Orchid Forest Lembang
https://www.instagram.com/travelstribe/

Orchid Forest Lembang

Posted on

Bosan dengan wisata alam yang gitu-gitu aja? Mau ke gunung tapi kalian mager nggak mau capek? Nih, aku kasih solusi. Hadir di atas ketinggian 1.500 mdpl, Orchid Forest Lembang siap menyejukkan hawa-hawa gabut liburan kalian.

Konsep menggabungkan hutan pinus dengan penangkaran bunga anggrek tentu bakalan siap membuat kalian terpesona. Bayangkan, kalian bakalan nemuin 157 jenis anggrek di lahan seluas 12 hektare. Menariknya, bibit anggrek ini berasal dari berbagai negara.

Setiap tahun, di tempat ini rutin digelar acara dengan tagline “Festival Musik Hutan Internasional” bertajuk Lalala Fest Orchid Forest.

Makin penasaran dengan destinasi wisata yang satu ini?

Lokasi

Orchid Forest Lembang berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Kalian bisa ketik di Google Maps Orchid Forest Lembang, pasti langsung ketemu. Jarak dari kota Bandung kira-kira 20 Km.

Rute

Dengan naik kendaraan pribadi, kalian bakalan lebih mudah menjangkau tempat ini. Terlebih, fasilitas jalan sudah sangat sangat baik, sehingga kalian bisa lebih cepat sampai di wisata ini.

Jika kalian datang dari kota Bandung, arahkan aja kendaraan kalian menuju Gunung Tangkuban Perahu. Kira-kira 8 km sebelum Gunung Tangkuban Perahu, kalian lihat aja di pinggir jalan hingga menemukan pintu gerbang Orchid Forest Lembang Cikole.

Jauh lebih mudah jika kalian buka Google Maps untuk mengarahkan perjalanan kalian. Sehingga kalian tak perlu lagi tengok-tengok pinggir jalan saat berkendara.

Harga Tiket

Tiket masuk masuk ke Orchid Forest Lembang ini bisa dibilang cukup murah. Kalian hanya perlu membayar mulai dari Rp 35.000. Beda lagi kalau kalian wisatawan Asing, harganya jadi Rp 100.000. kalian juga harus membayar biaya parkir yaitu senilai Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk Mobil.

Sedangkan Bus dikenakan biaya Rp 30.000.

Ada juga paket prewedding, kalian cukup membayar Rp 1.500.000. Selain itu, informasi bagi kalian yang membawa serta kamera DSLR dikenakan biaya tambahan Rp 30.000 per orangnya.

Untuk lebih jelasnya, kalian juga bisa hubungi kontak person 0812 2000 3438 untuk reservasi dan (022) 27612816 untuk Office-nya.

Jam Buka

Kalian tak perlu khawatir, Orchid Forest Lembang Bandung ini buka setiap hari.

LAGI HITS
Curug Tilu Leuwi Opat

Waktu operasional Mulai pukul 09.00 hingga 18.00 untuk hari biasa. Untuk akhir pekan dan hari libur, biasanya lebih buka lebih pagi yaitu pukul 08.00 hingga 19.00.

Fasilitas

Fasilitasnya wisata ini sudah sangat memadai. Selain fasilitas wajib wisata berupa mushola, toilet, dan tempat parkir, kalian dapat mendapatkan fasilitas lainnya.

Seperti mobil golf, jika kalian mager berjalan kaki, kalia bisa pakai mobil mini ini untuk berkeliling hutan anggrek yang cukup luas. Menariknya, kaliang nggak dikenakan tarif lo…

Kalian ingin bersantai sambil menikmati minuman panas atau makan makanan hangat di hawa pegunungan yang dingin? Tenang, ada cafe di wisata ini.

Oh iya, kalian juga bisa lo, menginap di wisata ini, caranya mudah. Kalian tinggal sewa aja fasilitas ground yang tersedia di teman anggrek ini.

Aktivitas Seru Di Orchid Forest Lembang

Selain menawarkan pemandangan yang indah, udara yang bersih dan segar, tentu kalian bakalan mendapat banyak pengalaman wisata di destinasi ini. Penasaran dengan apa aja yang bisa kalian lakukan di sini? Cekidot!

1. Outbond Seru, Melatih Ketangkasan Kalian

Outbond Seru, Melatih Ketangkasan Kalian
https://www.instagram.com/znonkthea/

Wisata ini cocok untuk dijadikan tujuan liburan keluarga. Salah satu aktivitas yang bisa kalian lakukan adalah Outbound Gathering.

Kalian bisa bermain High Rope, Flying Fox, jembatan tali, dan lain-lain. Dijamin bakalan seru. Plusnya, kalian nggak perlu takut kepanasan, sebab tempatnya teduh dikelilingi pohon-pohon pinus.

Tak perlu khawatir biayanya, kalian hanya dipatok harga Rp 15.000 aja.

Dengan harga segitu, kalian sudah bisa menikmati banyak games seru yang menantang, melatih ketangkasan, keberanian, dan tentunya sehat untuk fisik kalian.

Jaminan keamanan nya juga sudah lengkap. Kalian bakalan dipandu dengan petugas outbound yang sudah profesional dan berpengalaman. Fasilitas outbondnya juga sudah standar keselamatan dan nyaman di pakai.

2. Aktivitas Fisik Asyik dan Menyehatkan Lainnya

Aktivitas Fisik Asyik dan Menyehatkan Lainnya di bandung

Kalin suka kegiatan fisik pertempuran, di sini ada Air Soft Gun Activity. Bersama kawan-kawan, kalian bisa berkompetisi dan seru-seruan di sini. Alatnya sudah lengkap tersedia, kalian hanya perlu menyewanya.

Selain itu, yang ingin melatih fokus, kalian bisa coba Panahan. Olahraga yang satu ini mungkin bakalan sangat cocok kalian coba. Tempat yang sejuk dan suasana hutan, pasti bakalan membuat kalian seperti ahli panahan beneran.

Ingin lebih eksplorasi lagi, kalian bisa coba Downhill Track dengan jalur hutan pinus yang pasti asyik untuk dicoba.
Kalian juga bisa coba Papan Turun Tebing. Khusus kalian yang suka panjat tebing dan tak takut ketinggian.

3. Orchid Castel, Khusus Anak-anak

Orchid Castel, Khusus Anak-anak

Orchid Castle sebuah playground yang menyediakan fasilitas permainan untuk anak-anak mulai dari seluncuran, panjatan, flying fox mini, panjatan, terowongan, hingga sepeda mini.

Suasana alami nan sejuk, membuat tempat ini sangat cocok untuk tumbuh kembang anak ketika weekend atau liburan. Jadi, bagi kalian yang sayang anak, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke wisata ini.

4. Camping Ala ‘Glampacking’

Camping Ala ‘Glampacking’

Ingin menikmati serunya bermalam di wisata ini?

Kalian bisa sewa camping Ground. Biaya yang harus kalian keluarkan adalah Rp 450.000 untuk empat orang dan Rp 950.000 untuk 9 orang per malamnya. Terjangkau bukan?

Mantapnya, dengan biaya segitu, kalian sudah dapat tenda biru berisi tiga buah kasur berukuran 1,8 x 7 meter disertai empat bantal dan empat sleeping bag berjejer rapi.

LAGI HITS
Waterbom Bali

Tenda yang kalian sewa akan di tata berbaris mengitari api unggun dan pohon pinus. Camping ala nomad traveler yang luas dan nyaman untuk “glampacking” bersama kawan-kawan atau keluarga kalian.

Penasaran apa sih Glampacking?

Glampacking itu singkatan “glamour backpacking” bisa kalian artikan gaya glamour anak muda ketika jalan-jalan berwisata.

5. Berkeliling Naik Kuda Tunggang

berwisata dengan Berkeliling Naik Kuda Tunggang

Kalian penasaran gimana sih rasanya naik kuda? Di wisata ini ada penyewaan kuda tunggang. Kalian bisa menikmati indahnya alam hutan pinus sambil menaiki kuda. Bayangkan, nggak hanya seru, pasti bakalan keren bukan?

Merasa takut? Jangan khawatir, disini kalian bakalan dipandu oleh petugas sehingga dijamin deh keamanannya.

Pengalaman seru pasti kalian dapatkan.

6. Toko Bunga Anggrek dan Layanan Konsultasi

Toko Bunga Anggrek dan Layanan Konsultasi

Dikesankan sebagai tempat taman anggrek terbesar di Indonesia, tentu kalian bisa membeli bunga anggrek disini.
Tapi kalian harus tahu juga, harga bunga anggrek itu agak sedikit mahal di sini. Jadi kalian harus siap-siap merogoh kocek agak dalam untuk bisa memiliki keindahannya.

Namun, jangan khawatir, meski agak berat di harga kalian akan dapat bimbingan dan konsultasi tentang bunga anggrek.

Kalian bisa berdiskusi sepuas kalian dan tanya-tanya cara menanam, merawat, dan membudidayakan bunga anggrek dengan baik. Konsultannya juga komunikatif kok, jadi kalian bakalan benar-benar diarahkan dengan baik sampai paham.

Bahkan kalian bisa tanya lebih detail tentang permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan seperti seharusnya.

7. Ambil Foto di Sky Bridge yang Instagramable

Ambil Foto di Sky Bridge yang Instagramable di jawa barat
https://www.instagram.com/bandungexplore/

Selain aktivitas fisik, kalian bisa menikmati wahana yang paling populer di Orchid Forest Lembang ini. Wahana ini bernama Sky Bridge.

Untuk menikmati wahana Sky Bridge sambil menikmati panorama indah hutan pinus yang dihiasi bunga anggrek di bawahnya, kalian hanya dipatok biaya tambahan sebesar Rp 20.000.

Ragam pose yang instagramable bisa kalian lakukan di tempat ini. Jauh lebih keren, kalau kalian di sini ketika malam tiba.

Wow, lampu-lampu di pinggiran Sky Bridge ini bakalan menerangi penyebrangan kalian. Sangat cocok untuk kalian jadikan spot foto. Dijamin hasilnya keren, terlebih yang mengambil foto sudah profesional.

Suasana akan begitu romantis, ketika lampu di sekitar Sky Bridge yang membentang 50 meter ini, tiba-tiba menyala di malam hari. Canggihnya, hal itu dikarenakan sudah ada sensor cahayanya.

8. Abadikan Momen Berharga Kalian di Berbagai Spot Populer

Abadikan Momen Berharga Kalian di Berbagai Spot Populer yang berada di bandung
https://www.instagram.com/travelstribe/

Tempatnya yang masih alami, membuat Orchid Forest Lembang ini memiliki banyak spot foto yang pasti bakalan memanjakan mata kalian.

Ditambah ada panggung terbuka, rumah pohan, dan rumah kelinci di sini. Tempat-tempat itu, bisa kalian gunakan untuk mengabadikan momen spesial liburan bersama orang tersayang.

Selain Sky Bridge, kalian bisa ambil spot foto yang populer di sini, seperti: Orchid House, mini Golf, Orchid Castle, kuda tunggang, Jembatan gantung, Jembatan Kayu, Spot sangkar burung, Spot terowongan segi lima, dan Garden Light.

Kalau kalian tetap belum puas dengan berbagai spot itu. Tenang, ingat wisata ini berada di hutan pinus, jadi kalian nggak bakalan kehabisan background untuk berfoto atau berselfie ria. Siap-siap space memory camera aja ya…

9. LaLaLa Festival

bandung punya LaLaLa Festival
https://www.instagram.com/jakubwocial/

Bagi kalian yang suka musik tapi bosen lihat konser musik di tempat tertutup, mall, atau tempat mainstream lainnya?

LAGI HITS
Jalan Braga Bandung

Di wisata ini, setiap tahun ada konser musik dengan tagline “Festival Musik Internasional Hutan Terbesar” dengan tajuk LaLaLa Festival.Terakhir diadakan pada tanggal 23 Februari 2019 kemarin.

Dijamin kalian bakalan puas menyaksikan konser musik dengan sensasi live performance di alam terbuka.

10. Taman Kelinci

Taman Kelinci
https://www.instagram.com/ratna_cherishouse/

Kalian yang tinggal di kota, ingin memelihara kelinci tapi nggak bisa? Jangan khawatir. Di sini ada Taman Kelinci. Tak hanya melihat, kalian juga bisa memegang kelinci yang lucu, cantik dan bersih disini.

Maka dari itu, pantas dikatakan kalau wisata ini sangat family friendly. Anak-anak bisa mengeksplorasi soft skillnya, berinteraksi dengan hewan, tanaman, dan alam.

11. Penangkaran Rusa

wisata Penangkaran Rusa di bandung

Ternyata tidak hanya di taman nasional atau kebun binatang aja kalian bisa lihat rusa secara langsung. Di Orchid Forest Lembang ini, kalian bisa menikmati pemandangan rusa sedang melakukan aktivitasnya.

Spot ini juga menambah nilai plus bagi kalian yang dekat dengan dunia hewan atau ingin mengenalkan binatang yang satu ini kepada anak atau adik kalian.

12. Menikmati Ragam Kuliner

Menikmati Ragam Kuliner

Merasa lelah dengan aktivitas-aktivitas seru yang menyita tenaga? Kalian tentu butuh makanan untuk memenuhi asupan energi kalian. Si wisata ini sudah ada Food Court yang menyediakan beragam makanan kuliner.

Jadi juga jangan khawatir ketika tidak pas pada satu makanan, tentu masih ada kuliner lain yang cocok di lidah kalian. Masalah harga, pastinya tak bakalan bikin kalian keget dah. Bisa dibilang terjangkau.

Wisata Dekat Orchid Forest Lembang

Setelah puas mencoba berbagai wahana dan aktivitas seru di Orchid Forest Lembang, kalian bisa mengunjungi berbagai wisata di dekat daerah ini. Ada apa aja sih? Tentu juga nggak kalah seru kok. Simak terus ya…

1. Gunung Tangkuban Perahu

harga tiket Gunung Tangkuban Perahu
https://www.instagram.com/lutfihasibulawal/

Dengan cerita populernya tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gunung ini seakan-akan jadi tempat yang harus kalian kunjungi saat berlibur di Bandung. Lebih lagi, lokasinya mudah dijangkau dan cukup unik kawasannya.

Tempatnya di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang.Jarak dari Orchid Forest Lembang kira-kira 6 sampai 10 km tergantung jalan yang kalian ambil.

Kawah utama disini namanya kawah ratu, bisa dikatakan luas sekali. Kalian bakalan puas menikmati pemandangan sekitarnya langsung dari bibir kawah.

2. Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole
https://www.instagram.com/tansuhadi/

Awalnya sih, wisata ini hanya sebuah penginapan. Namun setelah melihat antusiasme pengunjung berdatangan ke tempat ini sangat tinggi, terlebih juga karena pesona alamnya, maka dibukalah beberapa paket tambahan untuk wisata.

Tersedia mulai dari fasilitas camping, sampai fasilitas outbond, flying fox, lintasan ATV, wisata petik stroberi, dan yang paling seru arena Paintball. Wisata ini hanya berjarak 2 km dari Orchid Forest Lembang.

Tepatnya di jalan Raya Tangkuban Perahu km 8. Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

3. Bandung Treetop Adventure Park

tiket masuk Bandung Treetop Adventure Park
https://www.instagram.com/christinaindahemita/

Bandung Treetop Adventure Park adalah salah satu cabang wisata treetop yang ada di beberapa negara, wisata ini didirikan pada tahun 2010.

Dengan kepopulerannya, wisata ini menghadirkan berbagai wahana permainan yang menantang nyali. Kalian bakalan diajak menjelajahi hutan pinus Lembang dengan melayang flying fox dari ketinggian mencapai 20 meter dengan panjang 160 meter.

LAGI HITS
Pantai Sadranan

Biaya masuk untuk anak-anak adalah Rp 140.000 sedang untuk dewasa Rp 200.000.
Alamatnya di Jalan Tangkuban Perahu, Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

4. Wisata Offroad Adventure

Wisata Offroad Adventure yang menantang

Di kawasan ini, kalian bisa merasakan offroad melalui jalur sepanjang 18 Kilometer dengan kondisi medan terjal, curam dan sempit yang menuju ke kawasan Bunker Belanda, Gunung Putri Lembang.

Sensasi goncangan di dalam Land Rover (Landy) selama 2 sampai 3 jam akan terasa lebih asyik dengan panorama keindahan alam berupa pepohonan rindang dan pegunungan.

Kalian bisa mencari paket-paket Offroad di daerah Cikole melalui berbagai website tour dan wisata adventure.

5. De Ranch Lembang

berkuda di De Ranch Lembang
https://www.instagram.com/shirleymomoko/

Wisata dengan konsep keluarga di Bandung ini mengusung tema Western/Cowboy. Kalian bisa bermain dna menunggang kuda di sini, selain itu juga bisa berfoto dengan kostum koboi, dan bisa mengelilingi area dengan kuda.

Pada Awalnya, tempat ini adalah peternakan kuda biasa. Namun melihat potensi yang dikandungnya, akhirnya dikembangkan menjadi tempat wisata keluarga dengan usungan konsep koboi yang begitu kental.

Alamat lengkap De Ranch ada di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 dengan harga tiket masuk Rp 15.000.

Hotel Dekat Orchid Forest Lembang

Beragam wisata yang ada di daerah Lembang Bandung ini, tentu bakalan menyita perhatian kalian untuk menghabiskannya. Kalau kalian ingin menghabiskan malam di daerah ini di penginapan yang nyaman, tenang, aku bakalan rekomendasikan penginapan kepada kalian.

1. Pondok Cahya Panorama

Pondok Cahya Panorama
https://www.instagram.com/pondok.cahya.panorama/

Alamatnya di Jalan Panorama 1 No 35A, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Tarif menginap sangat terjangkau mulai dari Rp 150.000. Jarak dari Orchid Forest Lembang kira-kira 9 Km.fasilitas yang akan kalian dapatkan adalah ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, hingga Wi-Fi.

Selain dekat dengan Orchid Forest Cikole, hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, Masjid Agung Lembang, dan Pasar Apung Lembang.

2. Seruni Guest House

lokasi Seruni Guest House
https://www.instagram.com/septiani_ekaningrum/

Alamatnya di Jalan Raya Maribaya No. 12 Lembang, Bandung, Jawa Barat. Kira-kira 50 Meter Sebelum De Ranch, atau kira-kira 9 km dari Orchid Forest Lembang.

Tarif menginap di Seruni Guest House mulai dari Rp 151.000 dengan banyak fasilitas mulai dari tempat tidur yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, AC, hingga Wi-Fi.

Tempatnya strategis, dekat dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, Masjid Agung Lembang, dan Pasar Apung Lembang.

3. Airy Eco Lembang Raya

Airy Eco Lembang Raya
https://www.instagram.com/distanatasya/

Alamatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu No. 168, Cibogo, Lembang, Bandung. Tarif yang kalian keluarkan untuk menginap di Airy Eco Lembang Raya ini mulai dari Rp 167.000.fasilitas yang akan kalian dapatkan banyak mulai dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, AC, hingga Wi-Fi.

Lokasi penginapan ini juga termasuk strategis, dekat dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, Taman Begonia, dan Taman Lembah Dewata.

4. Lingga Guest House Lembang

fasilitas Lingga Guest House Lembang

Alamatnya di Jalan Jayagiri No. 50 Lembang, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Jika kalian hendak menginap di sini, biayanya mulai dari Rp 170.000.fasilitas yang bakalan kalian dapatkan bisa dibilang memadai, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, hingga Wi-Fi.

LAGI HITS
Museum Geologi Bandung

hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, dan Masjid Agung Lembang.

5. Nur Alam Hotel Lembang

Nur Alam Hotel Lembang

Alamatnya di Jalan Tangkuban Perahu No.67A, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Kalau hendak menginap di penginapan ini, kalian hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 198 ribuan.Fasilitas yang akan kalian dapatkan terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, restoran, AC, kolam renang, hingga Wi-Fi.

Hotel ini juga cukup dekat dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, dan Masjid Agung Lembang, dan Pasar Apung Lembang.

Tips Berkunjung Ke Orchid Forest Lembang

Agar liburan kalian lebih lancar tanpa kendala suatu apapun, mungkin tips-tips di bawah ini perlu kalian perhatikan.

1. Siapkan Stamina

Liburan dalam keadaan nggak fit, tentu bakalan tidak menyenangkan. Maka dari itu, kalian harus menjaga stamina dan kesehatan tubuh kalian.

Istirahat yang cukup sebelum berangkat dan tentunya simpan energi kalian ketika perjalanan. Banyak aktivitas yang bakalan kalian lakukan di wisata ini, jadi pastikan tubuh kalian sehat dan bugar.

2. Bawa Lotion Anti Nyamuk

Sudah barang pasti, jika di hutan itu ada nyamuk. Tak beda juga di wisata ini. Kalian perlu membawa lotion anti nyamuk agar tubuh kalian tidak digigit nyamuk saat berada di lokasi.

Nggak asyik bukan, kalau foto sembari dikerubungi nyamuk. Selain itu, ini juga demi kesehatan kalian. Jangan sampai, pulang-pulang kalian bawa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

3. Bawa Jaket Tebal

Ini penting diperhatikan, Orchid Forest Lembang adalah wilayah 1.500 di atas permukaan laut. Jadi tak heran kalau hawanya dingin. Maka dari itu, kalian perlu jaket atau selimut untuk menghangatkan tubuh kalian selama berada di lokasi.

Terlebih bagi kalian yang ingin camping atau bermalam di sekitar daerah itu. Jaket atau pakaian penghangat lainnya adalah hal yang utama. Jangan sampai kalian lupakan.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Sudah sepatutnya, jika kalian harus mengenakan pakaian yang nyaman ketika berwisata. Jangan sampai, kalian nggak nyaman berlibur hanya gara-gara salah kostum. Jadi, kalian harus siapkan pakaian jauh-jauh hari.

Bagi kalian yang niat untuk menginap atau camping, pastikan juga membawa pakaian seperlunya. Usahakan jangan membawa pakaian yang nggak penting. Ini juga demi kenyamanan wisata kalian.

5. Siapkan Hp, Powerbank, dan Space Memory

Di zaman ini, semua memang sudah serba portable. Ketika liburan, kalian tentu bawa hp bukan? Selain untuk chat kalian pasti menggunakannya untuk mengabadikan berbagai momen ketika wisata.

Jadi saranku, pastikan baterai hp kalian full, power bank kalian full, dan space memory kalian banyak. Sehingga ketika liburan kalian nggak kebingungan cari sesuatu yang menghabiskan waktu bersenang-senang kalian.

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa kalian lakukan di wisata yang satu ini. Selain bisa merasakan sejuknya pegunungan dan hutan pinus, kalian bisa camping di sini. Dengan biaya yang terjangkau, tentu liburan kalian bakalan lebih berkesan.

Orchid Forest Lembang, wisata alam yang bakalan membuat kalian terpesona. Sangat cocok untuk tempat liburan dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.