Pantai Klayar

4 min read

pantai klayar pacitan

Pantai Klayar adalah surga tersembunyi yang menyuguhkan keindahan alam lewat hamparan pasir putih nan lembut, berpadukan landscape karang serta ombak besar yang tidak boleh Kamu lewatkan dalam menjajaki wisata Pacitan.

Selain menawarkan panorama menakjubkan, pantai ini juga terkenal dengan fenomena alamnya yang unik, berupa batu karang raksasa menyerupai Sphinx, Mesir, serta air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling.

Kamu bisa menyaksikan batu karang setinggi sembilan meter begitu memasuki kawasan pantai. Penasaran dengan keunikannya? Silahkan simak ulasan penulis berikut ini

Lokasi Pantai Klayar

Lokasi pantai ini berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh menuju destinasi ini dari Kota Pacitan kurang lebih 35 Km atau satu jam perjalanan jalur darat menggunakan kendaraan pribadi.

Buat kamu yang berencana berlibur ke pantai ini, disarankan membawa kendaraan pribadi roda dua atau empat atau menyawanya di Kota Panjaitan, karena akses transportasi umum menuju lokasi cukup sulit.

Ditambah rute menuju lokasi melewati jalan sempit dan banyak tikungan, jadi Kamu mesti berhati-hati.

Jalan Menuju Pantai Klayar

Jalan menuju lokasi pantai klayar tidaklah terlalu sulit untuk ditemui, bahkan bisa kamu jumpai tanpa membuka google map.

Dari Kota Pacitan, silahkan ambil jalur menuju Pasar Punung, lurus terus sampai menemukan pertigaan besar lalu ambil jalur kiri hingga melewati jalan utama. Dari sana Kamu akan dituntun dengan petunjuk arah hingga ke lokasi pantai.

Sementara buat Kamu yang datang dari arah Solo maupun Yogyakarta, bisa melewati Wonosari atau Gunung Kidul. Selanjutnya ambil arah lurus ke timur menuju daerah Pathuk.

Dari Pathuk silakan menuju arah Pracimantro, hingga melewati Panung. Sesampai di Panung Kamu akan dipandu dengan petunjuk arah yang sudah dipasang dengan papan penunjuk menuju pantai.

Tiket Masuk Pantai Klayar

Buat wisatawan yang ingin menikmati pesona Pantai Klayar tidak perlu mengocek kantong hingga jebol. Tiket masuk ke destinasi ini hanyalah Rp5.000/orang untuk kategori anak-anak, dan Rp10.000 per orang kategori dewasa pada hari senin-Jumat.

Sedangkan untuk weekend (Sabtu-Minggu) dan hari libur tanggal merah, pengunjung akan dikenakan biaya Rp.10.000 per orang.

Sementara buat Kamu yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam Buka Pantai Klayar

Apa yang lebih menyenangkan dari tempat yang ingin Kamu kunjungi selalu buka selama 24 jam? Dengan begitu Kamu bisa datang dan mampir kapan saja. Selain biaya masuk yang murah, Pantai Klayar juga buka selama 24 jam.

Lalu bagaimana dengan pengguna transportasi umum? Atau buat Kamu yang sedang melakukan perjalanan bisnis sambil liburan atau sering disebut dengan bleisure travel? Sebaiknya Kamu menyewa kendaraan agar mempermudahmu dalam bepergian.

Fasilitas Pantai Klayar

Sebagai salah satu pantai populer di Pacitan, Pantai Klayar telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Bahkan juga tersedia penyewaan ATV dan beberapa wahana lainnya. Liburan bersama keluarga tidak terasa membosankan lagi.

Selain fasilitas dasar seperti tempat ibadah, warung makanan dan minuman, toilet dan lahan parkir yang cukup luas, disekitar pantai juga ada beberapa penginapan berupa homestay.

Baca Rekomendasi: 17 Tempat Wisata Di Jember (Yang Indah Dan Memanjakan Mata)

Daya Tarik Pantai Klayar

Pantai Klayar memiliki pesona dan daya tarik yang sanggup membius setiap pasang mata yang datang mengunjunginya. Mau tau apa saja keindahan bak surga yang bisa Kamu dapatkan saat bermain ke pantai ini?

1. Gradasi Warna Pasir yang Indah

pantai klayar lirik

Bibir Pantai Klayar dipenuhi dengan pasir yang bersih dan lembut. Uniknya, pantai ini memiliki warna yang cukup menarik, perpaduan antara warna putih dengan coklat yang menimbulkan gradasi warna yang sangat indah.

Dimulai dari warna yang agak putih pada bagian paling tepi, lalu bertransisi menjadi warna agak kecokelatan saat pasir sudah mendekati air laut. Gradasi warna juga bisa Kamu lihat dari arah atas atau menggunakan kamera udara (drone).

2. Batu Karang di Tengah Pantai

pantai klayar chord

Fenomena alam yang cukup unik menjadikan pantai ini cukup populer karena tidak jarang wisatawan dibuat penasaran dengan batu karang yang berada di tengah pantai itu.

Di bagian tengah pantai bebatuan karang tidak hanya sekadar hasil dari erosi air laut. Dalam legendanya, batu ini merupakan hasil pertarungan makhluk gaib yang terjadi di Pantai Klayar.

Batu Karang yang yang menjulang tinggi tersebut juga tersambung dengan bebatuan karang yang ada di pinggiran pantai, bahkan bisa didaki karena sudah disediakan tangga dari beton, untuk mempermudah akses pengunjung.

3. Mendengarkan Seruling Samudera

pantai klayar daerah mana

Mendengarkan atraksi dari Seruling Samudera adalah momen yang paling di nanti wisatawan yang datang mengunjungi pantai Klayar. Saat kamu berlibur ke pantai ini jangan sampai melewatkan momen langka tersebut.

Seruling Samudra bisa Kamu dengarkan ketika angin dan air laut menembus lubang pada batu karang yang berada di balik tebing. Dinamakan Seruling Samudra karena suara hempasan angin dan deburran ombak pada batu karang terdengar seperti suara seruling dari laut.

4. Air Mancur di Tengah Laut

pantai klayar didi kempot

Pantai Klayar ibarat sebuah kolam yang dilengkapi dengan air mancur, bedanya destinasi wisata ini memiliki air mancur yang alami serta memancar pada waktu yang tak terduga.

Selain mengeluarkan bunyi ‘Seruling Samudra’ lubang batu karang yag ada di tengah laut juga mengeluarkan air mancur yang ketinggiannya bisa mencapai 10-15 meter , ketika air laut pasang yakni pada pukul 9 pagi sampai 4 sore.

Lihat Review: 7 Petualangan di Taman Safari Prigen (Serunya Berinteraksi dengan Satwa)

5. Batu Sphinx dan Sumur

pantai klayar mp3

Daya tarik lain yang bisa kamu dapati saat bermain ke pantai ini berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir. Itulah mengapa tebing tersebut juga di namakan Batu Sphinx.

Keunikan tebing batu yang menyerupai patung Sphninx menjadi daya arik tersendiri buat wisatawan yang berkunjung, bahkan menjadi spot incaran untuk swafoto ataupun hunting foto.

Selain itu, di celah-celah batu karang ada lubang yang ssering kali disebut sumur oleh warga sekitar. Sumur pertama yang paling lebar dan luas dahulunya dijadikan arena pemandian dan pengobatan kuda balap.

Sedangkan dua sumur lain yang berukuran lebih kecil dinamakan Ciderlaras dan Suranyata, yang dipercaya dapat membawa berkah.

Hotel Dekat Pantai Kraya

Buat backpacker yang sedang mencari penginapan murah, rumah-rumah penduduk yang sudah disulap menjadi homestay dekat pantai bisa menjadi pilihan. Sedangkan hotel yang dekat dengan pantai juga tersedia beberapa varian harga. Diantaranya:

1. Arrys Watukarung Surfcamp

pantai klayar malang

Berlokasi di Desa Watukarung, Pacitan. Penginapan ini berjarak sekitar 3,2 km dari pantai Klayar. Harganya juga relatif murah, mulai Rp275.000/malam.

2. Limasan Retreat

pantai klayar ada dimana

Terletak di Desa Limasan dan berjarak 3 km dari lokasi wisata. Harga yang ditawarkan penginapan ini cukup mahal karena berbentuk vila, yang berarti kamu bisa menginap lebih dari dua orang.
Selain itu masih banyak penginapan lainnya dengan harga berbeda sesuai fasilitas dan pelayanannya.

Baca Selengkapnya: 25 Tempat Wisata di Surabaya yang Terkenal dan Kekinian

Wisata Dekat Pantai Klayar

Kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya agar liburan kian lengkap dan seru maksimal. Apa sajakah itu?

1. Pantai Watu Karung

pantai klayar adalah

Berada tidak jauh dari Pantai Klayar, menjadikan pantai eksotis ini juga ramai dikunjungi wisatawan.

Di sini Kamu bisa melakukan aktifitas renang, diving ataupun surfing. Bagi wisatawan yang lupa membawa peralatan, jangan khawatir, di sini tersedia jasa sewa papan surfing hingga diving.

2. Pantai Kasap

pantai klayar adella mp3

Pantai ini sebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Pacitan. Di sini Kamu akan melihat pulau-pulau kecil yang tersebar di tengah laut.

Lokasinya masih berada di Desa Watu Karung, dan bisa kamu ditembus melalui jalur arah ke Pantai Watu Karung.

Baca Juga: Surabaya Carnival Park, Mengeksplor Wahana Seru di Kota Pahlawan

Gimana seru dan menyenangkan bukan liburan ke sini. Buat Kamu yang sedang menjajaki wisata Pacitan, jangan sampai melewatkan Pantai Klayar. Pantai paling nikmat untuk beristirahat dari hiruk pikuknya kota dan rutinitas sehari-hari.

Pantai yang kaya dengan kemolekannya akan menjadikan liburanmu semakin seru dan menyenangkan. Menjelajah adalah aktivitas paling menarik, merasakan kelembutan pasirnya sembari hunting foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *