Pantai Galesong

6 min read

pantai galesong takalar

Kalian ingin merasakan liburan pantai yang cocok untuk merajut kebersamaan keluarga, memiliki banyak wahana yang asyik dan memiliki kolam meski di pingir pantai? Pantai Galesong, hadir dengan berbagai wahana seru dan cocok untuk liburan keluarga kalian.

Sejarah awal berdirinya kawasan pantai yang dikenal oleh masyarakat ini, diinisitafkan oleh pemerintah. Kemudian mereka bekerjasama dengan investor swasta melakukan penataan lingkungan pantai. Kawasan ini dikembangkan menjadi tempat wisata terpadu.

Kawasan wisata ini menggabungkan konsep hotel, resort, serta outbound. Sehingga bisa dikatakan ‘terpadu’. Di kawasan pantai ini tersedia hotel, restoran, kolam renang, dan aneka wahana permainan di darat dan di air yang cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Nah dikesempatan ini, aku akan deskripsikan pantai ini sejelas mungkin kepada kalian. Sehingga dengan membaca tulisan ini, kalian bisa memahami bagaimana menikmati keseruan wahana dengan maksimal di pantai Galesong Utara Takalar ini, cekidot!

Lokasi

Galesong adalah wilayah yang berada di kecamatan Kabupaten Takalar, kabupaten Sulawesi Selatan. Meskipun lokasinya yang sangat berdekatan dengan Pantai Losari, namun tempat ini tidak termasuk dalam wilayah Makassar, melainkan wilayah Kabupaten Takaran.

Kawasan pantai Galesong terletak di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer arah selatan dari pusat kota Makassar.

Pantai ini memang terlihat sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Suasananya cukup tenang dengan keindahan pantainya yang sangat memukau. Maka tak heran jika turis domestik maupun turis asing berbondong-bondong untuk merasakan langsung pesona pantainya.

Rute

Dari pusat kota Makasar jaraknya cukup dekat, sekitar 17 km ke arah selatan dengan durasi perjalanan sekitar 20 menit. Namun, jika kalian Losari kalian hanya perlu ambil rute ke arah selatan lewat Jalan Metro Tj. Bunga sejauh 17 km.

Tak ada angkutan umum dari Makassar ke arah pantai Galesong. Jadi kalian harus menggunakan kendaraan sewaan, taksi, atau kendaraan pribadi. Kalian bisa gunakan mobil dan motor pantai ini. Aksesnya sangat mudah kok, jadi jangan khawatir.

Untuk sampai di resort Pantai Galesong Utara, kalian bisa melalui jalan Metro Tanjung Bunga ke arah Takalar. Sampai di desa Tamalate berbelok ke kiri ke arah pantai. Jarak destinasi ini dari jalan utama hanya sejauh  400 meter.

Harga Tiket Masuk

Kalau kalian ingin menghabiskan liburan di pantai ini, kalian harus membayar harga masuk sebesar sekitar Rp 30.000 per orang pada hari biasa. Untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur tiket akan naik menjadi sekitar Rp 40.000 per orang.

Harga ini tergolong cukup murah dengan fasilitas dan aktivitas seru yang akan kalian dapatkan nantinya. Aku jamin, harga itu akan terbayarkan.

Jam Buka

Untuk menikmati keseruan di Pantai Galesong ini, kalian jangan khawatir kapan waktu buku dan tutup. Dari Senin sampai Minggu, pantai ini buka 24 jam non-stop. Sebab kompleks wisata ini telah terpadu,lengkap dengan hotel, dengan pelayanan prima.

Tapi aku sarankan, agar liburan di pantai ini menjadi maksimal alangkah baiknya kalian tiba di lokasi sekitar jam-jam pagi. Bisa pukul 08.00 misalnya atau juga bisa 08.30. Jadi bila kalian rencana liburan hanya satu hari, kalian bisa memaksimalkan waktu.

Fasilitas

Dengan konsep yang mewah dan menyenangkan, pantai Galesong ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, lingkungan bersih nan hijau, kondisi aman dan nyaman. Kalian bisa seru-seruan tanpa memikirkan apapun.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain area parkir yang luas. Ada pihak keamanan dan kebersihan yang memadai pula. Ada penginapan bagus, bersih, nyaman dengan harga yang terjangkau. Ada juga gazebo-gazebo disediakan secara gratis dan cukup banyak.

Kalian juga bisa sewa Mobil ATV, motor cross mini, sekuter listrik, dan sepeda listrik. Bukankah hal ini menarik? Maka jangan ragu kalau kalian hendak memilih destinasi ini sebagai tempat wisata keluarga kalian.

Aktivitas Seru Di Pantai Galesong

Nah, aku akan ceritakan aktivitas seru apa aja yang bisa kalian lakukan di wisata pantai ini. Aku jamin, aktivitas-aktivitas ini bakalan menarik hati kalian untuk melancong ke pantai ini. Tentu aktivitas yang sangat cocok untuk liburan keluarga.

1. Menikmati Jetsky

pantai galesong utara

Jet Ski adalah adalah jenis perahu bermotor yang sering digunakan oleh seseorang untuk mengarungi laut atau perairan. Olahraga yang satu ini digemari oleh mereka yang menyukai kecepatan karena olehraga yang satu ini sering dilakukan untuk balapan atau freestyle.

Di pantai ini, kalian bisa mencoba wahana spesial ini hanya dengan membayar Rp 50.000 aja. Jadi, sesekali kalian bisa merasakan wahana ini dan tidak hanya lihat di film-film action aja.

Baca Selengkapnya: Danau Tempe Pesona Danau Purba di Sulawesi Selatan

2. Naik Banana Boat

pantai galesong baru

Banana boat adalah sebuah permainan water sport ditengah perairan laut, menggunakan perahu karet yang bentuknya menyerupai pisang. Ukuran banana boat lumayan besar dan bisa dinaiki 5-6 peserta. Permain ini pasti bakalan seru dan memberikan pengalaman baru.

Di pantai ini, kalian bisa menikmati pengalaman naik pisan laut ini dengan hanya merogoh kocek Rp 20.000 aja. Bayangkan, bukahkan harga ini begitu murah? Meski murah, kalian tak perlu khawatir akan standar keamanannya. Dijamin aman dan seru deh.

3. Seru-Seruan Bermain Flying Fish

pantai galesong sampulungan

Permainan flying fish adalah permainan water sports yang menggunakan sebuah perahu karet berbentuk menyerupai ikan. Diatasnya terdapat karet penghubung, serta dibagian pinggir kanan kirinya, ada semacam sayap menyerupai sirip ikan.

Dengan hanya membayar Rp 40.000 per orang, kalian bisa menikmati keseruan permainan yang satu ini. Namun tetap kalian perhatikan kondisi fisik kalian. Jangan bermain dalam keadaan sakit, takutnya malah jadi masalah nanti.

4. Mancing Ikan di Tengah Laut

pantai galesong bintang

Selain itu, bagi kalian yang hobi, pantai ini juga memfasilitasinya dengan Kapal Mancing. Dengan menyewa Kapal Mancing ini, kalian akan merasakan sensasi memancing di tengah lautan layaknya macing macia di TV-TV.

Biaya sewa kapal pancing ini sebesar Rp 300.000 per 2 jam. Itu sudah dilengkapi dengan peralatan memancing yang layak. Jadi kalian tak perlu bawa alat pancing dari rumah, semua sudah disediakan untuk menemari keseruan liburan kalian.

5. Berenang di Kolam

pantai galesong sulawesi selatan

Ke pantai tapi takut berenang di laut? Tak usah khawatir. Di pantai ini tersedia kolam renang yang luas khusus untuk kalian. Jadi kalian tetap bisa menikmati pemandangan laut sembari berenang dengan aman di kolam itu.

Kolam renang di Pantai ini dikelilingi beberapa pondok dan patung-patung bergaya Eropa Klasik. Bagi pengunjunga yang berlibur dengan keluarga, kolam renang ini sangat cocok bagi anak-anak karena ketinggian air yang tidak terlalu tinggi. Namun tetap diawasi ya.

6. Berenang di Laut Dangkal

pantai galesong di takalar

Bagi kalian yang punya nyali untuk berenang di laut, kalian boleh kok di pantai ini berenang di laut. Namun nggak boleh jauh-jauh ya dari pantai. Tentu kalian tahu sendiri alasannya. Mending kalian seru-seruan main air dan pasir di pinggir pantai.

Kalau ingin berenang ya kalian harus waspada. Sebab laut itu kadang-kadang tak bersahabat. Tentunya ada petugas yang bertugas untuk mengawasi kalian, namun demi keselamatan kalian juga tetap harus berhati-hati.

Baca Rekomendasi: Pulau Samalona, Surganya Para Traveller di Kota Makassar

7. Wahana Darat yang Seru

Di Pantai ada berbagai macam permainan anak sepeti: mobil ATV, motor cross, skuter matic, kereta gantung dan juga outbound khusus untuk anak-anak. Dengan harga beberapa permainan anak Mobil ATV Rp. 5.000,-, Skuter Matic Rp. 5.000,-, Motor Cross Rp. 5.000,-.

Selain wahana untuk anak, wahana di darat itu juga ada yang diperuntukkan untuk kalian pengunjung dewasa. Wahana yang juga bisa dinikmati pengunjung dewasa ini adalah wahana yang menegangkan dan memompa adrenalin.

Wahana yang kumaksud adalah kora-kora. Untuk sekali bermain, Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang untuk setiap permainan. Bukankah harga ini sangat murah bagi kalian orang dewasa yang ingin bersenang-senang memacu adrenalin?

8. Menginap di Penginapan yang Nyaman

pantai galesong utara harga tiket

Kalau kalian ingin untuk bermalam di tempat ini, tidak perlu repot untuk cari tempat menginap. Di Pantai Galesong ini pengelola juga sudah menyediakan sebuah tempat penginapan yang nyaman dengan 3 lantai dengan AC dan TV setiap kamar.

Kamar yang tersedia pun sangat beragam mulai dari small room, medium room, serta family room. Saat ini tempat penginapan atau hotel yang ada di Pantai Galesong menjadi salah satu penginapan terbesar dengan jumlah kamar terbanyak di area Makassar.

Arsitektur Eropa menjadi ciri khas penginapan ini. Harga yang yang harus kalian bayar untuk semalam sekitar Rp 300.000 saat weekday dan Rp 400.000 ketika weekend. Ketika menginap, kalian juga akan mendapatkan fasilitas sarapan dan tiket untuk masuk ke pantai.

9. Menikmati Menu Spesial di Restoran

abrasi pantai galesong

Hotel yang akan kalian tempati nanti, memiliki dua buah restoran. Satu berada di Utara yang dekat dengan kolam renang. Dan restoran kedua di bagian Selatan dekat dengan wisata Outbond. Kedua restoran tersebut dapat menampung pengunjung hingga ratusan.

Kalian tak perlu khawatir bila restoran ini ramai pengunjung. Tempatnya yang luas, bisa memuat seluruh pengunjung pantai Galesong ini. Sambil menikmati udara pantai yang khas, kalian juga akan disajikan makanan lezat yang khas pula.

Menu yang disajikan pun sangat beragam, diantaranya adalah menu nasi kuning yang sangat menggugah selera. Tersedia juga menu khas Makasar seperti Coto Makassar, Konro, Barangko, Pisang epe, Mie titi, Sop Saudara, dan tentu saja Pallubasa.

Penginapan Dekat Pantai Galesong

Sebenarnya, di pantai ini ada penginapan yang sudah aku jelaskan di awal, karean panti ini sudah terpadu dengan fasilitaas penginapan. Namun, jika kalian kepengin cari hotel lain, tak perlu khawatir, aku akan merekomendasikannya untuk kenyamanan liburan kalian.

1. SPOT ON 1988 Pondok Seril

 pantai bintang galesong takalar

Jl. Gontang Raya No. 15, Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Makassar, 90224, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90224. Harga mulai Rp 128.000 dekat dengan pantai losari, wifi gratis. Jarik dari pantai Galesong sekitar 8 km.

Baca Juga: Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

2. OYO 2292 Pondok Dian Syariah

pantai bintang galesong makassar

Jl. Abdul Kadir Kompleks Hartaco Indah Blok 1G No. 9C Balang Baru, Tamalate, Makassar, Barombong, Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90224. Harga mulai dari 109.000, juga dekat dengan pantai losari.  Wifi gratis, jarak dari Pantai Galesong sekitar 10 km.

3. Airy Mamajang Cendrawasih Square F1 Makassar

pantai beba galesong

Jl. Cendrawasih No. 452 Ruko Cendrawasih Square F1-5, Jl. Cendrawasih V, Sambung Jawa, Kec. Makassar, Kota Makassar. Harga mulai Rp 305.000, fasilitas sarapan dan wifi gratis. Dekat dengan Pantai Losari, Jarak dari Pantai Galesong kira-kira 12 km.

Selain 3 penginapan itu, sebenarnya banyak penginapan lainnya yang bisa ditemukan di Makasar. Kalian harus tahu, tak ada yang dekat banget dengan Pantai Galesong. Penginapan paling nyaman dan ideal tetaplah penginapan asli di pelayanan terpadu Pantai Galesong.

Jadi, kalau saranku, kalau kalian hanya ingin bersiwata di Pantai Galesong, lebih baik mengiap di penginapannya juga. Namun kalau ada rencana jalan-jalan di Makasar, penginapan yang aku sarankan di atas bisa kalian pakai.

Atau kalian bisa pilih-pilih dan booking di apliksi hotel lewat internet. Di era yang canggih ini, menemukan Hotel di Makasar tentulah sangat mudah, hanya saja kalian harus pandai-pandai cari harga yang sesuai dengan budget kalian.

Lihat Review: Trans Studio Makassar, Theme Park Indoor dengan Empat Zona Unik

Aku cukupkan dulu ya penjelasan tentang Pantai Galesong ini. Pantai ini sangat cocok kalian gunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Harga tiket masuk dan penginapan yang terjangkau, tentu bakalan memanjakan kantong kalain.

Pengalaman seru dan aktivitas yang asyik pasti akan kalian dapatkan ketika berlibur di pantai ini. Jadi, kalian nggak usah ragu untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Jadi, selamat mantai…

Pantai Losari

Jessica Susanti
8 min read

Pantai Klayar

Jessica Susanti
4 min read

Lembang Wonderland

Jessica Susanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *