Pantai Balekambang
https://www.instagram.com/like_surabaya/

Pantai Balekambang

Posted on

Kota Malang merupakan Kota terbesar ketiga yang berada di pulau Jawa. Salah satu julukan yang dimiliki Kota Malang adalah Kota Wisata. Banyak wisata keren di kota ini, salah satunya adalah Pantai Balekambang.

Wisata ini menjadi salah satu pantai legendaris di Kota Malang. Sampai saat ini pantai Balekambang menjadi Ikonik nama Malang. Jadi setiap ada yang menyebutkan kata Malang pasti akan mengetahui nama pantai ini..

Pantai Balekambang juga memiliki keistimewaan yang berbeda dari pantai lainnya.Secara topografi dan wujudnya, pantai ini seringkali disebut sebagai ‘Tanah Lotnya Jawa Timur.

Lokasi Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang terletak di sebelah selatan Kota Malang. Secara administratif Pantai ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang.

Kamu harus menempuh jarak kurang lebih 67 kilometer dari pusat Kota Malang supaya bisa sampai ke sini. Dengan jarak tersebut, waktu tempuhnya kira – kira 1,5 – 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Meskipun lumayan jauh, rasa lelah yang kamu rasakan selama perjalanan akan tergantikan dengan keindahan panorama pantai. Apalagi berbagai aktivitas dapat kamu lakukan di sana bersama pasangan, keluarga maupun para sahabat.

Jalan Menuju Pantai Balekambang

Akses menuju Pantai Balekambang ini terbilang mudah. Tergantung dari jenis transportasi yang digunakan, baik itu umum maupun pribadi. Akan lebih mudah lagi bila mengikuti rute yang diberikan melalui aplikasi Maps.

LAGI HITS
Pantai Ngliyep

Jika kamu menggunakan mobil pribadi, Jalan saja ke arah Gadang dan Kendalpayak dari Malang. Ikuti jalan hingga menuju Desa Gondanglegi, melewati Pagelaran, Bantur dan Srigonco. Setelah Srigonco, melanjutkan perjalanan hingga sampai ke.

Sedangkan jika kamu yang menggunakan transportasi umum, rute dapat diambil menuju Terminal Arjosari di Malang. Lalu naiklah angkutan kota jurusan ke Terminal Gadang. Setelah itu, ganti angkutan lagi menuju Bantur.

Turunlah di Kecamatan Gondanglegi maupun Pagelaran. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan ojek yang banyak tersedia di sekitar, karena belum ada transportasi umum jurusan Pantai Balekambang secara langsung.

Tiket Masuk pantai balekambang

Untuk dapat menikmati suasana pantai yang cantik dengan hawa segar, wisatawan hanya dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per orang tergantung pada hari libur atau hari besar.

Sedangkan untuk parkir, dikenai biaya Rp 5.000,- untuk roda dua, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Biaya ini tentu sangat terjangkau dan bisa dibilang murah meriah untuk sebuah objek wisata di Malang yang menawarkan segala potensi keindahan.

Fasilitas Di Pantai Balekambang

Jika kamu ingin berkunjung lebih lama ke pantai ini kamu tidak perlu khawatir, karena telah tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap, untuk menunjang kebutuhanmu.

Bagi kamu yang ingin berlama-lama di pantai dan ingin menginap, disekitar pantai ini tersedia hotel dan penginapan dengan tarif mulai dari Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- per malam.

Ada juga fasilitas umum lain seperti tempat sholat, tempat parkir, rumah makan, toilet, yang tentunya bersih dan nyaman.

Dan bila ingin membeli kenang-kenangan atau souvenir, kamu bisa berbelanja di kios-kios cinderamata yang ada di sekitar pantai dengan harga yang relatif terjangkau.

LAGI HITS
Pantai Indrayanti

Daya Tarik Di Pantai Balekambang

Berikut ini adalah hal-hal menarik yang wajib kamu tahu tentang antai Balaikambang:

1. Menyaksikan Upacara Keagamaan

Menyaksikan Upacara Keagamaan

Salah satu daya tarik dan keunikan wisata ini adalah adanya sebuah pura dan makam ulama di sekitaran pantai.

Pada waktu-waktu tertentu kamu bisa menyaksikan upacara keagamaan umat Hindu serta orang-orang Islam yang datang menziarahi makam ulama yang ada di pantai ini.

Sekedar informasi, makam yang ada di pantai ini konon merupakan makam ulama yang berasal dari Yogyakarta bernama Syaikh Abdul Jalil.

Baca Selengkapnya: House of Sampoerna Museum Rokok Gratis di Kota Pahlawan

2. Flying Fox

Flying Fox

Di Pantai Balekambang juga ada wahana permainan berupa Flying Fox. Menikmati keindahan pantai dengan meluncur dari ketinggian.

Wahana ini sangat tepat, jika kamu suka dan ingin menguji adrenaline sambil menikmati hamparan keindahan pantai, maka Kamu bisa naik flying fox dengan membayar karcis beberapa puluh ribu saja.

Namun wahana flying fox ini hanya beroperasi pada hari libur. Jadi kalau berniat untuk mencoba wahana ini, maka datanglah di hari Minggu atau hari-hari libur Nasional

3. Camping

Camping

Salah satu kegiatan yang juga cukup menarik untuk dilakukan di Pantai Balekambang adalah camping. Kamu bisa mendirikan tenda di area yang agak jauh dari bibir pantai, kemudian menikmati indahnya suasana pantai sehari penuh.

Atau kalau ingin menikmati indahnya malam dengan biaya yang murah meriah, maka pilihannya adalah camping.

Selain itu kamu juga tidak akan telat untuk menikmati indahnya sunrise di pantai, jika memutuskan untuk ber-camping.

4. Sunrise dan Sunset

Sunrise dan Sunset
https://www.instagram.com/evakristianipandiangan/

Keindahan panorama menakjubkan bisa kamu nikmati dari Pantai ini. Saat pagi hari, Kamu bisa melihat indahnya detik-detik kemunculan matahari di ufuk timur.

LAGI HITS
Situ Patenggang

Lalu pada sore hari, detik-detik kembalinya sang mentari ke peraduannya juga sangat menakjubkan untuk dinikmati.

Sangat cocok bagi kamu para traveler senja yang mencari panorama sunrise dan sunset diatas birunya laut dan hamparan pasir, yang menambah panorama eksotis pada hasil foto.

5. Hunting Foto

Hunting Foto meanarik
https://www.instagram.com/muhammad_rizk13/

Hampir bisa dipastikan bahwa saat ini berwisata sangat lekat dengan aktivitas hunting foto. Aktivitas hunting foto juga bisa kamu lakukan.

Panorama yang sangat indah ditambah lagi dengan beberapa spot foto yang cantik yang disajikan Pantai Balekambang. Wajib banget untuk kamu coba.

Di sana Kamu bisa berfoto dengan background air laut yang kebiruan, ataupun naik ke pulau Ismoyo di mana Kamu bisa berfoto dengan background bangunan pura yang ada di pulau tersebut.

Baca Juga: 5 Pesona Gili Labak (Belum Banyak Terjamah Wisatawan)

Misteri Pantai Balekambang

Mitos yang pertama adalah tentang kandasnya hubungan asmara bagi pasangan yang belum terikat secara halal atau belum menikah. Kabarnya, hubungan sepasang kekasih akan segera berakhir setelah mengunjungi Pantai Balekambang.

Mitos ini belum diketahui kebenarannya, tapi memang seperti itulah kepercayaan masyarakat sekitar.

Mitos kedua adalah air laut Pantai Balekambang bisa membuat wajah awet muda. Mungkin mitos ini sedikit aneh di telinga. Namun percaya tak percaya, tak jarang wisatawan yang sampai mandi hingga berenang di tepian pantai demi membuktikannya.

Tips Berkunjung Di Pantai Balekambang

Bila hendak pergi berwisata, ada baiknya wisatawan membaca beberapa tips berikut ini terlebih dahulu sebagai persiapan liburan di pantai:

  1. Datanglah pagi-pagi untuk dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang cantik, udara yang masih segar, dan menghindari panas terik di siang hari.
  2. Bawalah penutup kepala seperti payung atau topi untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari. Dan bawalah sunblock jika suatu waktu dibutuhkan.
  3. Hindari berenang di laut karena pada musim tertentu, ombak di pantai ini tinggi dan anginnya kencang sehingga sangat berbahaya untuk berenang.
  4. Isi penuh baterai kamera dan gadget Anda untuk berfoto karena banyak spot-spot cantik di sekitar pantai untuk diambil gambarnya.
LAGI HITS
Eco Green Park

Objek Wisata Dekat Pantai Balekambang

Agar liburanmu berwarna, Selain wisata Pantai Balekambang, kamu juga bisa mengunjungi wisata di sekitarnya, seperti:

1. Pantai Sumur Pitu

Pantai Sumur Pitu
https://www.instagram.com/amazingmalang/

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Balekambang. Pantai ini hanya berjarak 650 m dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki 2 menit.

2. Pantai Regent

daya tarik Pantai Regent
https://www.instagram.com/destinasimalangraya/

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Balekambang. Pantai ini hanya berjarak 550 m dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki 2 menit.

3. Pantai Dali Putih

Pantai Dali Putih
https://www.instagram.com/explore_wisata_malang/

Pantai ini bersebelahan juga dengan Pantai Balekambang. Namun kamu harus melalui jalan memutar. Pantai ini berjarak 6,9 km dan dapat ditempuh dengan mobil 26 menit.

Lihat Review: Wisata Bahari Lamongan Liburan Favorit Keluarga 2022

4. Pantai Rowo Gebang

keseruan Pantai Rowo Gebang
https://www.instagram.com/malangchannel/

Pantai ini memiliki jarang geografis yang dekat dengan Pantai Balekambang. Namun kamu harus melalui jalan memutar. Pantai ini berjarak 59 km dan dapat ditempuh dengan mobil 2 jam 30 menit.

5. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng
https://www.instagram.com/rahayu.wibowo/

Pantai ini cukup dekat dengan Pantai Balekambang. Namun kamu harus melalui jalan memutar. Pantai ini berjarak 6,9 km dan dapat ditempuh dengan mobil 26 menit.

Baca Rekomendasi: Taman Nasional Baluran, Pesona Alam Eksotis ala Afrika

Keindahan panorama yang disajikan, tak mengherankan jika Pantai Balekambang menjadi salah satu Ikon Kota Malang. Bagi kamu para traveler wajib banget untuk mengunjungi wisata yang satu ini.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung? Segera masukan Pantai Balekambang ke dalam agenda berliburmu ya. Ajak keluarga besar maupun rekan-rekan agar dapat rekreasi bersama. Dijamin tak akan menyesal, justru Anda betah berlama-lama di pantai ini.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.