pantai goa cemara
https://www.instagram.com/iirenewijaya/

Pantai Goa Cemara

Posted on

Yogyakarta memang kota ternyaman untuk para wisatawan. Jumlah tempat wisata pun selalu bertambah dan tak pernah luput dari segala keunikannya. Termasuk wisata pantai yang satu ini yaitu Pantai Goa Cemara.

Kalau kamu ingin berlibur ke pantai dengan panorama anti mainstream, wajib banget untuk mengunjungi wisata ini.

Salah satu keunikan pantai ini dengan adanya ribuan pohon cemara udang yang menghias pinggir pantai.

Bagi traveler pencari senja, tempat ini juga sangat cocok untuk mendapat view sunrise sembari bermain dengan penyu-penyu kecil, di pinggir pantai.

Sejarah Pantai Goa Cemara

Sejarah dinamakan Pantai Goa Cemara oleh warga karena kekhawatiran akan abrasi pantai, pada tahun 2003 mulai diadakan penanaman cemara dengan jenis cemara udang di kawasan ini oleh warga sekitar.

Jalan di sepanjang area ini bila dilihat menyerupai Goa, dengan rimbunan pohon cemara sebagai atap Goa, karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Goa Cemara.

Lokasi

Lokasi Pantai cukup strategis dan mudah dijangkau. Destinasi wisata hits ini berada di dusun Patihan. Gading Sari, Sanden, Bantul, DIY. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah cukup bagus. Akses jalan pun sudah dibangun sampai ke bibir pantai.

Jalan Menuju Lokasi

Jika dari Gunung Kidul jarak tempuh 63 kilometers. Rute utamanya melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. ke Jalan Wunut. Kemudian sekitar 1 kilometer belok kiri ke Jalan Raya Wonosari-Paliyan. Setelah berjalan kurang lebih 4 kilometer, ambil kanan ke Jalan Playen Wonosari.

LAGI HITS
Wisata Kuliner Di Medan

Dari kota Yogya kamu bisa memilih jalur menuju Kabupaten Bantul. Sesampainya di perempatan Palbapang, belok ke kanan sampai lampu merah dan belok ke kiri. Ikuti jalan sampai kamu menemukan rambu-rambu yang menunjukkan lokasi.

Untuk kondisi jalanannya pun sudah sangat baik. Akses menuju Pantai Selatan daerah Bantul sudah diaspal dan dapat dilewati dengan nyaman. Tapi untuk masuk ke gerbang Pantai Goa Cemara sendiri jalannya masih berupa tanah bercampur dengan pasir pantai.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke wisata pantai ini cukup murah hanya dengan Rp 5.000,-/ orang, sedangkan untuk parkir bus Rp. 15.000,- dan parkir mobil Rp. 5.000,-, dan untuk kendaraan roda dua hanya Rp. 2.000,- saja.

Wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Kamu bisa datang setiap hari,. Meski begitu, sangat disarankan bagi kamu untuk mengunjungi pantai ini ketika Labuhan sedang diadakan. Tentunya kamu akan mendapatkan pemandangan budaya yang jarang ditemukan.

Fasilitas di Pantai Goa Cemara

Pantai ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pribadi kamu dari mulai fasilitas penunjang ibadah, logistik, seperti mushola, warung makan, kamar mandi dan toilet, area parkir.

Selain fasilitas umum, pantai ini juga menyediakan fasilitas penunjang wisata. Bagi kamu yang ingin bermalam di bawah langit pesisir pantai disediakan fasilitas seperti camping ground, dan jika kamu ingin berkeliling pantai dengan kuda, disini juga disediakan penyewaan kuda.

Aktivitas Seru Di Pantai Goa Cemara

Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan:

1. Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan
https://www.instagram.com/wja.art27/

Pemandangan yang disajikan pantai ini memang sangat menakjubkan. Laut biru yang disajikan menentramkan hati bagi siapapun yang memandangnya.

Ombak yang ada di pantai ini terbilang cukup besar. Oleh sebab itu, pengunjung tidak disarankan untuk berenang.

Pasir pantai yang berwarna kehitam-hitaman sangat kontras dengan warna air laut yang biru. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan sambil berteduh di bawah pepohonan.

2. Merasakan Sensasi Goa

indahnya Merasakan Sensasi Goa
https://www.instagram.com/duniawisatajogja/

Saat kamu masuk ke lorong cemara, kamu seperti merasa sedang ada di dalam sebuah goa yang rimbun dengan pepohonan cemara.

LAGI HITS
Danau Tempe

Melintas di dalam lorong pohon cemara ini membuat kamu merasa seperti ada di adegan film. Jika kamu pergi bersama pasangan, pohon-pohon cemara ini juga akan menambah nuansa romantis yang tercipta.

Selain itu, goa-goa ini juga dapat melindungimu dari paparan teriknya matahari ataupun saat pantai hujan. Sehingga dapat puas berfoto kapanpun dalam situasi bagaimanapun.

3. Melakukan Outbond

Melakukan Outbond
https://www.instagram.com/praszfim/

Apakah kamu suka melakukan outbond bersama teman? Jika iya pantai ini memang pas untuk menjadi pilihanmu. Di sekitar pantai ini terdapat prasarana outbond. Fasilitas ini dibuat untuk menarik minat pengunjung.

Tentu saja sarana ini disediakan khusus bagi kaum muda yang datang. Di sini kamu bisa bermain sepuasnya dengan temanmu.

Fasilitas ini menyebabkan pantai selalu ramai dikunjungi para turis remaja. Terlebih saat musim liburan sudah tiba.

Simak Review: Museum Gunung Merapi salam kenal dari Merapi

4. Berkemah

Berkemah bersama teman
https://www.instagram.com/hijrah_adventure/

Berkemah atau camping bisa menjadi kegiatan andalan bagi kamu dan temanmu yang ingin menghabiskan waktu libur lebih dari satu hari di pantai. Bermalam di pinggir pantai sambil membuat api unggun tentu menyenangkan.

Bagi kamu para traveler pencari view sunrise. Tak perlu berkorban untuk datang pagi-pagi buta. Berkemah bisa menjadi solusi terbaik.

Di pantai ini, kegiatan berkemah memang tidak dilarang. Tapi kamu juga harus tetap menjaga kebersihan pantai selama berkemah. Jangan sampai meninggalkan sampah yang dapat mengotori keindahan pantai. Bijaklah dalam menikmati Pantai Goa Cemara ini.

5. Bersepeda Di Sekitar Pantai

menikmati Bersepeda Di Sekitar Pantai
https://www.instagram.com/catatansangbaruna/

Kegiatan yang tidak kalah menarik berikutnya adalah bersepeda. Kamu bisa lebih leluasa menjelajah sekitar pantai menggunakan sepeda.

Kapan lagi dapat meluangkan waktu untuk bersepeda bersama dengan keluarga dan teman sembari memandangi panorama pantai yang menyejukkan.

Aktivitas bersepeda ini juga sangat bagus bagi kesehatan. Kegiatan ini dapat mengurangi stres yang kamu alami.

Tapi ingat, kamu hanya dapat bersepeda di area yang sudah ditentukan. Ini karena ada tempat-tempat tertentu yang tidak boleh dilalui sepeda.

LAGI HITS
Taman Pintar Yogyakarta

6. Berfoto

Berfoto kekinian
https://www.instagram.com/arrdiannn/

Bagi kamu yang menyukai bidang fotografi, kamu telah menemukan tempat yang tepat jika berkunjung ke pantai ini.. Ada banyak spot dengan view menarik yang bisa menunjang kualitas foto kamu.

Jangan lupa untuk membawa kamera saat berlibur. Persiapkan kamera yang akan kamu bawa sebelum menuju pantai. Pastikan kamu mengabadikan momen menakjubkan ketika berkunjung ke pantai ini.

Tempat ini juga sangat recommended bagi kamu yang ingin syuting dengan mengambil efek hujan di pantai tanpa harus takut kamera basah, karena dapat diteduhkan di dalam goa-goa cemara.

7. Bermain Bersama Penyu

Bermain Bersama Penyu

Selain menikmati indahnya pantai, kamu juga bisa bermain-main dengan pengunjung laut pantai ini, yaitu punyu.

Penyu akan datang ke pinggir pantai untuk bertelur. Jadi jika kamu beruntung kamu bisa melihat dan bermain bersama mereka.

Untuk melihat penyu-penyu ini kamu tidak boleh sembarang. Kamu harus mendengarkan arahan dari penduduk setempat. Mendengarkan arahan ini penting agar pengunjung tidak merusak habitat alami penyu.

Penyu-penyu ini bertelur di pasir. Jika tidak hati-hati pengunjung bisa merusak telur-telur ini. Pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa pulang penyu. Penyu hanya dapat hidup di air laut. Itulah pentingnya kita memahami pelestarian penyu.’

Rekomendasi Untukmu: Hutan Mangrove Kulon Progo Romantisme Matahari Senja

Penginapan Di Pantai Goa Cemara

Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini dalam waktu yang lama, tak perlu khawatir. Banyak penginapan yang bisa kamu gunakan untuk tinggal. Seperti:

1. Homestay

Homestay murah

Beberapa penduduk di Pantai, menjadikan rumah mereka sebagai homestay. Dan dengan senang hati mempersilakan wisatawan untuk menginap.

Rasakan nikmatnya menginap dengan suasana kekeluargaan. Saat pagi hari kamu akan diberikan minuman hangat dan sarapan khas keluarga, dan juga free parkir pribadi.

Homestay ini berkisar antara Rp 180.000, tergantung pada kamar yang kamu pilih. Namun usahakan untuk memesan jauh-jauh hari ya, karena penginapan ini sering penuh.

2. Puri Brata Resort & Galery,

Puri Brata Resort & Galery

Sebuah resort dengan furniture bernuansa adat Jawa dan Bali yang kental. Tak seperti resort yang gemerlap dan modern. Resort ini memiliki suasana tenang dan hangat. Pencahayaanya Pun dibuat tidak begitu terang agar mendukung suasana tradisionalnya .

LAGI HITS
Pura Uluwatu Bali

Lokasinya terletak di Jl. Samas Kuwaru, Kalimundu, Gadingharjo, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 4,2 km dari pantai dan bisa ditempuh dengan waktu 9-10 menit.

Resort ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 750.000, tergantung pada kamar yang kamu pilih.

3. Losmen Alden

kamar Losmen Alden

Losmen ini dilengkapi fasilitas meja dan kamar mandi pribadi, disini juga menyediakan wifi gratis bagi pengunjung.

Lokasinya terletak di Jl. Parangtritis No.Rt 01, Mancingan, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 13 km dari pantai dan bisa ditempuh dengan waktu 23 menit.

Resort ini berkisar antara Rp 170.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada kamar yang kamu pilih.

4. Hotel Gandung Parangtritis

Hotel Gandung Parangtritis yang nyaman

Hotel ini memiliki fasilitas lengkap dari mulai jasa laundry ,hingga penyewaan mobil dan antar jemput pun tersedia disini, dan untuk fasilitas kamar menyesuaikan kamar yang dipesan.

Lokasinya terletak di Jl. Parangtritis No.Rt 01, Mancingan, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 13 km dari pantai dan bisa ditempuh dengan waktu 23 menit.

Hotel ini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 350.000, tergantung pada kamar yang kamu pilih.

5. Hotel d’Paris by Urban

fasilitas Hotel d'Paris by Urban

Hotel ini memiliki nuansa Paris Classic, dan memiliki fasilitas lengkap dari mulai jasa laundry , kebersihan, restaurant dan lainnya. Untuk fasilitas kamar sendiri menyesuaikan kamar yang dipesan.

Lokasinya terletak di Jalan Parangtritis KM-28, Pantai No.RT-01, Mancingan, XI, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Berjarak sekitar 13,3 km dari pantai dan bisa ditempuh dengan waktu 26 menit.

Hotel ini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 250.000, tergantung pada kamar yang kamu pilih.

Lihat Juga: Taman Pelangi Jogja, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket 2022

Objek Wisata Dekat Pantai Goa Cemara

Berikut beberapa objek wisata dekat Pantai Goa Cemara yang bisa kamu kunjungi:

LAGI HITS
Tempat Wisata Kaliurang

1. TPR Pantai Samas

lokasi TPR Pantai Samas
https://www.instagram.com/nakazatoryusuke/

Sajian taman bunga indah dekat pantai, sangat cocok untuk kamu para instagramable untuk mengabadikan foto di tengah mekarnya bunga-bunga.

Wisata ini berlokasi di Jl. Samas, Ngepet, Srigading, Sanden, Bantul, DIY. Jaraknya hanya 2,9 km dan dapat ditempuh dengan waktu 7 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Mangrove Baros

Mangrove Baros
https://www.instagram.com/riean_rayen/

Hutan Mangrove lebat yang dekat dengan pantai. Tak banyak spot foto yang berada disini. Namun jika laut mulai membuatmu bosan, kamu bisa mengganti pandanganmu untuk melihat hijaunya hutan mangrove.

Wisata ini berlokasi di Pantai, Tirto Argo, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya hanya 4,4 km dan dapat ditempuh dengan waktu 10 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

3. Pantai Segoro Kidul

Pantai Segoro Kidul
https://www.instagram.com/nululndutz/

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang juga tinggi, jadi tidak disarankan untuk berenang disana.

Wisata ini berlokasi di Pantai Cangkring, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.. Jaraknya hanya 1 km dan dapat ditempuh dengan waktu 3 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

4. Pantai Patehan

Pantai Patihan
https://www.instagram.com/ayukseptiana94/

Pantai yang satu ini memiliki suasana tenang dan tidak terlalu ramai. Banyak digunakan untuk pemancingan. Sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan.

Wisata ini berlokasi di Patihan, Gading Sari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya hanya 500 m dan dapat ditempuh dengan waktu 1 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

5. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri
https://www.instagram.com/berandajogja/

Sungguh surga para pecinta tempat instagramable. Wisata ini memiliki banyak spot foto yang unik dengan pemandangan hamparan bunga yang berwarna-warni.

Wisata ini berlokasi di Patihan, Gading Sari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya hanya 3,3 km dan dapat ditempuh dengan waktu 7 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: 9 Wahana Menakjubkan di Taman Pintar Yogyakarta

Pantai Goa Cemara memang menjadi magnet yang kuat bagi kamu para traveler atau yang memiliki project film berlatar pantai, karena panoramanya yang unik dari pantai-pantai lainnya dan juga memiliki sajian budaya yang kuat.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung? Segera masukan Pantai Goa Cemara ke dalam agenda berliburmu ya.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.