Pantai Greweng

5 min read

Siapapun pasti tahu kalau Gunung Kidul adalah surganya wisata pantai di Yogyakarta. Selain pantai-pantai yang terkenal seperti Pantai Indrayanti, Kukup dan Baron, ternyata Gunung Kidul juga punya pesona tersembunyi lainnya lho, yaitu Pantai Greweng.

Nama Pantai Greweng mungkin terdengar kurang familiar di telinga, itu wajar karena lokasi pantai ini cukup tersembunyi. Tapi asyiknya, suasana tempat ini terasa sangat tenang dan nyaman.

Kamu bisa mendengar suara burung dan desiran ombak dengan jelas. Hembusan angin yang lembut juga semakin memanjakanmu dari hiruk pikuk keramaian kota. Sehingga, pantai ini cocok dijadikan pilihan wisata untuk melepas penat dan jenuh di keramaian.

Selain suasananya yang menyenangkan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas seru di pantai ini, seperti camping, memancing ikan, melihat sunset dan masih banyak yang lainnya.

Tapi, siapa sangka di balik menawannya pantai terpencil ini, tersimpan sebuah misteri yang belum diketahui banyak orang. Nah, kalau kamu tertarik mengunjungi pantai ini, simak dulu ulasan penulis berikut, meliputi misteri, htm, rute, hingga pesona alamnya yang menakjubkan!

Misteri Pantai Greweng

Konon ada dua misteri yang menyelimuti pantai ini. Misteri pertama berhubungan dengan pepohonan rimbun yang ada di jalan setapak sebelum tiba di pantai. Menurut cerita masyarakat sekitar, rimbunan pohon itu adalah pasar gaib yang dihuni oleh para jin penunggu pantai ini.

Beberapa wisatawan pun mengaku merasakan hawa yang aneh di sekitar pepohonan. Bahkan sempat ada yang merasa seperti sedang berada di tempat sepi dan jauh, padahal di sekitarnya ada orang.

Saat memasuki kawasan rimbunan ini, ada aliran sungai yang membelah pepohonan. Tapi, wisatawan dilarang mengambil apapun dari kawasan ini, karena konon penunggu pantai akan marah dan meminta untuk dikembalikan.

Misteri kedua berhubungan dengan sebuah goa yang dihalangi oleh seutas tali dan nggak bisa dimasuki sembarang orang. Konon, goa ini pernah dijadikan tempat ritual bertapa oleh Presiden Ir Soekarno selama 7 hari 7 malam lho.

Meskipun diselimuti misteri serta hal-hal mistis, kamu nggak perlu ragu atau takut untuk mengunjungi pantai ini selama tetap menjaga sikap dan menghormati aturan yang ada kok guys.

Lokasi Pantai Greweng

Walaupun lokasi pantai ini cukup tersembunyi, kamu nggak akan kesulitan kok untuk menemukannya. Sebagai patokan, pantai ini berada sekitar 3 km di sebelah timur Pantai Wediombo dan bersebelahan dengan Pantai Sedahan.

Lebih tepatnya, pantai ini beralamat di Jalan Pendowo, Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Jalan Menuju Pantai Greweng

Ada beberapa jalan menuju pantai ini yang bisa ditempuh baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Untuk mempermudah perjalanan, berpatokanlah pada Pantai Wediombo. Berikut beberapa rute yang penulis rekomendasikan:

  1. Jika dari pusat kota Jogja, ambillah jalur menuju Pantai Wediombo melewati Wonosari, lalu ke arah timur lewat Pasar Wonosari, di pertigaan ambil arah kanan ke Pantai Baron, setelah 10 km ada pertigaan ambillah arah Pantai Wediombo, ikuti petunjuk lewat Pasar Jepitu hingga sampai di parkiran Pantai Wediombo.
  2. Jika melalui Piyungan, ambillah rute Piyungan Patuk-Gading hingga ke pertigaan Mulo. Lalu ambil jalur ke Tepus, kemudian ambil kiri ke arah Ndakbong-Purwodadi-Balong-Jepitu hingga sampai di Pantai Wediombo.

Untuk sampai di lokasi Pantai Greweng, kamu harus memarkir kendaraan di parkiran Pantai Wediombo, lalu berjalan kaki sekitar 20 menit mengikuti arah Pantai Jungwok, lalu belok kiri searah dengan Pantai Sedahan.

Meskipun perjalanannya cukup menantang dan menguras banyak tenaga, rasa capekmu akan terbayarkan dengan panorama alam yang indah nan asri sepanjang perjalanan hingga tiba di lokasi pantai kok.

Tiket Masuk Pantai Greweng

Dengan adanya fasilitas memadai serta keindahan alam yang mempesona, harga tiket masuk pantai ini cukup terjangkau lho.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,- per orang
Tarif Parkir Roda Dua : Rp 3.000,-
Rp 5.000,- jika menginap
Tarif Parkir Roda Empat : Rp 5.000,-
Rp 10.000,- jika menginap

Jam Buka Pantai Greweng

Pantai ini terbuka untuk umum setiap hari mulai Senin sampai Minggu selama 24 jam penuh.

Fasilitas di Pantai Greweng

Fasilitas yang tersedia di pantai ini memang belum bisa dikatakan lengkap. Tapi, beberapa kebutuhan penting seperti kamar mandi dan toilet sudah disediakan. Kamu juga bisa menemukan beberapa warung makanan dan minuman untuk sekedar melepas dahaga atau mengisi perutmu.

Seiring berjalan waktu, pantai ini juga terus mengelola dan menambah fasilitasnya sedikit demi sedikit kok.

Daya Tarik dan Aktifitas Seru di Pantai Greweng

Sebelum berkunjung, kamu perlu mengetahui beberapa daya tarik pantai ini serta beragam aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Diantaranya:

1. Spot Memancing

Spot Memancing

Kabar baik buat kamu yang hobi memancing! Pasalnya pantai yang satu ini punya spot memancing terbaik di atas bukit karang. Area sekitar bukit karang ini disebut-sebut menghasilkan banyak ikan laut.

Selain itu, suasana pantai yang tenang dan sepi juga semakin mendukung aktifitas memancingmu. Hanya saja, kamu perlu membawa peralatan memancing sendiri karena pantai ini belum menyediakan tempat penyewaan khusus.

Simak Review: Pantai Watu Kodok, pesona Jogja yang masih tersembunyi

2. Goa Alam

Goa Alam yang unik
https://www.instagram.com/ridhoo92/

Goa pertapaan yang ada di pantai ini juga punya daya tarik tersendiri guys. Beredarnya kisah misteri ditambah dengan situasi goa yang gelap memberikan nuansa mistis bagi para pengunjung. Kabarnya, goa ini pun masih aktif digunakan untuk bertapa hingga saat ini.

Kamu juga bisa menemukan kawanan kelelawar yang bergelantungan dan sejumlah landak di sekitar goa. Menariknya lagi, kamu bisa menikmati keindahan stalagnit dan stalaktit di dalam goa ini lho.

3. Lokasi Camping

Lokasi Camping yang luas
https://www.instagram.com/bisma_young/

Kalau mau lelahmu di perjalanan terbayar lunas, jangan lewatkan camping di pantai ini ya guys! Area pantai yang luas dan sepi ini asyik banget untuk dijadikan lokasi camping bersama keluarga maupun sahabat.

Nggak perlu bingung soal persediaan air tawar, karena kamu bisa mendapatkan sumber air di bagian utara pantai.

Kamu juga bisa memancing ikan untuk persediaan makananmu lho. Kalaupun nggak mau ribet, lebih baik bawa saja bekal makanan dari rumah.

Kamu bisa memasang tenda di pinggir pantai, lalu menyalakan api unggun di malam hari sambil menikmati keindahan pantai dan langit yang luas. Kayu bakarnya pun bisa dibeli dari penduduk sekitar yang menjualnya dengan harga Rp 10.000,-.

4. Spot Menikmati Sunset dan Sunrise

Spot Menikmati Sunset dan Sunrise
https://www.instagram.com/jujuk_journey/

Kalau sudah nge-camp, jangan lupa mengabadikan momen sunset dan sunrise-nya yang menakjubkan ya. Fenomena matahari terbenam dan terbit di pantai ini memang istimewa.

Perpaduan dua bukit besar yang mengapit dan semburat warna oranye di langit ini memang tiada duanya, apalagi kalau kamu menikmatinya bersama orang-orang tersayang!

Kalau kamu nggak sempat menginap atau berkemah untuk melihat sunrise, kamu tetap bisa menikmati sunset di sore hari kok.

5. Sungai Kecil

Sungai Kecil yang cantik
https://www.instagram.com/afifah.ika_/

Saat pertama tiba di pantai ini, kamu nggak akan langsung disambut oleh air laut yang melimpah, melainkan sebuah aliran sungai kecil yang membelah pasir jadi dua.

Sungai kecil yang bermuara ke pantai ini bersebelahan dengan padang ilalang dan tentunya sering dijadikan spot foto unik sebelum lanjut menuju pinggir pantai.

Kunjungi Juga: Puncak Becici, Objek Wisata Terhits dan Kece di Bantul

Wisata Dekat Pantai Greweng

Gunung Kidul memang dikenal sebagai surganya wisata pantai. Jadi, nggak heran ada banyak sekali wisata pantai yang eksotis dan menawan di sepanjang pantai selatan ini.

Kalau kamu sudah puas menikmati keindahan Pantai Greweng ini, nggak ada salahnya coba mengunjungi beberapa wisata lain di sekitarnya guys. Berikut beberapa obyek wisata di dekat pantai ini:

1. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
https://www.instagram.com/adventurex.id/

Pantai Wediombo ini bisa kamu tempuh dari Greweng cuma sekitar 3 menit perjalanan lho. Dekat banget kan? Laguna alaminya yang keren jadi spot terfavorit para wisatawan. Jangan lupa mampir sini ya!

2. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok yang populer
https://www.instagram.com/mayfair_m2/

Pantai Jungwok juga cukup dekat dari Greweng, yaitu kurang lebih 2 menit perjalanan. Pantai ini punya spot camping yang banyak digemari wisatawan. Perpaduan antara panorama alam nan indah dan suasana pantai yang sepi memang cocok banget buat berkemah.

3. Pantai Seruni

Pantai Seruni
https://www.instagram.com/muhammadnursyamsi/

Pantai Seruni yang menantang ini juga patut dikunjungi guys. Kamu bisa mengunjungi pantai ini dari Greweng sekitar 2 jam perjalanan. Lalu untuk sampai di pantainya, kamu bisa melewati bibir pantai atau bukit dengan berjalan kaki maupun naik perahu.

Baca Juga: Pantai Nglambor, Pantai Kece yang Instagramable Banget

Tips Wisata ke Pantai Greweng

Mengingat lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari keramaian, kamu perlu memperhatikan beberapa hal biar liburanmu lebih maksimal. Nggak mau kan liburanmu terganggu dengan hal-hal kecil yang bisa diantisipasi dari awal?

Berikut beberapa tips berkunjung yang sudah penulis siapkan:

  1. Lebih baik datanglah ke pantai ini bersama rombongan teman atau keluarga, mengingat keadaan pantai yang relatif sepi.
  2. Upayakan berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, terlebih motor.
  3. Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah. Selain bisa berhemat, juga untuk berjaga-jaga kalau warung makan di sekitar pantai tutup.
  4. Pakailah alas kaki untuk aktifitas outdoor yang nyaman dan kuat, mengingat medan jalan setapaknya cuma bisa ditempuh dengan berjalan kaki.
  5. Bagi umat muslim, bawalah peralatan sholat sendiri, karena belum tersedia mushola di sekitar sini.
  6. Siapkan kondisi fisik yang prima sebelum berangkat, karena kamu akan melalui perjalanan outdoor yang panjang dengan berjalan kaki sebelum tiba di pantai.
  7. Parkirlah kendaraan di parkiran Pantai Wediombo supaya aman.
  8. Jangan buang sampah sembarangan atau mencoret-coret tebing. Hormati dan patuhi aturan yang ada.

Lihat Juga: Pantai Siung Gunung Kidul, Surga Panjat Tebing di Pinggir Pantai

Itulah ulasan singkat dari penulis mengenai pesona alam di salah satu wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta ini. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, tapi keindahan alamnya yang menakjubkan dan berselimutkan kisah misteri, jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berbagai aktifitas seru seperti camping, memancing ikan, menikmati sunset hingga sunrise juga patut untuk dicoba.

Cocok juga lho dijadikan destinasi wisata akhir pekan atau tahun baru. Jangan lupa ajak teman-teman dan keluargamu ke Pantai Greweng ini ya!

0

Curug Cikaso

Jessica Susanti
5 min read

Ocean Park BSD

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *