Pantai Drini

4 min read

pantai drini gunung kidul jogja

Jogja memiliki banyak keistimewaan. Jogja menjadi salah satu tujuan wisata. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan, mulai dari sejarah, wisata alam dan kuliner.

Aku akan mengulas tentang wisata alam di jogja, yaitu pantai. Pantai banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Jika berkunjung ke pantai, kalian harus ke arah selatan Jogja yaitu Kabupaten Gunung kidul.

Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten di Jogyakarta. Menyajikan banyak wisata alam, salah satunya adalah di daerah pantai selatan. Aku akan mengulas salah satu pantainya, pantai drini.

Pantai Drini memiliki pemandangan alam dengan perbukitan hijau, pasir putih dan laut biru. Ciri khas pantai ini adalah pulau kecil yang berada di sebelah selatan. Dihapit oleh dua bukit di sebelah timur dan barat, membuat pemandangan menarik nan asri.

Lokasi Pantai Drini

Lokasi terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung kidul, Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang.

Namun jarak sebenarnya yang harus untuk sampai ke pantai ini sekitar 60 km atau sekitar 2-3 jam dari kota Jogja. Daerah pantai ini masih satu deretan dengan pantai krakal, pantai sundak, pantai kukup dan pantai indrayanti.

Jalan Menuju Pantai Drini

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pantai drini, kalian bisa mengakses dari beberapa jalur yang berbeda. Jalan menuju pantai drini yang dapat dijadikan alternatif kalian.

  1. Dari Arah Solo

Jika kalian memulai start dari arah sola, dapat memilih dua jalur yaitu melewati Sukoharo atau Klaten. Jika melalui Klaten, rute selanjutnya adalah Klaten kota-Cawas-Semin-Watukelir-Tanjungsari. Ikuti arah jalan menuju ke pantai drini.

Sedangkan untuk jalur yang melewati Sukoharjo adalah Sukoharjo-Solo-Tawangsari-Semin-Karangmojo-Tanjungsari. Selanjutnya kalian dapat mengikuti arah jalan menuju pantai drini.

  1. Dari Arah Pusat Kota Jogja

Jika kalian memulai start dari arah kota Jogja, kalian dapat melewati rute ini. Mulai dari Jogja kota-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Landasaran Udara TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari. Selanjutnya kalian ikuti arah jalan menuju pantai drini.

Tiket Masuk Pantai Drini

Harga tiket masuk Rp 4.000 per orang. Setelah sampai di lokasi, kalian akan ditambahi biaya untuk parkir kendaraan. Untuk mobil, biaya parkir Rp 5.000. Untuk motor, biaya parkir Rp 3.000. Setelah itu kalian bebas untuk mengeksplor keindahan pantai drini. Info ini terbaru di Tahun 2020.

Jam Buka Pantai Drini

Seperti kebanyakan objek wisata pantai lainnya, pantai drini di buka dan dapat diakses setiap hari selama 24 jam.

Fasilitas di Pantai Drini

Keindahan alam pantai drini menjadikan salah satu daya tarik para wisatawan yang berkunjung. Pantai drini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan para wisatawan yang hadir. Fasilitas yang disediakan seperti, area parkir, toilet, tempat ibadah, gazebo dan penginapan di pantai.

Di pantai ini terdapat rumah makan yang berada di area pinggir pantai. Ada pula toko cinderamata, spot foto lengkap dengan atribut, serta penyewaan perahu kano.

Bagi kalian yang ingin menghabiskan malam di pantai ini juga bisa, karena pantai menyediakan penginapan di area pantai. Dan ada juga hotel dekat lokasi pantai drini. Dipastikan kalian nyaman dan tidak perlu khawatir dengan fasilitas di pantai ini.

Aktivitas seru di Pantai Drini

Saat weekend menjadi momentum kita berlibur bersama keluarga dan sahabat. Kalian dapat menikmati keindahan pantai drini dengan berbagai macam aktivitas seru, seperti :

  1. Snorkelling

pantai drini yogyakarta

Pantai drini salah satu lokasi dan spot snorkelling di jogja. Air laut yang di area pantai, memungkinkan kalian melakukan aktivitas ini bersama keluarga dan sahabat. Kalian dapat melihat kehidupan biota laut, terumbu karang dan ikan.

Untuk penyewaan alat sudah disediakan oleh pihak. Spot lokasi hanya dapat dikunjungi saat gelombang air laut tenang dan arus laut sedang surut. Saat air laut pasang dan ombak laut besar, tidak diperbolehkan.

  1. Surfing di Pantai Drini

pantai drini kano

Surfing adalah permainan pantai menggunakan papan selancar di tengah ombak besar. Aktivitas surfing cukup memacu adrenalin saat ombak besar. Aktivitas ini dapat dilakukan terutama saat air laut pasang dan gelombang ombak besar.

Untuk melakukan aktivitas ini, kalian harus menunggu air laut pasang dan ombak pantai sedang. Pastikan kalian menggunakan peralatan seperti baju pelampung untuk keselamatan kalian juga.

Jangan Lewatkan: 6 Aktifitas Menarik di Pantai Sadranan (Murah Tapi Tak Kalah)

  1. Kano

pantai drini dan sadranan

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pantai salah satunya ialah perahu kano. Kalian bisa menyewa perahu kano dan bebas untuk menggunakannya.

Saat air laut pasang dan ombak tinggi, kalian dapat bermain dengan ombak sambil mengayuh kano ke pinggir pantai. Untuk pengamanan saat bermain kano, dipasang sebuah pembatas di area tengah pantai.

Pengelola persewaan perahu kano dihimbau untuk melengkapi wisatawan dengan pelampung badan. Beberapa personel tim SAR pun disiapkan untuk mengamankan lokasi pantai.

  1. Dua Sisi Pantai

pantai drini jogja 2019

Ciri khas dari pantai ini adalah pulau kecil di arah selatan pantai yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Selain pulau kecil, pantai ini juga terkenal sebagai pantai dua wajah. Yang mana pantai ini dihapit oleh dua sisi bukit.

Dua sisi bukit ini terletak disebalah timur dan barat. Kedua bukit ini akan memanjakan mata kalian saat pertama kali datang kesini.

  1. Pemandangan Pantai dari atas Tebing

pantai drini buka jam berapa

Tebing-tebing terlihat seperti pulau kecil yang terapung di tengah pantai. Sebuah tebing besar berada pas di tengah-tengah pantai dan membaginya menjadi dua sisi, timur dan barat.

Terdapat mercusuar diatas tebing, para pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan Samudera Hindia dari ketinggian. Saat air laut pasang dan ombak besar, wisatawan dilarang berenang ke area ini karena tempat dipenuhi air laut yang dapat membahayakan pengunjung.

  1. Bermain Pasir dan Air Pantai

pantai drini gunung kidul yogyakarta

Cekungan dari pantai drini ini dengan karakter ombak yang cukup tenang sehingga bersahabat untuk anak-anak. Saat air laut pasang, ombak besar tidak mencapai area pantai dikarenakan adanya karang-karang yang menghalang omak.

Wisatawan dapat berenang menggunakan pelampung atau pun perahu karet yang telah disediakan penyewaannya. Hamparan pasir putih menjadikan pantai ini cocok untuk bermain pasir bagi anak-anak.

  1. Camping

pantai drini jogja

Ombak yang tenang, air laut jernih dan pasir pantai yang lembut membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk menghabiskan malam atau camping. Pantai drini buka 24 jam jadi kapanpun kalian bisa kesini.

Untuk camping juga diperbolehkan di pantai ini. Kalian diharuskan untuk membawa peralatan camping seperti tenda dan matras, karena disini tidak menyediakan penyewaan. Untuk fasilitas lainnya seperti toilet, kamar mandi dan warung makan disini.

Baca Juga: 5 Daftar Pesona Wisata Dan Hotel Bukit Bintang Jogja

  1. Kuliner di Pantai Drini

pantai drini alamat

Setelah kalian puas menikmati keindahan pantai drini, saatnya mencoba jajanan dan hidangan khas pantai. Untuk menemai kalian bersantai di tepian pantai. Keindahan dan pemandangan alam dengan udara cuaca laut ditambah dengan hidangan kuliner hasil laut di pantai ini.

Sepanjang pantai drini banyak terdapat warung-warung makan dengan berbagai macam menu kuliner makanan dan minuman. Terdapat juga gazebo, memanjakan kalian sepuasnya menikmati liburan di pantai drini.

  1. Menyeberang ke Pulau Drini

alamat pantai drini yogyakarta

Untuk mendapatkan pemandangan dan spot foto yang bagus, aku saranin kalian bisa mencoba spot di pulau drini. Dengan cara menyeberangi jembatan yang sudah disediakan, namun harus menunggu air laut surut. Dan kalian dapat menikmati keindahan pulau drini.

Tempat Wisata di dekat Pantai Drini

Bagi kalian yang sudah berkunjung ke pantai drini bisa juga menikmati tempat wisata pantai di sekitar pantai drini yang saling berdekatan. Diantaranya adalah :

  1. Pantai Sepanjang

 alamat pantai drini gunung kidul

Lokasi pantai sepanjang ini berdekatan dengan pantai drini dan masih satu garis pantai dengan pantai drini. Lokasi pantai ini berjarak 0,8 km dari pantai drini. Beralamat di Jl. Sepanjang, Kemadang.

  1. Pantai Kukup

artikel pantai drini

Sama seperti pantai sepajang, pantai kukup juga masih satu garis pantai dengan pantai drini dan pantai sepanjang.  Lokasi pantai ini berjarak 2,7 km dari pantai drini. Alamat Kemadang Village, Gunung Kidul.

Asyiknya Liburan di: Air Terjun Sri Gethuk yang Menyimpan Cerita dan Keindahan

  1. Pantai Indryanti

pantai drini baru

Pantai Indrayanti juga masih satu garis pantai dengan pantai drini dan deretan pantai lainnya. Lokasi pantai ini berjarak 4 km dari pantai drini. Alamat pantai ini di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul.

  1. Pantai Sadranan

deskripsi pantai drini dalam bahasa inggris

Pantai Sadranan juga dekat dengan pantai kukup dan pantai drini. Masih satu garis pantai juga dengan pantai drini. Lokasi pantai ini berjarak 2,6 km dari pantai drini. Beralamat di kemadang village Gunung kidul.

  1. Pantai Krakal

cuaca pantai drini

Pantai krakal juga berdekatan dengan pantai sadranan, pantai kukup dan pantai drini. Lokasi pantai ini 2,7 km dari pantai drini. Beralamat di Jl. Pantai Krakal Gunung kidul.

  1. Pantai Slili

camping pantai drini

Pantai slili juga berdekatan dengan pantai krakal, pantai kukup dan pantai drini. Lokasi pantai ini 2,6 km dari pantai drini. Beralamat di Jl. Pantai Krakal Gunung kidul.

Simak Juga: 13 Daya Tarik Gembira Loka Zoo (Bukan Sekedar Rekreasi)

Pantai Drini, lokasi di Gunung Kidul, Jogja menyajikan wisata keindahan alam dan ciri khas pantai ini. Memiliki pulau kecil di arah selatan pantai dan pantai ini dihapit oleh dua bukit di sebelah timur dan barat. Aktivitas seru di pantai ini seperti, camping, snorkelling dan surfing.

De Ranch Lembang

Jessica Susanti
4 min read

Candi Ratu Boko

Jessica Susanti
5 min read

Goa Gajah

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *