Ocarina Batam

5 min read

Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam menjadi Theme Park kebanggaan masyarakat Batam. Pasalnya wisata ini disebut – sebut menjadi Ancol-nya Batam. Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009 silam.

Kata ocarina sendiri bisa diartikan sebagai alat musik kuno yang ditemukan pada budaya Afrika, Cina, dan Meksiko. Entah kenapa nama wisata ini diambil dari nama tersebut.

Luas wilayahnya sekitar 40 hektar. Banyak sekali wahana yang dibangun untuk memenuhi lahan yang tersedia. Berikut adalah beberapa informasi penting terkait Ocarina Theme Park termasuk 10 wahana menariknya.

Lokasi

Wisata yang dikenal Theme Park ini terletak di kota Batam. Lokasi tepatnya ada di Sadai, Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, 29444. Tempatnya berbatasan langsung dengan selat Singapura.

Lokasinya memang tidak terlalu strategis. Tetapi, wisata satu ini berdekatan dengan tempat umum yang sering dikunjungi seperti pelabuhan dan bandara. Pelabuhan yang dekat dengan wisata ini adalah pelabuhan Batam Center dan Bandaranya bernamana bandara Hang Nadim.

Jalan ke Ocarina Batam

Jalan ke tempat wisata ini bisa kamu lalui menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika kamu dari luar pulau Batam, maka harus melalui jalur udara atau jalur laut. Setelah itu, turun di bandara Hang Nadim atau pelabuhan Batam Center.

Setelah itu, kamu akan melalui jalur darat. Jika kamu memakai kendaraan pribadi tinggal mengikuti arahan google maps. Kamu yang memakai kendaraan umum bisa naik bus jurusan halte taman palapa, halte ikan daun, transfer point Batam center, atau halte citra indah.

Apabila kamu termasuk warga di pulau Batam tapi jauh menuju tempat wisata ini maka disarankan menaiki kereta api. Nantinya, kamu harus turun di stasiun terdekat dan menaiki bus halte harmoni one yang jaraknya sekitar 765 meter dari mega wisata ini.

Tiket Masuk

Biaya masuk theme park ini terbilang sangat murah apalagi dengan wahana yang tersedia di sana. Harga tiket masuk tahun 2020 adalah Rp 25.000 per orang. Kamu bisa membelinya langsung di loket tiket yang disediakan.

Harga tersebut naik Rp 10.000 dari harga sebelumnya. Apakah kamu mau memasuki Mega Wisata Ocarina dengan gratis? Kamu bisa mendapatkannya dengan datang sebelum pukul 7 pagi di hari minggu, nantinya kamu hanya perlu bayar biaya parkir.

Jam Buka

Layaknya wisata lain, tempat ini buka setiap hari dari senin sampai minggu. Bedanya hanya ada pada jam buka dan jam tutupnya saja. Sayangnya kamu sedang tidak bisa mengunjunginya sekarang ini karena ditutup sementara akibat wabah COVID19.

Ketika normal kembali kamu bisa mengunjunginya pukul 8 pagi hingga 10 malam untuk hari senin sampai jumat. Jika kamu datang hari sabtu, kamu bisa mengunjunginya dari pukul 8 pagi hingga 11 malam. Nah, jika minggu bisa didatangi dari 6 pagi hingga 10 malam.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan pihak Ocarina Batam cukup lengkap. Pertama masuk, kamu akan menggunakan fasilitas parkir yang luas juga aman. Kemudian kamu juga bisa menikmati fasilitas sepeda untuk berkeliling kawasannya.

Ketika lapar, kamu juga akan menemukan berbagai stand makanan yang tersebar di beberapa tempat. Fasilitas lainnya yang tak kalah pentingnya adalah beberapa toilet juga mushola untuk beribadah umat muslim.

Wahana / Spot Menarik Ocarina Batam

Tempat wisata ini sangat luas, berpuluh – puluh hektar. Untuk memanjakan pengunjung maka dibuatlah banyak wahana yang menarik. Berikut adalah beberapa wahana yang bisa kamu coba saat mengunjungi tempat ini.

1. Kolam Renang

Kolam Renang Ocarina Batam

Kolam renang menjadi wahana air di wisata ini. Untuk menikmati wahana ini kamu cukup menunjukkan tiket masukmu karena setiap orang memiliki hak untuk menikamati 2 wahana di sana tanpa membayar lagi. Jadi, harga tiket wahana tersebut gratis.

Kolam renangnya bisa dikatakan sangat luas. Terdapat juga fasilitas penunjang di kolam renang tersebut seperti seluncuran, air mancur, juga ember tumpah.

Wahana ini cocok untuk anak – anak maupun orang dewasa. Pastikan saat berkunjung membawa pakaian ganti ya.

Lihat Review: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

2. Kiddy Land

Kiddy Land adalah wahana yang menjadi surganya anak – anak. Lokasi yang diperlihatkan membuat hati ceria karena terdiri dari berbagai warna cerah.

Angka – angka juga menjadi dekorasi dan tersebar di beberapa tempat. Pemakaian angka sebagai dekorasi juga untuk mengedukasi bagi anak – anak yang berkunjung.

Jika kamu sudah menikmati lebih dari 2 wahana lain maka kamu harus bayar sebesar Rp 5.000. Selain anak – anak yang berkunjung biasanya ada orang tuanya yang menemani.

3. Kolam Bangau

Wahana satu ini sering disisipi kata “seribu” sebelum kata bangau menjadi Kolam Seribu Bangau. Sesuai namanya wahana ini dipenuhi oleh patung berbentuk burung bangau.

Tempat ini bisa menjadi spot foto dan pastinya tidak membosankan karena gaya setiap patung berbeda. Ukurannyapun berbeda dan ada yang tingginya mencapai 5 meter.

Agara tidak membosankan, dibuatlah patung bonsai untuk menemani patung burung bangau tersebut. Wahana ini cocok banget buat cewek – cewek yang suka selfie.

4. Giant Wheel

Bahasa Indonesia Giant Wheel adalah komedi putar. Wahana ini menjadi wahana favorit bagi pasangan – pasangan muda.

Kamu bisa menikmati pemandangan indah selama menaikinya. Konon, barang komedi putar ini dibuat dari Cina, terdiri dari 16 gondola dengan tinggi 25 meter.

Pemandangan yang bisa kamu lihat di antaranya adalah pemandangan pantai dan kehidupan kota Batam. Sayangnya, kamu tidak bisa berlama – lama menikmatinya karena wahana ini memakai durasi hanya beberapa menit saja.

5. Flying Fox

Flying Fox adalah salah satu wahana yang memerlukan keberanian. Jika kamu merasa berani dan penasaran kamu bisa mencobanya.

Harganya Rp 15.000 untuk satu kali naik. Pihak wisata juga menawarkan paket Rp 25.000 untuk bisa menaiki beberapa wahana seperti flying fox, tarzan swing, dan Burma bridge. Itu untuk versi anak – anak.

Untuk versi orang dewasa Rp 25.000 bisa menaiki flying fox, zig – zag line, dan chicken walks. Kamu tidak perlu khawatir soal keamanan saat menaiki flying fox karena keamanannya sudah terjamin.

6. Patung Shio Tionghoa

Wisata yang dekat pantai ini juga menyuguhkan beberapa patung menarik. Pihaknya memamerkan seni patung dari beberapa Shio Tionghoa.

Contoh Shio yang ada adalah berbentuk ular, naga, tikus, kelinci, monyet, anjing dan lainnya. Untuk melihatnya tidak terlalu jauh. Ketika kamu memasuki area taman ini, maka langsung disambut beberapa patung.

Pada patung tersebut tertera informasi berupa arti dari masing – masing Shio. Informasi yang tertera menggunakan bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Mandarin.

7. 3D Movie Theater

Kamu juga bisa menonton 3D Movie Theater. Nantinya, kamu dan beberapa orang lainnya duduk untuk menikmati pertunjukkan. Wahana ini biasanya menjadi favorit anak – anak.

Tontonan yang diberikan selalu berganti baik per minggu maupun per bulannya. Ketika pengunjung wisata ini ramai – ramainya maka kamu perlu mengantre untuk bisa menonton 3D Movie Theater.

Tapi, jangan takut tidak kebagian karena per satu harinya dibuka beberapa sesi nonton tiap jamnya.

8. Trampolin

Trampolin yang disediakan berbentuk bulat dengan jumlah yang banyak. Untuk menikmatinya, kamu perlu membayar Rp 20.000 untuk setiap 20 menit.

Kamu tidak perlu khawatir saat menaiki wahana ini karena saat menaikinya kamu akan dipasangkan pengaman. Walau begitu, akan ada batas berat badan bagi calon pengguna karena takutnya pengaman tersebut tidak kuat.

Selain bersenang – senang, wahana trampolin juga dipakai sebagai media olahraga pembakar lemak.

9. 360 Madness

360 Madness menjadi wahana paling menakutkan di wisata ini. Tak hanya keberanian, orang yang menaikinya juga harus dalam keadaan sehat. Selain itu usianya harus di atas 15 tahun dan tingginya di atas 150 cm.

Total kursinya 16 berbentuk seperti kursi ayunan raksasa yang melingkar. Setelah naik, orang yang menaikinya akan diputar – putar 360o.

Durasi penggunaannya cukup lama, sekitar 2 hingga 3 menit. Hal yang paling umum terjadi adalah teriakan – teriakan dari orang – orang yang sedang menikmati sensasi seramnya.

Baca Selengkapnya: 7 Fakta Menarik Danau Singkarak dan Pesonanya yang Memikat

10. Aerorail

Aerorail menjadi wahana penguji adrenalin lainnya. Wahana ini merupakan bersepeda di atas lintasan setingi 3 meter dengan panjangnya 162 meter.

Ini dijalankan secara manual, maksudnya adalah kamu harus mengayuh sepedamu agar bisa melewati lintasan tersebut. Satu sepeda biasa dinaiki satu hingga dua orang saja.

Total sepeda yang dioperasikan saat ini berjumlah 10. Durasi permainannya selama 20 menit atau sebanyak 2x putaran saja.

Wisata Dekat Ocarina Batam

Akan disayangkan jika kamu berlibur ke Batam hanya untuk mengunjungi satu tempat wisata. Batam memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan Ocarina Batam ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata didekatnya yang bisa kamu kunjungi.

1. Maha Vihara Duta Maitreya Monaestery

Tak jauh dari Ocarina Batam, terdapat salah satu wisata religi yang terkenal berupa Vihara. Vihara ini terletak di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Bukit Beruntung, Sungai Panas, Kecamatan Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29432.

Didalamnya terdapat beberapa candi. Orang – orang berkunjung untuk berlibur atau ada juga untuk bermeditasi. Ketika kamu mengunjunginya pada tanggal 1 dan 15 kalender lunar maka bisa menikmati bazar makanan yang diadakan.

2. Batam Waterpark

Waterpark ini terletak di Bengkong Laut, Bengkong, Batam City, Kepulauan Riau, 29444. Kamu bisa mengunjunginya dari hari Rabu hingga hari Senin pukul 9 pagi sampai 6 sore. Pihaknya tutup di hari Selasa.

Pengunjung yang datang kebanyakan warga Indonesia dan Singapura. Selain kolam renang, kamu juga bisa menikmati fasilitas spot foto di outdoor. Informasi seputar harga bisa menghubungi 081929922999 di whatsapp.

Baca Rekomendasi: Ngarai Sianok, Keindahan Panorama Lembah di Bukittinggi

3. The Ilussion

Dekat mega wisata Ocarina, kamu bisa berkunjung ke salah satu museum seni modern yaitu The Illusion. Lokasi tempatnya ada di Golden City Blok K no. 4-5-6 Batam, Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444.

Museum The Illusion buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Biaya masuk untuk anak – anak seharga Rp 40.000 dan untuk dewasa Rp 80.000. Koleksinya yang keren bisa menjadi spot foto kamu beserta kawan – kwanmu.

4. Belalang Adventure

Belalang Adventure merupakan taman yang biasa dijadikan tempat wisata outbond. Alamatnya di Golden City, Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

Tempat ini cocok untuk liburan keluarga. Permainan yang bisa dilakukan ada menembak, memanah, ATVs, flying fox, permainan peperangan paint ball. Untuk harga tiketnya bervariasi antara anak – anak dan orang dewasa.

Tips Berkunjung Ocarina Batam

Ketika berwisata ke Ocarina Batam ini, kamu harus memerhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa tips dariku untuk kamu perhatikan.

1. Sedia Kuota Internet

Selama berwisata kamu akan sangat memerlukan internet. Ini akan kamu gunakan untuk menelusuri google maps dan mengunggah foto – foto mu di sosial media. Kuota internet juga digunakan untuk mengirim chat ke teman – temanmu siapa tahu nantinya tersesat saat berlibur.

2. Membawa Pakaian Tambahan

Mega wisata ini ada wisata airnya. Jika kamu ingin menikmati wahana air tersebut maka harus sedia baju ganti karena bajumu akan basah nantinya. Tidak mungkin kan kamu pulang memakai baju basah?

Baca Juga: 5 Daya Tarik Istana Maimun (Megah dan Penuh Misteri)

Itulah beberapa penjelasan mengenai Ocarina Batam. Wahana yang ada sangat menarik apalagi ditunjang dengan biaya masuk yang tergolong murah. Mega wisata ini semakin populer karena spot foto yang disediakan begitu banyak.

0

Omah Kayu

Zuhrufi
5 min read

Pantai Ancol

Zuhrufi
6 min read

Pantai Papuma

Zuhrufi
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *