Pantai Ancol

6 min read

Pantai Ancol jakarta

Saat mendengar kata Jakarta, mungkin akan terlintas kesan daerah yang ramai, padat, modern dan dipenuhi oleh para perantau. Tapi hal itu nggak membuat Jakarta lepas dari image daerah wisata lo. Pasalnya di bagian utara Ibu kota ini ada Pantai Ancol yang patut jadi wisata pilihan.

Sebagai satu-satunya wisata pantai yang ada di Jakarta, Ancol menawarkan area rekreasi alam berpadu dengan berbagai wahana modern yang menarik. Di sini kamu bisa menikmati keindahan 7 area pantai yang berbeda dengan keunikannya masing-masing.

Ada spot untuk menikmati sunset, bermain pasir putih, hingga menyaksikan berbagai event dan karnaval yang diadakan di sini. Lokasinya yang ada di kota besar membuat fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan nyaman guys.

Pengen coba liburan ke Ancol juga? Kalau gitu simak dulu review penulis berikut ini tentang info sejarah, lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga wahana-wahana menarik yang ada di pantai ini. Daripada penasaran, stay tune terus ya!

Sejarah Pantai Ancol

Sejarah dibangunnya pantai ini dimulai dari inisiatif pemerintah DKI Jakarta untuk membangun sebuah kawasan wisata dan rekreasi bagi masyarakat Jakarta.

Pasalnya, daerah Jakarta begitu padat dengan segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, sehingga sarana rekreasi dan hiburan sangat dibutuhkan. Hingga akhirnya pada tahun 1954 kawasan wisata ini mulai dibangun dan selesai di tahun 1968.

Tapi, kawasan wisata Ancol ini sudah resmi dibuka pada tahun 1966. Sampai saat ini, berbagai wahana baru yang menarik terus dibangun dan ditambahkan. Jadi, nggak heran wisatawan yang berkunjung pun semakin ramai.

Lokasi Pantai Ancol

Karena terletak di Provinsi Jakarta bagian ujung utara, kamu nggak akan kesulitan untuk menemukan kawasan wisata pantai ini guys. Lebih tepatnya lagi, pantai ini beralamat di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Jalan Menuju Pantai Ancol

Selain lokasinya nggak sulit untuk ditemukan, akses untuk menuju lokasi juga cukup mudah. Bahkan kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum lo. Karena fasilitas transportasi umum juga sudah ada yang mencapai Ancol.

Berikut beberapa rute yang bisa kamu tempuh untuk mencapai lokasi pantai:

1. Jika dari luar Jakarta, naiklah kereta api dan turun di stasiun Jatinegara. Lalu naiklah KRL atau ikut kereta ke dipo tujuan Jakarta Kota. Teruskan perjalanan menggunakan Bus Trans Jakarta, angkot, atau ojek online sampai ke kawasan Ancol.
2. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ambillah jalur menuju arah Kota Tua Jakarta lalu ikuti papan penunjuk jalan untuk mencapai Ancol.
3. Jika dari arah Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Ciamis dan sekitarnya, masuklah ke jalan tol jalur Jakarta-Cikampek arah Bekasi Timur. Keluarlah dari tol Kemayoran/Ancol, ikuti jalan dan belok kiri sampai masuk Jalan Lodan Raya.
4. Jika dari arah Banten, Tangerang, Palembang, Padang, dan lainnya, masuklah ke jalan tol jalur Jakarta-Tangerang. Keluarlah di tol Pluit/Mangga Dua dan masuklah langsung ke Jalan Lodan Raya sampai tiba di Ancol.

Dari sekian banyak sarana transportasi ke Ancol, penulis paling merekomendasikan kendaraan umum. Karena kalau mengendarai kendaraan pribadi, kamu harus bersabar dengan jalanan yang macet.

Kalaupun terpaksa mengendarai kendaraan pribadi, penulis sarankan untuk berangkat pagi-pagi ya.

Tiket Masuk Pantai Ancol

Dibanding area wisata lain di Ancol, harga tiket masuk ke pantai ini tergolong cukup terjangkau lo. Selain itu, HTM ini tetap sama baik hari biasa (weekdays) atau akhir pekan (weekend). Berikut rincian biaya masuk ke pantai ini tahun 2020:

1. Harga tiket masuk : Rp 25.000,- per orang
2. Biaya parkir mobil : Rp 25.000,-
3. Biaya parkir sepeda motor : Rp 15.000,-
4. Segaraga : Rp 15.000,-

Jam Buka Pantai Ancol

Kabar baiknya lagi, pantai ini nggak punya jam operasional tertentu lo guys. Dengan kata lain, kamu bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai Senin sampai Minggu selama 24 jam penuh.

Bahkan, nggak sedikit lo yang justru sengaja datang berlibur ke pantai ini untuk menikmati suasana pantai di malam hari. Jadi, kamu bisa berlibur di pantai ini lebih lama tanpa perlu memikirkan jam buka dan tutupnya.

Fasilitas di Pantai Ancol

Beruntungnya, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan super lengkap saat mengunjungi pantai ini, karena lokasinya dekat dari pusat kota. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah:

1. Area parkir
2. Kamar mandi dan toilet
3. Musholla
4. Restoran dan food court
5. Hotel, penginapan, homestay dan resort
6. Toko souvenir
7. Wahana permainan
8. Spot sunrise dan sunset

Ada Apa Aja di Pantai Ancol

Jangan keburu mengira pantai ini sama saja dengan yang lainnya ya guys. Pasalnya, pesisir yang membentang sepanjang 6,5 km ini punya keunikannya sendiri. Yaitu pembagian pantai menjadi 7 area dengan daya tariknya masing-masing.

1. Pantai Karnaval Ancol

Pantai Karnaval Ancol

Dari namanya mungkin kamu bisa menebak kalau pantai ini sering dijadikan lokasi menggelar even dan karnaval. Tapi nggak cuma sembarang karnaval ya guys, pasalnya even-even yang diadakan di sini berskala nasional bahkan hingga internasional.

Seperti halnya even malam tahun baru yang berpusat di pantai ini. Selain itu, Pantai Ancol juga pernah mendapatkan penghargaan MURI karena menyelenggarakan lomba panjat pinang yang terbesar di Indonesia lo.

Biasanya, kawasan pantai berkapasitas 6.000 orang ini akan dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin menyaksikan even. Berbagai café eksotis dan kekinian juga bisa kamu singgahi untuk menyantap aneka kuliner sambil bersantai menikmati pesona pantai layaknya di Bali.

2. Pantai Festival Ancol

Berbeda dari sebelumnya, area Pantai Festival Ancol menawarkan pemandangan pantai dengan frame gedung-gedung pencakar langit yang menjulang dengan megahnya.

Saat matahari terbenam, gedung-gedung itu akan memberikan gambaran siluet yang unik. Cocok banget deh buat berburu foto-foto keren.

Lihat Juga: 7 Daya Tarik Kebun Binatang Ragunan

3. Pantai Indah Ancol

Kalau ingin bermain-main di tepi pesisir, Pantai Indah Ancol ini patut kamu kunjungi. Pasalnya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih nan halus layaknya permadani. Area ini cocok untuk sekedar bermain-main pasir atau berjemur cantik ala bule.

Hembusan angin sepoi-sepoi dan birunya air laut juga semakin membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

4. Pantai Ria Ancol

Kalau kamu bawa anak-anak kecil, ajak saja ke area Pantai Ria Ancol. Pantai ini memang sengaja didesain ramah untuk anak-anak. Hal ini terlihat dari banyaknya wahana permainan anak yang disediakan.

Ada spot kapal perang, perosotan, stasiun kereta api mini yang bernama Trans Bende dan lainnya. Nggak heran spot-spot ini sangat digemari anak-anak. Karena sambil bermain, mereka tetap bisa menikmati keindahan pantai dan hembusan angin yang lembut.

Selain itu, anak-anak juga bisa berkeliling naik kereta api mini dari Stasiun Pantai Ria ke Bende, lalu kembali lagi, dengan membayar karcis sebesar 10.000 rupiah saja.

5. Pantai Lagoon Ancol

Pantai ini jadi salah satu area terfavorit buat para pengunjung yang hobi berburu foto. Selain menawarkan pemandangan pesisir berhias pasir putih, pantai ini juga menggelar pertunjukkan atraksi ski air yang keren dan paling ditunggu-tunggu lo.

Tapi, jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat berada di pantai ini ya. Pasalnya, ada kemunculan ubur-ubur di sekitar pantai yang sempat menghebohkan. Kemunculan ubur-ubur tersebut lalu dijadikan bahan penelitian.

6. Pantai Bende

Kalau ingin menikmati suasana yang romantis bersama pasangan, Pantai Bende ini patut kamu kunjungi guys. Pasalnya, pantai ini punya Jembatan Cinta yang merupakan spot menyaksikan sunset paling sempurna.

Jadi, nggak heran banyak pengunjung yang datang ke kawasan ini pada sore hari menjelang senja untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Jangan lupa abadikan momen ini juga ya guys!

Simak Review: Waterbom PIK Jakarta (Puas Main Air!)

7. Pantai Marina Ancol

Pantai Marina Ancol juga termasuk area yang paling diminati para pengunjung, karena dari sini kamu bisa langsung melanjutkan wisata ke Kepulauan Seribu yang cantik. Pantai ini memang sekaligus jadi dermaga tempat kapal-kapal bersandar dan akses utama menuju Kepulauan Seribu.

Kamu bisa memilih dari beberapa paket wisata menuju Kepulauan Seribu yang tersedia. Meskipun tarifnya lebih mahal daripada naik kapal pelabuhan Muara Angke, tapi sepadan kok dengan fasilitas serta pemandangan laut yang akan kamu dapatkan.

Wisata Dekat Pantai Ancol

Habis puas bermain-main di pantai, jangan langsung beranjak dulu guys. Ada banyak tempat wisata menarik lainnya di sekitar Ancol yang patut kamu kunjungi juga. Beberapa wisata dekat pantai di Ancol ini adalah:

1. Kepulauan Seribu

Selain terkenal sebagai wisata pesisir, Pantai Ancol juga merupakan dermaga utama untuk mencapai Kepulauan Seribu lo. Apalagi, kepulauan ini cuma berjarak sekitar 110 mil aja dari bibir pantai.

Kamu bisa mengunjungi Kepulauan Seribu dengan menyewa kapal yang nangkring di dermaga pinggir pantai. Kepulauan nan cantik ini nggak boleh terlewat untuk dikunjungi deh.

2. Seaworld Ancol

Sebagai wahana akuarium bawah air pertama di Indonesia, Seaworld Ancol ini cocok banget untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Aneka satwa dan biota laut yang langka bisa kamu lihat jelas dari sini seperti ikan hiu, bintang laut dan lain sebagainya.

Selain mengasyikkan, Seaworld ini juga sangat mengedukasi anak-anak tentang pengetahuan dunia bawah laut yang indah. Jadi, jangan heran kalau hari libur sekolah tiba, akuarium ini akan dipenuhi oleh anak-anak.

3. Atlantis Water Adventure

Ingin merasakan sensasi menjelajahi Atlantis, kota yang hilang ditelan laut? Coba aja berenang di wahana Atlantis Water Adventure. Kolam yang sengaja dikonsep seperti Atlantis ini memang sangat unik dan asyik untuk berenang dan bermain air.

Ada kolam berarus ombak layaknya pantai atau kolam renang biasa. Bahkan jumlah kolam renangnya mencapai 9 jenis lo. Berbagai wahana permainan air yang tersedia juga menambah keseruan dan tantangan tersendiri guys.

Kunjungi Juga: 25 Tempat Wisata di Jakarta favorit buat liburan

Hotel Dekat Pantai Ancol

Rasanya nggak cukup menjelajahi Ancol selama 1 hari saja, apalagi ada banyak destinasi wisata lain di dekat pantai. Tapi jangan khawatir, untuk mendapatkan pengalaman ke Ancol yang memuaskan, kamu bisa menginap di hotel-hotel dekat pantai lo. Beberapa diantaranya adalah:

1. Hotel Mercure Convention Center

Hotel ini bisa kamu tempuh cuma dengan berjalan kaki selama 5 menit dari pantai guys. Karena berlokasi di dalam Taman Impian Jaya Ancol, hotel ini juga dekat dari wahana-wahana lain seperti Dufan dan Atlantis Water Adventure.

Bahkan Mercure Convention Center ini diklaim sebagai satu-satunya hotel di pinggir pantai Jakarta yang punya jaringan Internasional lo. Jadi, kelengkapan dan kenyamanan fasilitasnya pun nggak perlu diragukan lagi. Tarif per malam hotel ini dimulai dari 800.000 rupiah.

2. Putri Duyung Ancol Cottage

Kalau mau menginap di tempat yang eksotis dan romantis, Putri Duyung Ancol Cottage ini bisa jadi pilihanmu guys. Putri Duyung termasuk hotel pinggir pantai yang menyuguhkan pemandangan pesisir nan indah.

Selain itu, cottage ini juga akan memanjakanmu dengan 7 hektar kebun tropis yang subur dan rimbun.

Berbagai tipe cottage yang tersedia juga nyaman dan punya nama unik, seperti Paus Cottage, Duyung Cottage, Cucut Cottage, Hiu Cottage, Bawal Cottage, Penyu Cottage dan lainnya. Untuk menginap di sini, kamu harus menyiapkan budget mulai 1,8 juta rupiah per malamnya.

3. Discovery Hotel & Convention Center

Discovery Hotel & Convention Center yang beralamat di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara ini juga menawarkan kenyamanan beristirahat dengan fasilitas kelas internasional. Desain interior dan perabotannya bernuansa modern dan elegan.

Selain itu, pemandangan pesisir pantai juga bisa terlihat sempurna dari sini. Kamu bisa memilih dari berbagai tipe kamar yang tersedia mulai dari Superior Room, Deluxe Room, hingga Family Room. Dengan tarif per malam mulai 900.000 rupiah, kamu sudah bisa bermalam di hotel ini.

Tips Wisata ke Pantai Ancol

Supaya perjalanan liburanmu jadi lebih seru dan menyenangkan, kamu harus merencanakannya secara matang. Untuk itu, penulis akan memberikan beberapa tips berwisata ke pantai ini:

1. Kalau nggak mau berdesakan dengan wisatawan lain, datanglah di hari biasa yaitu antara Senin sampai Jumat. Karena saat akhir pekan atau hari liburan, pantai ini akan ramai dipadati oleh pengunjung.
2. Kalau mengendarai kendaraan pribadi, berangkatlah sejak pagi supaya terhindar dari kemacetan.
3. Kalau berkunjung di siang hari, pakailah kacamata, topi dan sunblock untuk menghindari terbakarnya kulit akibat panas matahari.
4. Penuhi baterai kamera dan HP serta bawalah power bank.
5. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua.
6. Siapkan baju ganti dan alat mandi kalau ingin bermain air.
7. Bawalah uang cash kalau ingin jajan atau membeli oleh-oleh.
8. Jagalah kebersihan dan kelestarian pantai dengan membuang sampah pada tempatnya dan menaati peraturan yang ada.

Baca Juga: 9 Wahana Seru di Ecopark Ancol (Bermain Sambil Belajar)

Itulah sekilas review penulis tentang sejarah, lokasi, rute, harga tiket masuk hingga berbagai spot menarik yang ada di pesisir Jakarta Utara ini. Selain bisa menikmati keindahan 7 spot pantai yang ada, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas lengkap.

Untuk memaksimalkan pengalaman ke Ancol, jangan lupa mampir ke wisata lain yang ada di dekat pantai ya. Tunggu apalagi, yuk ajak keluarga dan sahabat-sahabatmu ke Pantai Ancol!

0

Pantai Papuma

Zuhrufi
6 min read

Pantai Suwuk

Zuhrufi
5 min read

Pulau Maratua

Zuhrufi
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *