Omah Kayu

5 min read

Omah Kayu Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi incaran wisatawan dari berbagai kalangan untuk berlibur. Sebab, kota ini menyediakan banyak tempat wisata yang cocok untuk dinikmati semua kalangan. Salah satunya, Omah Kayu Malang.

Menginap di atas pohon tentunya akan memberikan sensasi yang tidak terlupakan bagi siapapun. Pemandangan hijaunya lereng Gunung Banyak pun akan menyegarkan pasang mata wisatawan.

Pengalaman menginap di Omah Kayu pun akan semakin berkesan bagi para pecinta fotografi. Pemandangan di sini terlalu indah jika tidak diabadikan dengan kamera, lho!

Omah Kayu Malang

Menginap di atas pohon memang terdengar menyenangkan bagi siapapun yang ingin mencari suasana baru. Dari atas, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan mata.

Omah Kayu merupakan penginapan yang dibangun di atas beberapa pohon pinus di kawasan hutan pinus. Seperti namanya, penginapan ini menggunakan kayu sebagai bahan struktur utamanya.

Buat kalian yang takut ketinggian, jangan khawatir ya. Rumah-rumah pohon ini dibangun dengan menggunakan kayu yang memiliki kualitas terbaik dan juga kokoh seperti kasuarina, eukaliptus, serta pinus sehingga tidak mudah roboh.

Nah, pas banget kan, buat cari suasana baru? Mau coba nginep di atas pohon? Yuk, cek dulu!

Lokasi Omah Kayu

Alamat Omah Kayu berlokasi di Gunung Banyak, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Jawa Timur. Kawasan wisata ini hanya berjarak 15 km dari Kota Malang.

Tempat wisata ini juga sangat dekat dengan Paralayang Batu. Nah, sembari menginap kalian juga bisa mencoba olahraga paralayang yang ekstrim itu lho!

Jalan ke Omah Kayu

Untuk mencapai Omah Kayu, ada dua rute yang dapat dilalui. Ini tergantung dari titik awal memulai perjalanan.

Rute pertama adalah dari Malang menuju ke Gedung Balaikota Batu. Dari sini, ketemu pertigaan Songgoriti dan Payung, ambil jalur kiri untuk kendaraan roda empat dan kanan untuk roda dua.

Kemudian, untuk jalur kanan, ikuti terus jalan utamanya hingga 50 meter sebelum arah pertigaan dari Pujon – Payung. Ambil lurus ke arah Pujon. Setelah itu belok kiri menuju Coban Rondo atau Payung.

Nah, untuk jalur kiri, bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju ke arah Coban Rondo dari pertigaan tadi.

Rute kedua adalah dari Kediri atau Ngantang langsung menuju ke Kota Batu menuju Pasar Pujon. Dari pertigaan Songgoriti dan Payung ambil arah Pujon untuk sampai di Omah Kayu Malang. Selanjutnya, ikuti saja petunjuk jalan menuju ke Omah Kayu.

Sepanjang perjalanan, jalanan yang akan dilalui akan sempit dan berlubang. Nah, pastikan kalian bawa kendaraan dengan kondisi yang prima, ya!

Tiket Masuk Omah Kayu

Tiket masuk yang harus dibayarkan per orang pun berbeda-beda, tergantung hari kunjungan. Untuk weekdays, htm yang harus dibayarkan adalah Rp. 10.000 per orang dan untuk weekend mencapai Rp. 15.000 per orang.

Nah, tapi itu belum termasuk biaya parkir ya. Untuk biaya parkir, kalian perlu membayar Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Omah Kayu

Bagi yang tidak ingin menginap, Omah Kayu juga terbuka untuk umum lho!

Eits, tapi dibatasi jam kunjungan ya. Bagi kalian yang hanya ingin berkunjung hanya diperbolehkan dari pukul 09.00 hingga 17.00. Setelah itu, kawasan akan ditutup.

Fasilitas Omah Kayu

Sebagai sebuah penginapan, Omah Kayu menyediakan 6 unit bangunan rumah pohon utama yang bisa disewa untuk menginap. Rumah pohon berdimensi 3x2x2 m ini dapat menampung 2-3 orang untuk yang mini dan untuk tipe family dapat menampung maksimal 6 orang.

Selain tempat tidur, bantal, dan selimut, pihak penginapan juga menyediakan alat makan dan kamar mandi di luar kamar. Harga sewa kabin pun berbeda-beda, tergantung waktu kunjungan.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di sekitar kawasan wisata juga disediakan tempat parkir yang luas untuk memarkirkan kendaraan.

Selain itu, di kawasan juga terdapat kursi-kursi kayu dan hammock untuk bersantai dan juga kedai dan café yang menjual berbagai masakan khas Jawa. Bagi wisatawan yang ingin menginap juga dapat membuat pesta barbeque dan api unggun karena tempatnya tersedia.

Lihat Review: Pantai Papuma Jember, Pesona Eksotis Bahari di Ujung Jawa Timur

Daya Tarik Omah Kayu

Omah Kayu memiliki beberapa spot yang menjadi daya tarik, di antaranya:

1. Kabin Penginapan

Nah, selain untuk menginap, di balkon kabin rumah pohon ini kalian juga bisa bersantai sambil foto-foto lho! Pemandangan di depan yang begitu asri pun akan menggoda jemari kalian untuk menjepret tombol kamera.

Dari balkon, kalian juga bisa melihat wisatawan yang sedang melakukan olahraga paralayang dan juga pemandangan Kota Batu dari ketinggian, lho!

Meski begitu, tetap ada peraturan terkait naik ke balkon. Wisatawan tidak akan diizinkan naik apabila ada yang menginap di kabin tersebut. Selain itu, daya tampung satu rumah pohon biasanya hanya 3-6 orang.

2. Rumah Bentuk Segitiga

Selain kabin penginapan, di kawasan Omah Kayu juga terdapat rumah berbentuk segitiga. Rumah ini terletak di daerah timur kawasan wisata.

Beberapa keunikan yang dimiliki rumah ini antara lain, letak pintunya yang ada di tengah dan juga tidak ada di kawasan wisata lain.

Wah, kalo mau foto di sini, harus bersabar ya! Apalagi kalo lagi ramai.

3. “Not Just a Tree House.”

Omah Kayu “Not Just a Tree House.”

Omah Kayu memiliki tagline “Not just a tree house” yang artinya bukan hanya sekadar rumah kayu. Omah Kayu memiliki banyak keunggulan. Selain bisa menginap, di sini kalian juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil berfoto-foto.

Omah Kayu dikenal sangat fotogenik di kalangan wisatawan. Tak heran apabila Omah Kayu juga dapat dijadikan spot foto, baik foto santai maupun prewedding.

Selain itu, karena letaknya dekat dengan spot olahraga paralayang, kalian juga bisa mencoba olahraga paralayang, lho!

4. Olahraga Paralayang

Omah Kayu juga letaknya dekat dengan spot olahraga paralayang. Paralayang merupakan cabang olahraga yang bersifat memicu adrenalin. Pelaku olahraga akan terjun bebas dengan parasut dari atas gunung.

Buat kalian yang suka mencoba tantangan baru dan mencoba kegiatan yang memicu adrenalin, boleh nih dicoba!

Nah, kalo kalian gak mau coba olahraga paralayang, kalian bisa duduk-duduk di salah satu balkon kamar penginapan yang ada di Omah Kayu sambil melihat wisatawan yang melakukan olahraga paralayang.

5. Wahana Permainan

Di kawasan Omah Kayu juga ada wahana permainan yang patut untuk dicoba, yaitu giant hammock.

Ini merupakan sebuah jaring berbentuk laba-laba yang menggantung di beberapa pohon pinus dan bisa digunakan untuk bersantai bagi kalian yang sedang berwisata ke sana.

Kalo kalian ke sini bareng sama keluarga atau teman, boleh nih dicoba! Sayang kalo dilewatkan.

Baca Rekomendasi: Pantai Mutiara Trenggalek, Rute & Tiket Masuk

Wisata Dekat Omah Kayu

Buat kalian yang datang jauh-jauh dari luar kota dan gak pengen perjalanan ini jadi sia-sia, di sekitar Omah Kayu juga masih ada banyak tempat wisata lain, lho! Nah, ini beberapa di antaranya:

1. Paralayang Batu

Buat kalian yang sekalian pengen nyobain olahraga ekstrim, Paralayang Batu adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di tempat ini, kalian bisa mencoba olahraga paralayang, yaitu terjun dari atas bukit dengan menggunakan parasut.

2. Taman Langit

Terletak 5 km dari Kota Batu, Taman Langit dapat dijangkau dengan kendaraan motor maupun mobil. Taman Langit memiliki daya tarik, yaitu patung-patung artistik yang terbuat dari akar dan ranting kayu yang dapat menjadi obyek fotografi.

Setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, namun itu belum termasuk biaya parkir kendaraan.

3. Taman Kelinci

Taman Kelinci yang berlokasi di Pujon ini memiliki banyak daya tarik wisata seperti rumah hobbit, taman bunga, dan juga kita bisa berinteraksi dengan kelinci-kelinci di sana.

Untuk tiket masuk, kalian hanya perlu membayar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 serta biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

4. Gunung Banyak

Buat kalian yang ingin jalan-jalan di sekitar Gunung Banyak, tersedia juga lho café dan kedai makanan yang menjual makanan-makanan enak untuk mengisi perut dan memanjakan lidah!

Baca Selengkapnya: Pantai Tiga Warna, Keelokan Alam yang Tersembunyi di Malang

Tips Berkunjung

Nah, jadi setelah membaca tentang daya tarik Omah Kayu, kalian tertarik kan untuk pergi ke sana? Eits, jangan buru-buru ya! Baca dulu nih, tips untuk berkunjung di bawah ini:

1. Gunakan Kendaraan Dengan Kondisi Prima

Karena letaknya di atas gunung, medan dari jalanan menuju ke sana tentunya akan sangat berliku. Maka dari itu, kalian perlu memastikan kondisi kendaraan kalian cukup baik ya!

2. Gunakan Pakaian Hangat

Suhu di atas gunung pastinya lebih dingin daripada di kota, terlebih saat pagi dan malam hari. Jadi, pastikan kalian gunakan pakaian yang nyaman agar tidak menyengsarakan badan kalian ya!

3. Bawa Kamera

Jangan lupa bawa kamera. Di kawasan ini, banyak spot untuk berfoto yang sangat bagus. Panorama alamnya pun tidak akan mengecewakan. Nah, ini akan sangat disayangkan kalo dilewatkan, lho!

4. Ikuti Peraturan yang Ada

Terkait dengan daya tampung setiap rumah pohon dan larangan untuk mengunjungi kabin yang sedang disewa, tolong diikuti ya. Ini berguna untuk menjaga ketertiban.

Nah, itu dia 5 Pesona Omah Kayu, salah satu penginapan fotogenik yang patut kalian datangi!

Omah Kayu Malang merupakan sebuah penginapan yang sangat fotogenik di Kota Malang. Beberapa kamar rumah pohon ini akan membuat pengalaman menginap di Omah Kayu Malang sangat berkesan bagi siapapun.

Untuk mencapai Omah Kayu, ada dua rute yang bisa dilewati, yaitu Rute Malang dan Rute Kediri atau Ngantang. Ini tergantung dari mana kalian datang, ya.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Tuban yang Keren, Terhits, Terbaru, dan Instagramable.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, segera rencanakan wisata kalian ke Omah Kayu Malang! Jangan lupa untuk selalu mengikuti peraturan yang ada, ya!

0

Pantai Ancol

Zuhrufi
6 min read

Pantai Papuma

Zuhrufi
6 min read

Pantai Suwuk

Zuhrufi
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *