Sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola untuk kebutuhan pengunjung antara lain gardu pandang, tempat makan, peralatan olahraga air, spot foto yang instagramable, dan lain sebagainya.

Lokasi lembah yang dekat dengan pusat kota Bukittinggi ini, membuat di sekitarnya bermunculan aneka ragam fasilitas akomodasi. Fasilitas akomodasi yang dimaksud antara lain penginapan, villa, dan hotel.

Lihat Review: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

Daya Tarik/Spot Menarik

Objek wisata Ngarai Sianok ini telah lama menjadi buah bibir wisatawan dari seluruh penjuru dunia karena keindahan alamnya yang bergitu memukau. Lembah yang satu ini seakan tak pernah mengecewakan dengan daya tariknya seperti yang diuraikan di bawah ini.

1. Keindahan Bentang Alamnya

Keindahan Bentang Alam Ngarai Sianok

Daya tarik utama lembah ini adalah bentuknya yang menghampar indah bagai lukisan alam. Lembah sempit ini dikelilingi bukit – bukit dengan tebing curam yang ditumbuhi pepohonan rimbun.

Pepohonan rimbun yang menghijau meliuk – liuk nampak sejuk di mata mengelilingi jurang curam di tengahnya. Jurang curam ini dilengkapi dengan sungai kecil yang mengalir di bagian tengahnya.

Kesempurnaan bentang alam lembah ini pun ditambah dengan segarnya udara yang dihasilkan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Selain itu, kamu juga akan takjub mendengar merdunya kicauan burung – burung liar yang beterbangan di atas lembah.

Perpaduan antara bentang alam, udara sejuk, serta makhluk hidup di dalamnya membentuk suatu harmoni alam. Tak heran jika lembah yang satu ini memenangkan penghargaan The Best Tourism Object dalam ajang Padang Tourism Award 2007.

2. Habitat Flora dan Fauna

Tidak bisa dipungkiri bahwa Sumatera kaya akan flora dan fauna liar hingga langka. Hutan – hutannya yang sangat luas serta jumlah penduduk yang masih sedikit membuat flora dan fauna penghuni asli ini terjaga kelestariannya.

Lokasi lembah ini yang diapit oleh hutan – hutan di sekelilingnya juga tak lepas dari habitat flora dan fauna. Sejumlah flora langka yang tumbuh di lembah yang satu ini antara lain Raflesia dan tanaman obat lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat menjumpai hewan yang menjadi penghuni asli kawasan ini seperti monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, hingga tapir.

Sebaiknya kamu tetap waspada ketika binatang – binatang liar ini mendekat. Hewan – hewan ini akan merebut barang bawaanmu jika kamu lengah. Namun, jangan memperlihatkan gelagat panik ya.

3. Sunrise dan Sunset yang Memukau

Sunrise dan sunset tak hanya bisa dinikmati di pantai atau pegunungan saja. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di lembah ini tak kalah memukau lho.

Fenomena matahari terbit dan tenggelam ini menjadi incaran para fotografer sebagai obyek foto. Tak hanya itu, banyak pelukis yang mengabadikan momen artistik ini ke dalam lukisan.

Untuk menyaksikan fenomena sunrise memukau tersebut, kamu harus datang sebelum Subuh saat matahari belum nampak.

Ada fenomena lain di pagi hari yang akan membuatmu takjub. Kamu bisa menyaksikan fenomena sinar matahari pertama di pagi hari yang berkabut menembus lembah begitu indahnya.

Kamu juga akan dipukau oleh siluet Gunung Singgalang yang megah sebagai background. Panorama indah bak lukisan ini pun diabadikan ke dalam uang kertas nominal 2 ribu rupiah edisi terbaru.

4. Taman Panorama

Taman Panorama dijadikan sebagai titik lokasi untuk menikmati keindahan pesona alam lembah yang satu ini. Dari taman yang berada di tengah kota Bukittinggi ini, kamu bisa menyaksikan keelokan lembah ini dari ketinggian.

Tempatnya yang berada di pusat kota, membuat taman ini memiliki jam buka tertentu. Taman Panorama dibuka pada pagi hari mulai pukul setengah 9 pagi. Sedangkan jam tutup taman ini sekitar jam setengah 6 sore.

Di Taman Panorama telah disediakan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai menikmati keindahan pesona alam lembah ini dan monyet – monyet lucu bermain.

Tak hanya itu, kamu juga bisa naik ke menara dengan tinggi 20 meter di area toko souvenir. Dari menara ini kamu bisa menyaksikan pemandangan alam lembah dengan sangat jelas.

5. Hamparan Sawah yang Menghijau

Salah satu spot menarik yang dimiliki kawasan objek wisata Ngarai Sianok ini adalah hijaunya persawahan di dasar lembah yang sayang untuk kamu lewatkan. Lokasi hamparan sawah ini terletak di Kelurahan Kayukubu, Guguk Panjang, Bukittinggi.

Area persawahan ini ditata rapi dan terlihat sangat asri sejauh mata memandang. Selain itu, deretan pagar ngarai yang menghampar menjadi latar belakang persawahan yang begitu memukau.

Hamparan sawah yang menghijau ini ditunjang dengan jalan setapak bermaterial semen cor. Jalan setapak yang terbuat dari semen cor ini dibentuk berkelok-kelok sehingga terlihat artistik. Pengunjung akan lebih mudah menyusuri persawahan di atas jalan setapak ini.

Kawasan sawah – sawah menghijau nan asri ini kini tengah populer untuk dijadikan spot foto. Banyak pengunjung yang datang untuk berburu foto untuk diabadikan ke dalam kameranya.

6. Janjang Koto Gadang

Ada satu spot menarik di lembah ini yang identik dengan Tembok Cina yaitu Janjang Koto Gadang. Tembok yang memiliki tinggi 1,5 meter dan lebar 2 meter ini dijuluki sebagai tembok raksasanya Indonesia.

Puncak tembok ini menawarkan keindahan Ngarai Sianok dengan angle berbeda. Pemandangan lembah di bawah jika dilihat dari ketinggian tembok sepanjang 1,5 kilometer ini tidak kalah mengagumkannya.

Untuk menikmati keindahan bentang alam lembah di puncak tembok, kamu hanya perlu menaiki sekitar 315 anak tangga.

7. Rumah Rumput

Di dalam kawasan objek wisata ini terdapat spot unik berupa rumah rumput. Rumah rumput yang letaknya tidak jauh dari pusat kota ini diapit oleh dua tebing menjulang. Untuk menuju lokasi, kamu bisa naik berbagai angkutan yang akan membawamu ke sana.

Rumah rumput ini terbilang unik karena atap rumputnya yang berbentuk segitiga menjulur hingga tanah. Bangunannya yang didominasi material bambu, terlihat sedap dipandang karena berpadu dengan rumput hijau di atapnya.

Rumah rumput ini sebenarnya adalah satu dari sekian penginapan dekat dengan kawasan wisata lembah yang satu ini. Namun karena keunikannya, rumah rumput ini semakin ramai didatangi oleh pengunjung.

Banyak pengunjung datang untuk mengabadikan foto berlatar belakang rumah unik ini. Berfoto dengan background rumah rumput ini bisa mempercantik feed Instagram-mu lho.

8. Jernihnya Batang Sianok

Di tengah lembah curam ini terdapat aliran sungai kecil dengan kelokannya yang begitu eksotis.
Keindahan lembah ini memang tak lepas dari perpaduan tebing curam dan kelokan sungai kecilnya yang dilingkupi hutan menghijau.

Sungai kecil yang mengalir indah ini dinamakan batang Sianok oleh masyarakat setempat. Air batang Sianok yang jernih ini mengalir sampai ke Samudera Hindia. Tak hanya jernih, air batang Sianok juga terasa menyegarkan.

Jernihnya air sungai yang segar terasa sempurna berpadu dengan suara gemericik airnya yang menenangkan jiwa. Tak hanya itu, batang Sianok pun dimanfaatkan sebagai tempat olahraga air yang seru dan menyenangkan.

Berolahraga sambil merasakan segarnya air sungai dengan latar belakang pemandangan elok, menyenangkan bukan?

9. Lembah Pendiam

Konon, Sianok adalah sebuah ngarai yang berada di dasar lembah. Nama sianok berasal dari dua kata yaitu si dan anok. Si berarti si sedangkan anok diartikan pendiam, sehingga jika digabung akan memiliki arti si pendiam.

Ngarai Sianok terkenal akan julukannya yang unik yaitu lembah pendiam. Bukan hanya karena asal usul namanya, tapi juga karena suasananya. Suasana lembah ini begitu damai dan menenangkan.

Jika ingin menenangkan diri dari keramaian kota, berkunjung ke lembah yang satu ini menjadi pilihan tepat. Kamu akan dimanjakan oleh pesona alamnya yang sejuk dan menenangkan, sehingga cocok untuk menghilangkan penat.

Tak hanya itu, udara sejuk di sekitar lembah yang satu ini juga akan mendinginkan kepalamu dari beban pikiran. Lembah ini pun bagus untuk kegiatan relaksasimu.

10. Goa Jepang

Di kawasan objek wisata ini juga terdapat spot untuk kamu yang menyukai hal-hal berbau sejarah. Spot yang kental akan sejarah penjajahan masa lalu ini bernama Goa Jepang.

Goa ini dulunya dijadikan tempat pertahanan tentara Jepang di Bukittinggi sekitar tahun 1942 sampai 1945. Untuk bisa masuk ke goa bersejarah ini, kamu harus melalui pintu Taman Panorama.

Goa Jepang berbentuk setengah lingkaran dengan tinggi rongga 2 meter. Goa dengan panjang 1,5 kilometer ini hanya bisa dijelajahi 750 meter saja demi keamanan pengunjung.

11. Olahraga

Lembah ini dikelilingi hutan dengan pepohonan yang menghampar. Hamparan pepohonan ini memproduksi udara bersih yang kaya akan oksigen. Udara bersihnya dan kontur lembah yang berliku cocok untuk melakukan aktivitas olahraga di pagi hari.

Tiap libur akhir pekan, tak sedikit penduduk kota Bukittinggi yang berolahraga di lembah indah ini. Penduduk kota perbukitan ini memiliki cara yang sehat dan penuh manfaat untuk menghabiskan liburan akhir pekan.

Sejumlah kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di lembah yang satu ini antara lain tracking, bersepeda, jogging, atau sekedar berjalan – jalan. Kamu juga bisa melakukan olahraga air di aliran sungai Sianok ini seperti kayak, kano, dan arung jeram.

Berolahraga di kawasan lembah ini tidak akan terasa melelahkan. Pemandangan indah lembah yang satu ini akan mengalihkan rasa lelahmu.

12. Skimboarding

Apakah kamu ingin melakukan aktivitas yang unik dan memacu adrenalin? Jangan risau, di Ngarai Siano terdapat satu aktivitas olahraga air yang baru dan tidak biasa. Tak hanya itu, olahraga yang bernama skimboarding ini paling diminati pengunjug lho.

Skimboarding merupakan perpaduan dari skateboard dan surfing. Olahraga air yang terbilang ekstrim ini hanya memerlukan papan seluncur.

Kamu bisa melakukan skimboarding dengan berdiri di papan seluncur. Setelah itu meluncur di genangan air sekitar sungai seperti cara orang yang melakukan surfing, menyenangkan bukan?

13. Tabiang Takaruang

Di dalam kawasan objek wisata ini terdapat satu dari sekian bagian lembah yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satu bagian lembah yang eksotis ini dinamakan Tabiang Takaruang.

Tabiang Takaruang memiliki arti tebing yang terkurung. Tebing ini pada dasarnya memang diapit atau dikurung oleh dinding ngarai. Spot unik ini terbentuk karena gempa di masa silam yang pernah melanda Provinsi Sumatera Barat.

Tabiang Takaruang menjadi spot yang paling diincar oleh para fotogarafer. Bentuk, posisi serta background-nya yang eksotis akan menghasilkan foto yang estetis.

Baca Selengkapnya: 7 Fakta Menarik Danau Singkarak dan Pesonanya yang Memikat

Penginapan Dekat Ngarai Sianok

Di dekat lembah yang satu ini terdapat beraneka ragam akomodasi nyaman lho. Kamu bisa memilih sejumlah akomodasi recommended berikut ini untuk menginap dan beristirahat.

1. Padi Ecolodge

Padi Ecolodge terbilang paling dekat dengan lembah ini. Dengan jarak 450 meter, kamu bisa berkendara selama 1 menit atau berjalan kaki saja.

Penginapan dengan bangunan rumah gadang khas Sumatera Barat ini berada di tengah hamparan pepohonan yang menghijau. Kamu bisa menikmati panorama lembah yang elok dari penginapan unik ini.

Penginapan ini juga dilengkapi cafe dan restoran yang akan membuatmu betah berlama – lama ngopi atau menyantap menu lezat yang disajikan.

2. Wisma Puri Kartika

Jika ingin merasakan suasana menginap ala penduduk setempat, kamu bisa memesan salah satu kamar di Wisma Puri Kartika. Penginapan murah dan sederhana ini berbentuk deretan rumah seperti pemukiman penduduk pada umumnya.

Lokasi penginapan ini tak jauh dari kawasan lembah yakni 1 kilometer dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2 menit. Alamat penginapan ini tepatnya di Jalan Panorama Nomor 16, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

3. Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Untuk kamu yang ingin menginap di pusat kota Bukittinggi, tak ada salahnya menyewa kamar di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Hotel ini terbilang dekat Ngarai Sianok karena hanya berjarak sekitar 1,3 kilometer.

Lokasi hotel ini terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 29 Bukittinggi. Letaknya yang strategis akan memudahkanmu mampir ke objek wisata menarik lainnya. Objek wisata lain yang dekat dengan hotel ini adalah Jam Gadang, Istana Bung Hatta, dan Plaza Bukittinggi.

4. Novotel Bukittinggi

Selain Grand Rocky Hotel Bukittinggi, terdapat hotel berbintang 4 lain yang juga dekat dengan Ngarai Sianok. Hotel yang dimaksud adalah Novotel Bukittinggi yang hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Novotel Bukittinggi juga berada di tengah kota sehingga dekat dengan objek wisata lain. Objek wisata lain yang dapat kamu datangi dengan mudah dari Novotel Bukittinggi antara lain Jam Gadang, Benteng Fort de Kock, Jembatan Limpapeh, Pasar Atas, dan Goa Jepang.

Baca Selengkapnya: 7 Fakta Menarik Danau Singkarak dan Pesonanya yang Memikat

Wisata Dekat Ngarai Sianok

Letaknya yang dekat dengan pusat kota Bukittinggi, membuat lembah ini juga dikelilingi objek wisata menarik lainnya. Jika kamu berkunjung ke lembah yang satu ini, tak ada salahnya mampir ke objek wisata recommended berikut ini.

1. Jam Gadang

Jam Gadang yang menjadi ikon Provinsi Sumatera Barat ini berlokasi dekat dengan Ngarai Sianok yakni berada di pusat kota Bukittinggi. Jarak antara Jam Gadang dan lembah yang satu ini hanya 2,1 kilometer.

Objek wisata ini merupakan sebuah menara besar yang memiliki 4 jam pada empat sisinya dengan atap khas Minangkabau.

Kamu bisa menikmati kemegahan Jam Gadang dari taman yang mengelilinginya. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dengan background menara ini.

2. Benteng Fort de Kock

 

Benteng Fort de Kock Bukittinggi

Salah satu objek wisata yang menjadi saksi bisu pendudukan Belanda di Bukittinggi adalah Benteng Fort de Kock. Objek wisata bersejarah ini terbilang dekat dengan Ngarai Sianok karena hanya berjarak 1,6 kilometer, sehingga hanya perlu berkendara selama 5 menit.

Benteng yang berlokasi di Bukit Jirek ini menjadi jejak sejarah perjuangan masyarakat Bukittinggi melawan penjajah. Benteng ini tak lepas dari kisah kaum Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol mengusir tentara Hindia Belanda.

3. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta Bukittinggi

Untuk kamu yang menyukai hal – hal berbau sejarah, tak ada salahnya mampir ke Istana Bung Hatta. Lokasi Istana Bung Hattta terbilang dekat dengan Ngarai Sianok dengan jarak 1,9 kilometer. Dari luar, bangunan ini ditandai dengan patung besar Bung Hatta berdiri gagah.

Istana Bung Hatta termasuk dalam bangunan heritage yang dulu pernah menjadi Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Bangunan bergaya kolonial ini menyajikan wisata edukasi tentang sejarah napak tilas Bapak Proklamator.

4. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Lokasi kebun binatang ini tak jauh dari Ngarai Sianok yakni hanya berjarak 2,2 kilometer. Kebun binatang yang satu ini memiliki koleksi hewan-hewan terlengkap di Pulau Sumatera.

Selain itu, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini menjadi salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia.

Tak hanya memiliki koleksi hewan, kebun binatang ini juga menyajikan sebuah museum berbentuk rumah adat Minangkabau. Museum ini disuguhkan sebagai wisata edukasi untuk mengenalkan budaya Minangkabau.

Baca Juga: Istana Pagaruyung, Megahnya Cagar Budaya Minangkabau

Tips Berkunjung

Melakukan rekreasi ke objek wisata alam terbuka tentunya perlu beberapa hal untuk menunjang kelancaran berwisata. Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk memperlancar aktivitas wisatamu.

1. Kenakan Pakaian Nyaman

Berwisata ke objek wisata alam tentunya membutuhkan kegiatan fisik yang banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Dengan memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman akan memudahkan kegiatanmu.

2. Siapkan Stamina Tubuh

Menelusuri lembah cantik yang terjal ini akan menguras tenagamu. Terlebih jika kamu ingin melihat keindahan lembah dari Janjang Koto Gadang. Jangan lupa untuk menyiapkan stamina tubuh agar kuat mendaki ratusan anak tangga serta membawa air minum sendiri.

3. Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dimana pun kamu berwisata. Kamu bisa turut menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, patuhi aturan yang berlaku di objek wisata tersebut.

Lihat Rekomendasi: 9 Fakta Tentang Bukit Siguntang Palembang: Situs Sejarah yang Mistis

Ngarai Sianok yang lokasinya dekat dengan kota Bukittinggi ini memiliki bentang alam menawan bak lukisan.

Proses terbentuknya yang dramatis menghasilkan sebuah objek wisata alam memukau. Tak heran jika keindahan panorama alam lembah yang satu ini tenar hingga luar negeri.

Apakah kamu ingin membuktikan keelokan lembah yang memiliki segudang daya tarik ini? Segera sisihkan waktumu untuk mengunjungi lembah cantik ini ya.

0

Ocarina Batam

Zuhrufi
5 min read

Omah Kayu

Zuhrufi
5 min read

Pantai Ancol

Zuhrufi
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *