Pantai Indrayanti

4 min read

Pantai Indrayanti merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Yogyakarta, yang dimana sering dijadikan rekomendasi para wisatawan. Namun pantai ini memang sudah banyak dikenal oleh kalangan wisatawan lokal maupun manca negara.

Mirip dengan tipikal pantai yang ada di gunung kidul, dimana pemandangan disini tidak kalah menarik indahnya. Dengan pasir pantai yang halus, luasnya bentangan pantai serta lautan biru lepas yang nampak bersih. Jika kamu jenuh dengan Malioboro maka pantai ini bisa jadi tujuan.

Sejarah Pantai Indrayanti

gambar pantai indrayantiPantai disini memiliki latar belakang yang bisa dibilang cukup unik. Jika kita mendengar namanya, rasanya pun berbeda dengan pantai yang ada di daerah lain. Pantai didaerah lain biasanya menggunakan sebuah nama tempat, sedangkan pantai ini berbeda.

Sebenarnya nama Indrayanti ini bukan sebuah nama yang resmi, melainkan nama tersebut diambil dari nama restoran yang berada dekat dengan Pantai Indrayanti. Bagaimana bisa nama restoran dijadikan nama sebuah wisata pantai?

Restoran ini memang sangat dikenal oleh para pengunjung, jadi seolah dijadikan landmark tempat ini. Dan pada akhirnya tidak sengaja dari mulut kemulut pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Mitos Pantai Indrayanti

gambar pantai indrayantiPantai Indrayanti merupakan pantai yang konon katanya masih satu jalur dengan pantai kidul yang dikenal dengan ratunya Nyi Roro Kidul. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan untuk kenyamanan dan keselamatan ketika bermain di pantai.

Mitos tersebut sama halnya dengan pantai selatan lainnya. Yaitu dimana pengunjung yang datang dilarang menggunakan pakaian atau baju berwarna hijau atau warna yang menyerupai. Karena banyak juga yang percaya dengan mitos tersebut.

Jika pengunjung menggunakan baju berwarna hijau maka akan terhanyut oleh ombak. Konon hanyutnya pengunjung yang memakai baju hijau ini diminta oleh Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Kidul. Karena Ratu sangat suka dengan warna hijau. Jadi yang datang menggunakan pakaian berwarna hijau akan jadi tumbalnya.

Mitos tersebut sudah lama dipercaya oleh warga Jogja ratusan tahun lamanya. Memang hal ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, namun tidak jarang juga hal ini kerap terjadi. Bagi kalian yang datang kesini alangkah baiknya mengikuti larangan tersebut. Walaupun mungkin kamu sukar mempercayainya. Hal ini berlaku untuk seluruh pantai Jogja ya!

Kunjungi Juga: Malioboro Jogja, Wisata Menarik Untuk Berlibur Hits 2019

Daya Tarik Wisata Indrayanti

gambar pantai indrayantiKetika malam tiba, para wisatawan bisa menikmati pemandangan cakrawala yang sangat indah, mengubah warnanya dari biru cerah menjadi orange kemerahan dan pada akhirnya berubah menjadi kegelapan dengan ribuan kilauan bintang di atas awan.

Hal seperti ini menjadikan suasana menjadi tambah romantis bagi kamu khususnya yang mengajak pasanganmu berkunjung ke pantai ini. Selain itu juga di daratan banyak terdapat gazebo restoran yang melapisi kilau pantai dengan kendahan lampu warna-warni.

Ingin tahu kenapa penduduk Indrayanti berhasil melestarikan pantai ini? Yaitu mereka pihak pengelola membuat peraturan dengan memberikan sanksi berupa denda bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan di sekitar pantai.

pantai indrayanti jogjaAgar kamu dapat tenang menikmati pemandangan disini, disarankan untuk berkunjung pada saat hari biasa. Karena ketika akhir pekan wisata ini ramai oleh pengunjung. Uniknya di pantai ini terkadang ada juga ubur-ubur yang sangat banyak pada saat tertentu.

Seperti biasa jika kamu datang ke pantai-pantai selatan pastikan berhati-hati ketika saat berenang dan bermain di sekitaran pantai. Selalu patuhi keamanan setempat. Karena pantai selatan berbatasan langsung dengan samudera Indonesia, jadi dikenal dengan ombak yang cukup besar dengan arus kuat.

Jadi jika kamu bermain di pantai dan melihat binatang seperti balon jangan di sentuh ya. Karena sengatannya cukup terasa di kulit. Jika kamu berkunjung disii sampai malam, suasana sunset di Pantai Indrayanti ini tak kalah indahnya lho.

Rekomendasi Untukmu: Kebun Buah Mangunan Jogja, Negeri di Atas Awan

Fasilitas

pantai indrayanti 2019Fasilitas di Indrayanti juga cukup lengkap lho. Disini banyak pilihan tempat makan ataupun cafe untuk sekedar bersantai sekaligus menikmati kuliner khas pantai. Selain itu juga di sepanjang pantai terdapat rangkaian gazebo dan payung pantai, sehingga dapat digunanakan untuk menikmati suasana pantai.

Fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi untuk membilas setelah bermain di pantai juga sudah cukup banyak. Selain itu juga terdapat penyewaan jetsky dan juga lokasi bermain untuk anak. Ada juga menara lifeguard yang dilengkapi petugas setempat berjaga. Meskipun begitu tetap ikuti petunjuk keamanan setempat ya.

Dipantai ini kamu dapat mengunjungi lokasi pemadangan yang sangat eksotis, indah dan tenang. Serta suara hembusan angin laut, burung berkicauan dan suara ombak yang menakjubkan. Pokoknya keren banget deh, rugi banget jika kamu melewatkan suasana pantai indah ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di pantai ini bisa dikatakan cukup murah dan terjangkau. Memang wisata yang berada di daerah gunung kidul tarifnya cukup murah. Jadi sangat bebeda dengan tempat liburan lain. Berikut ulasan harga tiket masuknya:

  • Harga tiket masuk : Rp 10.000
  • Penyewaan payung pantai : Rp 20.000
  • Penyewaan Gazebo : Rp 30.000
  • Toilet dan kamar mandi untuk bilas : Rp 2000 – Rp 5000
  • Penyewaan jetski : Rp 250.000 per 15 menitnya.

Alamat atau Lokasi

gambar pantai indrayantiPantai Indrayanti berlokasi di daerah gunung kidul Yogyakarta. Tempatnya pun tidak jauh juga dengan wisata pantai lainnya, seperti pantai Pok Tunggal, pantai Sundak, ataupun pantai Krakal. Dari pusat kota Jogja jaraknya cukup lumayan sekitar 66 Km, dengan waktu sekitar 2 jam.

Jalan menuju pantai bisa dibilang cukup lama karena memang jalannya yang berkelok dan naik turun. Tapi tenang saja jalan menuju lokasi sangat mulus, jadi ketika kamu dalam perjalanan tetap merasakan kenyamanan.

Alamat pantai ini tepatnya berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi jika kamu berlibur kesini bisa juga mendatangi pantai sekitar lainnya.

Agar kamu tidak bingung bagaimana jalan menuju ke Pantai Indrayanti berikut simak penjelasan rutenya:

Berawal dari Jogja menuju ke Wonosari atau ringroad timur, kemudian menuju ke arah Piyungan, kemudian Patuk, lanjut ke Wonosari, Terus Karangrejek, Hargosari, lanjut sampai Tepus. Dari Tepus tinggal ikuti saja petunjuk ke arah pantai.

Melewati rute alternatif lain yang dapat digunakan, melalui jalan Imogiri, kemudian Siluk, lanjut ke Panggang, terus Saptosari, Trowono, kemudian Baron. Dari pantai Baron lanjut saja arah ke timur kira-kira 10 Km untuk sampai ke lokasi pantai.

Lebih di rekomendasikan melalui rute Wonosari, karena lebih mudah untuk diikuti bagi pengunjung dari luar kota. Jika melawati ini santai saja ya! Jalannya cukup bagus kok, tapi juga relatif kecil.

Simak Review: Candi Prambanan, Sejarah, Fungsi & Hotel Dekat Candi

Hotel Dekat

pantai indrayanti jogja 2019Setelah lelah seharian berkeliling dan bermain di pantai dan ingin beristirahat maka ada banyak pilihan penginapan atau hotel yang dekat dengan Pantai Indrayanti. Berikut berbagai pilihan hotel dan penginapannya:

  • Bamboo Lengkung Indrayanti Watu Kelir / Komplek Penginapan, Tepus, Gunung Kidul.
  • Value Room in Indrayanti Beach at Joglo Watukelir Jalan Krakal Indrayanti KM 8, Tepus, Gunung Kidul.
  • Comfort Room near Pantai Sundak at Guesthouse Omah Sundak 2 Pantai Sundak , Sidoarjo Tepus, Gunung Kidul.
  • Rock Garden Homestay Jalan Raya Sundak, Tepus, Gunung Kidul, Gunung kidul.
  • Clean Room at Sundak Indraprastha Pantai Sundak, Pulegundes, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul.

Baca Juga: Pantai Goa Cemara dan 7 Aktifitas Seru Saat Menjelajahinya

Bagaimana sudah tau kan jalan menuju ke Pantai Indrayanti? Banyak cara untuk kamu bisa datang ke tempat wisata pantai Yogyakarta ini. Jika kamu belum datang kesini sebaiknya segera datang, karena kamu bakal nyesel seumur hidup.

Setelah mendapatkan berbagai macam informasi mengenai Pantai Indrayanti yang mengesankan ini, mengapa tidak berencana untuk pergi berlibur kesini saat liburan ke depan? Datanglah dan nikmati panorama pantai yang sangat indah!

Coban Rais

Indah Andini
3 min read

Kota Tua Jakarta

Indah Andini
5 min read

Tebing Keraton

Indah Andini
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *